26 Agustus 2014

Uji Coba Statis Roket R-Han 450mm dan Uji Dinamis Roket R-Han 320mm

26 Agustus 2014

Roket Pertahanan RHan 450 mm (photo : Kemhan)

Balitbang – Garut, Balitbang Kemhan dan Konsorsium Roket Nasional melaksanakan uji coba statis roket R-Han 450mm dan uji dinamis roket R-Han 320mm yang dilaksanakan di Lapangan Sonda Lapan Pameungpeuk Garut Jawa Barat pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2014, dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan dan Tim Konsorsium.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program kegiatan Pembuatan Prototipe Roket Jarak 100 km Ground to Ground (tahap awal) yang dilaksanakan pada T.A. 2013 yang  pada saat itu sampai pada tahap uji statis roket R-Han 320 mm sebanyak 2 unit dan uji statis roket R-Han 450 mm 1(satu) unit.


Roket Pertahanan RHan 320 mm (photo : Kemhan)

Dalam kegiatan ini salah satu implementasi pemanfaatan teknologi khususnya dikaitkan dengan bentuk-bentuk ancaman adalah dikembangkannya roket pertahanan R-Han 320 mm dan R-Han 450 mm. Berdasarkan evaluasi strategis terhadap letak geografis negara Republik Indonesia dan perkembangan situasi serta ancaman yang masih dihadapi, maka peroketan dalam bentuk sistem senjata adalah suatu keharusan dan perlu segera dikembangkan untuk pengembangan dan modernisasi TNI  dalam menjawab tantangan-tantangan perang  serta upaya membuat Indonesia tidak bergantung pada produk luar negeri, khususnya di bidang pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista).  

Penekanan tombol pada saat peluncuran roket R-Han dilakukan oleh Kabalitbang Kemhan Prof. Dr. Ir. Eddy S. Siradj M.Sc. Kegiatan uji coba yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan hasil sesuai harapan.  

Diharapkan kegiatan pembuatan Prototipe Roket Jarak 100 km Ground to Ground (tahap awal) dapat terus berlanjut (multiyears) sehingga akan didapatkan prototipe roket yang handal serta tercapainya kemandirian alutsista, khususnya  teknologi keroketan. 

(Balitbang Kemhan)

2 komentar:

  1. Maju terus uji roket R HAN 450, agar anak2 bangsa Indonesia dan bukan anak2 bangsa sbg anak pupuk bawang. Maju terus anak2 bangsa,......................... kemajuan negara ada di penguasaan teknologi peroketan................

    BalasHapus