25 April 2019

Doktrin Operasi UAV Sedang Dibangunkan ATM

25 April 2019


UAV dalam TUDM CAP 55 program (image : Mal DoD)

KUALA LUMPUR - Angkatan Tentera Malaysia (ATM) sedang membangunkan doktrin dan konsep operasi pesawat terbang tanpa pemandu (UAV) agar pengoperasiannya dapat digunakan secara efektif dan berkesan dalam menjaga persempadanan daratan serta maritim negara.

Timbalan Menteri Pertahanan, Senator Liew Chin Tong berkata, teknologi UAV didapati efektif berdasarkan daya ketahanan yang lama, jarak pengoperasian yang jauh, selain keupayaan dan kelebihan sensornya.

“ATM setuju dan mengakui kepentingan teknologi UAV pada masa sekarang dan masa hadapan sebagai salah satu strategi peperangan, di samping dapat meningkatkan keupayaan ATM bagi memantau sempadan daratan dan maritim negara.

“Buat masa ini, ATM telah pun mempunyai keupayaan UAV di dalam perkhidmatan bagi tujuan pengawasan, serta turut bekerjasama dengan Jabatan Ukur dan Pemetaan Malaysia (JUPEM) bagi tujuan pemetaan,” katanya ketika sesi soal jawab di Dewan Negara hari ini.

Beliau menjawab soalan Senator Datuk Theodore Douglas Lind mengenai sama ada teknologi ‘drone’ akan diperkenalkan dan digunakan ATM pada masa sekarang dan masa hadapan sebagai satu strategi peperangan yang baharu supaya ATM dapat bersaing dengan angkatan tentera negara jiran.

Chin Tong berkata, teknologi UAV juga akan digunakan sebagai salah satu elemen sistem pengawasan dengan jaringan aktiviti perisikan, pengawasan, pengesanan dan peninjauan (ISTAR) dalam ‘masa sebenar’ dan diintegrasi ke dalam sistem ‘Operasi Jaringan Berpusat’ (NCO) ATM yang kini sedang dibangunkan.

“Keupayaan ini dilihat sebagai kekuatan berganda bagi memantapkan lagi sistem pemantauan daratan dan juga ruang udara negara.

“ATM juga telah lama mengadakan idea untuk mengintegrasikan teknologi dalam pelbagai bidang dalam ATM* kementerian juga mengambil kira industri 4.0 termasuklah penggunaan dan pengoperasian UAV dan kecerdasan buatan* semua ini akan diambil kira dan dilaksanakan,” katanya.

(Utusan)

132 komentar:

  1. bwahahahahaahaa.. Ambil hibah SPH Paladin pon tak ade wang.. nih sembang nak ini itu... kahkakah.. loooon.. maloooonn... jngan kebanyakan hisab dadah kasihan tuh otak sudah delusi akut... 😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
  2. Btw.. lunasi dulu tuh hutangmu ke China.. Jngan sampai nanti menara petromak pon kena jual juga ke China.. kahkahkahkah.. IDIOT MALON.. Mantaaaaaappp..!! 😅😅😅😅😅😅👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malon low IQ lehernya dah terjerat leher china tak bisa kemana2 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Ibarat anjing sudah di rantai sama cina

      Hapus
  3. Tak kesah pon....Wang tak de cuma banyak ide je...😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. UAV BALOON nak produksi Tempatan,tenaga angeen.. murah meriah,cocok la buat tipisser

      Hapus
  4. Maksudnya dibeli tahun 2055 kah kah lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sibuk jualan minyak goreng,kg ada waktu ttd kontrak di tahun 2055 baru sempat la..😁

      Hapus
    2. CUMA RFI JE ITU MAH,,MALON MANA JE ADA WANG NAK SHOPING WEAPON,,MALON BAHLUL BRO KHKHKHHH

      Hapus
    3. 2055 malon dah tak ada karena dah di jual ke china 😁

      Hapus
  5. Ooohhh iyaa.. tenang nanti tuh semua aset boleh barter dengan nasi lemak khas malon yg sudah mendoooonia... kahkahkahkah..

    BalasHapus
  6. 1 skuadron MPA...??? saya yakin CN-235 MPA PT DI tak masuk senarai.. Pasal malon ni negara grade A pilihnya pasti barang2 premium.. tpi bayarnya gadai dulu anak dara sultan bodoh malon ... xixixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak beli 1 skuadron MPA malon ada wang tak? 😁

      Hapus
    2. mana punya, yg sekelas cn-235 aja lebih mahal dari si MKM haha!🤠🤠🤠

      apalagi c-295 ato boeing 737-SLAMMR bahhh jau dach, antara langit & pohon pisank haha!😋😋😋

      Hapus
  7. 1 skuadron AWE&C...??? bwahahahahahaa.. nih lagi tak masuk akai.. jet pejuang pon sikit je.. itupun banyak yg bengap dihanggar karena wang dikoropsi dan SDM LOW IQ khas Malons.. xixixixi..

    Helloooooww Malooons.. kurangi melancap dan Hisap dadah ye... !!! Delusimu sudah parah stadium 5 menuju stres gila.. xixixixi.. IDIOT MALONS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha itu lo mas harapannya terlalu tinggi, beli jf sulfur aja make jual minyak se negara.

      malah mau akuisisi AEW&C 1 skadron pula, duit dari mana coba ?

      Hapus
    2. bukan gitu mas.. walaupun bisa memiliki 2 AEW&C sperti Wedgetail yg tampak seperti tabel diatas.. apa ngk lucu nanti..?? jet pejuang yg dari barat pun cuma 2 biji hornet jer.. bwahahahhaa... Mau pakai MKM..?? ini malah ngk masuk akal lagi.. kalau MKM bisa sinkron dengan wedgetail saya akui SDM MALONS sudah setaraf Alien.. kahkahkahkah.. 😂😂😂😅😅

      Hapus
    3. Ooooohh iyaa.. ane lupa.. Malon kan nak beli jet pejuang JF-17 Sulfur 3 skuadron dari Pakistan.. JF-17 ini ada tekhnologi Israel juga lhoooo.. mungkin bisa juga sinkron dengan wedgetail.. xixixixiixi.. sokong malon..!!! 😅😅😅😅😂😂😂

      Hapus
    4. Kenapa Su-30MKM tidak bisa sinkron dengan Wedgetail? Apakah ada masalah antara Safran atau Thales dengan Northrop-Grumman dan BAE?

      Kalau JF-17 no comment karena kurang mengikuti perkembangan AU Pakistan.

      Hapus
  8. ATM in wet dream with Idiot beruk unknown, lumpur wira, jalan setan, bidababi dkk

    BalasHapus
  9. Ngintip di MD komennya ada yg mau barter bambu wkwkwwkkw. Ngakak bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ini om unknown567 haha!🥥🥥🥥

      "Or perhaps China would be interested to build more LMS in part exchange for Musang King durians? We should be more creative in the barter, though I can’t think of who would be interested in Malaysian bamboo if we went that direction. Overseas lemang lovers perhaps?"

      buset dech musang king mahal doank, mendingan duren bangkok ndud banyak isi, ato klo rasa, guwe mending duren medan, plembang dech, mao rasa manies ato alkohol, bisaaa haha!🥃🥃🥃

      Hapus
  10. JF-17 Sulvur masuk kategori UAV bukan??
    Soalnya tak layak di sebut jet tempur


    Xixixixixixixi.....

    BalasHapus
  11. Cukup layang-layang pasang dinamo kasih baterai itulah UAV yang cocok untuk ATM Miskin Impoten


    Xixixixixixixi.....

    BalasHapus
  12. Nak kau bayar pakek mmamak kau lon 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  13. Tung, Tung,
    om woof kemana ini ?

    lha tetangga mau ambil 1 ska AEWC tuh, kita besok rencana berapa AEWC tung ? 😂


    btw 1 ska MPA taruhlah butuh 12 bijik x MPA murmer CN 295 MPA yang $60 juta
    $720 juta,
    wih dapet 29 JF 17 sulfur tuh, lumayan 2 ska.


    siapin jual semua minyak dan lahannua ya lon 😂

    BalasHapus
  14. Melihat lagi kontrak pengadaan ranpur marinir.

    - BMP-3F 22 unit kontrak $108 juta dollar.. Berarti per unit kira2 $4,9 juta dollar..

    -BT-3F 21 unit kontrak $67 juta dollar.. harga per unit kira2 $3,2 juta dollar.

    Saya berharap suatu saat nanti Marinir Indonesia memiliki MBT sendri.. Melihat doktrin USMC yg memiliki MBT bisa jauh memasuki daratan sampai ratusan km membantu US ARMY.. Nnnaaahh berhubung Marinir kita ini penyuka produk Rusia.. gimana kalau T-90 juga kita akusisi..?? Untuk awal cukup 60 unit untuk melengkapi 3 pasmar, berarti 20 unit tank T-90 setiap pasmar.

    Dlm gelar operasinya.. MBT ini bisa diangkut LST Bintuni class yg bisa berlabuh dibibir pantai, setelah pertahanan pantai musuh disapu beberapa BMP-3F dan BT-3F yg diluncurkan dari LPD. Mengingat target AL memiliki 26 unit LST Bintuni class.. tentunya mubazir jika hanya digunakan untuk mengangkut Leopard saja.. wkwkwk.. Lagian AD juga sudah dan sedang membangun banyak kapal ADRI-L yg bisa mengangkut MBT Leopard.😃😃😃👍👍

    Harga per unit MBT T-90 sekitar $5,3 juta dollar. berarti 5,3×60=318.. Murah kok cuma $318 juta dollar.. haha. Yg setuju marinir kita punya MBT T-90 like ee!!!! xixixixi.. 😅😅😅😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hurrraaaa...marinir hurrraaa...yes

      Hapus
    2. Yuuuupps... kita harus antisipasi dari sekarang.. belajar dari konflik di timur tengah.. sekelompok pemberontak saja bisa memiliki senjata berat seperti ATGM, RPG, dll yg diberikan oleh negara besar yg mendukung proxi war.

      Hapus
    3. Ini berandai2 ya.. hehe

      Seandainya suatu saat Kelompok teroris Abu sayyaf digunakan negara besar untuk melakukan proxi war dengan Indonesia ... taruhlah disini dengan kekuatan 500 pemberontak yg dilengkapi 30 ATGM, 50 RPG, 50 SMB, 100 SMR, 30 senjata sniper, 20 MANPADS.. mendadak secara diam2 menyerbu kep. Talaud di Sulawesi Utara.. melumpuhkan kodim dan polres dan menduduki pusat kota dan pemerintahan disana.

      Melihat topografi kep. Talaud terlebih ibukotanya terletak disebuah pulau.. tentunya TNI AL terlebih marinir(Taifib, Koapska, Denjaka) kita yg akan menyerbu duluan, itupun secara diam2 untuk membersihkan pantai sebelum didarati infantri dan kavaleri marinir.

      Bayangkan jika hanya menggunakan ranpur dengan STANAG 4 seprti sekarang.. apa ngk babak belur tuh kavaleri marinir dihajar ATGM dan RPG musuh.??

      Jadi sudah waktunya merinir kita dilengkapi batalyon MBT.. mantaaaaapp..!! xixixixi.. 😃😃😃😃😃😉😉

      Hapus
    4. Mantap malon miskin makin ketinggalan 😁

      Hapus
    5. Nak niate apik,..sing tuwek mung mengestoni wae
      😌😌😇😇.

      Hapus
    6. Buat apa MBT ?

      Nggak bisa lari kenceng gitu.

      Mending Harimau ditambah biar Marinir dapat jatah juga.

      Hapus
    7. klo embitinya bisa renang pasti diambil marinir kita, tp pliss jgn sperti embiti tetangga kesayangan dipaksa ngambang haha!😅😅😅


      silam silamm haha!👀👀👀
      https://www.youtube.com/watch?v=wc-RfKvxrpA

      marinir mach uda pst nunjuk -->spruutt...sepruuttt...haha!💪💪💪

      Hapus
    8. klo mao ngehajar:
      "500 pemberontak yg dilengkapi 30 ATGM, 50 RPG, 50 SMB, 100 SMR, 30 senjata sniper, 20 MANPADS"

      paling bner cuman pake AC-130"GUNSHIP", gak ada satupon manpad diduniyah yg sanggup menjangkaunya haha!👍👍👍

      dan gudang peluru terbang ini py enduran tinggi punya 4 bijik aja, dijamin pasukan infantri abu gosok bakal nyembah minta amfun gan haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    9. setelah pantai aman, pasukan marinir bakal lenggang kanggkung dach, masuk pantai berkat lindungan si malaikat kematian ntuw haha!🧞‍♂️🧞‍♂️🧞‍♂️

      eiitt tak selesai disituw, pasukan darat marinir pon bs menghancurkan sisa2 lanun(eh bner gini kan bhsnye haha!😁😁😁) dgn melepaskan Vampir2 penghisap nyawa buat ngebersiin jalan pasukan darat uhuuyy haha!👍👍👍

      catetan: lawannya lgs ama lanun tanpa sandera cem di marawilah. kan repot klo ada sandera, begitchu haha!😎😎😎

      Hapus
    10. AC-130 Gunship mahal dan keknya ngk bakal dilepas US om palu...hahha...Yg paling masuk akal ya.. Marinir kita pakai MBT sendiri buat dobrak perkubuan lawan. 😃😃😃

      Dlm operasinya MBT marinir dilepas setelah garis pantai aman. pan bisa dibawa tuh sama LST kita yg baru. dia bisa langsung berlabuh dipantai yg dangkal.. jadi tak perlu berenang...begicuu.. haha..

      Semoga nyang ada diatas sono kepikiran MBT untuk marinir kita.. mantaaaapp minah.!! 😅😅😅😃😃👍👍👍

      Hapus
    11. kan katanya berandai2 om bagaz, masa ac130 kuh gak bole haha!😋😋😋

      betewe namanya tank dr jenis tank ringan, tank medium ampe embiti pun tak ada yg kebal ATGM dan RPG apalagi jika tak punya perlindungan pasif & aktif.
      begh ada tuch pilem dokumenter ruski, embiti jadi bahan percobaan, sekali kena peluru 30-125mm maupun atgm, bisa tempus diatas ketebalan 1 meteran, ihh seyem haha!😱😱😱

      manalagi atgm jaman now makin pintar kyk javelin milik tni-ad(180 bijik).
      jalur luncurnya dari atas kebawah, mengincar bagian atas embiti, yg jd titik lemah.

      cekidot kedasyatan javelin ngantem tank-72 aseli bukan KW haha!😆😆😆
      jadi rata gan, turet lenyap..gimana yg KW yak cem punya ituw tuch haha!👻👻👻

      Javelin Missile v/s T72 Tank
      https://www.youtube.com/watch?v=Wffv5NCrrvc

      mmg ada perlindungan aktif cem trophy dan buatan rrc laennya, tapi jaman now pelor kembar atgm alias tendem cas jugak gak bisa 100% lindungin embiti yg harganye berkali2 lipet atgm haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    12. nach oleh kerna ituw marinir kite gak minat embiti, slain berat kagak amfibi haha!😂😂😂
      sperti uda guwe tulis diatas buat tank amfibi, marinir kita cuman mao sprutt prut buat gantiin eyang pt-76 haha!👍👍👍

      yg ptg bisa renang-renang bkn selam & tembakannya sama percis kok cem embiti ruskiyah 125mm, uhuy haha!😉😉😉

      nach klo ac130 gak bole, hrs kite permak herki2 tua, percume donk kita punyak bumn strategis cem fetedei, len, & findad serta lipi & bppt haha!😎😎😎

      eksperimen kek skali2, kan banyak tuch senjata bekas pake yg masi oke.
      ama bodi pesawat bekas yg bs dipake buat ngukur kekuatan struktur pesawat jika digeber senjata berat.
      emang kite lg mulai dari yg kecil sesuai titah guwe haha!😆😆😆
      liat aja hasilnya nanti cn-235 yg akan dipermak jd ac-235 weeeezzz haha!👍👍👍
      kelak klo berhasil, kudu naik lepel donk pake herki, pasang senjata meriam 76-105mm, 30/40mm, roket ampe bom p-500L klo ferluw haha!🤩🤩🤩

      apalah artinya mehong, klo bisa nyelamatin banyak nyawa & efisien, cieyeee

      Hapus
    13. sbnernya ada sich cara yg lebih murah, ituw tuw, dron tempur. kebanyangkan burung terbang nan senyap ini nyerbu perkubuan digelapnya malem, wakwaaaww haha!👻👻👻

      mungkin suatuw hari nanti penerbal tni-al punya dron tempur. tinggal kapal angkutnya aza nich butuh landasan panjang. tinggal dipikirin ape LPD dipanjangin ape LST, kan keren kalo punya dron tempur sendiri haha!👍👍👍

      Hapus
  15. Balasan
    1. Tak de wang.. dah habis bayar operasi plastic rosmah 😁

      Hapus
  16. Yuhhuuuu Malon kurrr... kurrr...kurrr...nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌 xaxaxaxaxaxa mancing Malon.com xaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  17. INDON dah mula dengki lagi.... UAV ni mmg sesuai untuk memantau kawasan sempadan Maritim... maklumlah ada Lanun dari negara jiran masuk menangkap nelayan Malaysia dan dibawa balik kenegaranya untuk menuntut wang tebusan.... hahahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idiot malon anjing sedang mimpi basah pakai omong kita bajak kapal malon anjing. Yang malon anjing itu maling ikan, maling pohon dan maling uang rakyatnya makanya harus ditangkap dan dihukum.

      SHAME ON YOU IDIOT MALON DOG MORON

      Hapus
    2. Walau sudah pakai heli Beruk malingsial pondan tetap tertangkap KKP 😁
      Jangankan lawan KKP lawan nelayan vietnam dan china saja malon pondan pura2 tidor.. tengok sekarang kapal cina masuk perairan serawak beruk malon sembunyi di balik pokok pisang 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Iya iya iya a uav hendak pantau dan foto" nelayan cina tpi tak brani ngusir mreka..wkwkwk

      Hapus
    4. Tak perlu la alat canggih...tak guna tu
      Sekelas petugas KKP pon tak mampu aparatmu layan...😚

      Hapus
    5. Kapal pencuri kalian kami tangkap..lalu kalian bisa apa?

      Hapus
    6. hah..uang tebusan ngapaen? bu SUSI bos KKP mach gak mempan disogok, uda kaya raya, punya pegawai pilot 200-an orang bule, yg bicaranya model kyk luh gak laku haha!😱😱😱

      bu SUSI hobinya tenggelamin kapal haha!💥💥💥

      Hapus
    7. Besok hobinya bu susi ganti lagi, tenggelamkan beruk malon

      Hapus
  18. It is not advisable to collaborate with the IDIOT PEOPLE since we all that those IDIOT INDONS makes poor quality ships and Airplane which I doubt also as made of Plastic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. The truth are Idiot malon dog moron.. There are no experience, knowledge and capability to make anything. Their brain no more only kidnapped, rape, rape, rape and thieves..

      Hapus
    2. Poor malaydogsial low IQ buy toothlees plastic ships From china make Chine Fisherman always laugh looking stupid malon low IQ 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    3. GUA CURIGA NI SAMA SI UNKNOWN,,JANGAN-JANGAN NI SI RAMPIT KALI DIA NYAMBI JADI ANTEK MALON,,

      Hapus
    4. Koe orang tangkap itu si rampit, hidup atau mati. Edisipitung

      Hapus
    5. Koe orang tangkap itu si rampit, hidup atau mati. Edisipitung

      Hapus
    6. Matt pellor bangun kan itu si pitung atau jaka sembung untuk tangkap itu si rampit di musuh kompeni sekarng,,

      Hapus
  19. As we all know that IDIOT INDONS are poor and a third world nation.

    And they are beggar also which KL should give Pity on them.

    BalasHapus
    Balasan
    1. In the world know that IDIOT MALON DOG MORON are BEGGARS AND POORS and bangkrupt nation.

      And they like kidnapped girls and woman and raped her. They are thieves(malingsialan) like thieve trees and fish in neighbor

      Hapus
    2. Because Poor.. Stupid malaydogsial low IQ sell their Country to china 😁

      Ini Penyebab Malaysia Tak Bisa Lepas dari Jerat Utang Tiongkok

      https://www.jpnn.com/news/ini-penyebab-malaysia-tak-bisa-lepas-dari-jerat-utang-tiongkok


      Stupid poor malaydogsial 😁

      Kih kih kih


      Hapus
    3. MANA ITU SI UNKNOWN ,,TANGKAP ITU SI UNKNOWN YANG UDAH JADI MATA-MATA MALON,,DIA UDAH BERHIANAT PADA KITA,,HUKUM GANTUNG ITU SI UNKNOWN,,POTONG BIJI PELER NYA

      Hapus
  20. What! !!!! Tak salah tuh....

    Aew 1 ska melancap sahaje tak de otak pesawat tempur kau bnyak sngat yng graunded,,,jumlah pun hnye beberapa ekor yng dpt terbang,,,untum MRO shaje tak mampu kau kanibal dengan part unit yng lain smpai meletup... Uang dri mna kau hendak beli jet grade E pun kau hendak mnta barter dengan minyak curah sawit. Wkwkwkwkk

    MPA 1 ska,,,lawak nye kau beli 1 shaje pun tak mampu mw 1 ska cuma bsa mimpi bsah sahaje beruk" smenanjung nampak nya...

    BalasHapus
  21. And as we all know that this POOR INDONS IDIOT are the number one JEALOUS nation of Asean. They are Jealous of KL jealous of Singapore jealous of Vietnam jealous of Philipine and of Thailand.

    Better for INDONS nation to dump garbage to them and they deserves it because they are a poor nation.

    BalasHapus
    Balasan
    1. In the world all know that IDIOT MALON DOG MORON BEGGARS AND POORS are numbers one no EXPERIENCE, KNOWLEDGE, CAPACITY and CAPABILITY NATION IN THE WORLD.

      Better for MALON DOG country to erase from map and no existing in the world

      Hapus
    2. The following reasons why MALAYDOGSIAL IDIOT. 
      1. Their (IDIOT MALAYDOGSIAL) pilots are low IQ because eject in hanggar.
      2. IDIOT MALAYDOGSIAL are lazy, unproduktif and shameless.
      3. IDIOT MALAYDOGSIAL government are totally Garbage because makes bangkraps Their country.
      4. IDIOT MALAYDOGSIAL Airlines Because lost 2 big plane only 1 year. 
      5. They (IDIOT MALAYDOGSIAL) dont know what they are doing. 
      6. They (IDIOT MALAYDOGSIAL) has no directions in life. 
      7. IDIOT MALAYDOGSIAL are very talkative. 
      8. IDIOT MALAYDOGSIAL are Bad Muslim because licence of gabling that is why they are punish by Almighty Allah. 
      9. IDIOT MALAYDOGSIAL has limited knowledge to fly and bulilt sophisticated Airplane. 
      10. IDIOT MALAYDOGSIAL are still uncivilized people because bombing Female with C4.
      11.IDIOT LAZY MALAYDOGSIAL only smart raped,corrupt,thief and liar.
      12.IDIOT MALAYDOGSIAL are COWARD Because always run away from Cow, monkey,fisherman,even small number bangla.
      13,IDIOT MALAYDOGSIAL RACIST country because have Racist constitution.
      14. IDIOT MALAYDOGSIAL ONLY colonial slaves.
      15. IDIOT MALAYDOGSIAL sale country to China communist.
      16.IDIOT MALAYDOGSIAL lazy only slaves cina & bangla.
      17.IDIOT MALAYDOGSIAL no 1 terrorist producer in the world.
      18.IDIOT MALAYDOGSIAL most noob armed forces in asean.
      19.IDIOT MALAYDOGSIAL always cry like women because jealous looking all asean country make progres.

      Kih kih kih

      Hapus
  22. Balasan
    1. Blown up tong tong engine malaydogsialan 👇😁

      https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR3A9REoi595ueZdokK9auq116dDIwUA4z4PlwO_BoxsXbjQmR2P-s748b4

      Kih kih kih

      Hapus
    2. BRO @PBM ITU SI UNKNOWN SPERTINYA DIA ORANG YANG EXIS DI KITA ,,,INISIAL,,M,R,,DIA SPERTI NYA UDH BERHANAT SAMA KITA,,DIA UDAH JADI ANTEK SI ROSMAH MOLON BABI,,TANGKAP TUH SI UNKNOWN HUKUM PANCUNG DIA

      Hapus
  23. KL should also teach this poor IDIOT INDONS on how to fix their garbage problem as well as to improve their lives from Poverty.

    Lots and lots of Indons women comes here in KL to work as servants and at least KL is helping this very poor nation of IDIOT INDONS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. But IDIOT MALON DOG MORON there's no experience, knowledge, capacity and capability to repair all broken military asset.

      All visitor in LIMA see and know low quality of MRO IDIOT MALON DOG MORON repair and maintenance their F-18 and Su-30... Only Jokes

      SHAME ON YOU IDIOT MALON DOG MORON

      Hapus
    2. Malonsial 3rd World country.. 95% malon is poor 😁
      http://www.sinarharian.com.my/mobile/nasional/95-peratus-miskin-adalah-bumiputera-1.759260

      Malaydogsial Poor Debt Collapse 2018 breaks 83 gdp 😁
      http://www.astroawani.com/berita-bisnes/guan-eng-dedah-perincian-hutang-rm1-trilion-176387

      True Disaster.. Malaysia sells state assets for debt repayment 😨
      https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4249736/mahathir-mau-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang

      THE MALONSIAL COUNTRY ECONOMY IS VERY BAD AND MORE PEOPLE LOST WORK 😁
      https://mykmu.net/2018/06/21/ekonomi-negara-semakin-teruk-dan-lebih-ramai-orang-akan-hilang-kerja/


      The poor Malon defense budget 2019 was cut 😁
      https://themalaysianreserve.com/2018/10/05/budget-2019-likely-to-see-cuts-in-defence-public-infrastructure-spending/

      Kuala lumpork only city of Rat 😁😁😁
      Population rat growing problem in Kuala lumpork
      https://caring.ridpest.com/rat-population-a-growing-problem-in-kuala-lumpur/

      This shown how worst is the situation in Malonsial and malonsial Government failed to their job on their people. Famine, poverty, crimes, stealing, raping their own women, corruption makes malon worst and become poor. Malon goverment is sending medical team to follow to help Resolving mental illness issues in Malaysia . Must read below

      http://m.thesundaily.my/node/541062

      Stupid Malon burn his own navy ship 😁
      https://m.youtube.com/watch?v=w6CAASvtVd8


      Crazy 9 beruk malon soldiers raped underage girls
      https://www.hmetro.com.my/mutakhir/2018/02/316161/kes-9-askar-rogol-remaja-mangsa-hamil


      Poor malaydogsial 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    3. UNKNOWN BUSUK BABI NGEPET,,,BRISIK KAU NGOCEH AJA SEPERI MONYET,,,ANTEK MALON DOG,,JANGAN BANYAK BICARA KAU,,MENJIJIKAN CUUUUHHH CUUUUHHHH

      Hapus
  24. Wait kyknya infonya mereka salah deh,mpa sama aew&c bukannya udh di coret dr list strategi TUDM ya???

    BalasHapus
  25. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME
    WA : +85581511017

    BalasHapus
  26. AGAIN : program.
    AGAIN : delusional.
    AGAIN : wet dream.
    AGAIN : LoL, funny, joke, wtf!

    😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaydogsial low IQ proud use baloon for air defence 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  27. Yaelah, biarin ajalah tetangga mo punya, mo ngga, mo beli, mo ngutang, seterah mereka aja..kan ga ganggu ente2 pade, jd ga usah ribet. Inget kita dulu juga pernah susah jd ga usah sombong klo lagi diatas, slalu bersyukur itu aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sombong pada beruk malon sombong itu sodakoh 😁

      Hapus
    2. Kalau lho tau dulu perlakuan Idiot Malon anjing moron waktu Indonesia susah. Lho ngga bakalan gampang ngomong

      Hapus
    3. Dia belum lihat page MDR sama MMP betapa sombongnya beruk malon padahal forumer indonesia ga nyari gara2 kesana 😁

      Hapus
    4. MDR, MMP, Lowyat, Forum Cari, Ibu Pertiwi, Defence PK, dll.. semua dah ane kunjungi, ane tau malon rese, suka ngerendahin, tp ga semua..begitu juga kita, bnyk koq yg rese..tp kan ga semua.. bntr lg bulan puase, mending saling maafin, jgn di piare pnykit hati..

      Hapus
    5. Ane demen jitakin malon bro.. ape lagi nyang dimari pade sengke semue 😁
      Nah kalo ente yang nggak mau ikutan ya nggak ape2

      Sebenernya Kite mah gampang2 aje asal die sopan kite segan.. tapi nyang dimari kurang ajar semua ya kita gebug 😁

      Hapus
  28. Ga penting bgt lu ngributin ginian. Emang dulu malon songong dan sombong ketika kite lagi suseh, nah skrg Allah kasih mereka pelajaran, klo hidup itu berputar, kadang diatas kadang dibawah.. Biarkan mereka menyadari kesalahannya, kite maafin aje, dan fokus utk Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada kewajiban untuk memaafkan orang yang tidak merasa bersalah.

      Hapus
    2. Silahkan saja yang mau menghina malon beruk, monyet budug, anjing kurap, babi ngepet, najib setan, rosmah tai babi.
      Malassial maling pencuri otak idiot dungu kampungan

      Hapus
    3. Beruk malon anjing yang disini aja ngga ada perasaan bersalah. Sampai detik ini aja mereka masih sombong dan angkuh seperti iblis yg dikeluarkan dari surga

      Hapus
    4. Betul jg mas bro,, klo mereka masih begitu kita cuekin aja nanti dia capek sendiri

      Hapus
  29. Cap 55 is to far stretch. It will never see through. Alot will change by that period. Perhaps some will be irrelevant or obsolete. No one plans 35 years without knowing what the future holds. Even my country does not plan in such manner. We are planning for the 2030 SAF. Thats just 10 over years.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kinda weird isn't it? They took the term "long-term" way too far, until 2055?? Better have 10-15 years plan and could even divide it into 3 years, 5 years or even 7 years, just like Indonesia 3 phased 15 years MEF program, the plans are well defined with each phase meant to modernize certain part of the military.

      Planning something way to far up to 35 years stretch, i must say, is inefficient. It's like when you are planning to build up your military in the times of Harrier and hoped that the program will somehow still hold relevance in the times of F-35s.

      I can only conclude that Malaysia is not really good at planning something, or even objectively determine whether something is beneficial or not. In many instances they buy things on hunches, not because it made sense or "high-quality", but simply because they feel like to, there are too many example of this to list.

      For instance, they buy thing because it made them feel special (Su-30MKM) albeit it caused them difficulties in maintenance, sometimes they buy things because of sentimental or diplomatic reason (JF-17) where they don't really quite understand the benefit of buying it at all, they just buy it simply because they are close to Pakistan and it is SAID that JF-17 is an awesome plane with Chinese AESA radar.

      Just like what Marky said in this blog, Malaysia is not really that good in term of long-term investment, their purchases and acquisition program are often short sighted even though they confidently map up their plan up to year 2055.

      Hapus
  30. Mechin Tong Tong

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana bumi putera beruk semenanjung....

      Menteri pertahan malassial orang CHINA.

      Sebentar lagi memang negara malassial akan jadi propinsi china

      Wkwkwkwkwkwkw

      Bumi putera malassial memang GOBLOK

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Malon low IQ dah siap2 jaga lapangan Tiannanmen kerana tak sanggup bayar bunga hutang china 😁

      Kih kih kih

      Hapus
  31. Yang jadi pertanyaan mengapa malon baru sadar akan doktrin operasi UAV ???

    WTF ???

    Malon sudah Tertinggal dalam massa 10-15 tahun dibanding RI !!!

    Operasi UAV apa yang mau dilaksanakan lon ? Apa mau mengintip POKOK PISANG negara tetangga dan mencurinya ???

    Wakakakakakak.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerna malon dulu hanya guna Balon untuk pertahanan udara 😁

      Hapus
    2. Uav buat curi kayu dan ikan kat indo kah???

      Poor malon



      Hahahahaha

      Hapus
  32. Plan...ide...RFI...Wang mana Wang,ada tak...😔

    BalasHapus
  33. Malaysia jagonya membuat dan mengumpulkan brosur walau tidak ada pembelian yang terjadi sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat ditukar jadi bungkus nasi lemak di warung mamak, lumayan dapat sarapan gratis nasi lemak

      Hapus
  34. 1 skuadron AEWC ?

    Emangnya pespur Malon mau berapa biji?

    Nih ye lihat contoh US Carrier, isinya 54 unit pespur, tapi hanya dilengkapi 4-6 unit Hawkeye sebagai AEWC nya lho.

    Ini Malon sok aja mau bikin 1 skuadron.

    Ckckck yang bikin planning sedang halu.
    ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada instruksi untuk bikin WC AE, tapi dikira AEWC...

      Hapus
    2. Di kita mah mau beli 4 biji dulu, yang penting punya

      Soal nanti mau nambah lagi yang lebih canggih bisa toh ?

      Pokoke ngikuti perkembangan jaman walo nyicil.

      Hapus
    3. Lebih baik beli sedikit dahulu, terus diupgrade perngkat keras dan perangkat lunaknya. Jangan sampai kejadian idiot malon anjing moron, beli banyak akhirnya ngga bisa di maintenance

      Hapus
  35. Harusnya "Doktrin minyak goreng sedang di bangunkan ATM"

    mau shoping apapun barternya tetep minyak goreng


    Xixixixixixi....

    BalasHapus
  36. Hanya 1 pertanyaan

    Ada uang lu lon ?

    BalasHapus
  37. FDPA :

    Australia
    LHD : Canberra class
    AEWC : Wedgetail
    ASW/ASUW/MPA : Poseidon
    Attack Helo : Tiger

    Singapore
    LPD : Endurance class
    AEWC : GUlfstream G550
    ASW/ASUW/MPA : Fokker 50
    Attack Helo : AH-64D Apache

    New Zealand
    LPD : Canterbury class
    AEWC : -
    ASW/ASUW/MPA : Poseidon
    Attack Helo : -

    Malaysia
    LPD/LHD : 🚣
    AEWC : 🔭
    ASW/ASUW/MPA : 🐡
    Attack Helo : 🐦

    Joke, kick him soon...😂😂

    BalasHapus
  38. Uav LOW class mahu saingi ufo class, Cuma hayalan sahaja Malassia ni..

    BalasHapus
  39. ATM =ANGKATAN TENTARA MALAYDOG,,,, PASUKAN DIRAJA KONGKE KONGKE,,,, WOI MALAYDOG APAKAH SUDAH MEROGOL ANAK ANAKMU ,,, MAYORITAS RAKYAT MALAYDOG PERNAH MEROGOL ANAK KANDUNGNYA,,, BANGSA PEMALAS PEROGOL, PENAGIH DADAH PENCURI,,,,

    BalasHapus
  40. Bicara sama orang ngak ada otak...siapa yg ngak ada duit?...kalau kamu ni semua byk duit kenapa merempat carian kerja dimalaysia...ada ke orang malaysia yg merempat cari kerjaan ke indon? Kamu tanya diri kamu sendiri dari sibuk hina orang yg sebenar byk membantu kamu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pahlawan devisa bro, jiwa mencari rejeki dgn berpetualang, ga sprti Malon ngandang terus, rejeki menunggu subsidi😀

      Hapus
    2. katakan ke mahatiri,,suruh tutup saja gitu pngiriman tki kalau rakyat malon merasa keberatan dengan ada nya tki di malaydogsial

      Hapus
  41. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME
    WA : +85581511017

    BalasHapus
  42. Indon banci kabur dikejar APMM dan Vietnam coast guard.



    Wakakakakakakak.

    BalasHapus
  43. indonesia gak perna lari tuch, tapi negeri gred a, wah kacau bok. cuman bisa diem..pura2 tidao haha!💤💤💤

    kocak lho, pada panik perairannya di masukin kosgard panda haha!🐼🐼🐼

    berikut sinyal SOS om ggk/mmp
    "Hai Jing 3469 sedang berlabuh berdekatan dengan Beting Patinggi Ali.

    "Harap TLDM dan Maritim Malaysia shadow kapal ni dan update dengan kami. Supaya kami semua boleh berbangga dengan usaha tuan2 "
    MMP

    https://www.facebook.com/MalaysiaMilitaryPower/posts/2225275314162139?comment_tracking=%7B%22tn%22%3A%22O%22%7D


    gileee dkett bingit, hussss..shuuhh haha!🤡🤡🤡
    https://scontent-sjc3-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/53852496_2225273780828959_7003709582249820160_n.jpg?_nc_cat=100&_nc_ht=scontent-sjc3-1.xx&oh=ecd93f634913107bbe6836c8c762cca5&oe=5D364F33

    BalasHapus
    Balasan
    1. debt kolektor gt dateng wuieediii, gde be'eng haha!😲😲😲

      kesian demi kemewahan KL, sabah-sarawak siap benjol haha!🤕🤕🤕

      Hapus
  44. Sekarang bisa mainkan Poker Online di hp kamu
    dengan minimal deposit hanya 10rb dan proses cepat paling lama 3 menit.
    bonus cashback setiap hari jumat
    tunggu apa lagi join sekarang juga di Anapoker

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  45. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - BBM : 559588CB
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON
    Posted by : J P S POKER . ART

    BalasHapus