30 April 2019

RAPBN 2020, Kemenhan Dapat Alokasi Anggaran Terbesar 126,9 T

30 April 2019

Sejumlah alutsista akan diwujudkan Pemerintah untuk memenuhi MEF tiap angkatan di TNI (photo : MKFI)

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020, Kementerian Pertahanan tercatat memperoleh alokasi anggaran terbesar, yakni sebesar Rp 126,9 triliun.

Berdasarkan pos kementerian dan lembaga, pagu indikatif anggaran belanja untuk Kementerian Pertahanan tercatat paling besar. "Pada 2020, Kemenhan bakal memperoleh anggaran sebesar Rp 126,9 triliun," seperti dikutip dari pemaparan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Bambang Brodjonegoro, dalam acara Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2019.

Angka itu naik bila dibandingkan dengan alokasi anggaran pada 2019 sebesar Rp 106,1 triliun. Adapun pada 2018, belanja pertahanan negara mencapai Rp 107,7 triliun. Meski demikian, anggaran Kementerian Pertahanan tetap tercatat menjadi yang paling tinggi untuk beberapa tahun terakhir.

Alokasi anggaran untuk Kementerian Pertahanan digadang-gadang dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) beserta perawatannya. Sedangkan lainnya dipakai untuk biaya operasional hingga sarana-prasarana di area-area remote, seperti di pangkalan militer Sorong, Papua.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pemerintah anggaran belanja kementerian dan lembaga pada 2020 sebesar Rp 854 triliun. “Kebutuhan negara sangat banyak, resource terbatas. Kita harus tetapkan yang jadi prioritas,” ujarnya.

Selanjutnya, negara menggelontorkan anggaran belanja untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp 103,9 triliun. Pos ini juga tergolong menduduki belanja paling besar, sama seperti dua tahun sebelumnya. Pada 2018, PUPR memperoleh anggaran Rp 107,4 triliun. Sedangkan pada 2019 mencapai Rp 102 triliun.

Pemerintah kemudian akan mengucurkan dana Rp 89,7 triliun untuk Polri pada 2020. Sedangkan dua tahun sebelumnya, berturut-turut mulai 2018, pemerintah menggelontorkan anggaran Rp 95 triliun dan Rp 76,9 triliun.

See full article Tempo

216 komentar:

  1. wooooowww....woooowww.. Rp126 trilliun atau sekitar $8,8 billion dollar.. xixixiixi.. Naiknya jauuuhn bangeeett broooo.. 😃😃😃

    Saya yakin ini akibat ulah pietnam dan Malon yg suka melindungi maling ikan di perbatasan. Joooom.. provokasi lgi dong looon.. malooonn.!!! supaya naik lagi anggaran tambah banyak.. kahkahkah.. mantaaaapp..

    Tahun 2020 anggaran $8,8 billion dollar.. fix 3 skuadron viper, heavy fregat , tanker pegassus, AEW&C siap dibungkuuusss ..!!!! Malon semakin jauuuhh tertinggal.. mampuuuus.. bwahahhahahaha.. 😅😅😅😂😂👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woeeeeee....klamit dulu sama kuncen napa 😏😏😏

      Hapus
    2. suueenn ngenteni kuncene mas.. nyahmene yo lagi wik wik wik.. ojo diganggu.. 😂😂😂

      Hapus
    3. pagu US$8,8B itu mungkin masih 0,8 gdp bung.
      dari chart kemarin anggaran indonesia tetep stabil. mungkin kalau mau dipaksain ke 2% bisa lebih dari US$ 20B, dapet apa aja itu?

      wong US$ 8,8B saja sudah guede di asean.
      kenaikan pagu ini bisa jadi disebabkan oleh iklim ekonomi indonesia yg baik.

      Hapus
    4. Jom salam shopping soping kita okeh oceh 👌👌👌

      Hapus
    5. tunggu produk baru saqt defile besok mas PG

      Hapus
    6. Mari shoping...kasih list nya..biar di borong..wkkwkkwkk

      Hapus
    7. Bukan semua utk belanja alutsista. Disitu ada komponen belanja pegawai alias gaji dan tunjangan dan komponen biaya perawatan yg lebih besar dr gaji maupun belanja modal pengadaannya.

      Hapus
    8. Aku pesan s400 ya bro buat ibu kota baru...cicil aja atu atu kan jadi banyak

      Hapus
    9. S 400 boleh bro...paling nanti ada yg protes..wkkwwkk

      Hapus
    10. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Segini masih dibilang rapuh 🤔🤔🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. jom iver om haha!💪💪💪

      Jom salam shopping soping kita okeh oceh 👌👌👌

      Hapus
    2. iver datengnya kapan ya ?
      pengen cepetan liat

      Hapus
    3. ini cuma 1 % GDP, wajar beberapa sektor kelihatannya ky tertinggal dari Vietnam & Thailand, dorong ke 3% supaya lebih berotot

      Hapus
    4. kebalik, begini aja mereka uda kedodoran ngejer kite om haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  3. Anggaran TNI/POLRI th 2020..

    - TNI => Rp126,9
    - POLRI => Rp89,7

    Berarti 126,9+89,7= Rp216,6 trilliun atau sekitar $15,1 billion dollar.. Itulah sebenar anggaran pertahanan Indonesia looon.. maloooonns... xixixixixi... Malon miskin, bangkrup jealous.. mantaaaapp.!!! 😂😂😂👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. eiiittt blom termasuk unsur pertahanan laennya haha!🙏🙏🙏
      cem:
      KPLP-kosgard - kemhub
      Bakamla-kosgard - kemenpolhukam
      KKP - kemenko maritim
      Bea cukai-custom - kemenkeu
      Polisi pamong praja - kemendagri

      dan masi banyak lagi...


      Jom salam shopping soping kita okeh oceh 👌👌👌

      Hapus
  4. Ndak masuk akal.. Masih trbilang sedikit 126 t tp d bagi 4 alokasi mabes ad au al... Dikit bngt jatah tni sedangkan alutsista tni harganya trilyunan sprti sukhoi dll bandingkan dengan polri hampir 90 t buat apa coba alutsista aja paling miyaran,... Harusnya anggaran polri separuhnya kisaran 60 t,... Pantas aja tiap polsek ada mbil patroli strada sma sedan,... Sdangkan koramil aja belum tentu ada mbil patroli,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masih pagu..bisa ntar ditambah sana sini pas rapbn

      Hapus
    2. husss..huss..apanya gak masyuk akal.
      tetangga sebelah cem pembagian jatah lbh banyak lagi.
      singapo kliatan gede tapi dibagi banyak ada kemendagri + kemlu+ 3 matra + polisi
      tetangga kesayangan dibagi 5 pulak haha!🤝🤝🤝
      sedangkan unsur keamanan dinegeri ini kan gak hanya militer, yg semi militer pon banyak dan dipecah ke berbagai instansi pemerintahan. banyangin kita punya kosgard 2 bijik. di negeri super pawa cem amrik aje cuman sebijik haha!😋😋😋
      dan bajet pertahanan mrk termasyuk kosgard. tp dibandingin ama kita, ama gred a aja biar kliatan djelass om haha!😂😂😂

      nich pembagian ke tiap kementrian cem:
      KPLP-kosgard - kemhub
      Bakamla-kosgard - kemenpolhukam
      KKP - kemenko maritim
      Bea cukai-custom - kemenkeu
      Polisi pamong praja - kemendagri

      dan masi banyak lagi...coba kalo digabung, tembus 400T kale haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    3. menhan bumi datar kesayangan om smilikity perna bersabda disekitar tahun 2017:

      knp dana polri meroket naek, sebab pimpinannya mengajukan program semacam MEF utk polri dan proposalnya disetujui pemerintah kita.
      lalu turunlah dana tsb melebihi bajet ada tuch tetangga kite haha!😆😆😆

      sementara yg satunya, menurut menhan bumi datar, ada yg gak selesai ngerjaiin PR-nya haha!😆😆😆

      dan moga2 smua disini masi teringet knp om antiembalgo dulu guwe kejer2 soal ini:
      sbab jaman ituw lagi hangat2nya haha!😅😅😅

      "Nach tinggi mana UU pertahanan sm Permenhan! Coba difikirkan bae2 buat si om dan formiler bahkan media tipi, cetak maopun rediyo.
      Om antiembalgo harus jawab ini segra, kalo engga guwe bakal tatar si om sampe kemanapun jg.
      Karena bahaya ini kalo si om kemana2 nge hoaks tapi sumbernya salah ato dungdung! Maka dari itu bisa dianggap subversif dan kata bang aji, sungguh TERLALUH!!!" haha!😆😆😆

      Hapus
    4. en klo om silen gak ngerti persoalan di jaman ituw, yaaa...ntar ribet jugak lanjutiinnya haha!😉😉😉

      hadeuuu klo bandingin ya jgn mobilnya lah..ti-en-ai jugak punya banyak mobil bagus tp mahal mrk adanya ranpur cem komodo ato anoa, masa diparkir di koramil, sejutaan dolar nich sebijik. lbh mehong dari lambo-nye bang hotman paris tuch haha!😊😊😊

      canda om,
      skedar inpo koramil jaman now uda dapet cakepan haha!😇😇😇

      toyota hilux
      https://sumbarpost.com/dandim-0312-padang-serahkan-2-unit-kendaraan-dinas-single-cabin-kepada-danramil/

      strada
      https://tniad.mil.id/2016/04/koramil-sapuran-dapat-strada/
      http://kabarhandayani.com/mobil-baru-kodim-siap-dioperasikan/

      isuzu oz
      http://korem143.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id/dandim-1413buton-serahkan-mobil-dinas-jenis-isuzu-oz-dan-alsintan-secara-simbolis-kepada-danramil/

      grand max
      https://daerah.sindonews.com/read/940096/151/enam-koramil-terima-kendaraan-operasional-1419129936

      isuzu panther
      http://www.suarasurabaya.net/print_news/Kelana%20Kota/2012/110553-Walikota-Surabaya-Sumbang-Mobil-Patroli-ke-21-Koramil-

      Hapus
    5. jadi sekali lagi isu yg om silen lontarkan ituw dgn otomatis terbantahkan haha!😛😛😛

      sbnernya masi byk alutsista milik polri yg guwe liat sendiri dlm pengamanan konser live band, mereknya & bentuknya aneh2.

      ato om silen nonton sendiri di yutub, dulu link2nya perna guwe kasi kesini haha!😜😜😜

      nich
      tambora
      https://www.youtube.com/watch?v=Rn_a9g4QcPo

      kapal polairud 80 meter
      https://www.youtube.com/watch?v=ZDiYvBfqrRQ

      heli & pesawat pon punyak banyak klo gak salah lg pesen c-295 tuch haha!👮‍♂️👮‍♂️👮‍♂️

      Hapus
    6. Memang kalo anggran yg ngatur yg pusat,.. Mkanya itu dengan anggran sgtu polri bisa belanja apa aja mbil patroli senjta baru trus,... Tp tni untuk blanja alutsista sudah mnyedot banyak anggran,.. Kayak d 86 itu coba masak cuma patroli sama lawan maling aja tentengannya steyr kalo d bawa brimob mungkin pantes lah di papua,... Hrusny memajukan ss2 pindad,.. Ss2 gag kalah bagus sama steyr sya sebulan ini latihan pakek ss2 v4 sma v5 cukup bagus,... Kalau cuma lawan pengedar narkoba sma maling lbih dari cukup

      Hapus
    7. Kalau negara kita jangan di samakan dengan malaysia om palu bkan levelnya,.. Qt d pringkat 20 bsar dunia,... Qt pantasnya menyamakan dengan australia.. Tp gag tau juga kalau anggran polri itu di samarkan biar gag kliatan terlalu mncolok,... Kyak bumn tiba" beli a400 dengan dalih logistik dll,.. Saya cuma sharing aja

      Hapus
    8. Itu sepertinya menjawab mas kenapa anggaran defense Indonesia tidak memasukkan unsur police defense di total defense budget tdk spt sing dan malaysia... malaysia bahkan budget defense keseluruhannya masih kalah dari dari budget police kita yg tidak dianggap sbg budget defence. Di negara grade A yg kaya raya pembelian mobil polisi, kapal coastguard, bomba dll dimasukkan sbg bagian dari budget defense, sementara di sini itu semua tidak dimasukkan budget defense tetapi "disamarkan" di tempat lainnya.

      Itu semua strategi kalau menurut saya.. inget kan case police beli ATGM yg heboh 2 thn lalu ? Feeling sy sih ini bagian dari menyamarkan mode tsb.. beli atgm via budget police tapi usernya mungkin dari tni..? (Cuma pikiran saya saja ya ini)..😊

      Hapus
    9. Polri budget nya jgn terlalu di gedein..cukup di 75 T aja lah..selebihnya kasih TNI...karena makin banyak alut yg masuk & modern tentunya biaya maintanance semakin besar...jangan sampai banyak alut tapi gak bisa di pelihara...budget 125an T kalau di bagi 4..rasanya masih kecil..berbanding dengan yg 75 T nya polri..tapi bagaimanapun harus bersyukur juga anggarannya naik jadi 126.9 T...mari kita shoping..ping.

      Hapus
    10. Gak bisa dibandingkan anggaran Polri dan TNI. Yg satu fokus keamanan dalam negeri yg satu lg pertahanan negara.

      Dana polri memenag besar namun utk operasional. Biaya utk patroli saja sdh besar yg terdiri dari bbm dan insentif petugas.

      Hapus
    11. hmmn guwe rasa porsinya "Chukup" adil memasyukan gred a, selain singapo n amrik ditulisan guwe haha!😂😂😂

      kesian kan, KL ituw kaya raya loh, klo guwe gak cantumkan. apa kata duniya haha!😝😝😝

      Hapus
    12. brimob jg pake ss2, baca lg biar seneng yach om haha!😉😉😉

      SS2-V5A1, Senjata Pindad Kebanggaan Indonesia di Kancah Internasional

      "Brigadir Saihun, anggota Brimob yang tergabung dalam FPU VIII mengaku bangga bisa menjalankan misi menggunakan senjata buatan anak bangsa. Ia pun senang bisa membantu mengenalkan SS2 V5A1 ini ke dunia Internasional.

      "Disamping ringan, SS2 V5 ini praktis dan simple banget. Negara lain (yang tergabung dalam FPU) banyak menggunakan senjata buatan Amerika dan Rusia. Hanya Indonesia yang saya tahu khususnya yang di sekitaran super camp ini. Tentunya kita bangga," tuturnya saat dihubungi."

      https://www.money.id/news/ss2-v5a1-senjata-pindad-kebanggaan-indonesia-di-kancah-internasional-160428a.html

      Hapus
    13. baca lagi biar seneng om haha!😇😇😇

      Ini Spesifikasi Pistol MAG 4 yang Dipesan Polri dari Pindad

      https://news.detik.com/berita/d-3657314/ini-spesifikasi-pistol-mag-4-yang-dipesan-polri-dari-pindad

      Hapus
    14. berita mirip tp okeii haha!😛😛😛

      Ini Spesifikasi 5.000 Senjata Jenis MAG 4 yang Dipesan Polri dari Pindad
      Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut bahwa polisi di lapangan rentan diserang oleh kelompok teroris.



      Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ini Spesifikasi 5.000 Senjata Jenis MAG 4 yang Dipesan Polri dari Pindad, http://www.tribunnews.com/nasional/2017/09/25/ini-spesifikasi-5000-senjata-jenis-mag-4-yang-dipesan-polri-dari-pindad.

      Editor: Hasanudin Aco

      Hapus
    15. tni pon gak selamanya menggunakan senjata pindad. ada banyak jugak yg diimpor, liat aja pasukan vbss tni-al pake senjata apa? haha!🙄🙄🙄

      knp kita masi impor? om silen bisa liat khan brp banyak jumlah personil militer & polisi kita.
      si om silen tinggal cari aja brp banyak senjata pertahun yg bisa diproduksi pt.pindad, apakah sanggup memenuhi smua kebutuhan dalam negeri dgn spek yg di inginkan masing2 unit polri & 3 matra tempur?

      sperti peluru, bbrp negara pon memesan dari pindad, padahal mrk jg punyak pabrik sendiri, masalahnya adalah kapasitas & waktuw kirim gak bisa ditawar om haha!😋😋😋

      polri pon pingin borong 10rb senjata, konon hanya sanggup produsen lokal sanggup 1/2nya. kebayang kalo mao pesen ratusan ribu, kapan kira2 selesainya om? haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    16. nich britanya, bukan abal2 haha!😅😅😅

      "Polri membeli senjata itu dari Perusahaan dalam negeri BUMN, yakni PT Pindad. Tapi dari jumlah yang dibutuhkan oleh Polri, Pindad hanya memiliki sekitar 5.000 pucuk senjata api. Sedangkan kekurangannya sekitar 10 ribu, akan dibeli dari luar negeri atau impor dengan harga dan spek yang hampir sama dengan buatan Pindad."

      https://www.viva.co.id/berita/nasional/960333-polri-juga-mau-beli-15-ribu-senjata-api-dari-pindad

      Hapus
    17. piya kesekian lagi isu2 om silen terbantahken jom mnrapat ngupi2 haha!☕☕☕

      Hapus
    18. Ngga ada yang order ke Tanfoglio Komodo Armament... Padahal mereka juga bisa buat senapan serbu D5 dan D7, sniper riffle dan gatling

      Hapus
    19. Untuk kebutuhan senapan serbu TNI dan Polri bisa dari Pindad sementara Bakamla, Bea cukai dan KKP bisa ngga ke tanfoglio komodo armament Indonesia

      Hapus
  5. Tahun 2019 anggaran pertahanan Indonesia Rp107 Trilliun, khusus untuk belanja alutsista Rp77 trilliun. Tahun 2020 anggaran naik menjadi Rp126 trilliun. Ada kenaikan Rp19 trilliun rupiah.

    Berarti ada dana 77+19= Rp96 trilliun atau sekitar $6,7 billion dollar untuk shooooping.. shooooping weapon.. xixixixiixi..

    Kira2 dana $6,7 billion dollar dapat belanja apa dan berapa biji ya..??? haha.. malon jealous.. 😅😅😅😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jng ngayal ketinggian 77 T utk pengadaan alutsista. Cona baca nota APBN nya. Biar nda jd aliran sesat.

      Hapus
  6. ngk naik aja sudah bisa shooopiing2 barang premium brooo.. apalagi dinaikin lagi... malon tambah stres teriak2 dlm jamban.. bwahhahahaha..

    BalasHapus
  7. HahahahahH.. gilee.. 126T.. shock ane.. naik 20T..

    Ni pasti gara gara progam kapal selam kita tambahan 3 lg dr korea plus kapal selam dr turki U-214, penambahan sukhoi 5 unit lg jd pas 16 unit.. dan kemungkinan F16 Viper target 2 skuadron..

    Amin..

    BalasHapus
  8. Berhubung belanja alutsista ini multiyears, berandai2 boleh ya dengan uang sebanyak $6,7 billion dollar.. haha..

    - 3 skuadron viper harga $4,6 billion dollar, DP atau uang muka $1,5 billion dollar.

    - 3 Pesawat tanker harga $500 juta dollar, DP $200 juta dollar.

    - 2 Pesawat AEW&C harga $500 juta dollar, DP $200 juta dollar.

    - 2 heavy fregat harga $800 juta dollar, DP $400 juta dollar.

    - 4 poseidon harga $1 billion dollar, DP $500 juta dollar.

    -Dll.. sampai habis tuh uang.. wkwkwkwk...horaaaang kayaaaa. 😅😅😅😁😁.

    Malon bodoh dilarang jealous ye.. !! bwahahahhaa..

    BalasHapus
  9. Beda ama malingsial.. hahaha.. brp budgetnya? Ahhaha

    BalasHapus
  10. Mau aku sih naik lg biar monyet2 malon tambah kepanasaaannnn 😂

    BalasHapus
  11. Lu nggk iri lon ?

    Raksasa itu udah bergeliat lon..lu bener2 akan jadi debu klo berulah lg kek ambalat dulu.

    Petinggi militer lu gw yakin lg was2 lihat perkembangan base militer TNI di Natuna. Sangat dekat dengan ibukota negara lu.

    Lu nggk aka bisa lagi imbangi anggaran militer raksasa yg sedang bergeliat ini..

    Jalan satu2nya tetap menghamba ke FPDA,

    BalasHapus
  12. Trus anggaran polri buat apa 90 t,... Alutsista aja cuma milyaran harganya,... Pantas aja senjtanya kbykan impor liat d 86 patroli aja pkek steyr,... Knpa gag pkek ss2 aja,... Harusnya anggran polri separuhnya tni soal e tni d bagi 4 dari mabes ad au al kcuali kalo polri membantu tni dengan mndatangkan pswat" militer dengan dalih untuk semi militer seperti yang d rencakan bbrpa bumn yg membeli a400

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya senjata impor sudah battle proven saat mengahdapi kadal gurun broo.. Disini kan banyak tuh kadal gurun.. 😁😁😄

      Hapus
    2. Setuju bung S&D seharusnya 20 T dari 90 T anggaran POLRI diperuntukkan untuk anggaran TNI AL..

      Hapus
    3. Untuk Polri mungkin sudah cukup segitu dan gak akan ada pemingkatan tajam untuk budget di tahun mendatang, lagian tugas untuk menjaga keamanan dalam negeri juga tidak kalah penting, jadi paling tidak kita tau polisi sudah mendapat pendanaan cukup.

      Tapi kota tau pasti bahwa anggaran pertahanan akan terus meningkat lebih pesat lagi, melihat eskalasi tensi di kawasan dan laju pertumbuhan ekonomi yang juga membarengi program MEF 3.

      Hapus
    4. beli pesawat dan beli helikopter pak

      Hapus
  13. tengok gambar iver diatas.. seperti lihat janda muda dari belakang.. xixixixixi.. bungkuuuuuusss..!!! Malooon jealous.. malooonn jealous... 😅😅😅😅😅😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahenol 😍😍😘😘😘😘

      Hapus
    2. yooooii broo.. montoookk. 😂😂

      Hapus
    3. Beda banget sama kapal karatan malon yamg nggak selesai2 😁

      Hapus
    4. huuussstt jngan bahas yg itu broo.. kapal balon koneng malon dihuni raja jin dan setan.. walaupun blm berani melompat ke air.. tuh kapal masih mengeluarkan hawa mistis. bwahahahhahahahaa.. #Barang antik.. 😂😂😂😅😅😁😁

      Hapus
    5. Awas beruk malon kepanasan bro 😁

      Hapus
  14. Apakah pagu anggaran 2020 ini termaksud anggaran kopasus????
    Pagu anggaran 2019 yg disetujui dan ditetapkan pemerintah sebesar 107,16 triliun belum termaksud anggaran kopasus

    https://m.antaranews.com/berita/745374/kemhan-pagu-anggaran-kemhantni-belum-termasuk-koopsus

    BalasHapus
  15. ...ech saudara2...sudah punya passport Republik Kertanegara, belum ???
















    ... Xixixixixixixi :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn bawa bawa politik disini bro..

      Kita cukup bully malingsial aja..

      Tolong paham..

      Hapus
    2. Nggakpapa ding....emang kalo kemarin2 gimana ya toh 😂😂😂

      Asal gak.kelewatan aja 🤗

      Hapus
    3. lah, ketanegara watake koyo sesembahane Indonesia bisa loh mas.

      nek serat pararaton dituliskan kalau kertanegara memiliki sifat ahangkara.

      yaiku sifat yang merasa diri kita sudah hebat dari yang lain.

      😨

      contohnya, penghuni negara semenanjung

      Hapus
    4. Emang BANGSAT ni yang bawa bawa politik disini, ngentot anja lah lo di partai lo sana. anjing

      Hapus
    5. Cemen lo @aku...giliran kalah aja langsung gak boleh bawa 2 politik 😪

      Dasar tai anjing 😷😷😷

      Hapus
  16. Poor Malon low IQ must be jealous and crying like sissy read this news 😁

    BalasHapus
  17. Anggaran malon hanya cukup untuk beli baloon pertahanan udara 😁

    BalasHapus
  18. Jika ingin menjadi macan asia anggaran pertahanan indonesia harus setara dengan india dan china... US$ 66M adalah anggaran paling realistis untuk mempertahankan NKRI https://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2019/04/belanja-2.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada proses bro, anggaran ini pun patut kita syukurin sebab anggaran militer tetep terus naik meski pemerintah masih memproritaskan pembangunan disektor infrastruktur dan SDM,,,untuk menjadi negara kuat dalam hal ekonomi dan militer harus menggunakan cara/strategi yg tepat dan butuh step by step, menjadi negara kuat secara ekonomi dan militer bukan semudah membalikkan telapak tangan.

      Hapus
    2. Paling all-rounded adalah USD 20 billion (billion (milyar), bukan million (juta) om), karena itu sudah 2% dari GDP, standart persentase dunia walau untuk sekelas Indonesia di ASEAN overkill. Persentase segitu tidak akan mengganggu laju perekonomian karena masih batas median.

      Hapus
    3. Optimis sah2 aja dan itu emang harus tp ada baiknya kita jg harus liat sektor lainnya yaitu pondasi EKONOMI yg kuat, inilah kunci china hingga bisa seperti sekarang ini,,yg penting pemerintah tetep perduli dengan anggaran militer dan aku sangat2 yakin bila persentase kenaikan anggaran militer terus seperti ini target mef keseluruhan tercapai kok sampai tahun anggaran 2024 😊

      Hapus
    4. Untuk kebut pondasi ekonomi kita cukup dulu tuntaskan target mef kita dahulu itu sudah bagus, setelah target mef selesai otomatis pondasi ekonomi kita mungkin sudah bagus' barulah kita susun rencana baru yg lebih greget untuk militer kita 😊

      Hapus
    5. Step by step mas bro... itulah mengapa di adakan namanya MEF...

      Hapus
  19. ini baru awal2 bulan 2019...tapi sudah dipublikasikan anggran tahun 2020.. Bahkan menjadi prioritas utama. xixixixiixii.. psy war tuuhh.. 😅😅😅

    Membungkam mulut orang yg kemarin meremehkan TNI.. plus membuat malon jadi stres melihat horaaaang kayaaaa shopiiiing.... bwahahahhahaa..

    BalasHapus
  20. Optimis nomor 1...anggaran pertahanan RI 30% dari GDP... BUNG KARNO akan tersenyum disana... Dan generasi penerus setelah kita akan merasa bangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooke aku dukung, mantep.

      udah jadi pembantu stalin berapa taon bang ?
      kok ngebet banget 30% gdp 😂

      Hapus
    2. Hasil sekolah dari korea utara ya?

      Hapus
    3. 30% GDP dolo ama 0.8 GDP skrg gdean mana angkanya om haha!😎😎😎

      Hapus
  21. sedangkan anggaran askar pondan bersarong malon digabung dengan polis cuma $4,5 billion dollar.. nak gelak aku... kahkahkahkahkah.. Kesiaan aku tengok malon miskin.. 😂😂😁😁

    BalasHapus
  22. Ingat target pespur MEF III berjumlah 180 unit (kawal dan tagih janji!!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitung aja sendiri bila persentasenya kenaikan seperti ini' dapat gk target pespur sampai tahun anggaran 2024,,,,bro tukang hitung hari ini ane butuh ente soalnya hitung menghitung emang bukan bidang ane, bila persentase kenaikan anggaran militer seperti ini dapatkah target mef sampai tahun anggaran 2024????? 😊

      Hapus
    2. Gak bisa 180 pesawat tempur sampai tahun 2024...kecuali anggarannya di kisaran 180 T / tahun.

      Hapus
  23. Anggaran ciput membuat aset2 malon banyak yg ompong dan bengap dihanggar.. bwahhahahahaa... kesiiiiaann.. jom kita dermakan sedikit rejeki ke Malon .!! 😂😂😅😅

    BalasHapus
  24. Para beruk pasti gak ada yang brani nongol di sini

    BalasHapus
  25. Berhubung Indonesia anggota tidak tetap dewan keamanan PBB.. apa perlu nih Indonesia mengusulkan supaya ada iuran dari seluruh anggota PBB, termasuk negara2 Afrika dan grupnya Vanuatu untuk menolong askar pondan bersarong supaya mampu membeli weapon..??? kahkahkahkah.. Malon miskin, bangkrup.. 😅😅😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending bantu negara Afrika kalau sdh menjadi ekonomi berkembang mereka bakalan beli kesini... Bantu malon dog hanya membantu mereka yg hatinya iri dan dengki cuma bakalan bikin penyakit di kemudian hari

      Hapus
  26. Tolong para penggemar defense studies..

    Jangan bawa bawa politik disini..

    CUKUP BULLY MALINGSIAL aja..

    Thx bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Level kita harusnya mengejar kesetaraan dengan china dan india bung... Malon bukan level kita bung... Capek saja kita mikirin malon..

      Hapus
    2. Malon miskin merasa paling kaya.. Kami cuma roasting aja ke mereka... Dan kami orang yang sangat realistis.. Anggaran pertahanan yang besar memang bagus tapi dengan tidak mengorbankan kebutuhan lainnya misal pembangunan kesehatan dan pendidikan... Maka apabila anggaran pertahanan dengan progres existing seperti ini aja sudah bagus bro... Apalagi bisa spare 2,5% - 3 % aja sudah fantastis bagi saya. Mengingat APBN setiap tahunnya juga mmengalami peningkatan, maka sejalan juga dengan peningkatan anggaran di dalamnya termasuk anggaran pertahanan... Jadi yang punya pemikiran 30% persen silakan pergi ke china dan india saja... Kayaknya sampean cocok disana bro..😂

      Hapus
  27. Beruk malon berencana beli banyak handy talkie di pameran lima tahun 2020 😁

    BalasHapus
  28. https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4530921/dapat-rp-126-t-kemenhan-raih-anggaran-terbesar-di-2020

    Dapat Rp 126 T, Kemenhan Raih Anggaran Terbesar di 2020
    Hendra Kusuma - detikFinance

    Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tercatat menjadi institusi yang anggarannya paling besar di tahun 2020. Kemenhan pun menggeser Kementerian PUPR di tahun sebelumnya menjadi yang paling tinggi alokasi anggarannya.

    Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional ( PPN/Bappenas) saat acara Rakorbangpus dan Temu Konsultasi Triwulan II Bappenas-Bappeda 2019.

    "Rakorbangpus ini menitikberatkan pada koordinasi perencanaan program untuk merealisasikan target RPJMN 2020-2024," kata Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (30/4/2019).


    Berdasarkan dokumen Bappenas, Kemenhan mendapatkan pagu anggaran di 2020 sebesar Rp 126,8 triliun sedangkan Kementerian PUPR sebesar Rp 103,8 triliun.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran belanja negara di tahun depan akan meningkat seiring dengan program prioritas pengembangan sumber daya manusia (SDM).

    "Belanja negara juga harus makin baik dan berkualitas," ujar Sri Mulyani.


    Berikut 10 kementerian/lembaga dengan anggaran terbesar di tahun 2020:

    1. Kemenhan: Rp 126,8 triliun
    Prioritas: pengadaan, pemeliharaan, perawatan alutsista. Sebelumnya Rp 107,6 triliun.

    2. KemenPUPR: Rp 103,8 triliun
    Prioritas: Pembangunan jalan mendukung konektivitas dan pengembangan kawasan. Sebelumnya Rp 107 triliun.

    3. Polri: Rp 89,7 triliun
    Prioritas: Penyelesaian tindak pidana umum, narkoba, korupsi, dan pengamanan unjuk rasa. Sebelumnya Rp 95,03 triliun.

    Nih lon bace tuh, priority untuk alutsista! Malay semakin jauh tertinggal.

    BalasHapus
  29. BREAKING NEWS.. 2 kapal diraja malon bentrok dengan 2 coast guard China 80km dari perairan serawak.. !! saluuuuutt.. 😁😁👍👍👍

    https://scontent.fsoc1-2.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/fr/cp0/e15/q65/59301550_1799295430170200_7294328806326665216_n.jpg?_nc_cat=105&efg=eyJpIjoidCJ9&_nc_ht=scontent.fsoc1-2.fna&oh=f32d5bcde9982a4f83b2e43794ac09a1&oe=5D7778FC

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. 👈👈👈 pertahanan malon cukup dengan ini, senapan untuk timpuk anjing wkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan main main ni senapang akan di exspor kat planet pluto 😁

      Hapus
    2. Kan udah di siapin kereta terbang binaan malon untuk ngojek antar galaxy

      Hapus
  32. Tanggal 4 mei 2019 jangan lupa untuk hadir ya malon2 undangannya udah ada di kedubes malon nanti ada hidangan nasi lemak, pisang, kroto, cangcilung buat malon

    "Acara peledakan 51 kapal maling Malaysia dan Vietnam"

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://suar.grid.id/read/201711558/berani-tabrak-kapal-tni-al-di-laut-natuna-menteri-susi-bakal-tenggelamkan-banyak-kapal-vietnam?page=all


      Kalo perlu KD Maharogolela di bayarin sekalian tenggelamin dari pada jadi sampah sarang nyamuk,tikus,kecoa

      Hapus
    2. jangan deh, desainnya jelek
      bagusan martadinata.
      langsing dan menggoda

      Hapus
  33. Predikisi ala pake menyan 💀🧐

    Tahun 2023 anggaran militer = 230 - 250 triliun

    Tahun 2024 untuk menuntaskan target mef maka anggaran militer = 250 - 300 triliun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuup.. sepertinya presiden sudah komit mau menyelesaikan program MEF yg tinggal 40% ini.

      Jadi sepertinya mulai 2020.. Anggaran pertahanan kita yg diprioritadkan.. Tahun 2020 anggaran 126 trilliun.. thun 2021 mungkin naik lagi menjadi 130 trilliun dan terus meningkat sampai th 2024. mantaaaaappp..!! Malon pasti jealous... bwahahahaha..

      Hapus
    2. Jd kesimpulannya bila khusus belanja alutsista dalam 5 tahun kedepan sampai angka 600 triliun otomatis target mef bisa terpenuhin,,,benar gk????

      - Untuk pengadaan pespur 120 unit yg baru dan senjatanya = 200 triliun
      - untuk kasel dan permukaan = 120 triliun
      - untuk alutsista matra darat = 100 triliun
      - sisa 180 triliun untuk arhanud dan pengadaan alutsista lainnya

      sampai tahun anggaran 2024 butuh 600 triliun untuk tuntaskan mef

      #emang_bukan_bidang_ane_hitung_menghitung 😂😊

      Hapus
    3. Persentase kenaikannya akan tetep seperti kenaikan anggaran yg ini dan ada kemungkinan persentase kenaikannya akan lebih dr yg ini untuk mengejar target mef, jd sebenernya target mef bisa aja tuntas dalam 3 tahun kedepan bila anggaran militer 2% dr GDP tp mungkin pemerintah berfikir alangkah baiknya duitnya dipakai dahulu tuk perkuat pondasi ekonomi dan SDM, toh nya target mef terakhir itu tetep tahun anggaran 2024

      #bijak_pangkal_maju 😊

      Hapus
  34. jangan terlalu percaya berita pencitraan namanya pencitraan dari duluu paling rajin kreatif bikin berita palsu ga tahu malu pakek segala cara ingin berkuasa terus .

    BalasHapus
    Balasan
    1. om anti embalgo sambut kata2 kenangan lg yak

      Jom salam shopping soping kita okeh oceh 👌👌👌

      Hapus
    2. @ketua suku udah menang berapa persen bang wowo??

      Hapus
    3. dasar cebong dungu bloon plagak plogok yolong kertas suara broo 😁

      Hapus
    4. Buktinya mana, kok gk dilapor ke bawaslu atau polisi????
      penipu teriak penipu dan maling teriak maling emang sudah kelakuan wowo, emang susah nerima kekalahan beruntun apalagi harta udah terkuras,,,titip salam ame wowo ye, hati2 stroke 😂

      Hapus
    5. apa kata cebong curang cureng dasar muka cureng ga tahu malu yolong boloon lagi broo.

      Hapus
    6. Salam sujud sukur jilid dua
      Hahahahhaa....
      #melawanlupa

      Hapus
    7. "Lha katanya udah menang, sampai ngapain upacara segala 👇🏻👇🏻👇🏻....kok masih tereak-tereak kecurangan to pak ketua 🤔🤔🤔"

      https://youtu.be/CArnTfHSbjw

      Hapus
    8. Ketua Suku rajin homosex dengan teman gay nya hairus baukaki n istrinya si bidababi banci kaleng.

      Hapus
    9. M erakyat
      E reksi
      K onsisten
      I ntergritas

      Hapus
    10. J ujur
      E fisien
      M ERAKYAT
      B aik
      O vulasi
      T erpercaya

      Hapus
    11. cebong ingin berkuasa kembali pakek segala cara dari yolong kertas suara sampai gemis gemis gajak ke temu hehe ...cebong jangan pernah bermimpi dua priode resikonya bisa gosong gosong broo hehe

      Hapus
    12. saya mendukung capres nomor urut 10 . dildo
      dan mendukung koalisi indonesia tronjal tronjol maha asyik di sikngkat kontol mas

      Hapus
    13. Tunggu aja hasil kpu...kalau gak terima ya ke MK...masih gak terima juga mau bikin rusuh..Paling tinggal di gebuk sama benteng negara.

      Hapus
    14. Antek UMNO sedang berkoar koar, disini bukan malasial yg dimana hampir semua rakyatnya mudah termakan propaganda

      Hapus
  35. mari masyuukkk

    Jom salam shopping soping kita okeh oceh 👌👌👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👌👌👌shoping lagi dan lagi om @pal.....

      Hapus
    2. Siapa yaa...yang dulu sempat kesemsem sama sh-60 seahawk, kayaknya S-70 bisa aja di ambil buat TNI-AL dan TNI-AD

      Hapus
    3. nyoiihh yang laen ktinggalan..eh yg ituw doank sich, tim elit 3 matra mach gaspuoolll haha!😅😅😅

      Hapus
    4. uhukk uhuukk, awewe thobattt om aweweee,
      pas buat iver haha!😜😜😜

      Hapus
    5. Awewe kasian nganggur di hanggar...ya di operasionalkan lah biar bermanfaat..apalagi di tambahin biar ada temannya..ya nggak om pal..

      Hapus
    6. lha brita trakhir kan mo nambah tuch 2 bijik heli VIP om tupz, sesuai dgn rikuesnya babehnya om smiling dolo, apalagi menhan bumi datar beghh sedaapp haha!😝😝😝

      Hapus
  36. permisi bos
    kami dari bo dewalotto ingin mengajak anda bermain bersama kami
    terdapat 8 pasaran togel dan berbagai macam permainan ya bos
    untuk deposit dan withdraw hanya sebesar 20rb saja ya
    dengan respon cepat dari cs yang berpengalaman
    silahkan daftar kan diri anda segera di
    www.dewalotto.me

    BalasHapus
  37. Kira2, cukup ga tu duit buat beli, sarmat2 ,3 biji. Minuteman3, 2biji sama DF 5C,2 biji. Di jejerin depan blakang, kanan kiri halaman NKRI. Coba bung TN tolong ambil kalkulator

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beli legal ngga bisa kecuali beli dari korea utara atau iran itupun juga secara ilegal, karena dikenakan MTCR.
      Untuk ballistic missile lebih baik buat sendiri.. Roket RX kalau bisa dibesarin juga bakalan kaya ICBM dan ilmuwan kita juga mulai riset rudal jelajah

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Setelah kritikan Prabowo, . . tampaknya pengadaan alutsista lebih diperhatikan pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhuahahaa setelah kritikan????
      Cek data, selama pemerintahan ini anggaran militer emang naik terus step by step' bukan naik pakai nafsu tp asal,,,justru pemerintahan ini gk ada terpengaruh dengan dengan ide2 konyol wowo yg ngomong gede bahwa anggaran militer harus 3% GDP,,,eh bahlul anggaran militer 126,9 triliun ini belum mencapai 1% dr GDP jd emang gk ada terpengaruh sebab acuan pemerintahan ini adalah target mef dan bukan bacot si wowo, anggaran militer untuk rampungkan target mef terlalu besar 3% dr GDP, 2% dr GDP dalam 3 tahun kedepan aja target mef sudah tuntas' jd mending duitnya dipakai dulu buat pembangunan infrastuktur dan SDM sebab target mef terakhir itu sampai tahun anggaran 2024, ini yg namanya bijak dan tepat.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Prabowo itu siapa sih om....@sam.ahmad 🤔

      Hapus
    5. "Ooooow....pak anu yg ini ya maksute @om sam 😂😂👇🏻"

      https://youtu.be/qpTIPs3DfyQ

      Hapus
    6. maren wkt borong2 alutsista cem kapal selam, tank, panser kok om sam mamad gak oke gak hadir sich, pdhl om smiling uda siapin tari perut haha!😜😜😜

      klo guwe sich pasti nyiapin ini 🔨 haha!😎😎😎

      Hapus
  41. Welcome Iver Class & U 214 Class

    BalasHapus
    Balasan
    1. U-214 downgrade dari U-212, tapi German/Turki tau seleranya Indonesia.... Special, U-216 kasel yg ditawarkan German ke Australia dan A-26 swedia juga tawaran yang menggoda

      Hapus
    2. Iver bukan WELCOME broo...🤣

      Hapus
  42. Balasan
    1. Spesifikasi U-216 memang mantab, kalau TNI-AL ambil ini kita user pertama. KSS III 3000 ton sementara U-216 4000 ton sama-sama memiliki kemampuan vls

      Hapus
  43. 2019 107 triliun
    2020 126 triliun

    126/107 = 1,17757

    Perkiraan 2021
    126 x 1,17757 = 148 triliun
    Perkiraan 2022
    148 x 1,17757 = 174 triliun
    Perkiraan 2023
    174 x 1,17757 = 204 triliun

    107 + 126 + 148 + 174 + 204 = 759

    Belanja 2024 bukan untuk MEF lagi.

    759 triliun / 5 tahun = 151,8

    Rata-rata 151,8 triliun per tahun.

    Buat gaji, laukpauk, kesejahteraan, operasional, latihan, pendidikan, upgrade pasukan (misal dari infantri reguler ke infantri raider) dll sekitar 60%.

    Buat harwat sekitar 20%

    100 - (60+20) = 100 - 80 = 20

    Jadi buat beli alutsista tinggal 20% atau 0,2 bagian saja.

    151,8 x 0,2 = 30,36 triliun

    Jadi prediksi saya, untuk 5 tahun (2019-2023), belanja untuk alutsista adalah 30,36 triliun per tahun.

    Perkiraan kurs 15 ribu per usd.

    30,36 triliun = 30.360.000.000.000

    30.360.000.000.000 / 15.000 =
    Usd 2.024.000.000 = usd 2 billion

    Usd 2 billion per tahun x 5 tahun = usd 10 billion untuk belanja alutsista dari 2019-2023.

    Usd 10 billion :
    Buat AD usd 3 billion
    Buat AU usd 3,5 billion
    Buat AL usd 3,5 billion

    Makanya jika AURI hanya dapat usd 3,5 billion untuk beli alutsista, jika untuk mengejar 180 pesawat tempur, saya lebih cenderung kita beli F16 bekas saja, lalu dipakai program SLEP untuk memperpanjang usia rangka dan body, pakai mesin baru, avionik diupgrade, radar juga diganti SABR, dilengkapi sniper pod, jammer dan CFT.

    Udah itu sisanya bisa untuk beli rudal AMRAAM.

    Semoga aja dapat lebih dari usd 10 billion untuk belanja alutsista.

    Makanya kita perlu agar POLRI kita anggarannya jadi sekitar 90an triliun.

    Sebab Polri bisa beli helikopter, pesawat angkut dan kapal patroli serta kendaraan lapis baja.

    Jadi dengan demikian kita bisa menambah armada helikopter, pesawat angkut dan kapal patroli.

    Bakamla juga hendaknya anggaran diperbesar.

    Sebab prinsip kita adalah pertahanan rakyat semesta, jadi yang beli platform pun juga gotong royong rame2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang bukan jamannya beli bekas, kan bisa diakali dg imbal dagang jadi nggak harus uang tunai

      Hapus
    2. Masih doyan dengan F16 bekas bung TN ?
      apa tidak ada alternatif lain?

      Walaupun saya suka dengan konsep hitungan anda yang bagi saya cukup masuk akal,
      tapi kalau ujung2nya menyatakan beli bekas dan bekas lagi agak alergi juga.
      Eman2 dana yg sudah cukup besar hanya utk beli bekasan walau sdh diupgrade

      Hapus
    3. Bekasan, bekasan.....sribu tiga, ngabisin, ngabisin 😂😂😂

      Hapus
    4. Imbal dagang pun harus ada dana tunai untuk beli barang ke petani atau ke pabrik barang olahan yang mau dijual ke negara produsen.

      Hapus
    5. Essen,

      Walau bekas tapi dengan adanya program SLEP masih bisa dipakai terbang sampai tahun 2048 lho (dengan catatan jam terbang per tahun adalah 200 jam terbang).

      Jangan gengsi sama barang bekas, kalo cocok dan awet dipakai kenapa tidak ?

      Kalo nggak percaya coba tanya ke mas Smili tuh, yang bekas itu masih enak dipakai nggak ?

      Hapus
    6. Alternatif lain, dengan mengejar angka 180 pesawat itu, kita beli FA50 yang banyak.

      Hayo pilih mana FA50 baru dan banyak, atau pilih F16 second SLEP dan upgrade dan bisa dipakai sampai tahun 2048 ? Costnya sama lho.

      Hapus
    7. Kalau C-17 boleh lah ambil dari gurun karena sdh ngga diproduksi dan ekor putih sdh habis juga.. Cmiiw

      Hapus
    8. katakan tidak pada barang bekas titik tidak pakai koma.. 😥😥..

      Hapus
    9. Jiaaah....
      Jangan samain janda kembang dengan elang botak bekas.
      Keenakan elang botaknya

      Wkwkwkwk

      Hapus
    10. Jiaaah....
      Jangan samain janda kembang dengan elang botak bekas.
      Keenakan elang botaknya

      Wkwkwkwk

      Hapus
    11. Bekas = Rondo = paporitnya kemukus komplek😆😆🙊🙊

      Hapus
    12. Kulakane miring, dipoles sithik iso kinclong meneh....👌👍

      Hapus
    13. "Buat master ngitung-penyuka bekasan, ane punya quote hari ini : Percuma, sunat sakit tapi gak dapat yg sempit 😣😣😣"

      https://youtu.be/eqDuT5luDz8

      Hapus
    14. Katakan tidak pada Elang Bekas dan FA-50....senengane kok sing sarwo nanggung 🙆🙆🙆

      Hapus
    15. Nambahin sedikit mr.hitung,,,mungkin tahun anggaran 2024 angka anggaran militer bisa mencapi 2% - 2,5% dr GDP untuk menutupin dan mengejar target2 mef yg tersisa jd kita gk perlu beli2 yg bekas, jd istilahnya pemerintah utang dulu ke militer untuk menggenjot pembangunan infrastruktur dan SDM, tahun anggaran 2024 segala utang2 dianggaran militer dibayar agar target2 mef terealisasi.

      Hapus
    16. Yg bekas untuk yg di darat masih OK...kalau yg udara...sepertinya harus yg baru.

      Hapus
  44. 👈JANGAN BANYAK BUAL MALON! TENGOK INI👈

    BalasHapus
  45. Gempurwaria sila ocehan dungunya...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan panggil gempurwaria bang, panggil dia si gembul waria

      Hapus
    2. Iya.. gembulwaria yg ga mengakui UNCLOS dan pendukung maling ikan..

      Tp bentar lagi bu Susi mau pesta api unggun di laut.
      Kayu bakarnya dari VCong dan Gred A...
      Makasih sdh nyediain bahan buat rumah ikan2 di laut..
      Hahahah

      Kita tunggu sj.

      Hapus
  46. Mau tahu berapa sebenarnya GDP vs Budget defense seluruh dunia ?

    https://data.worldbank.org/indicator/MS.MIL.XPND.GD.ZS?view=chart

    China -> 1.9 percent GDP
    India -> 2.5 percent GDP
    Indonesia -> 0.8 percent GDP

    Ada yg pernah ke China atau India ? Silahkan bandingkan kehidupan dan infrastruktur disana. China jauh lebih maju dan makmur daripada India. Pernah bandingkan kota di India vs Indonesia ? Silahkan google deh.. nanti akan berasa bedanya yg spent 2.5 vs 0.8 percent.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp.. anda bner mas@super. 1 hal yg membuka mata saya adalah salah satu adegan terbaik di film slumdog millionaire, ketika jamal malik kecil sedang maaf "boker' dan amita bachan datang. saya langsung tersadar.. thats real india. sy ketipu sm film2nya selama ini. wanita cantik dan babang tamvan😭😭🤧🤧👻👻

      Hapus
    2. So sad....enek videone gak mase 🤔

      Hapus
    3. Videone si eneng amita bachan lage neng kamar mandi 😋😋😋

      Hapus
    4. Anggarannyq korea utara ada ga mas Super?

      Hapus
    5. Anggaran Korut?
      Percayalah kita akan sangat bersyukur terlahir dimari..😊

      Karena di sana ndak ada Padepokan Kemukus..😂😂😂

      Hapus
    6. Mas Smili,

      Ya ampuuuuun mas Smili eling mas, eling!!!

      Amitab Bachchan itu khan laki-laki!

      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Amitabh_Bachchan


      Hapus
  47. Walaupun komen2 nya dah ramai diatas,,, cukup Alhamdulillah, semua yg masuk list belanja siap dibeli buat menjaga NKRI.

    BalasHapus
  48. Anggaran koopsus itu masih menunggu persetujuan presiden, terkait tupoksinya. Kalo nambah kegiatan dan organisasi tentulah nambah biaya lg. Itu sdh biasa. Tp koopsus itu hanya menyangkut operasional divisi beserta peralatan penunjangnya.
    Gak perlu dihebohkan pak lek tungkir....hehehe

    BalasHapus
  49. Hahaha malonsial pada tiarap, vietkingkong pada tenggelam 😀

    BalasHapus
  50. Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
    ingin uang tambahan dengan mengeluarkan modal kecil?
    join dengan kami situs terpercaya dan teraman

    Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    hanya duduk di rumah bisa
    menangkan uang jutaan rupiah
    5 Pasaran Togel Di Sediakan : Sydney ~ Japan4D ~ Singapore ~ China4D ~ Hongkong
    Jangan Pusing Lagi Boss.

    Bermain lah Dengan Santai Dan Pasang Taruhan Anda Bersama Kami
    cs online 1x24 jam
    WA : [+855]964630067
    hanya di WWWoAREATOTOoPRO

    BalasHapus
  51. Sekarang bisa mainkan Poker Online di hp kamu
    dengan minimal deposit hanya 10rb dan proses cepat paling lama 3 menit.
    bonus cashback setiap hari jumat
    tunggu apa lagi join sekarang juga di Anapoker

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  52. Semua terima kasih kepada nyonya karina roland untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama perusahaan pinjaman Abigail Mills. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya karina roland mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah online saya sangat senang semua berkat mrs karina roland saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapapun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (312) 8721-592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  53. Halo,
    kami memberikan segala jenis pinjaman seperti pinjaman siswa, pinjaman pinjaman, kredit macet, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, dan lainnya. Apakah Anda mencari pinjaman yang mudah dan cepat atau Anda pernah ditipu sebelumnya? jika ya Anda sekarang berada di tempat yang tepat di mana Anda dapat menerima kembali permintaan pinjaman Anda dengan sukses tanpa penundaan lebih lanjut, kami dipercaya dan dapat diandalkan untuk pelanggan kami.

    Catatan: Semua pemohon pinjaman baru sebaiknya menghubungi melalui alamat email untuk rincian lebih lanjut: zenithparkloanfunds@outlook.com

    Motto: Kepercayaan dan kebahagiaan Anda adalah keunggulan kami.

    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  54. Halo,
    kami memberikan segala jenis pinjaman seperti pinjaman siswa, pinjaman pinjaman, kredit macet, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, dan lainnya. Apakah Anda mencari pinjaman yang mudah dan cepat atau Anda pernah ditipu sebelumnya? jika ya Anda sekarang berada di tempat yang tepat di mana Anda dapat menerima kembali permintaan pinjaman Anda dengan sukses tanpa penundaan lebih lanjut, kami dipercaya dan dapat diandalkan untuk pelanggan kami.

    Catatan: Semua pemohon pinjaman baru sebaiknya menghubungi melalui alamat email untuk rincian lebih lanjut: zenithparkloanfunds@outlook.com

    Motto: Kepercayaan dan kebahagiaan Anda adalah keunggulan kami.

    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  55. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000,

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasihat kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  56. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.
    Pinjaman bayaran.
    Pinjaman syariah.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.
    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND

    Kebutuhan keuangan Anda Hubungi kami melalui Email:
    Email: karinaloancompany@gmail.com atau WhatsApp saja +1 (585) 708-3478 ...

    BalasHapus
  57. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.
    Pinjaman bayaran.
    Pinjaman Islaicm.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

     PERUSAHAAN PINJAMAN

    Kebutuhan keuangan Anda Hubungi kami melalui Email:
    Email: karinaloancompany@gmail.com atau WhatsApp saja +1 (585) 708-3478 ...

    BalasHapus
  58. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya Whatsapp +15857083478 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  59. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  60. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus