12 April 2019

Pengganti Hawk 109/209 TNI AU Kemungkinan F-16 Viper, Skadron Tempur Baru akan Dibentuk di Kupang

12 April 2019


Pesawat tempur F-16V (image Lockheed Martin)

ANGKASAREVIEW.COM-TNI Angkatan Udara telah merencanakan penggantian pesawat tempur taktis Hawk 109/209 yang kini masih dioperasikan oleh Skadron Udara 1 Lanud Supadio di Pontianak dan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.

Secara bertahap pesawat tempur buatan BAE System, Inggris yang digunakan oleh TNI AU sejak 1995 ini akan diganti dengan pesawat baru. Tahun depan, armada Hawk 109209 TNI AU berusia pakai 25 tahun atau berusia pakai 30 tahun pada 2025.

Penggantian armada Hawk 109/209 di dua skadron operasional TNI AU tersebut, akan dilaksanakan secara bertahap pada pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) TNI AU ke-4 periode 2020-2024. Hal ini pun sudah masuk dalam pengajuan pemenuhan kebutuhan pokok minimal (MEF) Tahap IV untuk periode yang sama. Sementara hingga akhir tahun ini, TNI AU masih menuntaskan pelaksanaan Renstra ke-3 periode 2015-2019.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, rencana ke depan Hawk 109/209 di Skadron Udara 1 “Elang Khatulistiwa” akan digeser penempatannya ke Skadron Udara 12 “Black Panther”. Sehingga, semua armada Hawk 109/209 TNI AU akan berada di Skadron Udara 12 Pekanbaru.

Sementara Skadron Udara 1, akan diisi oleh pesawat tempur baru berdasarkan spesifikasi teknis yang diajukan oleh TNI AU.

“Jadi rencananya begitu, pesawat Hawk 109/209 Skadron Udara 1 akan digabung ke Skadron Udara 12 di Pekanbaru. Nah, Skadron Udara 1 akan diisi oleh pesawat tempur baru,” ujar Yuyu Sutisna kepada Redaksi AR di Jakarta, Selasa (9/4/2019) malam.

Saat ditanya pesawat baru yang dimaksud adalah apa, Yuyu tidak mengatakan secara gamblang.

Namun demikian, dari testimoni-testimoni yang didapat Angkasa Review dari sumber-sumber di lingkungan TNI AU, kemungkinan besar mengarah kepada pesawat tempur F-16V yang ditawarkan Lockheed Martin.

“Ya, nanti kita tunggu. Bisa jadi,” kata KSAU sambil tersenyum.

Skadron tempur baru di Kupang

Sementara itu, pada Renstra ke IV TNI AU juga telah merencanakan pembangunan satu skadron tempur baru di Lanud El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pesawat yang akan ditempatkan di skadron tempur baru ini nantinya sama dengan pesawat baru yang akan digunakan oleh Skadron Udara 1.

“Ya, kita sudah merencanakan pembangunan skadron tempur baru di Kupang. Ini masuk dalam Renstra ke IV periode 2020-2024,” jelas KSAU.

Dengan demikian, kata Yuyu, untuk melengkapi kekuatan Skadron Udara 1 dan skadron tempur baru di Kupang, TNI AU butuh dua skadron pesawat tempur baru.

“Kalau Hawk 109/209, memang pada saatnya nanti semua akan diganti, namun bertahap. Maka dari itu kita butuh pesawat tempur untuk Skadron Udara 1 sekaligus untuk skadron tempur baru di Kupang,” jelas Yuyu.

Kembali ke sumber-sumber lain, disebutkan bahwa TNI AU berharap mendapat tambahan 32 pesawat F-16 Viper untuk mengisi dua skadron. Masing-masing skadron dilengkapi 16 unit F-16V.

Lanud El Tari Kupang, saat ini berada di bawah Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III dan statusnya akan ditingkatkan menjadi Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Tipe A yang dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat bintang satu.

Pangkoopsau III yang baru, Marsma TNI Andyawan M.P di acara yang sama kepada Redaksi AR mengatakan, di jajaran Koopsau III akan dibangun tiga skadron baru.

Ketiga skadron dimaksud adalah Skadron Udara 27 di Biak dengan pesawat CN-235/CN-295, Skadron Udara 9 di Jayapura dengan helikopter Cougar/Caracal, dan skadron pesawat tempur baru di Kupang.

“Untuk Skadron Udara 27 sudah hampir selesai dan akan segera diresmikan oleh KSAU,” ujar penerbang F-16 alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Koopsau I ini.

(Angkasa Review)

89 komentar:

  1. Prajurit, apapun pangkatnya identik dg jiwa ksatria...ning yen nemu sing jiwane urik tur seneng nyrekal, mulo ra gumun yen keturunane rodo mbedaniπŸ’ƒπŸ‘―πŸ’ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhh...rempong ih..capcuss beeb.... :-D

      Hapus
    2. 'Nggilani...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. hadeeeuuuhh,,,malon sudah menunggu tuh,,untuk di bully ,,lets go

      Hapus
    4. Sampun mlebet yuswo kaping 25, Hawk malon taksih saget angrusaki.

      "ngusak" opo yo mas, gaman ae ga di gowo kok

      Hapus
  2. Bukane dulu infonya mo pesan 48 biji yo....trus sing 16 arep didokok ngendi kui πŸ€”

    Opo kanggo nggenteni pesawat sing wes uzur 😁😁😁

    BalasHapus
  3. Malay sila kirim the mighty JF SULFUR nya...pekan baru,bakal ketemu nih...πŸ˜€

    BalasHapus
  4. Lihat di google maps memang sedang ada pembangunan pangkalan baru TNI AU di Kupang. Sekarang sudah ada 2 hanggar yg mampu menampung 8 pespur.. padahal dulu cuma 1 hanggar yg hnya menampung 4 pespur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketiga skadron dimaksud adalah Skadron Udara 27 di Biak dengan pesawat CN-235/CN-295, Skadron Udara 9 di Jayapura dengan helikopter Cougar/Caracal, dan skadron pesawat tempur baru di Kupang.

      “Untuk Skadron Udara 27 sudah hampir selesai dan akan segera diresmikan oleh KSAU,” ujar penerbang F-16 alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Koopsau I ini.


      Targetnya 3 :
      - Target SQ 27 tinggal diresmikan
      - Target SQ 9 sudah signed contract sedang dibuat delivered schedule 2020
      - Target SQ Viper status "AKAN"

      Sabar ya bro.. pelan2 aja dinikmati prosesnya...

      Cyclenya : RFI > LOI > MOU > Deal > Sent

      Jangan : RFI > LOI > Cancel > RFI > RFI > RFI > Cancel > RFI > LOI > Cancel (balik lagi muter2 sampai 2055)

      Hapus
  5. Hawk TNI umur 25 Tahun langsung diganti.
    Lagi2 project AKAN TNI yang selalu 99 percent jadi realiti...

    2020 kayaknya tahun TNI pesta pora nih bakalan beli macem2.

    Kenapa saya yakin yang dibeli pasti Viper ? :

    - Indonesia sudah terlanjur signed SU35 jadi wajib beli US made kalau gak mau kena Caatsa, beda case kalau yang disigned adalah Grippen, Indonesia tidak punya "kewajiban" beli US Made.
    - Indonesia Pilot2 tempurnya sudah terbiasa dengan F16 jadi sangat mudah saat transisi ke VIPER.
    - US memberi green light pembelian AAMRAAM tahun lalu dan sudah signed contract, syarat mendapatkan missiles ini lagi rasanya wajib beli VIPER.
    - MRO, Indonesia sudah bisa MRO F16 meski MRO versi Indonesia spent waktu 24 Month tidak seperti US dan Rusia yang spent 22 Month tetapi setidaknya teknisi2 mekanik TNI sudah familiar dengan proses bongkar2 body dan jeroan F16
    - Availability Sparepart, sudah pasti The More The Merrier... Stocknya makin aman
    - Infrastructur F16, jangan lupa guys beda type kendaaraan beda pula tools kunci2nya apalagi engine scannernya dan itu sangat2 mahal. TNI sudah punya tools2 ini dan rasanya investasinya sangat tidak sebanding bila hanya mempunyai sedikit F16.

    Anyway... Sukses TNI AU.. 2020 tinggal satu tahun lagi... Semangat...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoooooii mas super. ditambah kita sudahpunya kemampuan MLU sendiri hasil TOT dengan LM.. haha.. πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    2. Padahal dulu belinya duluan Falcon A/B OCU jauh, dibanding Hawk-100/200...tapi si Hawk duluan mo pension..πŸ˜‚πŸ˜

      Falcon stroooong beeib! 😚

      Hapus
    3. Hawk pembelian ke 2 tahun 1997-1998 sebenarnya belum akan diganti. Sejatinya hawk kan pesawat tempur ringan,sekelas dengan TA 50 golden Eagle. Nanti work horse nya semua F16 A/B/C/D. Hawk akan di jadikan lapis ke 3 alias jadi pesawat tempur taktis.

      Hapus
    4. Satu lagi alasannya

      ujar penerbang F-16 alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Koopsau I ini.

      Alumni F16 πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    5. Qiqiqiqi..
      Akhirnya ada yang nyebut juga.

      Alus dikit napa mas..πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜€

      Hapus
    6. @Ink
      Saat ini pesawat tempur TNI AU 3 tier, sepertinya mau distandarisasi jadi 2 tier. Hawk 200 bukan tempur latih, tetapi memang pesat tempur lapis 3.

      Hapus
    7. indonesia is contry stronger,,indonesia military will to be military world class,,,malon will go to hell khkhkhkh

      Hapus
  6. Di Kupang, NTT memang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan 2 negara. Semoga kedepan selain skuadron pespur, dibangun juga Kodam baru di NTT, 1 batalyon tank, 1 batalyon artileri, 1 batalyon mekanis, Plus 3 baterai pertahanan udara dan Lantamal yg diisi 1 PKR, 1 Korvet, 3 OPV, 4 KCR. Mantaaaapp..!! xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau batalion tank mungkin terakhir, yang utama adalah armed dan arhanused

      Hapus
  7. ini berita mantul, kok sepi ya para beruk malon πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  8. Yen rasaku, skadron 14 iku apike direlokasi nyeraki ALKI II, iso neng wewengkon jawa timur opo malah neng pulau madura....ngelingi pergerakan armada cina lan armada pacific+aussy lan mobilitas bomber B-52 ke dan dari diego garcia~LCS 😎😎😎

    Yen tetep seko madiun rasane kesuwen yen butuh gerak cepat ngamanke ALKI II lan ruang udara ing saknduwure 🀷

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan2 to mas, pasti tercapai

      Khusus sampeyan wes tak sediani Karang Dempel (KD) di Tenau,Alak Ben Ra Nang Gung kemukus.heheeheh

      Hapus
    2. Gunung Kemukus itu 'riwayat' mas'e, doi ndak bakal bisa move on...πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜

      -wes keno aji-aji sarung keramat

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Juru kunci Gunung kemukus koq arep digusur... πŸ˜€ πŸ˜€

      Hapus
    4. Tepatnya : juru jaga sendal mas'e.


      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Pagi2 kok pada ngrumpi hadeeehπŸ€”πŸ€”

      Hapus
    6. Yen bengi-bengi wayahe ngrumpyuk..πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    7. Yen wengi dolane dewe-dewe....gor aku sing kebagean jogo sandal 🀧🀧🀧

      Hapus
    8. Mas hari...Amal sing apek lan akeh mengko di bales luwih ko gustiπŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
    9. Abot men sanggaku....yo wes tak trimakne 😣😣😣

      Hapus
    10. >>>Unknown12 April 2019 08.13

      Pelan2 to mas, pasti tercapai

      Khusus sampeyan wes tak sediani Karang Dempel (KD) di Tenau,Alak Ben Ra Nang Gung kemukus.heheeheh<<<

      "☝️🏻 Iki mesti mas boy...ketoro dolane tekan tenau barang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚"

      Hapus
  9. Kalah semuanya dengan dua JF-SWEET SEVEN TEEN Malonte anjing beruk

    koh koh koh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka cukup 2 JF-17 sulfur saja mas,,itu lebih baik buat negri malon,,dari pada tidak beli weapon,,khkhkh

      Hapus
  10. Ini sama aja F16 vs f35 ..jeruk makan jeruk....yg nyuruh taruh f16 di Kupang itu terlalu pinter apa kelewat pinter...apa takut ada tekanan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya yang mana? Su35? Lha wong f16 nanti jadi pesawat patroli koq

      Hapus
    2. F16 vs f35?
      Pasti? πŸ˜‘

      Kalo mereka "MAU", cukup launch JASM-ER jauh dari wilayah mereka, trus balik kanan, landing, lalu nonton live sambil ngopi-ngopi buat liat hasilnya..πŸ˜›

      Hapus
    3. Ora paklek @menyan....mbok aku ki diwehi kawruh piye carane radare SU-35 iso mendeteksi pesawat siluman πŸ€”

      Hapus
    4. mau taro dimana saja itu rencana TNIAU...
      pesawat kan benda bergerak, bisa terbang dan bisa dipindah kemana saja oleh TNIAU sebagai user.

      kecuali Mig 29 atau MKM si malon yang menjadi barang museum tak bisa terbang.

      bisa jadi nanti sesuai kebutuhan F-16 Viper pindah ke Natuna dan SU-35 di Kupang. tanpa harus di publis ke media

      Hapus
    5. Paklek @menyan....tak tunggu pencerahane lho πŸ€”

      Hapus
    6. Fansboy Sukhoi kecewa Flanker dikasih jatah cuma 11 unit

      Hapus
    7. F35 dihadang pake Flanker & F-16, sensor lebih banyak. Tinggal masalah integrasi saja yang belum jelas sudah bisa atau belum.

      Kemungkinan kita melawan negara pemilik F35 sebenarnya rendah. Bisa dipastikan supply chain resmi F-16 juga putus kalau terjadi.

      Hapus
    8. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
      "Kemungkinan kita melawan negara pemilik F35 sebenarnya rendah.."

      =====
      Bersyukurlah bro, ente masih masuk golongan yang berpikir jernih..πŸ˜ŠπŸ‘

      Hapus
    9. Iya om....dihadang itu kalo radar hanud kita sudah bisa mendeteksi lebih dulu keberadaan pesawat siluman, ya kan 🀷

      Lha kalo radar hanudnya saja kesulitan me deteksi pesawat siluman trus gimana dong....sehebat2nya su-35, dia kan gak bisa jadi singel player πŸ™†

      Hapus
    10. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
      Jangan dulu mikir si Growler ikutan "maen-maen" juga yaak..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    11. Kagak pada lupa kan, pas Hawk mo ngehadang Classic Hornet, doi kesulitan liat arah datangnya dari mana, yang ngarahin ground radar..dibilangin, mestinya dah masuk radar Hawk secara dalam jangkauannya.

      Tau-tau 'mak leeebh!' nongol didepan mata, baru sadar "..mungkin mereka jamming kita!"

      😑

      Hapus
    12. Jadul aja serem euuy...
      Apalagi hare gene, banyak barang 'ajaib'..😨

      Hapus
    13. Di jepang F35 bisa nyelem sampai 1500m kedasar laut.

      Serem

      Hapus
  11. berita seminggu ini sangat menyejukan :

    1. PT.DI Tes Pesawat CN-295 Special Mision TNIAU
    2. PT. PINDAD Produksi Amunisi Kaliber Sedang
    3.. PT.PINDAD Produksi ANOA GURUN untuk negara Timur Tengah
    4. PT.PAL Luncurkan Kapal Selam KRI ALUGORO
    5. TNIAU beli 2 Skuadron F-16 VIPER

    Indonesia Hebat.

    Malassial Beruk jangan iri dan jangan dengki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minggu ini belum slesai mas, masih nerus niih, sabar..😁

      Hapus
    2. ini blm apa2 mas essen,,ini hanya slh satu alutsista yang di buka ke publik,,yg gk di buka ke publik mas banyak lgi

      Hapus
  12. woooowww.. wooowwww.. haibat betul PINDAD..

    http://militermeter.com/pindad-siap-produksi-cornershot-untuk-skala-industri/

    Siap2 nih Maloners stres massal.. xixixixi.. bolehlaaahh jika malon nak RFI.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  13. Optimis selaluπŸ€—πŸ€—πŸ•ΊπŸ•ΊπŸ•Ί

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang mbah, sendal sampeyan wes ono sing njogo kok..aman thok wes..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Ngrepotin wae.πŸ™πŸ™. Mijiti ne urong rampung jek suwe😝😝

      Hapus
  14. Malon miskin ngences berharap hibah, hawk nya yg sudah 25 memusnah kalo di mari mah langsung di ganti, horang kaya


    Bwahahahahahaha...

    BalasHapus
  15. Mantap
    Viper langsung 4 skuadron. Skadud 12,19,20 & 22

    BalasHapus
    Balasan
    1. broo.. ambil kacamata geh..!! terus baca lagi artikelnya.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚

      Hapus
    2. kadang saya kalo baca komen begini kok gimana gitu berasa malon di MDR yg posting πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. kata mermaidman
      "terlalu euvoria itu tidak baik"

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Alhamdullilah sah sah... Langsung muter2 d area timur

    BalasHapus
  18. TUDM hanya cocok guna jet busuk cem 2 jet JF-17 sulfur bloketet 3 itupun ganti-gantian, miskin gembel idiot

    Xixixixixiixixi.....

    BalasHapus
  19. Yang disebut 32 unit viper tapi minta harga untuk 48 unit viper??? Bagus!

    16 unit untuk skuadron 1
    16 unit untuk skuadron 14
    16 unit untuk calon skuadron yang belum ada nomor di Kupang.

    Imajinasi berikutnya, 2025-2029 beli lagi 32 unit viper untuk ditempatkan di :

    16 unit di skuadron 12
    16 unit di calon skuadron di Biak

    Beserta 16 unit IFX buat skuadron 11 sebagai ganti Sukhoi!

    Sukhoi fanboys kaciaaaaan deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu banyak f 16, apa nanti buat minta akses ke avionik f 16 ya ?
      hmmm 😯

      Hapus
  20. tidak apa2 bro anyakin F-16,,,,soalnya kn F-16 lebih hebat dari JF-17 sulfur malon yg ompong dan tak de jet engine nya,,khkhkh

    BalasHapus
  21. malon ma je mampu shoping weapon cem indonesia,,,malon tuh negri miskin tak de wang,,bodoh dungu and idiot

    BalasHapus
  22. di perkirakan indonesia akan memiliki


    5 skuadron F-16 : A/B/C/D/V
    3 skuadron shukoi SU-27/30/35 total 48 sukhoi
    2 skuadron T-50 dan FA-50 total 31 pesawat
    2 skuadron EMB-314 super tucano
    2 skuadron hawk 100/200
    2 skuadron 24 unit gripen C/D
    3 skuadron helcules
    3 skuadron CN-235
    1 skuadron CN-295
    1 skuadron UCAV
    dan masih banyak lagi yg lain nya,,
    # menurut perkiraan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. C-17 sebagai angkut berat, E-7 sebagai AEW&C, A-320 MRTT sebagai Tanker, KM dan LM SAM sebagai kekuatan kohanudnas, anoa 20 mm dan komodo sebagai IFV korpaskhas, dan pandur sph 155 sebagai meriam armed p3u

      Hapus
  23. Belajar meramal:
    1. 24 unit su35 (tambahan dr pengurangan unit ifx dengan alasan butuh pespur duble engine sesegera mungkin, tambahan unit su35 ini mungkin di publikasikan setelah kontrak f16v diteken)
    2. F16v wajib jd pilihan karena untuk membungkam mulut tuan usil usa, 32 unit tuk mengganti hawk 109/209 dan 16 unit tuk mengisi skudron baru' kalau f16v gk dipilih maka indonesia harus siap pembangunan militer dan industrinya akan di acak2 usa, bukan f16v aja yg sebagai kompensasi tuk membukam usa, kemungkinan besar chinhook dan pesawat tanker turut diakusisi.
    3. Ifx yg diakusisi hanya berjumlah 24 unit - 32 unit dr rencan awal 48 unit, kalau 16 unit keterlaluan ingkar janjinya, meski kita sebenarnya sudah menguasai teknologi rancang bangun ifx
    tp ya pakai perasaan dikitlah nawarnya.
    4. 4 unit Pesawat globalEye AWE&C akan menjadi pilihan indonesia untuk kesepakatan awal joint produksi sistem avionik ifx versi pengembangan indonesia
    5. Pengadaan pespur TNI AU untuk seterusnya akan di isi ifx versi pengembangan indonesia yg artian setelah ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya masuk jalur produksi indonesia tidak akan beli pespur import lg, prediksiku ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya masuk jalur produksi setelah 3 tahun kfx/ifx pegembangan bersama masuk jalur produksi, ramalanku setelah kfx/ifx pengembangan bersama korsel masuk jalur produksi prototype ifx versi pengembangan indonesia akan melakukan uji coba, hanya panjang dan rentang sayap ifx yg berubah bertambah panjang dan lebar, panjang ifx yg ditambah agar tanki bahan internal dapat membawa bahan bakar yg sesuai kebutuhan indonesia, rentang sayap/lebar sayap dan lebar tubuh yg ditambah agar muatan senjata yg dibawa bisa lebih banya dan juga untuk menyesuaikan diameter mesin yg lisensinya sedang diburu, setelah ifx versi pengembangan indonesia ini masuk jalur produksi barulah indonesia mengembangkan pespur gen 5 atau mungkin bisa saja langsung lompat ke gen 6.
    6. Pespur hawk 109/209 ada kemungkinan tidak dipensiunkan tp dikembalikan ke habitatnya menjadi pespur latih, memperpanjang umur hawk 109/209 untuk digunakan sebagai pespur latih sampai indonesia mampu mengembangkan pespur latih buatan dalam negeri.
    7. 23 unit f16 blok 52 indonesia yg ada akan ditingkatkan kemampuannya menjadi f16v bersamaan dengan pesanan tambahan f16v untuk skuadron tempur yg baru, kontrak f16v untuk mengganti hawk 109/209 sebanyak 32 unit kemungkinan terpisah dengan kontrak 16 unit f16v tambahan untuk skuadron baru, 32 unit f16v pengganti hawk 109/209 kemungkinan besar diteken kontraknya dipertengahan tahun 2020, kontrak 16 unit f16v tambahan untuk skuadron baru bersama peningkatan kemampuan 23 unit f16 blok 52 menjadi f16v akan diteken dan disepakatin pada tahun 2023-2024.

    #cuman_ramalan_doang πŸ˜ŠπŸ˜ŽπŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. No.4 maksudnya 4 unit globalEye Awe&c saab swedia sebagai kesepakatan awal join produksi sistem avionik ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya.

      Hapus
  24. Secara bertahap pesawat tempur buatan BAE System, Inggris yang digunakan oleh TNI AU sejak 1995 ini akan diganti dengan pesawat baru.
    Tahun depan, armada Hawk 109209 TNI AU berusia pakai 25 tahun atau berusia pakai 30 tahun pada 2025.

    -----------

    dari tahun pakainya aja bisa dihitung, hawk mk harusnya masi layak terbang 2030-2035 haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    kerna hawk kita datengnya bertahap dari 1996-2000
    seperti itung2 guwe dolo, rata2 pespur kita pake 35-36 tahun.
    contoh:
    hawk mk 53- 36 tahun pensiun 2015
    tiger e/f - 36 tahun grounded 2016-2020 pensiun sabca apgred

    hawk termuda kita sekarang masi belasan tahun alias abege haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    emang pengkajian pespur ituw butuh waktuw lama, 10-15 tahun. sama kyk singapor juga sblomnya uda disusun calon pengganti f-16 yg akan pensiun 2030-2035

    berita hawk akan diganti sbnernya dari 2 tahun lalu ada.
    dan uda guwe "prediksi" dari dolo silaken "siyapin jari2" aja dech, bedebat sampe belasan tahun lagi haha!
    dan pendapat guwe pribadi

    BalasHapus
  25. WOI Malays Beruk Miskin.... Kami nak hantar yang VIRAL di Indonesia..

    Indonesia 22 triliun deals VS Malays miskin 2 JF sweet sevent teen deal..
    😁

    BalasHapus
  26. Are Indons crazy?

    Are they serious and are it safe to fly?


    Or it is not flyable already?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takeit easy...thats not u problem..😁😁

      Hapus
  27. Masalah ifx kenapa sampai jumlah unit pesanan indonesia sampai turun derastis dr 48 unit turun sampai 16 unit sesuai gosip2 yg beredar, ini murni bukan masalah duit tp dr gambaran2 para insyiur kita ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya nanti jauh lebih sesuai dengan yg indonesia butuhkan, panjang ifx emang akan ditambah untuk memperbesar kapasitas bahan bakar internal sehingga tanpa tangki bahan bakar external ifx bisa terbang sesuai jarak yg dibutuhkan untuk ukuran luas wilayah indonesia, dengan terbang tanpa tanki bahan external akan membuat ifx bisa membawa senjata lebih banyak dr versi ifx pengembangan bersama, dengan tambahnya panjang ifx otomatis rentang panjang sayap bertambah dan lebar rentang perut jg turut bertambah yg jg turut dipengaruhi diameter mesin pespur yg lisensinya sedang diburu, lebar perut yg bertambah jg akan membuat jumlah rudal yg ditenteng dibawah perut ifx akan bertambah banyak' belum lg panjang rentang sayap yg bertambah membuat ruang untuk membawa senjata lebih banyak semakin leluasa, tinggal bagaimana membuat ketahanan sayap mampu membawa senjata lebih banyak,,,hal ini emang jd pengaruh kuat kenapa indonesia menurunkan secara derastis pesanan ifx versi pengembangan bersama korsel ini, ya emang ada faktor berasa rugi bila kita membeli banyak2 ifx versi pengembangan bersama karena ternyata ifx versi rencana pengembangan selanjutnya oleh insiyur kita emang jauh lebih punya kwalitas sesuai kebutuhan wilayah indonesia, sedari awal aku sudah bisa tebak yg di incar insiyur2 indonesia dan PT.DI adalah theknis teknologi rancang bangun ifx/kfx atau rancang bangun pesawat tempur' kalau masalah isian seperti mesin dan sistem avionik insiyur2 kita dan PT.DI bukan pemain baru dalam menginstal mesin dan memasang sistem avionik atau mencari joint dr luar negeri untuk kerjasama pengadaan mesin atau sistem avionik pesawat,,,wajar sih bila indonesia menurunkan drastis pesanan produksi ifx versi pengembangan bersama korea selatan, tp ya jangan sampai keterlaluan banget turunnya dr 48 unit menjadi 16 unit kan jauh banget turunnya, gpp lah kita pesan 24 unit untuk menghargain korea selatan yg banyak membantu indonesia dalam hal teknologi seperti kapal permukaan dan kapal selam, tanpa korea selatan mungkin saja kita gk bakal dapat secepat ini theknis teknologi rancang bangun pesawat tempur' mana lg ni kfx/ifx memiliki aroma pespur gen 5, jd menurutku apa pun alasannya keterlaluan banget kalau kita cuman beli 16 unit produksi ifx versi pengembangan bersama. πŸ€”

    BalasHapus
  28. Indonesia darurat pesawat AEW type nuklir😁😁😁😁

    BalasHapus
  29. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME
    BBM : 2B1E7B84

    BalasHapus
  30. Malonjingbidababi hanya bisa flanga flongo kapal nelayannya dibawa petugas KKP bersenjatakan senjata tangan πŸ˜„....buat apa punya senjata canggih tapi tak punya nyali...teruk nian malonjing Sekarang

    Malon senang digondolin umngok

    Kahkahkah

    BalasHapus
  31. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    BalasHapus
  32. Sekarang bisa mainkan Poker Online di hp kamu
    dengan minimal deposit hanya 10rb dan proses cepat paling lama 3 menit.
    bonus cashback setiap hari jumat
    tunggu apa lagi join sekarang juga di Anapoker

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus