30 November 2023

Anggaran Belanja Alutsista dari Pinjaman Luar Negeri Naik, Mahfud: Pasti Sudah Dihitung

30 November 2023

Pesawat F-15 EX termasuk alutista yang akan segera direalisir (photo : USAF)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, kesepakatan menaikkan anggaran belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari dana pinjaman sudah dihitung oleh pemerintah. 

Menurutnya, alutsista yang akan dibeli pun sudah dibahas bersama. 

"Enggak apa-apa, kan kalau keputusan rapat sudah boleh," ujar Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11/2023). 

"Ya pasti sudah dihitung, waktu dan jumlahnya pasti sudah dihitung. Kan ada Menteri Keuangan yang paham itu. Sudah, (alutsista) sudah dibahas," katanya lagi. 

Adapun kenaikan anggaran belanja alutsista ini terungkap saat Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan soal pembahasan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (28/11/2023) sore. 

Sri Mulyani ikut hadir dalam rapat tersebut. Menurutnya, rapat menyepakati kenaikan anggaran belanja alutsista yang bersumber dari pinjaman luar negeri. 

"Pertemuan dengan Menhan membahas belanja alutsista dari pinjaman luar negeri. Diketahui Kemenhan (Kementerian Pertahanan (anggarannya adalah anggaran di dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) seperti hari ini. Namun, Kemenhan ini ada alokasi yang cukup signifikan dari pinjaman luar negeri," kata Sri Mulyani, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu. 

"Untuk tahun 2020 - 2024 waktu itu sudah disetujui Bapak Presiden 20,75 miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk periode 2020-2024. Nah, kemarin karena ada perubahan maka alokasi untuk 2024 menjadi 25 miliar dolar AS," ujarnya lagi.

Sri Mulyani lalu menjelaskan alasan disepakatinya kenaikan anggaran belanja alutsista oleh pemerintah. 

Menurutnya, kenaikan karena kondisi alutsista yang dimiliki Indonesia dan potensi ancaman, serta peningkatan dinamika geopolitik. 

"Kebutuhannya memang disampaikan Kementerian Pertahanan, menganggap kebutuhan sesuai kondisi alutsista. Dan kemudian ancaman serta peningkatan dinamika geopolitik dan geosecurity," katanya. 

"Dan di sisi lain masih sesuai dengan rencana kita dari sisi perencanaan penganggaran jangka panjang," ujar Sri Mulyani melanjutkan. (Kompas)

Kapal selam juga termasuk alutsista yang akan direalisasikan (photo : Subs Hub)

Sri Mulyani: Pinjaman Luar Negeri Kementerian Prabowo Tembus Rp385 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hasil dari rapat bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terkait belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista) dari pinjaman luar negeri yang naik cukup signifikan.  

Sri Mulyani menjelaskan, di luar anggaran yang telah diberikan pemerintah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kemenhan juga melakukan belanja alutsista dari pinjaman luar negeri untuk periode 2020-2024 sejumlah US$25 miliar setara Rp385 triliun (kurs Rp15.400 per dolar AS). 

“Terjadi kenaikan yang cukup signifikan dari US$20,75 miliar ke US$25 miliar. Itu yang kemarin disepakati,” ujarnya kepada awak media usai Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD TA 2024 di Istana Kepresidenan, Rabu (29/11/2923).  

Sebagaimana diketahui, belanja dari kemeterian yang dipimipin oleh Prabowo Subianto tersebut termasuk salah satu anggaran jumbo dalam APBN. 

Pada 2023, Kemenhan menerima anggaran pertahanan dan keamanan senilai Rp316 triliun. Sementara dalam APBN 2024, Sri Mulyani menyisihkan Rp331,9 triliun untuk hukum dan hankam, termasuk di dalamnya untuk pengamanan Pemilu 2024.  

Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa kenaikan anggaran baik dari sisi DIPA maupun pinjaman luar negeri seiring dengan kondisi geopolitik yang tengah memanas.

“Kemenhan menganggap kebutuhan sesuai kondisi alutsista dan kemudian ancaman serta peningkatan dinamika geopolitik dan geosecurity dan di sisi lain masih sesuai dengan rencana kita dari sisi perancanaan penganggaran jangka panjang,” jelasnya.  

Selain itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menyebutkan bahwa hingga 2034 mendatang, Jokowi telah menyutujui tiga rencana strategis di Kemenhan yang membutuhkan pinjaman luar negeri sejumlah US$55 miliar.  

“Keputusan Bapak Presiden sebelumnya yaitu US$55 miliar untuk memenuhi berbagai belanja alutsista dari pinjaman LN selama 3 renstra. Jadi dalam hal ini 2024 - 2029 nanti kemudian 2029 – 2034,” ungkapnya.  

Adapun, pada pagi ini Sri Mulyani bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran (TA) 2024. Di mana anggaran hukum dan hankam menjadi salah satu dari lima anggaran prioritas terbesar.

100 komentar:

  1. Alhamdulilah Aman tidak Yahaba

    BalasHapus
  2. “Terjadi kenaikan yang cukup signifikan dari US$20,75 miliar ke US$25 miliar. Itu yang kemarin disepakati,” ujarnya kepada awak media usai Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD TA 2024 di Istana Kepresidenan, Rabu (29/11/2923).
    —————

    mayank kasbon kita $.25 milyar dolar ato +/- 3 tahun bajet militer kita
    jangan dibandingin ama KL yg cmn $.3 milyar, kesian haha!🤣🤣🤣

    yaa makloum
    BEDA LEVEL/BEDA KASTA

    BalasHapus
  3. $.25 milyar
    -FREMM/PPA
    -F-15
    -kasel
    -MRTT
    -AEWC
    uda didepan mata, tinggal comot gaesz
    vamos SHOPPING gahar lagiiiii haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
    Balasan
    1. AEw butuh brp unit buat cover wilayah indonesia

      Hapus
    2. Australia punya 6 di 1 skadron. India punya 7 di 2 skadron.

      Kalau nekat, ikut Jepang dengan 19 di 3-4 skadron.😋

      Hapus
    3. tergantung seberapa banyak skuadron tempur yg kita miliki
      idealnya mnurutkuh tiap pulau besar ada 1 skuadron haha!😊😊😊
      isiannya bs 3-4 bijik

      Hapus
  4. kita kasbon bisa banyak, karena rajin bayar cicilan sampe LUNAS haha!👍👍👍

    lha KL tartun kartu kredit uda abis limitnye, kesian terpaksa Pinjam Yakuza buat bayar Triad haha!😋😋😋

    buat saran ajah, mendingan KL tarik PINJOL aje dech,
    transfer dana AMAN dan TERPERCAYA debt kolektornya bae2 klo dikasi duit jgn fisank haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ntar PINJOLannya tekor bokek juga cicilannya bijimana dong oom...?

      Ahahaaiiy

      Hapus
    2. yaa lego petronas ama genting, soalnya BPA uda ditekin ELDER BRADER haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  5. Terjadi kenaikan yang cukup signifikan dari US$20,75 miliar ke US$25 miliar. Itu yang kemarin disepakati,” ujarnya kepada awak media usai Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD TA 2024 di Istana Kepresidenan, Rabu (29/11/2923).
    ----
    negara Malaysia dengan 3,793 juta US Dollar dalam anggaran pertahanannya.
    🤣BEDA KASTA BEDA LEVEL🤣

    BalasHapus
  6. Mantab... nambah terus makin lancar nih .....

    Manakala negara BERUK MALON masih sibuk dengan KAPAL RONGSOKAN yang jadi ladang KORUPSI.... HAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  7. Baca guys... HUTANG... 🤣🤣🤣🤣

    JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, kesepakatan menaikkan anggaran belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari dana pinjaman sudah dihitung oleh pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooiiiii nggak malu omongin hutang ? Ha ha ha ha hutang Malon parah. Hutang jadi celana dalam Rosma

      https://amp.kompas.com/money/read/2023/10/03/124357626/bank-dunia-rasio-utang-ri-lebih-rendah-dari-malaysia-hingga-china

      Hapus
  8. Kesian... KASTA PENGUTANG mau NGUTANG lagi... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melon tau apa soal keuangan negara.. Laah kapal mangkrak ajah msh disuntik dana lol 😂🤣😅
      Btw rasio utang melon yg paling parah sekawasan.

      Hapus
    2. Kapal mangkrak disuntik dana trus sampe hutang nya menggunung,gempur pura2 gak tahu biar gak malu wwk😂😂😂🚀

      Hapus
    3. Kasta penghutang ? Maksudnya Kerajaan beruk ?

      https://amp.kompas.com/money/read/2023/10/03/124357626/bank-dunia-rasio-utang-ri-lebih-rendah-dari-malaysia-hingga-china

      Hapus
  9. Wah ini untuk beli apa ya❓, si boramae ikut di talangin nggak,
    Memang kalau ingin negara aman rakyat tenang hidup makmur TNI harus kuat 💪💪 , calon negara maju guys 🤣🤣😂😂🔥🔥

    BalasHapus
  10. Koyak yg ga bs pinjam uang ye lon 😅🤣😂

    BalasHapus
  11. Indonesia hutang ===> BAYAR
    malon hutang ===> CARI BON"AN UNTUK BAYAR HUTANG

    Indonesia hutang ===> TNI KUAT
    malon hutang ===> ATM LEMAH

    Indonesia hutang ===> RAKYAT MAKMUR
    malon hutang ===> EKONOMI ANCUR

    ITU FAKTA YA GUYS BAHKAN HUTANG MALON HANYA JADI 💩💩💩
    😂😂😂PARAH GUYS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bener Om, hutang Malon cuman jadi 💩...

      Hapus
  12. BUKTI HUTANG BAYAR HUTANG = ........
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.

    BalasHapus
  13. si tukang klaim shoping cash, kepanasan

    padahal aset yang dibeli malon hanya recehan
    WKWKWKKW

    BalasHapus
  14. Yookk disegerakan efektif
    PpA 2 unit
    F15ex (cukup 1 skuadron)
    AEW 2 unit
    Kasel U214/scrpen

    BalasHapus
  15. Biar kita masih kalah sama bujet si singapore yg pnting Malon bujet nya paling Ciput di Asean hehhee
    Tahun depan bisa naik terus anggaran 400T
    Josss indonesia

    BalasHapus
  16. Asekkkk Indo bakal shoping barang premium neh,
    Muannntappp🚀🇮🇩

    BalasHapus
  17. Ha ha ha ha ha ha

    https://amp.kompas.com/money/read/2023/10/03/124357626/bank-dunia-rasio-utang-ri-lebih-rendah-dari-malaysia-hingga-china

    BalasHapus
  18. Tambahan US $ 5 Bil mungkin utk F15ex, 2 kasel dan 2 PPA

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah utang untuk shoping besar besaran disetujui. Pemerintah cerdas memanfaatkan pinjaman langsung luar negeri yg murah dibanding pembiayaan lewat APBN dg penerbitan surat utang, sukuk atau obligasi.
    Hitung saja berapa yang dihemat untuk bayar bunga, bila pinjaman luar negeri rata rata 0,8 % dibanding lewat apbn dengan surat utang, sukuk atau obligasi yg mencapai 2% lebih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempur pasti iri, kera jaannya gak bisa manfaatkan pinjaman langsung luar negeri yang murah ini untuk shoping, karena uu/akta kera jaan membatasi pinjaman luar pesisir ini maks RM35 milyar dan sudah sampai limitnya.

      Hapus
  20. Muantabb ! Secepatnya sikat
    F15ex ambil 1 skudron(16 unit)
    Efektif kan rafale batch 3 nya,kapal PPA,1 MRTT,peswat AEW/C 2-3 unit.

    BalasHapus
  21. YA PASTI NAIK LAH !
    YANG DIURUSNYA BUKAN PROYEK STRATEGIS TAPI BAGAIMANA MEMBELI PRODUCT STRATEGIS NEGARA ASING , KALAU YANG DIURUS PRODUCT STRATEGIS MUTAKHIR NKRI YA WAJAR PENGELUARANNYA JUGA PASTI TANPA HUTANG SEPERTI DI ERA SEBELUMNYA (PROF PURNOMO YUSGIANTORO)
    KAPAL SELAM MUTAKHIR TERBUKTI BUKAN WACANA KATANYA HEBAT, DAPAT JUGA INDUSTRINYA TUMBUH ,
    PESAWAT TEMPUR JUGA DEMIKIAN , HELI PUNYA APACHE (YANG SEKARANG DI PAKAI SAMBIL DIHINDARI DIPERBANYAK KARENA BUKAN JASA SUBIANTO ATAU RYACUDU ), CARACAL , PANTHER ,SIGMA ,KT WONG BEE, TUCANO, T 50, OERLIKON, MLRS 70 , ASTROS ,MBT, KAPAL PERMUKAAN CEPAT ,BESAR ,CAESAR, PANSER SAMPAI KEDAERAH²,RADAR, HERCULES N235 -295-212 , F 16,TANK MARINIR BARU,PROYEK IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET ,PROYEK MEDIUM TANK,KOMODO,PROYEK MLRS PINDAD, TANK HOWITZER, LVT A7 DSB² TERMASUK RUDAL²

    BalasHapus
    Balasan
    1. TAK ADA HUTANG KEMANA² CUMA MANFAATKAN ANGGARAN TUA & SEDIKIT.

      Hapus
    2. ANEH² SAJA
      RAFALE LEBIH MAHAL DARI HARGA F4 EMIRATE ARAB , BARANG DULU HIBAH DI BELI TIBA² DENGAN BANTUAN EXCALIBUR BENAR² ANEH MAHAL LAGI PADAHAL UNTUK UP GRADE MIRAGE 5 HARGANYA CUMA 5 JUTA SAJA PERUNIT, KARENA TIDAK BISA DI UPGRADE KE STANDAR RAFALE F4 DGN RBE JUGA LAIN²NYA TETAP SAJA DOPLER JENIS TOMSON.

      Hapus
    3. SEDANG HARGA F 15 YANG MAKSA JUGA DI BELI ITU SANGAT MAHAL JAUH DARI PESAWAT YANG USAF SENDIRI BELI UNTUK GANTI SIH KALAU USAF F 15 TUA AGAR BISA BEKERJA DENGAN F 35 ATAU F 22 RAPTOR DENGAN MUDAH TETAP SAJA ITI PESAWAT LINE 2 SETELAH F 22 & F35 ,ITU FAKTA TIDAK ADA YANG DILEBIH²KAN.

      Hapus
    4. USAF pakai sarana pendukung yg sudah ada. Itu juga alasan mereka beli F-15EX. Menurutku tidak ada yg salah dengan harga F-15EXnya. Yg bermasalah adalah keputusan membeli pesawat tersebut. Beli Rafale tambahan atau F-16 lebih berguna.

      Hapus
  22. SEBELAH MASIH BINGUNG CARI HUTANG...D BLACK LIST,HUTANG SUDAH TERLALU OVER LIMIT

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔


    WKWKWKWKWKKWKWWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  23. Ada yg tahu kapan si Mirage mendarat di indonesia

    BalasHapus
  24. BEZA KASTA...HAHAHAHA

    INDONESIA
    BUDGET MILITER 25 MILYAR US


    MALINGCIA
    BUDGET MILITER 3,6 MILYAR US


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔


    WKWKWKWKWKKWKWWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  25. Psssttttttt... NGUTANG malah BANGGA..... Hutang lunak katanya... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. BANGGALAH...BERBANDING SEBELAH BINGUNG CARI HUTANG.....CARI HUTANG KOQ BINGUNG,OWH RUPANYA TAK DE NEGARA YG PERCAYA MALON SANGGUP BYAR HUTANG


      🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
      🤣🤣🤣🤣


      WKWKWKWKWWKWWKWKKKWKWKWK

      Hapus
  26. Kesian... KASTA PENGUTANG....... HUTANG terusssss... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. KASTA BINGUNG CARI HUTANG...

      🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
      🤣🤣🤣🤣🤣


      WKWKWKWKWKWKWKWWKWKWWKWKWKWWK

      Hapus
  27. Alhamdulilah... HUTANG lagi... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALHAMDULILLAH HUTANG LAGI ...SEBELAH MASIH TETAP PUASA


      🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
      🤣🤣🤣🤣🤣


      WKWKWKWKWKWKWKWWKWKWWKWKWKWWK

      Hapus
  28. INDON Panik MALAYSIA shoping CASH... tapi mereka terpaksa NGUTANG lagi... 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siti waras pork ? Masak Indonesia takut dg shoping barang receh dan barang akan.

      https://www.zonajakarta.com/nasional/6739964719/malaysia-nobatkan-fregat-merah-putih-tni-al-indonesia-kapal-perang-terberat-dan-paling-modern-di-asia-tenggara

      Hapus
  29. Hutang lagi... Hutang Lagi ... Hutang Lagi

    Lucunya .... hutang yang sudah jatuh tempo pun X mampu dibayar ... minta dihapus atau direschedule ulang ...

    Dan tender alutsista pun sekarang bukan berdasarkan yang terbaik dan diperlukan.. tetapi dipilih dai pihak supplier atau produsen yang dapat memberikan hutang atau pinjaman ... bahkan jika mu gkin tidak prlu membayarnya kembali ...

    Hai Indon .. Mengapa kau jadi begini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Malon kalo punya otak jangan di taro disilit, kalo mau diskusi yg cerdas,

      Hapus
  30. NGERI.... Rakyat tanggung BEBAN HUTANG alutsista puluhan tahun hingga 2044..... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  31. Yang kesian rakyat sebelah... Diperas terus....

    BalasHapus
  32. Yang bayar HUTANG tu kesian... Rakyat...

    BalasHapus
  33. WKWKWK lawak
    hutang gov sebelah cecah 82% GDP buat subsidi perut rakyat

    si beruk tolol sembang klain shoping cash
    WKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara Dengan Utang Luar Negeri Paling Banyak

      1 Amerika Serikat (AS) 31 Triliun Januari 2023 121.1%
      2 Australia 1.83 Triliun September 2020 130.0%
      3 China 2.64 Triliun Juni 2022 14.4%
      4 Inggris 8.73 Triliun Juni 2022 273.1%
      5 Italia 2.51 Triliun Desember 2017 141.0%
      6 Jepang 4.36 Triliun Juni 2022 101.4%
      7 Jerman 6.46 Triliun Juni 2022 160.4%
      8 Kanada 3.2 Triliun Desember 2017 143.0%
      9 Prancis 7.04 Triliun Juni 2022 253.4%
      10 Spanyol 2.26 Triliun Desember 2017 170.0%

      Anda tahu Sovereign Rating Mereka ? Sangat BAGUS .. dibandingkan Indon...

      Jadi kerana DSR Malaysia lebih tinggi dari Indon .. Lalu Anda ambil kesimpulan bahwa Indon lebih baik ...

      Betol-Betol Idiot .....Hehehehe

      Hapus
    2. Lalu malon apa lebih baik dri indo,idiot pemuja imam mahdi

      Hapus
  34. Jadi X salahlah jika Indon dinamakan NEGARA PAYLATER .... Ambil Barang dengan cara HUTANG .... atau BAYAR BELAKANGAN .... Itupun jika MAMPU .....Hehehehe

    BalasHapus
  35. HUTANG LUNAK.... kata geng 🦍🦍🦍..... 🤣🤣🤣🤣

    Lunak apa nya rakyat tanggung BEBAN HUTANG hingga 2044..?

    BalasHapus
  36. HUTANG terusssss.... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. YANG UTANGNYA 82% DARI PDB SOK2AN BAHAS UTANG..LOL MELOOOON MELOOOOOOOOOON BIKIN MALU SEKAWASAN

      Hapus
  37. Malah Pakar ekonomi pun hairan NGUTANG alutsista diklaim kononnya tak bebankan APBN.... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia's debt will be paid off in 2055

      Hapus
    2. TERBUKTI HUTANG BAYAR HUTANG = ........
      100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.

      Hapus
  38. TERBUKTI HUTANG BAYAR HUTANG =
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.

    BalasHapus
  39. Lagi lagi HUTANG.....Parah... 🤣🤣🤣🤣🤣

    INGAT HUTANG... INGAT SEBELAH.... 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  40. INILAH GAMBAR INDON DI MASA HADAPAN ....

    Cuba gantikan kata Sri Lanka di artikel itu dengan Indon .... Negara Penghutang terbesarpun sama dengan Indon ...CHINA

    Hasilnya Sangat Mengerikan .... Hehehehe
    ------------------
    Sudah Bangkrut Tertimpa Kelaparan, Sri Lanka Nasibmu Kini

    Jakarta, CNBC Indonesia - Krisis ekonomi yang menyerang Sri Lanka telah berubah menjadi krisis kelaparan yang parah. Setengah keluarga di negara kepulauan yang dinyatakan bangkrut pada tahun lalu itu terpaksa mengurangi jumlah makanan yang berikan kepada anak-anak mereka.
    Dalam laporan terbaru yang diterbitkan Kamis (2/3/2023), badan amal hak anak Save the Children memperingatkan pemerintah Sri Lanka dan komunitas internasional harus bertindak sekarang untuk mencegah anak-anak di negara itu menjadi generasi yang hilang.

    "Sejak pemerintah Sri Lanka gagal membayar utangnya hampir setahun yang lalu, melonjaknya inflasi dan kelangkaan makanan, obat-obatan, dan bahan bakar serta kurangnya pekerjaan yang stabil telah membuat keluarga tidak mampu mengatasinya," kata laporan itu, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (2/3/2023).

    Baca:Negara NATO Ini Memang Agak Lain, Terbukti Jadi Sekutu Putin

    Sementara itu, setengah dari rumah tangga Sri Lanka mengurangi asupan makanan anak-anak mereka. Sebanyak 27% dari lebih dari 2.300 rumah tangga yang disurvei melaporkan orang dewasa melewatkan makan untuk memberi makan anak-anak mereka.

    Sembilan dari 10 rumah tangga mengatakan mereka tidak dapat menjamin makanan bergizi untuk anak-anak mereka.

    Muditha Dharmapriya, seorang ahli gizi di Kolombo, mengatakan dirinya sependapat dengan temuan survei Save the Children.

    Baca:Datangi Xi Jinping, Sekutu Putin Dukung 'Proposal' China

    "Saya tidak memiliki statistiknya, tetapi memang benar begitu banyak orang, mungkin 50% dari rumah tangga seperti yang dikatakan survei, tidak memiliki nutrisi yang cukup," katanya.

    "Sesuai Piramida Panduan Makanan, seorang anak perlu makan dua-tiga porsi daging, ikan, dan unggas [MFP] per hari. Tetapi banyak rumah tangga di Sri Lanka tidak mampu membelinya," tambahnya.

    Bukan hanya protein yang tidak didapatkan anak-anak karena meroketnya biaya hidup. Diketahui seseorang membutuhkan enam hingga 11 porsi karbohidrat, di mana tubuh mendapatkan 1.500-2.000 kkal sehari. Sejak krisis ekonomi, asupan itu telah dikurangi hingga hampir 900 kkal.

    "Masyarakat tidak bisa lagi makan nasi seperti dulu. Alih-alih makan makanan bergizi, yang terjadi sekarang adalah orang makan sesuatu hanya untuk berhenti merasa lapar. Mereka mungkin makan nasi dengan porsi yang dikurangi dan tidak ada MFP sama sekali," katanya.

    Laporan Save the Children muncul sehari setelah ribuan pekerja melakukan aksi mogok yang bertentangan dengan arahan pemerintah yang menyatakan beberapa layanan penting untuk menghentikan protes atas rencana dana talangan IMF.

    Sejak akhir 2021, negara pulau di Asia Selatan itu berada dalam cengkeraman krisis ekonomi terburuk. Ini dipicu oleh kurangnya cadangan devisa dan utang pemerintah luar negeri yang menumpuk.

    BalasHapus
  41. SATELIT LAGI

    UDAH BASI ITU YA BABI DAN DAH SELESAI.


    HUTANG LCS TUH BAYAR

    BalasHapus
  42. siapa itu DPR??? rakyat sdh tdk ada yg pcy dgn DPR. BUKAN WAKIL RAKYAT INDONESIA. dpr DIDENGERIN LOL

    BalasHapus
  43. Bujet ATM terciput di asean🙈😄😄

    Gimana gak semua aset rata2 di Sewa hahaha,Grade A kok bisa cuma sewa.
    Malu ketahuan sewa heli jg ngutang.
    Memang nya malon itu negara paling.bagus di asean
    Bagus nya cuma bisa Klaim🙈🙈🙈💩😄😄

    BalasHapus
  44. Malon,kirim bual aja,
    Gak akan mampu krim kapal rumah sakit

    BalasHapus
  45. Negara ke 7 PENGUTANG TERBESAR DIDUNIA... HEBAT... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  46. Sudah ke 7 PENGUTANG TERBESAR DIDUNIA dia HUTANG terusssss... 😂😂😂😂😂

    BalasHapus


  47. فلسطين_المحتلة #طوفان_الأقصى 30 November 2023 pukul 10.02
    INILAH GAMBAR INDON DI MASA HADAPAN ....

    Cuba gantikan kata Sri Lanka di artikel itu dengan Indon .... Negara Penghutang terbesarpun sama dengan Indon ...CHINA

    Hasilnya Sangat Mengerikan .... Hehehehe


    INILAH GAMBARAN UMUM KHAS MALON. MERASA PINTAR PADAHAL TOLOLNYA GAK KETULUNGAN. MERASA SERBA TAU TAPI MINIM LITERASI.

    KATA SIAPA CHINA PEMBERI PINJAMAN TERBESAR KE INDONESIA??? SINGAPURA, USA DAN JAPAN ADALAH PEMBERI PINJAMAN TERBESAR DI INDONESIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambaran melon kedepan dijajah bangla

      Hapus
    2. GEMPURWIRA30 November 2023 pukul 10.18
      Indonesia Negara dengan Utang Terbesar Ke-7 di Dunia, Kok Bisa?

      https://www.kompas.com/wiken/read/2022/04/02/093500581/indonesia-negara-dengan-utang-terbesar-ke-7-di-dunia-kok-bisa-?page=all

      INI MALON LAINNYA YG GAK PAHAM BERITA YANG DIBACANYA.
      SEJAK KAPAN INDONESIA NEGARA DG UTANG TERBESAR NO 7 DUNIA???

      Hapus
  48. TERBUKTI HUTANG BAYAR HUTANG =
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
    🤣KLAIM KAYA TAPI OPEN DONASI🤣

    BalasHapus
  49. Menurutnya, alutsista yang akan dibeli pun sudah dibahas bersama.

    "Enggak apa-apa, kan kalau keputusan rapat sudah boleh," ujar Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11/2023).


    HURRRAAAAAY.. HUTANG MASIH AMAN,SEBELAH CUKUP TELAN AIR LIUR SAJA..


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣


    WKWKWKWKWKWKWKWWKWKWWKWKWKWWK

    BalasHapus
  50. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221107103530-33-385612/5-ibu-negara-paling-korup-dulu-di-istana-kini-di-penjara/amp&ved=2ahUKEwi0nM6F5-qCAxUMSGcHHQk2BFIQFnoECBcQAQ&usg=AOvVaw08nDTLFRVsu0xBIi3tztBo


    PRINCESS ROSMAH SALAH SATU IBU NEGARA TERKORUP DI DUNIA...


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣


    WKWKWKWKWKKWKKWWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  51. HUTANG LUNAK klaim geng GORILLA... 😂🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  52. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221107103530-33-385612/5-ibu-negara-paling-korup-dulu-di-istana-kini-di-penjara/amp&ved=2ahUKEwi0nM6F5-qCAxUMSGcHHQk2BFIQFnoECBcQAQ&usg=AOvVaw08nDTLFRVsu0xBIi3tztBo


    LONG LIFE PRINCESS ROSMAH....


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    WKWKWKWKWKWKWWKKWWKWK

    BalasHapus
  53. HUTANG KITA DAPAT,JET PEJUANG,KAPAL SELAM,FREGATE...HUTANG SEBELAH DAPAT G-STRING,TAS HERMES,KONDOMINIUM...


    LONG LIFE PRINCESS ROSMAH



    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣



    WKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  54. Kesian... KASTA PENGUTANG....... HUTANG terusssss... 🤣🤣🤣🤣

    GAGAL BAYAR HUTANG KFX dan SEWA Satelit... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  55. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221107103530-33-385612/5-ibu-negara-paling-korup-dulu-di-istana-kini-di-penjara/amp&ved=2ahUKEwi0nM6F5-qCAxUMSGcHHQk2BFIQFnoECBcQAQ&usg=AOvVaw08nDTLFRVsu0xBIi3tztBo

    PRINCESS ROSMAH D DAULATKAN SEBAGAI IBU NEGARA TERKORUP D DUNIA...

    LONG LIFE PRINCESS ROSMAH



    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣



    WKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  56. ❌PRENK SPH sedjak 1999
    ❌PRENK MERAD sedjak 2003
    ❌PRENK LPD sedjak 2005
    ❌PRENK MPA sedjak 2009
    ❌PRENK MRCA sedjak 2009
    ❌PRENK Heli atak sedjak 2011
    ❌PRENK UAV MALE sedjak 2016
    wahh banyak amir, bikin Malyu kawasan aje....
    KL, KASTA PRENK haha!🤣🤣🤣
    warganyet KL pasti makin FANASSSSssss haha!🔥🔥🔥

    BalasHapus


  57. KUALA LUMPUR (May 21): A subsidiary of listed company Boustead Holdings Bhd, namely Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), will know on June 2 whether the High Court here will grant leave for a restraining order against its creditors and allow the firm to enter into a scheme of arrangement for more than RM1 billion of its debts.⬅️
    https://theedgemalaysia.com/article/high-court-decide-boustead-naval-shipyard-restraining-order-against-creditors-june-2
    ------------------

    katanya kalis utang, ini debt arti apa? haha!🤭🤭🤭

    KL ditunggu kapan mao bayar UTANG
    Kuwait Finance House + MTU-jerman dan 13 LENDER nich

    BalasHapus

  58. 2022: AKAN-Perolehan lapan buah kapal Littoral Mission Ship (LMS) Batch 2 bermula tahun ini
    2022: OGOS-SEPI
    2022: Ujung Tahun SEPI

    2023: OGOS-SEPI
    2023: Ujung Tahun SEPI

    warganyet KL, kena PRENK LAGIIIiiii haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  59. Pamer dulu ach 😂😂👍
    Biar sebelah semakin panaaas🔥🔥🔥
    _____

    Menurut dia, apabila dibandingkan negara emerging power lainnya seperti India dan Malaysia, perbandingan PDB dan utang Indonesia dapat dikatakan masih cukup efektif.

    Selama periode 2018 sampai 2022, nominal PDB India tercatat 683,5 miliar dollar AS dengan utang pemerintah yang lebih tinggi sebesar 932,4 miliar dollar AS. Untuk 1 dollar AS tambahan utang, PDB India juga bertambah 0,73 dollar AS.

    Kemudian Malaysia mencatatkan nominal PDB 48,9 miliar dollar AS dengan utang pemerintah 69,5 miliar dollar AS. Perbandingan itu tetap menunjukkan rasio utang yang masih tinggi.

    https://money.kompas.com/read/2023/05/31/090145826/sri-mulyani-pamer-rasio-utang-ri-lebih-bagus-daripada-malaysia

    BalasHapus
  60. BEZA KASTA...HAHAHAHA

    INDONESIA
    BUDGET MILITER 25 MILYAR US


    MALINGCIA
    BUDGET MILITER 3,6 MILYAR US


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔


    WKWKWKWKWKKWKWWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  61. US$55 miliar untuk memenuhi berbagai belanja alutsista dari pinjaman LN selama 3 renstra. Jadi dalam hal ini 2024 - 2029 nanti kemudian 2029 – 2034,” ungkapnya.
    ————

    $.55 bilion dolar...musah saja hanya 5-6x bajet militer kita

    sementara KL, ampe ktmu di CAPCUS55...haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  62. Hutang Barang jadi atau ada .. ini lu punya Negara Ngutang Barang Halimunan 😀👎😭.. contoh LCS Mahalelet .. Ngutang Melon di Songlap oleh UMDOG 🤔🏳️‍🌈❤️🇧🇩🇲🇾

    BalasHapus
  63. melon fail logic.. f15ex, fregat merah putih, rafale etc bs diakuisisi indonesia.... apalah cuma kf21 itu? klaim IQ tinggi lol melooon

    BalasHapus
  64. Pur, ga usah ngurusin utang orang lain yang notabene dari utang itu dapat hasil alutista yang bagus dan modern.
    PIKIRIN UTANG MU SENDIRI YANG SUDAH GA KARUAN DAN GA ADA HASILNYA, MUNAFIK

    BalasHapus
  65. Pur, ga usah ngurusin utang orang lain yang notabene dari utang itu dapat hasil alutista yang bagus dan modern.
    PIKIRIN UTANG MU SENDIRI YANG SUDAH GA KARUAN DAN GA ADA HASILNYA, MUNAFIK

    BalasHapus
  66. Kapan negaramu tuan rumah Asian Games G-20 piala dunia

    BalasHapus
  67. Malon gak berani hutang, maunya sewa, setelah selesai sewa barang dikembalikan lagi ke pemiliknya

    BalasHapus