21 September 2012

ATM Lancar Penembakan Misil dan Roket Secara Bersepadu

21 September 2012


Suasana latihan Eksesais ANGSA 7/2012 (all photos : TLDM)

Angkatan Tentara Malaysia (ATM) telah berhasil meluncurkan penembakan misil dan roket secara terpadu di Perairan Selat Malaka Utara sekitar jam 10 hingga 11 pagi tadi. Penembakan yang diluncurkan dari platform penembak yang berbeda ini berhasil mengenai sasaran permukaan pada jarak dan kecepatan yang diprogram.


Dalam penembakan tadi pagi, Angkatan Laut Diraja Malaysia (TLDM) telah meluncurkan misil jenis Exocet MM40 dari Kapal Diraja (KD) LEKIU dan misil jenis Sea Skua dari helikopter TLDM jenis Super Lynx. Angkatan Udara Diraja Malaysia (TUDM) pula telah meluncurkan misil tipe Maverick dan Harpoon dari pesawat tempur F/A-18D. Sementara itu, tim 51 Resimen Artileri Kerajaan Angkatan Darat Malaysia (TDM) pula telah meluncurkan Sistem Roket Lancar Berganda Astros II dari situs penembakan di Tanjung Antu, Segari, Perak. Semua penembakan ini telah berhasil mengenai tepat dan menghancurkan target.


Penembakan terpadu ATM ini telah diluncurkan selama Eksesais ANGSA 7/2012 yang melibatkan tiga layanan, Darat, Laut, dan Udara yang dimulai dari 10 hingga 28 Sep 12. Penembakan secara terpadu ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan latihan secara bersama (joint) antara ketiga layanan. Selain itu, penembakan ini digabungkan sebagai langkah penghematan secara kemitraan biaya dalam operasi penembakan.


Penembakan terpadu ini melibatkan aset bantuan ketiga layanan sebagai unsur untuk pembersihan area, tim penyediaan sasaran, rekaman dan analisis. Antara aset dan unsur TLDM lain yang terlibat adalah KD Mahawangsa, KD PAHANG, KD TERENGGANU, KD LAKSAMANA Hang Nadim, KD MAHAMIRU, KTD PENYU, Bot Tempur CB 90, Tim Penyelam, Weapon Trial and Assesment Team (WTAT) dan helikopter Fennec. Sementara aset TUDM lain yang terlibat adalah pesawat Su-30MKM, pesawat CN-235, pesawat B-200T dan C-130. Unit TUDM yang terlibat adalah 51 Resimen Artileri Royal.


Keberhasilan penembakan misil dan roket terpadu ATM ini telah sekali lagi membuktikan bahwa kesiagaan aset ATM selalu di tingkat yang tinggi dalam mempertahankan kedaulatan negara. Ia juga sekaligus menempatkan ATM antara pasukan Angkatan Bersenjata yang wajar disegani di kawasan ini.


Panglima Angkatan Laut Laksamana Tan Sri Abdul Aziz bin Ja’far, Panglima Angkatan Udara, Jenderal Tan Sri Dato Sri Rodzali bin Daud TUDM, Wakil Panglima Angkatan Darat, Letnan Jenderal Dato’ Hasbullah bin Hj Mohd Nawawi dan Panglima Angkatan Bersama, Laksamana Madya Dato’ Sri Ahmad Kamarulzaman bin Hj Ahmad Badaruddin, Panglima Operasi Udara Dato’ Seri Mohd Ackban bin Hj Abdul Samad TUDM dan Panglima Armada Laksamana Madya Dato’ Abdul Hadi bin A. Rashid hadir menyaksikan penembakan ini dari platform kapal KD Mahawangsa di Perairan Selat Malaka.

(TLDM)

22 komentar:

  1. hahahah...baru segini aja udah sombong kau! lihat indonesia punya Rudal YAKHONT yg berjarak tembak 300 KM baru pertama di asia tenggara yg punya INDONESIA, apalagi di pasang sendiri sama putra-putra INDONESIA. malaysia mana bisa kaya ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakhot mimpi basah... sejak bila indon punya yakhont? 😂😂😂

      Hapus
  2. eh lantak kau lah yakhont mau tembak 30000km pun ada aku pedulikah??empunya blogger punya news kita layan aja sudah...

    BalasHapus
  3. hehehe... sabar...sabar..hehehe...tunggu tanggal mainnya..hehehe...

    BalasHapus
  4. bukan apa bro..baru dapat misil yakhont sudah mau2 koar perang sama Malaysiakah???ini seperti anak kecil ni bro..nnt lagi diembargo isu HAM jd mundur terus...

    BalasHapus
  5. baca resensi perang modern, berapa alutsista yang dikerahkan.. Indoesia dan malay, kalo perang resources kedua Negara akan ludes dalam hitungan hari, sisanya sama sama gerilya :D Krn keduanya sama sama pas pasan:D

    BalasHapus
  6. Bersyukur kerana semua perbelanjaan dan perolehan pertahanan adalah untuk keamanan di rantau ini. Bersilaturahim Nusantara..

    BalasHapus
  7. Malaysia siapa yg bakal di suruh perang .??"tni bukak batalion tank di kalimantan "gemetar malaysia !!,lapor sana lapor sini ,"tolong inggris tolong king to king kami tidak tahu lagi indonesia sudah menjelma raksasa betulan ,economi ,militer terbesar sudah .!and perlu di igat esport malaysia 35% ke indonesia hem.hem ..."perlu di igat 1945 fredom not freee ....kami pukul mundur sekutu ,apa lagi sekarang !!!!!raksasa di gangu bergetar seluruh kawasan asia ,kami puya yali ,puya sdm and malaysia puya apa ?????bapakmu malaysia lagi susah !!!!anda tinggal pilih malaysia damai atau sebaliknya????!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..hebat amet...omong asal njeplak lagak pengamat dan ahli strategi perang..

      dari sodara seberang M'sia..

      Hapus
    2. Kami bukan pegamat !!!kami study ,kalian gak pernah tahu kami ???cuma meliter ri jumlah pesawt au beserta angkut 530 buah beserta helii hehe...yata sumber ;:word defense !!!!!

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Freedom not free?.. kalaoe indon ga bayar ongkos perang ke Belanda kalian ga akan merdeka sampai sekarang,, mau lawan perang dengan malaysia?.. Perang lawan GAM berpuluh tahun ga pernah menang, ini pula mau lawan malaysia yang kekuatan sebuah negara?.. paling2 tolong rusia kasi ngutang alusita!! tolong korut!!😂😂😂

      Hapus
  8. Hebat dan Arifnya Blogger Indonesia, tanpa mengecilkan maupun menyudutkan Malaysia, tampilkan postingan berita militer Malaysia tapi knapa jika Blogger malaysia menampilkan (jarang) berita Militer Indonesia selalu dengan nada miring dan mencemooh ?
    Apa karena Malaysia lebih hebat dan mempunyai Alutsista lebih Modern?
    Bangsa kami tak pernah mengusik tetangga tapi jika kami diusik seluruh anak bangsa akan melawan,
    bangsa kami lebih beradab bukan bangsa "akan" dan bukan bangsa maling, prinsipnya "Elo jual Gua beli"

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya bloger defence studies adalah neutral...walau beliau dari Indonesia..

      kamu bisa tunjukin padaku Bloger Malaysia yang mana menampilkan nada miring dan mencemuh berita militer Indonesia..

      Hapus
    2. Anda baca sumber c.i.a .anda tahu kekuatan meliter dunia !!!kamu di kibulin rajamu perdana mentri( dektator)dektator yataaa kekuatan malaysia gak ada di situh !!!!

      Hapus
    3. Admin blognya bagus enggak biased,malang sekali komentarnya goblok.Komentar pertama aja udah ditunjukin gobloknya.

      Hapus
  9. Budak Msia ni Macam orang bodoh je, nak layan perang indonesia ni, kt org ni tahu kekuatan daripada kerajaan, yang berjaya mintak suport dari British, tak tahu malu lerr..

    Jom-jom damai ngan Indonesia kerana diorg punya macam2 senjata dan tentera terkuat kat rantau ASEAN ni...

    jangan nak ditipu dan nak terprovocate UMNGOK..

    ATM ni tak de kualiti fakta nyer, lepas MALINDO kat borneo pon PASKAU nak pengsan.. :nohope

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau tak tau ke cerita kopasus pingsan saat upacara gabungan di metro polda?.. tak tau ke cerita kopasus terjun nyasar jatuh atas pokok bambu?.. kalau nk menyamar sebagai org malaysia pergi mati lah loe

      Hapus
  10. tni bukankuat pun malaysia ada fpda america kuat punmintak tolong nato join serang iraq!

    BalasHapus
  11. Mantap info dan gambarnya

    BalasHapus
  12. hahaha masing2 goblok aja komentarnya...selalu provokasi satu sama lainnya...

    BalasHapus