06 April 2019

Upgrade 10 Pesawat F-16 Dibahas TNI AU dan Pemerintah AS

06 April 2019


Falcon Star E-MLU di Skadron Teknik 042, Lanud Iswahjudi, Madiun (photos : IDN, SindoNews)

MADIUN - Kelanjutan Program Falcon Star E-MLU antara TNI AU dengan US Government (FMS), dan Lockheed Martin Aero (DCS) dibahas serius selama dua hari di Madiun.

Falcon E-MLU merupakan program bersama, untuk melakukan upgrade atau peningkatan kemampuan 10 pesawat F-16 seri A dan B, yang dilaksanakan di Skadron Teknik 042, Lanud Iswahjudi. 

Pertemuan ini, menjadi Program Management Review (PMR) ke-4, dengan agenda membahas capaian pelaksanaan pekerjaan modifikasi yang telah dilaksanakan. 

Selain itu, juga dilakukan pembahasan tentang kendala yang dihadapi, serta strategi pemecahan permasalahan dan agenda selanjutnya.  

Dalam pembahasan PMR ini hadir team dari US Government, ODC US Embassy, Lockheed Martin Aero, manajemen PT Dirgantara Indonesia (DI), perwakilan Freight Forwarder, pejabat Mabes TNI AU, serta tim manajemen pelaksana Program Falcon Star E-MLU.

Pertemuan ini memiliki agenda utama membahas ringkasan pelaksanaan kegiatan, pengiriman aset Classified dan Mod Kit, rencana kegiatan training termasuk Site Survey tim dari Lockheed Martin untuk pelaksanaan FCF. 

Perwakilan Pemerintah USA diwakili oleh Col Kith Gibson, Mayor Elisabeth U. Co. Sedangkan dari LM Aero diwakili Jeff Boston, Michael Mc Spadden. 


Sementara dari TNI AU diwakili Kepala Proyek F-16 EDA, Kolonel Tek. Royke C. Manusiwa, Kepala Departemen Aero AAU, Kolonel Tek. Iwan Agung, Danwing 3 Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb. M. Satriyo Utomo, Kalibtek Koharmatau Kolonel Tek. Hery Supriyanto, serta Danskatek 042 Letkol Tek. A. Subagyo. 

Kolonel Tek. Royke C. Manusiwa, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Logistik Lanud Iswahjudi, saat membacakan sambutan Komandan Lanud Iswahjudi, mengatakan, program Falcon Star E-MLU pesawat F-16 A/B yang dilaksanakan TNI AU merupakan "World Class Project".

"Pelaksanaan program ini membutuhkan dukungan kerjasama dari seluruh strategic patner yang terlibat, baik LM Aero sebagai sole source, US Government untuk GFE Items dan training, serta PT DI," terangnya.

Kegiatan Falcon Star E-MLU, lanjutnya, adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh TNI AU. Tentunya, pelaksanaannya memiliki tantangan, karena harus berperan sebagai Program Office yang mengorganisir seluruh kegiatan ini, mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, dan pengawasan. 

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, dan kerjasama dalam menjalankan program ini. "Diharapkan semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan," ungkapnya.

(SindoNews)

133 komentar:

  1. Ini baru namanya kepakaran, tak macam jiran yang pegang enjin + selfie = MRO.

    Buruan isi kolom komen sebelum beruk unknown akan merusuh kat artikel nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malon low IQ pakai Foto tahun 2013 😁

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Ini adalah bukti bahwa ada transfer teknologi dalam akuisisi F16. Dilakukan di dalam negeri oleh teknisi lokal dengan dipandu dan supervisi oleh teknisi pabrikan.

    Wujud transfer teknologi yang sebenarnya.

    Nggak perlu dikirim ke negeri lain jauh di sana.

    Supplier yang tidak mau sediakan hal seperti ini mundur aja sana!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu keras begitu bung TN, memang sebenarnya supplier tersebut sedang mengalami kesulitan internal baik dalam ekonominya maupun industri militernya.

      Sudah sewajarnya mereka bersikap proteksionis dalam ekspor senjata mereka, mereka menghindari ketergantungan berlebihan terhadap impor dan menghindari negara pelanggan mampu untuk mandiri dan malah berpotensi menyaingi mereka.

      Maka dari itu mereka lebih gencar untuk expand kepada negara-negara yang relatif kecil karena mereka lebih midah dibuat bergantung pada negara supplier itu. Mereka takut apabila membeli dan memberi terlalu banyak dari negara besar mereka akan kalah pamor dan negara tersebut malah akan terlalu mandiri dari mereka.

      Mereka gak sekuat dan sejaya zaman Perang Dingin dulu, dan malahan cukup lesu sekarang, dengan ketergantungan terlalu besar pada ekspor komoditas. Tank yang dulu pesannya ribuan down jadi ratusan saja.

      Lebih baik negara-negara emerging economies dan sudah mampu mandiri dalam alutsista melalui ToT saja yang kita ajak untuk kerjasama, karena mereka yang dulu dapat ToT cenderung akan lebih terbuka bagi negara lain yang mengingkan ToT, pemain lama kolot semua.

      Hapus
    2. Hebatan di negeri antah berantah.. cukup 4 bulan proses MRO dijamin beres.

      Di US, Rusia, India ataupun Indonesia terlalu lama hingga 2 tahunan, kurang smart(*) dibanding negara anu.







      * smart ngibulnya

      Hapus
    3. Bung Bangkrap,

      Kalo gitu Rusia nggak setrong lagi dong, artinya rusia letoy dong.

      Kasian para russian fanboys mereka teriak-teriak Russian Strong padahal sebenarnya rusia letoy.

      Hapus
    4. akhirnya setelah 30 tahun, seblomnya bgm? haha!🙄🙄🙄

      Hapus
    5. Kalau kita bener2 berani jujur gk penting banget hal2 berkaitan dengan pro sana pro sini, ya kalau profesi kita sebagai sales produk diantara kedua negara mungkin itu penting agar priuk di dapur tetep berasap dan lambung bisa terisi tp kenyataannya dukung mendukung yg tak punya alasan jelas, kedua negara merajai teknologi alutsista yg mempunyai kwalitas sesuai strategi yg diusung kedua negara, kalau pun aku benci us itu sesungguhnya bukan karena prodaknya tidak berkwalitas tp karena cara2 mereka memperlakukan indonesia yg buat aku dendam kesumat, dulu mereka berusaha menjegal kemajuan indonesia karena menelan hasutan adik kandungnya si australia yg belagu sok pinter, tp sekarang mereka sadar dan telah melihat realita bahwa australia dan malaysia tidak memiliki potensi yg cukup untuk muncul sebagai kekuatan penyeimbang atas pengaruh china dikawasan, seandainya dahulu tidak ada usaha2 menjegal perkembangan kemajuan indonesia mungkin kekuatan teknologi dan ekonomi indonesia hanya beda tipis dengan china, saat ini aku lg curiga ame australia kalau yg menjadi biang kerok yg menghasut british dan negara2 eropa lainnya untuk menolak cpo indonesia ke eropa adalah australia, tp hasutan australia ke us tidak ditanggapin us sebab analisis us menyimpulkan hanya indonesia dan india yg punya potensi kuat tuk mengimbangin pengaruh china, ya australia terserang paranoid dengan perkembangan sdm dan teknologi disegala bidang yg dicapai indonesia, indonesia bukan sekedar penghasil cpo tp jg telah berhasil merekayasa cpo menjadi prodak2 yg punya pengaruh kuat dalam persaingan prodak2 olahan, ini berpotensi membuat indonesia meroket menjadi salah satu kekuatan dunia yg punya pengaruh kuat yg artinya dalam bayangan parnoid australia akan membuat ancaman yg makin membesar karena ada dua kekuatan besar didekat mereka yaitu china dan indonesia yg bisa mengancam kepentingan mereka dan mengancam keamanan mereka, padahal us punya keyakinan bahwa indonesia dan china adalah dua negara punya prinsip yg berbeda, indonesia emang bukan negara yg mempunyai sifat opensif terhadap negara lain, indonesia sangat2 perduli dengan prinsip2 keadilan dan perdamaian'indonesia lebih humanis dalam menyelesaikan setiap konflik yg ada tp militernya mempunyai semangat tempur yg sangat2 kuat didalam diri tentaranya yg sulit disaingin militer negara lain, mungkin pandangan us hal ini bisa dimanfaatkan bila kekuatan militer indonesia mampu mengimbangin kekuatan militer china, paling tidak prinsip2 keadilan dan perdamaian dikawasan terjamin tetep tumbuh karena adanya indonesia sebagai kekuatan penyimbang, tp ya namanya siaustralia oon sok berasa lebih penting dan selalu paranoid dengan indonesia membuat australia yg dibekingi kakaknya si british akan terus menjegal kemajuan indonesia,,,intinya kedua negara antara us dan rusia mempunyai produk2 alutsista berkwalitas sesuai strategi yg diusung prodak itu' bukan berarti us kasih tot itu gambaran bahwa mereka lebih baik dr rusia, menginstal sistem persenjataan armada tempur tuk meningkatkan kemampuan daya tempur armada tersebut bukan hal baru bagi indonesia, rudal yahakont yg diinstal ke kapal perang indonesia dan sistem senjata lainnya yg banyak dinstal ke armada tempur lainnya yg dilakukan indonesia adalah bukti bahwa intstal menginstal bukan hal yg baru bagi indonesia, cuman masalahnya menginstal sistem senjata di pespur ada baiknya seijin yg punya produk, jd sebenarnya upgrade f16 ini bukan transfer teknologi tp kerjasama meningkatkan kemampuan F16 indonesia, kalau bener2 perduli dan mau transfer ilmu teknologi kasih lisensi dong sepert korsel atau air bus yg banyak memberi ilmu teknologinya kepada indonesia bukannya sekedar perduli tuk memuluskan 48 unit f16v karena sang pesaing berat telah mengeluarkan gripen E, HANYA LISENSI TRANSFER TEKNOLOGI YANG NYATA,,,bagiku saat ini dr siapa pun prodaknya yg penting itu prodak itu bener2 berguna bagi strategi TNI dan yg paling utama kita bisa dapatkan satu lisensi dr hasil pembelian prodak itu, karena lisensi akan mempercepat kemajuan teknologi bangsa ini.

      Hapus
  3. No tipu-tipu, no songlap-songlap, no selfie-selfie dan bergaransi pabrik pastinya...😁😂👍

    BalasHapus
  4. Gimana ya perasaan anda, JIKA ada pengadaan 48 unit viper plus 22-28 unit F15 dari Amrik ?

    Ingat lho itu JIKA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. F15 tidak perlu, karena peran Heavy Fighter sudah diambil oleh Flanker.

      Hapus
    2. Kalau saya sich ngarep bangits sama F15SE. Yang bikin berat itu persyaratannya

      Hapus
    3. lhooooo.. lhooooo.. pan sudah dicicil tuh hanggarnya di Kupang dan Biak.. xixixixi... satu lagi semoga di Ambon atau halmahera. mantaaaappp..!!!! 😁😁

      Hapus
    4. Ditulis di perjanjian kreditnya font ukuran 8 terus diletakkan dibagian bawah

      Hapus
    5. Tahun maren sih sempet baca lagi dibangun dua lanud baru, yakin lah kalau TNI doktrinya selalu begitu, kayak case submarine dulu.. bangun garasinya dulu baru beli isiannya, kebukti kan skrg ampe lanjutan kasel batch 2

      Prediksi saya tahun ini pasti signed pengadaan Viper 1 Sq karena Indonesia "terlanjur basah" ambil Sukhoi 35.

      Bila tidak ada SU35, misalkan yg dibeli Grippen maka Indonesia tidak punya beban kewajiban membeli produk US Viper.

      Hapus
    6. Bung Bangkrap,

      Nggak perlu F15 ?

      Ah masa sih ?

      Pengadaan alutsista kita itu selaras dengan keseimbangan kawasan dan potensi ancaman ke depan.

      Kemajuan RRT udah di ambang pintu, masa kita beli Su35 untuk hadapi Su35 punya RRT ? Mosok jeruk mau makan jeruk ?

      Ya nggak toh ? Kita itu musti siapkan lawan yang sepadan yang dia nggak tahu kemampuannya toh ?

      Apalagi tetangga kita si imut itu butuh sparing partner untuk latihan F15nya, khan nggak mungkin kita latihan dengan RSAF keluarin F15nya dan kita keluarin Sukhoi kita toh ? Itu nggak mungkin toh ?

      Jadi supaya si imut itu bisa dapat partner latihan untuk F15nya, kita perlu juga adakan F15.

      Jadi :

      F16 RSAF berlatih dengan F16 kita (sedang)

      F15 RSAF berlatih dengan F15 kita (akan)

      F35 RSAF berlatih dengan F35 kita (menyusul).

      Hapus
    7. Nah saat kita berlatih sendiri, kita bisa adu tuh Sukhoi kita dengan F15 kita, jadi kita tahu nanti kelemahan Sukhoi kita itu apa dan kelemahan F15 kita itu apa.

      Hapus
    8. Menurut wangsit para 👳🔮"arah ke sana.".. Walau f 15 bks, ndk apa2 (keseimbangan jare.. )

      Hapus
    9. Sstssttt....para mas2 jgn di kasih tau tetangga yaa😙😙isuu ini..kasian..

      Hapus
    10. Masalahnya Infrastruktur kita sudah diinvest begitu besar untuk akomodasi Flanker family, mau diconvert untuk accomodate F-15X yang satu kelas namun beda supplier itu akan makan banyak waktu, tenaga dan biaya yang tidak perlu.

      Apabila dari awal tahun 2000an sudah dibuatkan infrastruktur khusus untuk Heavy Fighter barat, memang itu baru lebih realistis, namun kita sudah terlanjur invest pada supply chain Flanker untuk slot Heavy Fighter, menggantinya maupun menambahkannya itu sangat boros rasanya.

      Lebih baik armada Flanker diotimalkan sampai 3 Skadron full yang lengkap baik peralatan, persenjataan maupun infrastruktur penunjang, kemudian akan dedicated sebagai Fighter jarak jauh dan tidak ditambah-tambah lagi. Kemudian, sesuai trend, kita mungkin akan lebih condong pada teknologi barat saja, dan Heavy Fighter barat juga mestinya minimal mendekati 5th gen atau sekalian 5th gen, kalau cuma sekelas Flanker akan terlalu boros dan tidak efektif.

      Light Fighter : F-16V, F-35
      Medium Fighter : IFX, F-35
      Heavy Fighter : Flanker, (Fighter barat?? IFX Heavy Variant??)

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. Orang internal Kemenhan bilang memang sudah confirmed Lockheed Martin dan AS telah positif dalam melihat Indonesia sebagai negara potensial untuk menawarkan F-35, dan bukan tidak mungkin dalam waktu dekat (mungkin masih nunggu MEF tahap akhir) Indonesia akan secara resmi ditawari F-35. Orang Kemenhan ini menyatakan hal tersebut di Thread official AMA yang confirmed di forum Reddit Indonesia.

      Hapus
    13. Woong sugih bebas blanja apa aja mas. 😉😉😁😁😁😁😁

      Hapus
    14. Infrastruktur ?

      Hanggar maksudnya ? Khan besarnya hampir sama, jadi muatlah.

      Jig maksudnya ? Tinggal dibongkar, direnovasi dan dipasang lagi.

      Tools maksudnya ? Khan toolsnya sama : kunci pas, tangga, selang karet, blower, bor, pompa dll.

      Cepat atau lambat Sukhoi akan ditinggal.

      Pelatihan teknisi maksudnya ? Khan bisa pakai teknisi baru lagi. Atau teknisi bisa dilatih lagi.

      Sukhoi cukup 16 lama + 11 su35 = 27 sukhoi saja. Nggak usah nambah lagi.

      F15 bisa dibuatkan infrastruktur sendiri atau nebeng hangar dulu.

      Lagipula Rusia tidak menjamin suku cadangnya bakal ada saat dibutuhkan.

      Lain soal jika ambil F15 dari Amrik, suku cadang banyak tersedia.

      Hapus
    15. Memang pada akhirnya Indonesia sepertinya akan lebih condong pada Tech Barat, karena setelah banyak hype dari para Fenboy timur tahun 2013 lalu, ternyata sekian lama hasilnya adalah PAK-FA yang setengah hati dan JF-17 Sulfur. Real alutsista China dan Rusia disimpen untuk diri sendiri, jadi full quality dari mereka itu jarang sekali di ekspor, dengan alasan seperti di komen pertama saya tadi.

      Maintain alutsista dari 2 sisi supplier itu untuk jaga-jaga apabila nanti kita seperti dulu lagi, sparepart pesawat di embargo disaat mereka paling dibutuhkan. Adanya Flanker itu untuk jaga-jaga saja, secara mereka juga kelas berat dan multirole.

      Apakah pada saat Flanker obsolete, F-15 tidak ikutan obsolote? Sebenarnya saya lebih prefer F-15X untuk Heavy Fighter, namun bayang-bayang embargo itu terlalu berat efeknya apabila kita terlalu bergantung pada satu supplier yang sikapnya sulit ditebak.

      Hapus
    16. Viper setuju. F-15 tar aja liat perkembangan geopolitik sama kemampuan PT.DI setelah IFX.

      Yg penting si Viper harus bisa buat buka beberapa "segel" IFX yg cuman dikasih ke Korea. Buka stik jooss ����

      Hapus
    17. Intinya flankers strong...bisa bikin kawasan mulai hormat sama Indonesia....dulu kita Ndak dianggap sama Singapurapura australala ....bukti nyata toh...beli alutsista itu harus ada efek deteren

      Hapus
    18. F16...F15...F35...Mantullll...lebih Mantulll lagi klo di embargo. Di kipasi ae ben iso mabur manuke

      Hapus
  5. Sebuah kisah tragis melibatkan tokoh penting Malaysia membuat publik geger.

    Skandal Najib Razak, mantan Perdana Menteri Malaysia yang bermain api dengan seorang model cantik masih terus menjadi pembahasan.

    Najib Razak sendiri menjabat di tahun 2009-2018, dan bisa dibilang kepemimpinannya penuh dengan kisah 'menarik'.

    Sebut saja korupsi, ekonomi melemah dan juga penjualan aset negara hingga 65% kepada asing.

    Namun, yang menjadi perhatian dunia adalah kasus pembunuhan seorang model cantik yang juga selingkuhan Najib Razak.

    Melansir Tribun Jatim dari Suar.id, Najib Razak diketahui memiliki wanita simpanan bernama Altantuya Shaariibuu.

    Sebenarnya, perselingkuhan mantan orang nomor satu di Malaysia dan model cantik itu sudah terkuak sejak tahun 2006.

    Altantuya dikenal sebagai model asal Mongolia, yang lahir di tahun 1978 dari pasangan Shaariibuu Setev dan Sh Altantsetseg.

    Ia dibesarkan di Rusia dan sempat mengenyam pendidikan di Prancis serta Tiongkok.

    Karena itulah, perempuan cantik tersebut fasih berbahasa Inggris, Rusia, Mandarin dan Prancis.

    Di tahun 1990, Altantuya kembali ke negara asalnya dan bekerja sebagai guru.

    Tak hanya itu, ia juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang model.

    Berkeliling dunia karena profesi modelnya, Altantuya akhirnya bertemu Najib Razak di tahun 2005 di Hong Kong.

    Keduanya pun menjalin hubungan terlarang, karena saat itu Najib Razak sendiri masih beristri.

    Sikap nekat Altantuya menyusul dan pindah ke rumah Najib Razak di Negeri Jiran akhirnya berbuah petaka.

    Tak lama setelah kedatangannya di Kuala Lumpur, perempuan cantik ini mendapatkan perlakuan keji.

    Ia diculik, ditembak sebanyak dua kali hingga akhirnya meregang nyawa.

    Tidak sampai di situ saja, jasad Altantuya kemudian dilenyapkan dengan menggunakan bom berjenis C4.

    Polisi yang menyidik kasus ini pun dibuat terkejut lantaran bom tersebut berspesifikasi militer.

    Kematian Altantuya ini semakin rumit ketika dihubungkan dengan skandal korupsi kapal selam Scorpene Malaysia.

    Namun, kabar lain menyebut kalau pembunuhan model tersebut didalangi oleh istri Najib Razak, Rosmah Mansor yang merasa cemburu.

    Hingga saat ini, kasus pembunuhan Altantuya ini menjadi buram dan tidak diusut oleh pengadilan Malaysia.

    Hal itu lantaran Najib keburu menjadi Perdana Menteri pada tahun 2009.

    Baru setelah Najib Razak lengser, pemerintah Mongolia mendesak Malaysia untuk mengusut kasus ini sampai tuntas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malaydogsial ni sememang bar bar dah pompuan di kongkeknya hinggap puas di bunuhnya pula 😑

      Hapus
  6. Mbah ntunh sajaknya dendam kesunat karo Rosiyah...

    BalasHapus
  7. nnnnaaaaahhh... ini baru betuuull.. tak cem idiot malons... gemuruh sembang MRO terbaik di rantau tpi mesin terbakar, landing gear rosak saat terbang... maluuu... maluuuu... mau taruh dimana tuh muka ruk..??? kahkahkahkahkah... IDIOT MALONS... 😅😅😅😅😅😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi hebatnya di portal berita2 negaranya gak ada loh mas case hornet terbakar dan 2 Sukhoi emergency landing stlh status finished MRO ? Yg beritain kebanyakan malah situs luar.

      Hebat yaa ?? Aku teramat sangat salut kepada mereka.

      Hapus
    2. bwahahhahahhaaa... malon memang begitu om.. pandai menutup bangkai.. maklum akibat doktrin sesat UMNO selama puluhan tahun membuat banyak maloners jadi IDIOT.. 😅😅😅😅

      Itu masih mending... contoh saat pertandingan final sepak bola atau badminton.. jika Indonesia menang beritanya sepiiiii .. jika Indonesia kalah judul berita dengan foto pemain Indonesia akan dipajang dihalaman paling depan om.. itulah faktanya orang2 malon sangatt sinis terhadap Indonesia sampai segitunya.. lagi2 akibat doktrin sesat puluhan tahun UMNO.. Bisa dilihat disini banyak beruk2 malons idiot selalu merempat karena iri hati melihat kemajuan industri indonesia.. mantaaaappp.. xixixiixii..😅😅😅😅😅

      Hapus
    3. Coba cari perkembangan Mhrjll class, ga akan nemu progressnya..😂😂

      Beda banget ama progress pas buat PKR, mulai modul jatah Damen lalu dikirim kemari, lalu dijoin ama modul jatah PAL, lalu di assy, palu pasang Otmel, lalu launching, sea trial, Commissioning, pasang CIWS/VLS..lengkap, no tipu-tipu, no songlap-songlap..😂😂

      Hapus
    4. Disini mas rudal C705 gagal diluncurkan saat disaksikan presiden aja hampir seluruh portal berita rame2 angkat beritanya mas.. kasus korupsi di ptdi atau heli Awewe bahkan Pal dulu saja semua portal Indonesia bebas beritain gak ada takut dan larangan pers.

      Lah disono ???

      Hapus
    5. di Malon kalau menjelakkan negara akan digelar pembangkang om super.. lihat noh Anwar Ibrahim.. 😅😅😅.. maklum negara rasis dan fasis mah gitu..

      Hapus
    6. Apa bedanya malays sama korut coba... 😁

      Keduanya gak ada bedanya bro... Malays dan korut itu sma2 negara yg akan melakukan apapun samoai menipu pun mereka lakukan supaya dunia percaya kalau mereka lebih heibat dr yang lainnya... Padahal dunia tahu bagaimana kondisi negara dua sebenarnya... 😁

      Hapus
  8. " Pertemuan ini memiliki agenda utama membahas ringkasan pelaksanaan kegiatan, pengiriman aset Classified dan Mod Kit,"

    hiya hiyaa hiyaa.. kata "classified" ini yg bikin penasaran bangsa Indonesia...haha dan bikin beruk2 malon idiot tambah jealous dan stres.. kahkahkahkah.. mantaaaaapp.!!!!! 👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat perbandingan, Falcon A/B Taiwan diupgrade ke standar Viper semua..😊😊

      Hapus
    2. bisa jadi om.. kan biar sama kek adik2nya.. mesin baru, mampu bawa sniper pod, melepas JDAM, melepas GBU, melepas AMRAAM.. melepas apalagi ya enyaknya..?? haha.. 😅😅😅😂😂

      Hapus
    3. Kalo langsung dibikin viper gimana ?

      Hapus
    4. kalo langsung viper keknya ngk mungkin om... bujet kita ngepas.. haha.. 😅😅😅 mending borong dulu viper 3 skuadron.. setelah familiar.. nnnnaaaaahh.. baru yg 34 naikin jadi viper.. mantaaaappp pak eko..!!!

      Hapus
  9. Balasan
    1. Fix Beruk malaydogsial low IQ 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Jom MRO ejin meletup, landing gear ROSAK.

      Hapus
    3. WHAT THE HELLS

      ALL IDIOT MALON ANJING MORON JOKES?

      Hapus
    4. The idiot man coming....😁

      Hapus
    5. Malon idiot is coming wkwkwk

      Hapus
  10. Is it a HOAX or just simply for media?

    BalasHapus
    Balasan
    1. All malondog military forum all HOAX and Bullshit

      Hapus
    2. Beruk malon low IQ real hoax use 2013 for Hoax mro 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Malon can built jet pejuang PTM generasi 6 is real n fact wkwkwk

      Hapus
  11. Better for Idiot Indons to install missiles too so Asean neighbor will not call this as TOOTHLESS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. This is malaydogsial Toothless tong tong engine 😁 👇

      https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR3A9REoi595ueZdokK9auq116dDIwUA4z4PlwO_BoxsXbjQmR2P-s748b4


      Kih kih kih

      Hapus
    2. Better for IDIOT MALON ANJING MORON to repair Su and Hornet. So ASEAN neighbors will not call all malon anjing figter RUSTED

      Hapus
    3. Kami me pasang taming sari missile..dijual tak...😁

      Hapus
    4. Engine hornet meletup dan landing gear sukhoi malon rosak kerana MRO tipu2 wkwkwk

      Hapus
  12. Tetaplah Aerod tempat MRO paling maju di dunia US dan Russia belajar sama Aerod MRO 4 bulan,
    Bongkar engine + pegang kunci + selfie = MRO


    Bwahahahahahahaha......Salam 2 JF-17 Odong-odong bahkan Cina pun tak mau pakai karena tak layak

    BalasHapus
    Balasan
    1. No wonder for stupid malon low IQ 😁

      Hapus
    2. ATSC maksudnya kale? aerod bisanya pesawat baling2 cem c130, pilatus dsb, begitchu kira2 haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    3. Om @pal pokonya sama-sama abal2 aja wkwkwkwkwkk

      Hapus
    4. ASTC dan Airod sama je,sama2 penipu ulung wkwkwk

      Hapus
    5. klo cuci busi bolela khan haha!💥💥💥

      Hapus
  13. KD ALTATUNYA CLASS, KD NAJIB RAZAK CLASS, KD ROSMAH CLASS, itu adalah list nama-nama LMS baru milik ATM Laut buatan CHINA.

    BalasHapus
  14. Malay still the most advanced in the region in KILLING PREGNANT WOMEN WITH C4.

    BalasHapus
  15. Whats the use of this upgrade even those low IQ TNI soldier can even defeat Australian supported Papuan Soldier who use only sword and stinger??

    BalasHapus
    Balasan
    1. But IDIOT MALAYDOGSIAL are COWARD Because always run away from Cow, monkey,fisherman,even small number bangla.😁

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Whats the use of this repaired even those low IQ, Idiot and Moron malon anjing ATM can even defeat illegal fishermen from China and Vietnam

      Hapus
    3. Cuba tengok prestasi askar beruk malon pondan 😁

      Sapi pun mampu bikin askar malon tercirit
      https://m.youtube.com/watch?v=_mK2tjVLxz4

      Askar Malon kalah dengan monyet
      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2016/08/02/monyet-curi-surat-biasa-bukan-dokumen-rahsia-kata-tentera/


      Baru latihan askar beruk malaysial dah pingsan
      https://m.youtube.com/watch?v=oz3lIf_G3Ck

      Hanya dengan 2 kopaska malaysial pondan tercirit
      https://monitorriau.com/news/detail/690/mantap-dibentak-kopaska-tentara-laut-malaysia-kabur-dari-ambalat



      Malaysial Dengan nelayan vietnam kabur
      https://malaysiadateline.com/kelemahan-penguatkuasa-maritim-di-lautan-negara/

      Dengan nelayan china pun tercirit
      https://www.beritaharian.sg/dunia/ketua-maritim-malaysia-tegaskan-bot-nelayan-china-sah-ceroboh-perairan

      Lol Stupid malaysial pilots eject in hanggar

      http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

      5 Tentara Malaysial Tewas Ditembak di Sabah

      https://www.google.com/amp/s/www.voaindonesia.com/amp/1614274.html?espv=1

      Kih kih kih

      Hapus
    4. Sulu army battle proven belasah tentara yg konon jaguh dunia akhirat...aku kagum la..😁

      Hapus
    5. Askar PASKAU malon pingsan saat perbarisan saat exercise di Pontianak indonesia,malunya jer wkwkwk

      Hapus
  16. ALTATUNYA, THE MISTRESS OF MALAYSIAN PM, MURDERED BY MALAYSIAN SPECIAL FORCE USING C4 EXPLOSIVE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Best achiment malaydogsial spesial forces bomb female with C4 😁

      Make all asean country laught 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    2. All over the world were laughing to SPECIAL FORCE malon that have skill bombing pregnant woman with C-4 wkwkwk

      Hapus
  17. Aerod,Bousted dan Deftech adalah Rasuah Company tak menghasilkan apa2 penuh tipu2 tidak punya product tempatan dan pekerjanya banyak orang bangla, orang melayu malon hanya tukang sapu nya aja dunia pun menertawainya


    Tidak level dengan PT DI, PT PAL dan PT PINDAD PT LEN ....dll yg sudah mempunyai product tempatan dan di EXSPORT dunia pun mengakuinya



    Malon Anjing Idiot bwahahahahahahha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boustead sdn bhd masih kalah level sama PT Daya Radar Utama, Palindo Marine Shipyard dan Citra Shipyard

      Hapus
    2. Project songlap malon yang mengerunkan 😁

      Hapus
    3. hajar teruss om unknown3088, jgn kasi kenndor, gas puool haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Wkwkwkkw....malon emang perlu di hajar om, miskinnya aja songong

      Hapus
    5. Wkwkwk...jgn kasi kendor beruk malon,gas puoll terus wkwkwk

      Hapus
  18. PREGNANT WOMEN KILLED! ALL DUE TO MALAYSIAN PM AND ASKAR'S CORRUPTION!

    BalasHapus
    Balasan
    1. They best achivement raped under age girl too.. 😁

      Hapus
    2. Pregnant woman was killed with C-4 by SPECIAL FORCE's MALON COWARD & WEAK

      Hapus
  19. JF-17 kalo MRO di bengkel sepeda juga bisa, awas mekaniknya gatel-gatel pegang jet panu
    Kokpitnya pun tanpa AC helm pilotnya aja pake helm proyek ama masker babi Eject Seat nya hanya pakai per pegas kadang mencilat-mencilat sendiri


    Bwahahahahaahahahahaha.......Malon anjing miskin pake nya Jet buruk

    BalasHapus
  20. perkara landing gear, bukan yg pertama om2. mrk py rekor yg ckp memprihatinkan 3 tahun terakhir. terdapat 3 kasus sama kalo pada inget.
    1 malah fatal lho haha!🤨🤨🤨

    1 hornet hampir cilaka, enjin mletup
    su-30= 2bijik hampir cilaka
    1 hercules, belly landing = pensiun

    http://www.thesundaily.my/news/2017/11/18/rmaf-hercules-c130-aircraft-makes-belly-landing-labuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nambain ttg landing gir nambah 1 lagi, total 4 landing gir problem haha!😇😇😇

      1 hornet 2017, jg mengalami masalah landing gir

      RMAF fighter jet makes safe emergency landing despite landing gear problem
      https://www.nst.com.my/news/nation/2017/11/308466/rmaf-fighter-jet-makes-safe-emergency-landing-despite-landing-gear


      barusan kemaren:
      Sedang Dipamerkan, 3 Unit Pesawat Tempur Malaysia Ini Justru Alami Kejadian Tak Terduga
      https://www.youtube.com/watch?v=QziRR-ec0fQ&feature=youtu.be

      Hapus
    2. Fentung terus malon om pal 😁🔨

      Hapus
    3. Itulah om kalau buget ciput, tak bisa beli alatan. Jiran smua pada shoping, malonjing mung iso nyawang

      Hapus
    4. Itulah akibat dari MRO ASTC tipu2 ompal,ngaku ada kepakaran MRO pesawat,eh ngak taunya cuma ada kepakaran kanibal je wkwkwk

      Hapus
    5. baru 1 kelar cuci busi,

      “The remaining 15 Sukhois will undergo similar jobs by next year,” said Fadzar, who graduated from the Zhukovsky Flight Training Centre in Moscow in 2007.

      RM2.2bil life extension for RMAF's Sukhois
      https://www.nst.com.my/news/nation/2019/03/473088/rm22bil-life-extension-rmafs-sukhois

      Hapus
    6. dari pengamatan guwe: ada 8(delapan) mkm yg hadir dan berhasil slamet sampe ke acara lima19 haha!👏👏👏

      laluw 1 bijik hasil slep sendiri(STC) tampil dan diresmikan di lima19 om pi'em.

      sisanya 7 bijik yg hadir artinya termasuk 15 bijik yg blom di slep di STC.

      klo dipadu dgn brita opa menhan mat sabu tahun laluw, hanya 4 bijik yg tersedia.

      artinya, ada 3 bijik mkm yg dipaksa terbang ke langkawi bisa jadi pake sucad kanibalan haha!😋😋😋

      wahh nekad yach, guwe rasa 2 bijik yg ada problem ituw pasti termasuk 3 bijik tersebut haha!🤖🤖🤖

      Hapus
    7. Apa pun ngak bisa lawan acara bulanan - pesawat terhempas di Indonesia.

      Hapus
    8. Apa pun gak bisa melawan enjin songlap malon

      Hapus
    9. "negeri yg katanya elit gred a, shopping soping pespur Aermacchi MB339c TANPA ENJIN! hadooww haha!😋😋😋

      harga: 88,8juta euro/8 bijik = 11,1 juta euro

      perbandingan:
      angkatan udara eritria beli pesawat Aermacchi MB339 lengkap pake Enjin! $8,8juta/bijik haha!👍👍👍

      cekidot menit: 4:35 haha!👍👍👍
      https://www.youtube.com/watch?v=f5E4vqZ1Jo8

      Hapus
    10. harga tak masalah yg ptg tanpan enjin haha!😅😅😅

      Hapus
  21. Teknisi Malay mn tahulah teknis MRO cem ini... kepakaran y cm selfie usai teknisi asing selsai service,mereka berebut photo pegang obeng lain lap dan botol oli ,guna tempel status di medsos je...😁

    BalasHapus
  22. F16 TNIAU ini apakah sekalian mau dilapis cat anti radar yg kemarin sudah berhasil di ujicoba itu ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs jadi digunakan tuh cat bro

      Hapus
    2. Harusnya d pakai lah.. buat apa d siasiakan

      Hapus
    3. Ya setuju harusnya dipakai, sekalian pembuktian cat tsb juga layak dipakai di pesawat tempur

      Hapus
    4. waaaaawwww menggerungkan indon,,,,malon ke laut aja ,,

      Hapus
  23. Bersatu melawan malondogshit

    Sebanyak 350 panser anoa sudah digunakan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. Rini berharap suskses ini diikuti oleh tank medium buatan Pindad yang bisa menembus pasar luar negeri.

    "Ini Anoa sudah lebih dari 350 unit dipakai PBB. Sekarang proses lanjutan adalah medium tank yang kami sedang siapkan. Moga-moga itu juga akan menjadi bisa mendunia juga," ujarnya.

    Rini mengaku sangat bangga karena anak-anak muda dari Pindad makin berinovasi. "Sehingga kami yakin ke depan akan bisa menjadi pemain dunia,” kata dia di sela perayaan HUT BUMN ke-21 berbarengan dengan perayaan hari jadi PT Pindad ke-36 di Gedung Sate, Bandung, Sabtu, 6 April 2019.

    Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, paling telat pada Mei 2019 nanti Pindad akan menandatangani kontrak pembelian perdana medium tank Harimau, alutsista terbaru buatan Pindad. “Rencananya 18 unit,” kata dia di Bandung, Sabtu, 6 April 2019.

    Abraham mengatakan, pesanan medium tank tersebut direncanakan untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI Angkatan Darat. "Mulai tahun ini kita bisa mulai kontrak dengan pendanaan luar negeri untuk medium tank kita," kata dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak perlu panser, lari aja dari pertempuran dgan taxi.

      Hapus
    2. Gak perlu lari...cukup rosmah dan najib jadi perdana menteri...bangkrut sampai 2500

      Hapus
  24. Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
    ingin uang tambahan dengan mengeluarkan modal kecil?
    join dengan kami situs terpercaya dan teraman

    Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    hanya duduk di rumah bisa
    menangkan uang jutaan rupiah
    5 Pasaran Togel Di Sediakan : Sydney ~ Japan4D ~ Singapore ~ China4D ~ Hongkong
    Jangan Pusing Lagi Boss.

    Bermain lah Dengan Santai Dan Pasang Taruhan Anda Bersama Kami
    cs online 1x24 jam
    WA : [+855]964630067
    hanya di WWWoAREATOTOoPRO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cintya pakai Cilanak mini bikini merah ya? Malon cuma pandai berbuat dan mimpi basah aja. Pantengin forumers di mmp FB dan mdr FB, bisa bikin ketawa, 99,8 peratus pada onani otak dan mimpi basah di siang bolong. Admintnya kyknya jg guoblok, kasi trigger artikel tanpa pernah menyebutkan sumber beritanya. 😀😀😀

      Hapus
  25. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME
    BBM : 2B1E7B84

    BalasHapus
  26. Terbaru F16 Belanda tembak diri sendiri semasa penerbangan latihan.Mana bisa? Lol!

    BalasHapus
  27. Bisa aja bro, Itu pilotnya yg guoblog macam pilot Cik su 30 mkm eject Kat hanggar. The man behind the gun bro. Koh koh koh....😭😎😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanda master kamu 300 tahun.3600 purnama. Waduh lama sih. Jangan tembak pesawat sendiri dengan rudil AIM120 ya.

      Hapus
    2. F16 lebih laju dari peluru cannon. Hebat2.

      Hapus
    3. Goblok macam Jewawut😂😎😅

      Hapus
    4. Peluru 20 mm bergerak laju 700 meter per saat, pesawat terbang F16 meluncur di udara pada kelajuan 400 meter per saat. Masih hentam diri sendiri. Hanya di Belanda. Jangan bikin stunt ini di Indonesia ya.

      Hapus
    5. 2x eject itupon rekor sangat haha!😱😱😱

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. om don bual jgn lupa masternya gred a, brit brit

      999 tahun sewa tanah
      99 tahun sewa air

      uppss masing2 nich rekord duniyah haha!😜😜😜

      Hapus
  28. Kamu nembak cannon dalam penerbangan , kemudian meluru laju ke depan. Hanya di Belanda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2x eject kat hanggar itupon rekor sangat, rekod duniya & galaksi haha!😱😱😱

      Hapus
  29. Sekarang Hadir pembayaran melalui OVO.
    Sangat Mudah dan Praktis bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus