06 November 2023

Korea Selatan Pertimbangkan Plan B Karena Tunggakan Pembayaran Indonesia dalam Proyek KF-21

06 November 2023

Pesawat tempur KF-21 Boramae (photo : Reddit)

Indonesia, yang merupakan mitra proyek pengembangan jet tempur KF-21 Korea Selatan, sekali lagi gagal memberi tahu pemerintah Korea mengenai rencananya untuk membayar share biaya proyek tersebut, sehingga membahayakan kemitraan mereka.

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA), badan pengadaan senjata Seoul, mengatakan pada hari Rabu bahwa Indonesia tidak memberikan rencana pembayarannya pada akhir Oktober seperti yang dijanjikan.

KF-21 adalah proyek bersama antara Korea dan Indonesia untuk mengembangkan pesawat tempur supersonik generasi lanjut dengan teknologi lokal Korea untuk komponen utamanya.

Pada tahun 2016, Indonesia setuju untuk menanggung sekitar 1,3 triliun won ($958 juta), atau sekitar 20% dari proyek bernilai miliaran dolar tersebut sebagai imbalan atas kesepakatan bagi negara Asia Tenggara tersebut untuk menerima prototipe jet tempur dan dukungan teknis untuk proyek tersebut. produksi lokal sebanyak 48 unit di Indonesia.

Jakarta sejauh ini telah membayar 278,3 miliar won dan sisanya sebesar 991,1 miliar won telah jatuh tempo.

Awal tahun ini, Indonesia mengatakan akan memberi tahu Korea mengenai jadwal pembayaran pada akhir bulan Juni, namun ternyata tidak. Kemudian dikatakan bahwa pihaknya akan mengajukan rencana tersebut pada akhir Oktober.

Pesawat KF-21 versi kursi tunggal dan ganda (photo : DAPA)

Kembali ke titik awal
Menteri DAPA Eom Dongwhan mengatakan dalam audit parlemen terhadap badan pengadaan senjata bulan lalu bahwa pihaknya “tidak punya pilihan lain selain mengembalikan proyek bersama” jika Jakarta terus mengingkari janjinya.

Jika Jakarta tidak memenuhi pembayarannya maka akan merusak kepercayaan terhadap komitmennya untuk mengembangkan pesawat tempur multiperan yang canggih untuk angkatan udara kedua negara, katanya.

Pada pengarahan DAPA kepada Kementerian Pertahanan Nasional pada hari Selasa, seorang pejabat DAPA mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan berbagai kemungkinan mengenai apa yang harus dilakukan dalam kemitraannya dengan Indonesia sambil menunggu rencana pembayaran dari Jakarta.

Dia mengatakan DAPA juga berencana untuk merevisi perjanjian dasarnya dengan Indonesia mengenai proyek bersama tersebut pada akhir tahun ini untuk membantu menyelesaikan masalah pembayaran.

Pada bulan April 2021, Korea meluncurkan prototipe jet tempur KF-21, yang dijuluki Boramae, di Korea Aerospace Industries Ltd. (KAI), satu-satunya pembuat pesawat militer Korea.

Korea berencana untuk secara bertahap mengganti armada pesawat tempur F-4 dan F-5 yang sudah tua, jet generasi ketiga rancangan AS yang diperkenalkan pada tahun 1960an.

Setelah beroperasi penuh, pesawat tempur KF-21, yang dijuluki jet generasi 4,5 karena kurangnya fungsi siluman, juga dapat menggantikan F-16 dan F-15K pesawat tempu generasi keempat Korea.

Dengan muatan maksimum 7.700 kilogram, pesawat perang baru ini akan memiliki 10 pod untuk rudal udara-ke-udara dan senjata lainnya, yang mampu terbang pada kecepatan 2.200 kilometer per jam dengan jangkauan terbang 2.900 km.

Pada bulan Januari, KF-21 berhasil melakukan penerbangan supersonik pertamanya di atas langit Korea.

See full artilcle KED Global

102 komentar:

  1. Aman.... di bawa santai aja... ilmu sudah di dapat...

    BalasHapus
  2. Ini sebenarnya kasusnya apa karna ketidak mampuan Indo bayar Cicilan apa Keengganan KorSel untuk berbagi teknologi..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibilang ketidak ada anggaran pembelian PesPur kita termasuk Rafale dan F 15 ...walau dari hasil bantuan pinjaman dari negara produsen

      Hapus
    2. Lebih ke masalah teknologi. Yg beberapa dak dikasih oleh Korea karena ada MAMARIKA

      Hapus
    3. Percuma kalau beli cuma mentok sampai gen 4,5. Beberapa technologi kita gak dikasih utk pengembangan ke gen 5. Kalau cuma mentok di gen 4,5 ya mending Rafale dan f15ex yg sudah terbukti handal

      Hapus
    4. Opppa pelit kita kasih sulit tarik tambang terossss......

      Hapus
    5. Korea tidak komitmen dalam berbagi teknologi sesuai dgn perjanjian awal.
      Uang segitu mah gak sulit utk dipenuhi.
      Korea juga terganjal kl Indonesia tidak menjalankan komitmennya. Mknya jika tidak ada titik temu, perjanjian dasarnya akan dirubah.

      Hapus
  3. WKWKWKW
    Goreng terus ya min...

    ben lapakmu rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dipikir2 admin bangsat jg.......cari cuan dari org2 yg saling maki2......uang haram aja susah bro, apalagi yg halal.......wkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
  4. Kalau sudah punya Rafale dan nantinya f15ex, apa masih perlu KFX ya ?

    BalasHapus
  5. Korea mo buat ampe plan Z juga biarin aja....ga sah dipikirin..biar korea aja yg pusing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin perjanjian yang sedari awal Korsel masih perlu alih teknologi dari US yang saat itu juga belum pasti.

      Ya hasilnya jadi gak pasti juga tooh..😂😂😂..

      Korsel jelas tahu, ini adalah bagian dari resikonya...😛

      Hapus
    2. Jika memang perjanjian kerja-ama program KFX dilanggar oleh Korea ... seharusna Indon EXIT .. bukan seperti sekarang "gak Jelas Posisinya"

      Berita yang paling konyol datang dari Korea bahwa Indon meminta Korea konversi tunggakannya menjadi PLN (Pinjaman Luar Negeri)... dan untuk hal jelas-jelas Korea menolaknya kerana Indon mahu menang sendiri ... Mahu klaim KF-21 adalah mahakarya Indon .. tapi X mahukeluar DUIT ...

      Hapus
    3. maho wangsa..
      siapa elu ngatur-ngatur indonesia

      yang konyol tuh, sekedar ayam dan telor malon ternyata disubsidi gov..

      Hapus
    4. Bagian mana yang korea langgar itu?

      Tolol.

      😂😂😂😂

      Hapus
    5. Utk apa keluar duit pesawat 4,5 gen. Mending beli yg pasti2 aja Rafale dan F15EX

      Hapus
    6. Tidak usah dibayar. Buat nambah rafale dan F-15 aja yg sudah jelas. Kasih ke meloy aja.

      Hapus
  6. Balasan
    1. yg jelas proyeknya korea..

      pak beye kan hanya mewakili Indonesia utk urunan.

      Hapus
  7. PARAH KEMENHAN RI JIKA BEGINI HENDAK & SEDANG JEBAK NEGARA UNTUK RUGI DENGAN SEGALA TRIK DARI KEBIJAKANNYA , DEPHAN RI SECARA SENGAJA , TERENCANA JUGA BERKOLUSI UNTUK JEBAK NEGARA JUGA PROJECT² ALUTSISTA STRATEGIS LEWAT MENHANNYA & TIMNYA DI MABES DI BAWAHNYA SERTA DENGAN SANGAT TERENCANA HENDAK MELAKUKAN PENUKARAN PROJECT DENGAN PROJECT LAIN DILUAR KEHENDAK NEGARA TAPI PRIBADI PEJABAT DEPHAN RI & MABES RI BAWAHNYA JELAS INI SUATU AKSI SABOTAGE TERENCANA UNTUK RUSAK INHAN RI & MENCARI KEUNTUNGAN PRIBADI ATAU GOLONGAN DARI PROJECT LAIN DI LUAR KEPENTINGAN NEGARA JUGA BUKTIKAN DEPHAN RI & MENHAN SERTA JAJARANNYA BONEKA ASING DARI VENDOR ASING YANG PUNYA KEPENTINGAN UNTUK DAPAT PROJECT ALUTSISTA DARI APBN RI JUGA TIDAK SUKA PRODUCTNYA KALAH DARI PRODUCT TECHNOLOGY BANGSA INDONESIA JUGA BUKTIKAN BAHWA PRODUCT PERUSAHAAN ASING YANG JADI ANDALAN DEPHAN RI ATAU MENHAN RI MENGAKUI TIDAK MAMPU ATAU ADA DIBAWAH QUALITAS & KEMAMPUANNYA DARI PRODUCT PT DIRGANTARA INDONESIA IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET SECARA TERBUKA DI HADAPAN DUNIA & BANGSA INDONESIA JUGA TECHNOCRATENYA.

    TUHAN BERSAMA BANGSA INDONESIA & NKRI 🇮🇩 !
    HIDUP TECHNOCRATE INDONESIA !
    SELAMAT PT DIRGANTARA INDONESIA DUNIA TAHU QUALITAS PRODUCT NYA & SDM INDONESIA MAMPU KALAHKAN PRODUCT PERUSAHAAN ASING YANG MERASA TERSAINGI & TIDAK MAMPU BERSAING DENGAN QUALITAS PRODUCT PT DIRGANTARA INDONESIA JUGA TECHNOCRATE INDONESIA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga TsetoW si otak 0.01cc isi TAIK segera mampus dan dosa2nya diterima Alkah serta diberikan Azab yg teramat perih & menyakitkan....
      Segera Mampus biar gak ada kotoran yg mengotori bumi & manusia....

      Hapus
    2. Doa yg jelek akan kembali kepada mu

      Hapus
  8. Makanya Korsel harusnya belajar hubungan internasional, mereka dulu awal-awalnya menganggap Indonesia cuma punya kemampuan di pasar pembuatan pesawat kecil sekelas ATR / CN 295 paling gede dipikir kita gak ada pengalaman apa buat riset pespur? Akhirnya ketika kesepakatan gak seusai ya Indonesia marah malah anggarannya dibeli F-15EX dan Rafale yang jelas-jelas sudah battle proven dibandingkan KFC yang masih Experience 😊 Giliran seperti ini seolah-olah Indonesia yang salah, padahal presiden udah jelaskan untuk melanjutkan pembayaran cuma mereka pihak Korea juga sadar lawannya yang dihadapi yaitu Menteri Pertahanan yang akan maju di pilpres mendatang yang mana mereka sudah sampai sini aja kemampuannya menggertak Indonesia gak bisa semena-mena sebab Prabowo tau dan paham betul tentang kondisi permasalahan pespur ini sehingga Prabowo lebih memilih membeli pesawat tempur yang ready dan teruji daripada mencoba dari awal, lagipula sebagian teknologi kuncinya sudah Indonesia kuasai

    BalasHapus
  9. Ada kabar mengejutkan terkait pembelian Mirage 2000-5 ex Qatar ....

    Ternyata diputuskan oleh Jokowi untuk DIBATALKAN da hal ini membuat Prabowo marah besar kepada Jokowi dan untuk menunjukkan kemarahannya itu .. Prabowo akan membatalkan pencalunan Gibran sebagai Wapresnya pasca kepuusan MKMK besok dan digantikan oleh Erick Tohir atau Khofifah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk kalau sudah halu membualnya nggak kira2. Ha ha ha ha ha

      Hapus
    2. Bekantan mahamangsa ini memang tukang halu. Kebanyakan inex.

      Hapus
  10. santuy bro....uang kontribusi hilang gpp....itung2 Indonesia kasih sedekah ke Korea......Indonesia hanya dipakai utk stempel legitimasi produk jualannya korea........negara lain wait n see nunggu review produk korea dari Indonesia.......klo uang kontribusi hilang, tinggal direview bintang 1 aja......bakalan kelojotan korea......sapa yg mau beli, produk yg blum battle proven......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggap aja impas buat bayar pinalti kapal selam yg gagal

      Hapus
  11. Sengaja itu mah di undur sama pak prabowo ,karena korsel belum mau kasih bbrp TOT inti nya.secara langsung tapi janjinya mau kasih pengalaman nya aja.
    KF21 kandungan teknologi byk di suplai dri AS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, beberapa teknologi yg dikembangin sendiri oleh KorSel kayaknya bukan bagian dari kerja sama. Contohnya radar.

      Hapus
  12. INDON GAGAL BAYAR HUTANG KFX.... MEMALUKAN.. 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. KLAIM SHOPPING =
      2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
      2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      2022 SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
      2022 SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      2022 SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      2022 SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      2020 SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
      2016 SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
      🤣2023-2016 LEASE SEWA🤣

      Hapus
    2. Lebih baik memalukan daripada menyesal.. toh pemerintah mampu kok beli rafale ngapain berharap lebih ke kfx

      Hapus
  13. Kalau ada Maruah.... Keluar secara terhormat.... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon keluar aja dri fpda
      Ayam sayur

      Hapus
    2. Kita mau kasih pelajaran sama bencong2 korea itu. kita gantung sampai kelojotan.

      Hapus
  14. MEMALUKAN.... 😂😂😂😂

    Awal tahun ini, Indonesia mengatakan akan memberi tahu Korea mengenai jadwal pembayaran pada akhir bulan Juni, namun ternyata tidak. Kemudian dikatakan bahwa pihaknya akan mengajukan rencana tersebut pada akhir Oktober.

    BalasHapus
  15. Ada bendera di badan KFX klaim geng INDON ya guys..... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  16. Ciye beruk monyet gemporkk..ditanya FA50 bayar cash gak ada bukti ciahahaha

    BalasHapus
  17. HUTANG saja NGEPRANK..... MEMALUKAN... 😂😂😂😂

    BalasHapus
  18. HAHAHHAHA.... GAGAL BAYAR HUTANG KFX

    BalasHapus
  19. HUTANG.... BAYAR WOIIII.... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  20. Memang mau fa50 barter sawit wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi hebat INDON barter KERUPUK DAN BISKUT guys... 😂😂😂😂😂

      KFX pula NUNGGAK BAYARAN HUTANG... MEMALUKAN

      Hapus
  21. Akibat kuat NGUTANG.... HUTANG KFX saja tak mampu dibayar... 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  22. INDON.... 🤣🤣🤣🤣🤣

    Indonesia, yang merupakan mitra proyek pengembangan jet tempur KF-21 Korea Selatan, sekali lagi gagal memberi tahu pemerintah Korea mengenai rencananya untuk membayar share biaya proyek tersebut, sehingga membahayakan kemitraan mereka.

    BalasHapus
  23. INDON GAGAL BAYAR HUTANG KFX... 😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. KLAIM CASH KAYA .....
      2023 = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      2022 = Malaysia’s national debt in 2022 climbed to RM1,079.59 billion, a considerable increase of RM99.78 billion or 10.2 per cent from RM979.81 billion in the previous year, the Auditor-General (A-G) said in its report on the Federal Government’s Financial Statement that year.
      ---
      2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      🤣2023-2018 NEGARA BERHUTANG BAYAR HUTANGI🤣

      Hapus
    2. Tenang pork, gagal kfx indonesia masih punya Rafale dan mungkin f15ex. Beda dg KERAjaan beruk. Semua pesawat usang. HA ha ha ha ha ha ha ha
      https://www.zonajakarta.com/nasional/67310490507/rafale-indonesia-hendak-jadi-malaysia-masih-bingung-cari-utangan-biayai-pembelian-fa-50

      Hapus
  24. Kasta PENGUTANG gagal bayar HUTANG.... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ini sudah miskin tolol.pula

      https://www.zonajakarta.com/nasional/67310734895/media-asing-soroti-proyek-apes-kd-maharaja-lela-malaysia-berbanding-dengan-fregat-merah-putih-indonesia

      Hapus
  25. Satu kata...... MISKIN.... 😂😂😂😂

    BalasHapus
  26. Miskin tuu negeri yang NGUTANG ke jepun buat bayar faedah NGUTANG ke China..

    Laah..jangan lupakan bayar UTANG pokoknya yaah lon..

    Wkkakakakakal

    BalasHapus
  27. Gue usul sih kalo ada sengketa dalam proyek borameong ini diajukan ke MK aja supaya bisa ditrial melalui persidangan....shg tiap keputusan yg diambil bersifat final and binding bagi semua pihak 👌

    https://www.facebook.com/share/r/EXPyoUmqDfku9RZP/?mibextid=WONMBb

    BalasHapus
  28. Penutur bahasa MELAYU hanya 30 juta. Klo bahasa MALON hanya 15 juta. Penutur bahasa Indonesia 300 juta.
    Kosa kata bahasa Melayu yang digunakan dalam bahasa Indonesia hanya sekitar 20 % saja dan terus berkurang seiring penambahan kosakata baru yang berasal dari serapan bahasa daerah (terbanyak jawa, sunda) dan asing

    BalasHapus
  29. Gak lama lagi (mungkin 1 atau 2 dasawarsa) bahasa Indonesia jadi bahasa dunia.

    BalasHapus
  30. Jerman berpikir untuk keluar dari proyek jet tempur FCAS dengan Prancis dan bergabung dengan program GCAP yang dipimpin Inggris
    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jerman dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan proyek jet tempur Future Combat Air System (FCAS) yang dijalankan bersama Prancis dan Spanyol.
    Proyek FCAS senilai 100 miliar euro (105 miliar USD) telah dijalankan oleh ketiga negara selama beberapa tahun. Jerman sendiri disebut telah memberikan komitmen sebesar 40 miliar euro dalam proyek tersebut.
    Sementara Prancis, bersama dengan Italia, sedang mengerjakan sistem rudal pertahanan udara inovatif berbasis darat yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2025.

    Berlin dan Paris juga tidak sepakat mengenai proyek tank gabungan Sistem Tempur Darat Utama (MGCS).

    Di sisi lain, Sistem Perang Lintas Udara Maritim (MAWS) bersama yang pengembangannya disepakati pada tahun 2017 oleh Macron dan mantan Kanselir Jerman Angela Merkel, hingga saat ini belum mengalami kemajuan
    Banyak yang menilai, ada ketidakcocokan antara Jerman dan Prancis dalam beberapa hal.

    Menengok ke belakang, pada tahun 1985 Prancis keluar dari proyek konsorsium Eurofighter 2000 (Typhoon) di mana di sana terdapat Jerman, Inggris, Spanyol, dan Italia.

    Prancis kemudian membuat proyek sendiri dengan melahirkan Dassault Rafale.
    baca yg lengkap di:
    https://www.airspace-review.com/2023/11/02/jerman-berpikir-untuk-keluar-dari-proyek-jet-tempur-fcas-dengan-prancis-dan-bergabung-dengan-program-gcap-yang-dipimpin-inggris/#google_vignette
    ——————

    €100 milyar/bilyun total proyek, hadeuu kapan balik modal ini? Mao jual brp duit...1000 pespur pun takkan balik modal haha!😋😋😋
    komitmen jerman €40 bilyun/milyar..
    bok duit segituw 5x bajet kita, jgn tanya KL, makin jauhhh haha!🤣🤣🤣

    klo jerman gabung inggris, dr sini kliatannya bakal bubar FCAS, klo ampe kejadian, prancis & spanyol dipastikan gak bakal punyak pespur gen 5 apalagi gen 6 dimasa depan haha!☠️☠️☠️


    BalasHapus
    Balasan
    1. Spanyol mentok andalin Thypoon
      Perancis mentok juga ke Rafale F5

      Rileks, kan jaminan NATO.
      Paling kalah gengsi doang oom..😂😂

      Hapus
    2. GCAS dipimpin britis pertanda yurop butuh tangan besi jgk dlm proyek pespur. Proyek taifun membuktikan susahnya yurop bersatu, prancis out ciao dgn proyek rafale sendiri haha!😎😎😎
      jeleknya sistem bagi rata dlm konsorsium euro taifun adalah ketika saat ekspor hrs meminta persetujuan smua stakeholder
      -jual ke KSA aja skrg jerman ngeblok
      -sebaliknya klo mao jual ke argentina, pasti britis yg ngeblok

      itulah kenapa proyek KFX-IFX saham patner dibatasin, krn gak mao kejadian yg sama ama taifun.
      koryo pilih cara amrik, tangan besi dlm JSF/F-35
      klo gak suka pintuw terbuka utk kluar ato ditendang kyk turki haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Jerman belakangan ini ekonomi nya gak baek-baek amat..... ujung-ujungnya bakal ngumpet dibawah ketek "uncle Usman", persis kek cari pespur berkualifikasi pembawa bom nuklir tempo hari

      https://www.facebook.com/share/r/kzS1etEZ3JRX6PgW/?mibextid=WONMBb

      Hapus
    4. nyoiihhh om pedang, tp spanyol masi py harapan nyusul jerman akusisi f-35, bahkan ikut gcas haha!🤭🤭🤭
      nach si empunya rafale ini gengsinya setinggi menara eifel haha!😂😂😂

      Hapus
    5. Korsel butuh customer luar sebagai pembuka jalan..
      Tapi dengan terbuktinya pasar F/A50, makin kesini kayaknya mereka makin PD..😁

      Dan dimari juga kayaknya udah PD juga dengan Rafale & EX...😂😂😂

      Hapus
    6. Yaaah...
      Paling gak Perancis punya nEUROn yang ntar disuruh maju duluan...😂😂😂

      ===!!!
      "..Tujuan dari desain nEUROn adalah untuk membuat drone otonom yang punya kemampuan stealth serta dapat berfungsi di zona pertempuran untuk menhadapi ancaman menengah hingga tinggi....«

      Hapus
    7. klo guwe liat menara eifel paling cocok kerjasama ama menara pisa....
      ekonomi yurop emg menguncup smua, tp jerman tabungannya paling sehat keknya om smilikity haha!😋😋😋
      di jaman dron ini berbagai proyek pespur keknya bakal ditinggalin, smua mlipir ke ucav...hemat dan epektip haha!💪💪💪

      Hapus
    8. nach ntuw dia, klo bisa ekonomis knp hrs yg mahal
      negeri yurop byk yg cari alutsista dr asia timur
      serbia ke elder brader
      yg laennya ke koryo sang jawara, sbg penyedia tank, sph, pespur paling laris manis haha!🤑🤑🤑
      liat polandia ampe diservis Utang $22 milyar/bilyun haha!😎😎😎

      warganyet kudu baca:
      Korea Selatan mengumpulkan 5 bank lokal untuk membantu Polandia membeli persenjataan senilai 22 miliar USD
      https://www.airspace-review.com/2023/11/06/korea-selatan-mengumpulkan-5-bank-lokal-untuk-membantu-polandia-membeli-persenjataan-senilai-22-miliar-usd/#google_vignette

      Hapus
    9. klo plan B jerman cabut dari FCAS ke GCAS, ato malah jalan 2...wow tajir bok haha!🤭🤭🤭
      padahal dari €100 milyar/bilyun, 40%=€40 milyar ditanggung jerman, sisanya 60% dibagi spanyol ama prancis, atawa € 30 milyar masing2

      lha plan b koryo apaan?
      guwe baca di media koryo laen, berkaitan ama taun politek disini.
      sama ama ekonomi, nampaknya pada nahan investasi & bisnis di RI mulai taon depan.

      buat koryo plan B tahun depan NO bisnis disini ribet politek, ngapaen buang2 waktuw...
      makanya koryo genjot total Utangan ke kembaran bendera kita di yurop polandia...$ 22 milyar gaesz..haha!😵😵😵

      sperti kata om pedang kita malah pede ke rafale, f-15, fremm, ppa dan kasel skorpeng, type 214, 212 dll..
      yaa kita liat aja klo ampe akhir tahun gak ada shopping, prediksi guwe sich 2024 berpotensi bakal pending lagi,
      ato malah NOL klo ganti PAWER disini haha!🤫🤫🤫

      Hapus
  31. Ini berita HOAX dari admin. Mana mungkin INDON nggak mampu bayar utang. Bukan kah INDON negara T20? Wkwkwkwkwkwkwkwkwk.....

    Nampaknya bendera Indon akan hilang buat selama-lamanya...Wkwkwkwkwkwkwk......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolol G20 bukan T20

      Kalau ga tau beruk Malon diem aja...

      Rafale aja bisa indo bayar...


      Emang Malon 20thn lebih ga bisa beli pesawat tempur

      Hapus
    2. T20 itu apa ? Ha ha ha ha mungkin itu bahasa beruk ya

      Hapus
    3. T20 = Tunggu 20 tahun tidak shoping wkwkwkwk beruk menangis

      Hapus
  32. Nampaknya lagi betul Malon, sudah bikin PTM-6

    Makanya, bagi malon Gen'5 tuu sampah semua..

    Hahahahahahhahhah

    BalasHapus
  33. Jakarta sejauh ini telah membayar 278,3 miliar won
    ——————

    wahh naik nich dari seblomnya 227 milyar artinya bener kite uda bayar untuk 2022 dan 2023 haha!😉😉😉
    yaaa namanya jgk kontribusi, terserah kita donk yg fenting bayar, tak sperti KL, NGUTANG LCS dari 2018 tak bayar haha!😂😂😂

    hakim KL dah putuskan KL wajib bayar EMIR KUWAIT dan 14 Lender,
    tapi KL, Kabur Lagiiii...buron gaesz haha!😋😋💪

    BalasHapus
  34. Pembelian pesawat TNI AU 20 tahun kebelakang

    Grob
    Wongbee KT 1
    T-50i
    Tucano
    SU-27/30
    F-16 C/D
    CN 295
    C-130J / H (Australi )
    A400
    Falcon X7 ,X8
    Mirage 2000
    Rafale
    F-15
    Heli caracal,superpuma,colibri

    Dll



    Malon 20 tahun ga beli apa2....hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli om...poto ama brosur tapi haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  35. 3 idiot Malon tumben pada nongol berbarengan. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  36. Ini kok jongosnya gak ditawari lebih dahulu ya ? Kasihan 3 idiot nanti pada ngamuk. 😁😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.airspace-review.com/2023/11/06/inggris-menawarkan-pesawat-c-130j-dan-a400m-milik-mereka-ke-indonesia/

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  38. buat para warganyet KL haha!😄😄😄
    https://youtube.com/watch?v=myv-SPwjKL8
    —————

    manusia 100 tahun pun bersabda
    ➡️tun M: KL tidak punya sedjarah, 10 tahun lagi TAMAT⛔️haha!🤣🤣🤣
    2 x pilru lenyap gaesz

    BalasHapus
  39. SULTAN JOHOR DIPILIH YANG DI-PERTUAN AGONG KE-17
    https://youtube.com/watch?v=J62r6yaYMK0
    ————————

    tahniah para warganyet punya ydpa baruw, keturunan KITA gaesz haha!👍👍👍
    ayo silakan warganyet KL silakan junjung tinggi putra turunan sini haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. SULTAN JOHOR TERASA SAYA PUN BUGIS
      https://www.youtube.com/watch?v=Q-KLDFp4K3o
      --------------------------------

      catat yaa ydpa KL, sangat lokal konten kita drpd onoh gaesz haha!👍👍👍

      1 KL wajib nyembah putra bangsa kita gaesz hore haha!👏👏👏

      Hapus
  40. AKIBAT kuat NGUTANG....HUTANG KFX saja tak mampu dibayar....HAHAHAHAH

    BalasHapus
  41. INDON NGEPRAK konon mau bayar HUTANG guys.....HHAHAHAH

    Awal tahun ini, Indonesia mengatakan akan memberi tahu Korea mengenai jadwal pembayaran pada akhir bulan Juni, namun ternyata tidak. Kemudian dikatakan bahwa pihaknya akan mengajukan rencana tersebut pada akhir Oktober.

    BalasHapus
  42. akibat kuat HUTANG......HUTANG KFX saja tak mampu dibayar.....parahhhhh....HAHAHAHHA

    BalasHapus
  43. kesiannnn...tak mampu bayar HUTANG....HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  44. kasta PENGUTANG... GAGAL BAYAR HUTANG....HAHAHAHAHA...

    ironi guys....

    BalasHapus
  45. KL pinjam yakuza buat bayar utang ke geng triad haha!🤪🤪🤪

    ▶️2018- Pinjaman dari Jepun untuk bayar hutang Putrajaya
    https://www.youtube.com/watch?v=laikpL4FiSM

    ▶️2019-59 peratus pinjaman baharu kerajaan untuk bayar hutang
    https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2019/10/617641/59-peratus-pinjaman-baharu-kerajaan-untuk-bayar-hutang

    ▶️2020-Jabatan Audit bimbang 60 peratus pinjaman kerajaan diguna bayar hutang
    https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2020/11/750336/jabatan-audit-bimbang-60-peratus-pinjaman-kerajaan-diguna-bayar

    ▶️2021-Kerajaan terpaksa berhutang untuk bayar hutang
    50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2021/10/881063/kerajaan-terpaksa-berhutang-untuk-bayar-hutang

    ▶️2022-Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2022/10/1008904/pac-bimbang-trend-hutang-negara-yang-meningkat

    utang terussszzz buat bayar lender, gali lobang gak bisa nutup....kalis utang jidatluh nyet 🤕 haha!🤣🤣🤣

    PMX : hanya mampu bayar faedah...pantesan tren utang naik terus haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  46. Berita yang MEMALUKAN INDON.... GAGAL BAYAR HUTANG KFX... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  47. Kasta PENGUTANG gagal bayar HUTANG...... GAGAL... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya gagal koyak tuh
      Malon cuma bisa sewa

      Hapus
    2. apanya yg gagal lon??? masa yg punya rafale dan f15ex dibilang gagal wakakakakak..cemana dgn malon kalo gt yg ga mampu beli apa2???? lol ngaca woiiii ngaca

      Hapus
  48. Maksudnya Hanya Kuat Sewa...gak kuat Hutang ....ngeles nya lagi bayar berperingkat ???? LEASING...???? Artinya Sewa Beli...jadi selama belum lunas masih milik Leassor gak bisa dianggap milik Kerajaan Malon...komposisi bayar lebih banyak biaya sewa nya dari pada mencicil harga asset...jangkan nya utk memilik lebih lama dan beresiko begitu terjadi masalah bisa dijadikan hutang dan ditagih jadi baik baik dengan leaasor sebelum lunas massa leasing nya masih jadi anjingnya tidak berkuasa thd asset...

    BalasHapus
  49. sedangkan KL,
    putrajaya KL berUtang pada BNS RM.3 bilion sedjak 2018 haha!🤥🤥🤥

    BalasHapus
  50. BHIC Considers Sukuk to Fund LCS Construction Project
    Boustead considers Islamic bond to fund LCS construction project

    Malaysia's state-owned Boustead Heavy Engineering Corporation (BHIC) is seeking to issue an Islamic bond worth up to MYR4 billion (USD962 million) to support its programme to construct six Maharaja Lela (Gowind)-class Littoral Combat Ships (LCS) for the Royal Malaysian Navy (RMN).
    http://defense-studies.blogspot.com/2021/07/bhic-considers-sukuk-to-fund-lcs.html
    ----------
    lha katanya cash ternyata KL, BU, butuh utangan gaesz haha!😂😂😂

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. KUALA LUMPUR (May 21): A subsidiary of listed company Boustead Holdings Bhd, namely Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), will know on June 2 whether the High Court here will grant leave for a restraining order against its creditors and allow the firm to enter into a scheme of arrangement for more than RM1 billion of its debts.
    https://theedgemalaysia.com/article/high-court-decide-boustead-naval-shipyard-restraining-order-against-creditors-june-2
    ------------------

    BNS skrg 100% milik MOF KL, tambah banyak UTANG haha!😝😝😝

    KL ditunggu kapan mao bayar UTANG
    Kuwait Finance House + MTU-jerman dan 13 LENDER nich di pengkolan haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus