01 Maret 2021

Pindad Presentasi Senjata CAR 816 ke Pussenif

01 Maret 2021

Varian senapan Caracal CAR 816 (photo : Pussenif)

Wadanpussenif Menerima Presentasi Senjata CAR 816 dari Pindad

Bandung. Wadanpussenif Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si.,membuka acara presentasi senjata CAR 816 dari PT. Pindad (Persero), bertempat di ruang Ahmad Yani Mapussenif, jalan Supratman No. 60 Bandung Jawa Barat, Rabu (24/02/2021).
 
Dalam sambutannya mengatakan “pelaksanaan kegiatan presentasi selain menambah ilmu pengetahuan juga merupakan salah satu upaya dalam rangka menentukan pemilihan alutsista yang tepat untuk melengkapi materiil satuan infanteri guna menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks” jelasnya.

Caracal CAR 816 (photo : firearmblog)
 
Lebih lanjut disampaikan “Pussenif Kodiklatad selaku Lapangan kekuasaan Teknis (LKT) Infanteri senantiasa berupaya mengikuti perkembangan teknologi kemiliteran dihadapkan pada doktrin dan taktik bertempur infanteri dimasa kini dan masa yang akan datang.” sambutan Wadanpussenif
 
Acara tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan. Tampak hadir presentasi ini Irpussenif, Danpusdikif, para Direktur dan para Pamen ahli Pussenif serta Direktur dan staf PT. Pindad.

249 komentar:

  1. Balasan
    1. Senjata Vita Halili senyap tak da kabar pak cik

      Hapus
  2. Contract amendment for Indonesian Iver Huitfeldt class frigate expected will be sign soon. It will involve Western and Indonesian firms. Indonesian SOE will be the main contractor, while a local private shipyard will have a role in the program. Western firms has strategic role.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehem... pasti MALON akan tambah iri

      Hapus
    2. iver bakalan FFBNW gak ya? atau langsung pake aster 30? 😂

      Hapus
    3. @nusantara https://twitter.com/AHelvas/status/1366113189851758598?s=19

      @Skyline MICA + ASTER 30 mantep tuhh

      Hapus
    4. MICA NG + Aster 30, behhh jangankan exo block 3 nya lekiu class, dongfeng pun bisa di tangkis 😂👍🏼

      Hapus
    5. eh exo block 2 deng, mana punya mereka block 3 😂

      Hapus
    6. Gue berharap kabar lanjutan dari pengadaan 16 unit Frigate dari hasil Rapim TNI & Kemenhan

      Hapus
    7. ntah kenapa soal frigate gua kurang yakin, satu skadron frigate bayangin, tapi target menhan kan 80% dari rapim, ya mungkin dikurangi sekitar 6 atau 7 mungkin

      Hapus
    8. @Skyline

      Masuk akal juga yg lue bikang dengan taget 80% cukup untuk 6-7 Frigate baru full weapons

      Hapus
    9. @Yondu

      SOE itu artinya BUMN pastinya PT. PAL

      Local private shipyard bisa aja PT. DRU, PT. Bandar Abadi Shipyard

      Hapus
    10. iya menurut gua juga segitu sih om, apalagi kalau yang dipilih bergamini, barang premium tuh, kalau kasel gimana menurut om? gua rasa kalau kasel cuman scorpene sih yang dipilih, tapi ada admin ig yang bilang gua lupa siapa, dia bilang u214 ada kemungkinan juga dipilih tapi jumlah nya gak 4 unit, duhh bingung wkwkwkwk

      Hapus
    11. perusahaan luarnya babcock kan? kalau ngeliat design yang kesebar beberapa hari yang lalu, bentuk nya jadi mirip daring class ya, cantik juga 😆

      Hapus
    12. @Skyline

      Babcock yg ngedesign Iver Indonesia.

      Kayaknya U214 tetep di pilih dan di beli dari Turki. Turki sudah dapat lisensi dari TKMS, sedangkan Koryo belum dapat lisensi dari TKMS untuk tipe U214 dan U209. Kenapa U214 dilanjutkan karena ngejar ilmu membuat kasel lanjutan dari U209. U214 pengembangan dari U209. Fasilitas pembuatan CBG yg ada di PT PAL jadi bisa digunakan.

      Sama seperti PT. PAL awal buat kaprang kan bertahap juga, jadi sudah dapat ilmu dari PKR lanjut ke Iver.

      Hapus
    13. tapi menurut twit om alman sih scorpene juga bakalan dibikin di sini kayak brazil dan indihe, nah loh, emang PT PAL mampu nampung kasel sebanyak itu? atau bakalan di bikin di galangan lain?

      Hapus
    14. @Skyline

      Untuk kasel mungkin di buat d PT. Palindo. Karena PT. Palindo sudah pernah bua konsep Kasel Mini, mungkin di galangannya sudah ada fasilitas untuk buat kasel.

      https://militermeter.com/tak-lama-lagi-indonesia-produksi-kapal-selam-mini-midget/

      Hapus
    15. SOE untuk iver itu PT PAl dan PT sinar kokoh persada.

      Hapus
    16. Pake logika aja, gak mungkin U-214 + scorpene semua masuk di inventori TNI AL. Pastinya salah satu

      Hapus
    17. Yang mendesain "Iver RI" tetaplah OMT, karena desain "Iver babcock" tonasenya lebih ringan dan lebih slim ketimbang desain originalnya 🤷

      Lalu fungsi babcock disini yang masih pertanyakan.....katanya si alman, PAL bertindak sbg main kontraktor yg artinya kemampuan finansialnya sudah pulih/membaik, begitu juga dg kredibilitasnya dimata vendor komponen kapal juga sudah "diputihkan" aka sudah membaik.....begitu juga kemampuan SDM dan manajerialnya.....lalu peran babcock sebagai apa 🤷

      Hapus
    18. PT SKP cuma agen penjualan disini.....bukan SOE.....dia mah dalam hal TOT ini ga ada perannya sebenarny, kecuali misale punya fungsi ganda sbg agen pencari bank garansi 🤷

      Hapus
    19. Mungkin peran babcock dalam memproduksi sebagian modul kapal, terutama modul yg berisi CMS dan permesinan.....mengingat membutuhkan fasilitas produksi yang "tertutup" dan berukuran besar 🤔

      Hapus
  3. Cakep ya senjatanya 👍

    Modelnya makin banyak nih Pindad.

    Btw setelah diselikidi (Srimulat style)

    "Southeast Asia’s largest economy owns one-quarter of the world’s reserves of nickel – a key material in the production of the batteries – and as a country controls the world’s largest reserves, ahead of Australia and Brazil.

    Indeed, the country is “a hinterland for many of the raw materials essential for the manufacturing of EV batteries”, not only for nickel, but for cobalt and copper too, according to Andrey Berdichevskiy, director at Deloitte’s Future of Mobility Solution Centre in Singapore"

    Battery Listrik itu ternyata bukan cuma perlu Nickel tapi cobalt dan copper dan semuanya ada disini, world largest reserves. 😳 Wah ini sih alamat future is bright ini, era minyak kayane sudah mau dilupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia itu raja dari geothermal, biofuel, bio mass dan bio gas. Jadi EU mau banned kita atau Tesla ngga bangun pabrik di Indonesia ngga masalah..... Indonesia ngga takut

      Hapus
    2. kalau gasalah pabrik hyundai pindah dari malay ke indonesia gak sih om? gasalah sih pernah baca beritanya

      Hapus
    3. @Skyline

      Bener banget bro. Pabrik Hyundai pindah dari Malon ke Indonesia

      https://m.antaranews.com/amp/berita/1931760/kantor-asia-pasifik-hyundai-di-malaysia-bakal-pindah-ke-indonesia

      Hapus
    4. waduh mantap bener, ribuan orang malay di PHK dong, aduh kasian mana lagi pandemi gini wkwkwkwk

      Hapus
    5. @Skyline

      Pabrik Hyundai yg pindah dari Malon ke Indonesia mau buat mobil listrik di Indonesia sedangkan Malon mana punya Nikel, Cobalt dan Nikel jadi Hyundai Biar dapat bahan baku pembuatan mobil listrik.

      https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/08/082200015/hyundai-pindahkan-kantor-pusat-regional-dari-malaysia-ke-indonesia

      https://m.bisnis.com/amp/read/20210120/275/1345330/fokus-suv-dan-mpv-hyundai-indonesia-tak-hanya-produksi-mobil-listrik

      LG Chem juga buat pabrik Baterai di Indonesia

      https://www.cnbcindonesia.com/market/20201221092508-17-210462/sah-lg-teken-mou-pabrik-baterai-ri-rp-130-t-makin-jelas

      Hapus
  4. Yang tak bisa buat senapan serbu tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. vita berlendir tuh bukan senapan serbu lagi kelas nya tapi senapan penghancur dunia kah kah kah kah

      Hapus
  5. Cakep nih, bisa dibuat mass production, modelnya mendahului jamannya 👍

    https://guns.fandom.com/wiki/Vita_Berapi_LP06?file=VB_Berapi_LP06.jpg

    Jadi inget maen ke pasar gembrong banyak ginian 🙄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak type dan bagus bagus modelnya yaa

      https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2018/06/06/848683773.jpg

      Hapus
    2. vita berlendir, vb terangsang 🤧🤢🤢🤮🤮

      Hapus
    3. Bangke komen nya netizen sono :

      "looks like the proton of the gun world"
      *
      LOL!

      https://forum.lowyat.net/topic/3200205/all

      Emang proton itu gak bagus ya ? Kok sampe dibegitukan sih.. jahap mereka ituh.. padahal ada yg bangganya setengah hidup dimarih. 😭😭😭😭

      Hapus
    4. Ternyata sadis jg 🤭🤭🤭🤭

      Hapus
    5. Pake scafolding segala, buat dudukan tele.

      Hapus
    6. Waduh, om tau pasar gembrong ya... 😁

      Hapus
  6. design m4 colt banyak yg comot ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlebih dri popornya.
      Spt kalasnikov juga comot design M4 colt

      Hapus
  7. Caracal mau dioprek sama Pindad bakal jde senapan keren ni.

    Mantab pIndad

    BalasHapus
  8. Pindad ok y....varian senjatanya jga banyak

    Vita berlendir mana suaranya

    BalasHapus
  9. Ternyata NGUTANG lagi....wkwkwkwkkwkwkw

    HUTANG malah BANGGA aneh...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hutang 87% dari GDP? kah kah kah kah

      Hapus
    2. Mengalihkan pembicaraan...yg gk bisa buat senapan mana suaranya

      Hapus
    3. Aneh tuh hutang lebih banyak malah ngurusin hidup orang yang lebih sedikit hutang y.... Idiot khan.. 😁

      Hapus
    4. Yg dibahas hutang ini formil pur klo bahas hutang kat kedailah yg catatan hutang kau pun banyak blm bayarnya🤪🥱

      Hapus
  10. Taming Sari Excocet Blok Gempurwaria 3

    BalasHapus
  11. KASIHAN gempur bahas Pati dan hutang sebab takde bahan lagi buat ngetrol wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malu lah atu senapan pindad disandingkan dengan senapan Vita berlendir Wkwk

      Hapus
  12. Ini bahas pasal senapan serbu pur bukan hutang wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  13. baca guys.... wkwkwkwkwkwkw


    Budi mengatakan, pengadaan kapal angkut tank ini didukung dari anggaran pinjaman dalam negeri pada renstra tahun 2015 - 2019 sebesar Rp 360 miliar rupiah.

    Pengadaan kapal ini juga merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan pertahanan untuk mendukung pelaksanaan operasi militer dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI. Kapal ini nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan operasi militer non-perang pada masa damai.



    link
    http://defense-studies.blogspot.com/2019/10/first-steel-cutting-lst-at-8-dan-at-9.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinjaman dlm negeri manusia keledai hahhaa

      Baca

      Hapus
    2. Kapal dah jadi lah dah cecah air

      Hapus
    3. Sdh mohon ke bank blm hari ini untuk pinjaman pur.. 😁

      Hapus
  14. wkwkwkwkkwkwkw..... Ngutang malah BANGGA ya guys....wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya Malon gak mampu bayar hutang 4500 Trilyun ke China sampe jual Asset, Jual Pulau, Sumbangan Koin Warga buat bayar Hutang.. wkwkwkwkkwkwk.. GOBLOK.. TOLOL

      Hapus
  15. masa klaim orang KAYA... tapi NGUTANG terus ya....??? wkwkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya Malon gak mampu bayar hutang 4500 Trilyun ke China sampe jual Asset, Jual Pulau, Sumbangan Koin Warga buat bayar Hutang.. wkwkwkwkkwkwk.. GOBLOK.. TOLOL

      Hapus
  16. LMs juga hutang pur wkwkw

    Topik ubah2 wkwk

    BalasHapus
  17. PINJAM dengan HUTANG bukan sama ka....??? wkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang dlm negeri..
      Drpd ATV murah sewa horang kaya

      Ngemis2 Derma US wkqkkk

      Hapus
  18. Efek kapal Maharogol tak cecah air dan pemalu gempur stress bahs topik laen wkwkw

    Mantab kan pur tanpa Salah Potong.
    Nice

    BalasHapus
  19. Sifat IRI & DENGKI Beruk selalu mengalihkan pembicaraan. Bahas Pati, Hutang, OPM, Vaksin, dll.

    Terbukti warga Beruk KL tak punya kepakaran dan Otak 1CC.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  20. wkwkwkwkwkwk.... NGUTANG lagi ya.... patutlah semua meroket ya... Pajak, Iuran, Tarif Tol, Cukai...parahhhh... wkkkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  21. Kri KLEWANG 2 dah cecah air ya...??? saja mau tanya.... wkwkwkkwwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. KRI KLEWANG 1 biarpun terbakar kan sudah CECAH AIR lebih dulu. Yg sekarang penggantinya KRI KLEWANG 2.

      Gitu saja OTAK kau tak mampu. Dasar Otak 1CC, Otak Beruk.. wkwkwkwkwk

      Hapus
  22. wkwkwkwkkwkwkw..... LCS Maharogol sudah 10 tahun belum CECAH AIR malah BANGGA ya guys....wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. Mantab Grip nya.....
    Lensa Optik nya dari mana ini Om?

    Sangat awesome.....

    Syabas...Syabas....
    Tahniah....Tahniah....

    BalasHapus
  24. wkwkwkwkwkkw.... ternyata LST veri NGUTANG....HUTANG terus ya...wkwkkwkwwkw

    BalasHapus
  25. Vita Berapi Yg Mendunia tuh apap kabar pur sini adu sama Senapan Pindad wkwk

    BalasHapus
  26. Yg pnting tak salah potong dan pinjaman dlm negeri wkwkkq

    Slam kapal LCS pemalu takut air
    Slaah Potong dan Grade Hanya Mmpu SEWA
    Seerta Ngemis2 Derma Us.

    Grade A..nol krik krik

    BalasHapus
  27. Panjang nya hampir sama yg dipakai oleh Dalmas Polri ?

    Betulkah?

    BalasHapus
  28. @Gempurwaria Beruk Homo

    KRI KLEWANG 1 biarpun terbakar kan sudah CECAH AIR lebih dulu. Yg sekarang penggantinya KRI KLEWANG 2.

    Gitu saja OTAK kau tak mampu. Dasar Otak 1CC, Otak Beruk.. wkwkwkwkwk

    LCS Maharogol diresmikan tapi tidak CECAH AIR... wkwkwkwkkwkwk.. GOBLOK, TOLOL...

    BalasHapus
  29. Go to Youtube guys....

    Compare Vita Birahi vs ini senjata...

    BalasHapus
  30. KRI KLEWANG II lagi awal dibuat ya guys....wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini soal senjata....

      Bukan kapal legendaris nak dibahas...

      Jangan Bangang lah...masih pagi pon

      Hapus
  31. sirup kemhan keluar bulan ini kan ya?

    BalasHapus
  32. Kapal LST buatan dlm negeri bangga pasti dan tak salah potong.

    Kasihan Kapal Mahadogol kapal Pemalu kapal sudah jadi tp Takut air laut.
    Bikin Dunia tertawa lawak
    Ha ha

    BalasHapus
  33. Pagi2 pon admin dah buat Koyak dan dengki para Maloners...


    Syabas...syabas...

    BalasHapus
  34. ehhhh...Kri Klewang 1 dan 2 tak sama ya... saya tanya Kri klewang 2 sudah cecah air...??? jawab guys...wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kleewang 2 belom jdi begok
      Klo jdi pasti cecah air dan gak salh potong.
      Beda kapal LCS udah siap balon kuning dah jadi Balik Ke limbungan..wkwkkwkwk
      Bodoh Bousted pur

      Hapus
  35. HUTANG......???... wkwkwkwkkwk



    Budi mengatakan, pengadaan kapal angkut tank ini didukung dari anggaran pinjaman dalam negeri pada renstra tahun 2015 - 2019 sebesar Rp 360 miliar rupiah.

    BalasHapus
  36. @Gempurwaria Beruk Homo

    Emangnya Malon gak mampu bayar hutang 4500 Trilyun ke China sampe jual Asset, Jual Pulau, Sumbangan Koin Warga buat bayar Hutang.. wkwkwkwkkwkwk.. GOBLOK.. TOLOL

    BalasHapus
  37. @Gempurwaria Beruk Homo

    Emangnya Malon gak mampu bayar hutang 4500 Trilyun ke China sampe jual Asset, Jual Pulau, Sumbangan Koin Warga buat bayar Hutang.. wkwkwkwkkwkwk.. GOBLOK.. TOLOL

    BalasHapus
  38. Awesome sekali ini senjata....

    Silau....

    BalasHapus
  39. Malon klo hutang bangkrut makanya cuma bisa sewa sewa. Sekelas ATV pun sewa wkwk

    BalasHapus
  40. wkwkwkwkwkkwkw..... ternyata guys NGUTANG lagi.... parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. miskin? little bird 6 biji ntah kapan sampai 🤣🤣

      Hapus
  41. GEMPURWIRA 1 Maret 2021 08.26

    ehhhh...Kri Klewang 1 dan 2 tak sama ya... saya tanya Kri klewang 2 sudah cecah air...??? jawab guys...wkwkwkkwkwkw

    Balas

    Balasan

    Yondu1 Maret 2021 08.28

    Kleewang 2 belom jdi begok
    Klo jdi pasti cecah air dan gak salh potong.
    Beda kapal LCS udah siap balon kuning dah jadi Balik Ke limbungan..wkwkkwkwk
    Bodoh Bousted pur

    BalasHapus
  42. Pur Mana Vita BErapi Yg Mendunia Tuh
    Sini adu sama senapan Pindad.

    BalasHapus
  43. @Gempurwaria Beruk Homo

    Malon gak mampu bayar hutang 4500 Trilyun ke China sampe jual Asset, Jual Pulau, Sumbangan Koin Warga buat bayar Hutang.. wkwkwkwkkwkwk.. MISKIN.. udah MISKIN ditambah OTAK 1CC jadi GOBLOK dan TOLOL.. Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  44. Awesome sangat ini senjata....

    Berulang kali pon tengok rasa tak percaya betapa sangat majunya Industri pertahanan Indonesia...


    Tahniah....Tahniah

    BalasHapus
  45. Tema senapan
    Yg bahas selain tema d atas berarti otak monyet
    Alias beruk malon idiot

    BalasHapus
  46. nah itu berita INDON....ya jangan pula kata saya reka reka cerita....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  47. @Gempurwaria Beruk Homo

    Malon gak mampu bayar hutang 4500 Trilyun ke China sampe jual Asset, Jual Pulau, Sumbangan Koin Warga buat bayar Hutang.. wkwkwkwkkwkwk.. MISKIN.. udah MISKIN ditambah OTAK 1CC jadi GOBLOK dan TOLOL.. Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon Sebenrnya mau hutang juga buat beli aset tp takut bangkrut

      Makanya sewa..sewa dulu.
      Lepas tuh Ngmis2 Derma US buat MPA.
      LMS aja juga hutang wkwk

      Hapus
  48. Gempur ke Panasan gara2 minum Kopi pagi2 wkwkkw.


    BalasHapus
  49. CAR 816

    Senjata yang sangat mirip seperti di Film2 Holywood....

    Syahbas.....Tahniah...

    BalasHapus
  50. Utang Utang indon Nih memang lah pelawak

    BalasHapus
  51. indon nih xtahu lah bezany Hutang n Pinjam lawak lah indon indon

    BalasHapus
  52. Kembali.....


    Sekali lagi komentar....

    Sangat awesome nya ini senjata....
    Grip..optik... Laras....

    AWESOME.....

    SYABAS...SYABAS.....

    BalasHapus
  53. gara2 ulah s gempor d ds yg bikin nyetizen malon jadi minder dan malu klo lagi debat d formil2 fb asia
    Pada
    Ngumpet k dalam jamban karena
    100% warga beruk malon emang pengecut

    BalasHapus
  54. PM Mahathir Jual Aset Properti Pemeritah untuk Bayar Utang Negara

    TEMPO.CO, Petaling Jaya – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengatakan pemerintah sedang menjajaki sejumlah cara untuk membayar utang termasuk dengan menjual aset.

    Aset ini berupa aset yang tidak strategis berbentuk properti yang terletak di dalam dan luar negeri sehingga bisa mendapatkan harga yang bagus.

    “Kita akan jual aset ini untuk nilai yang bisa diperoleh. Biasanya, nilainya tidak terlalu besar tapi akumulasinya bisa besar,” kata Mahathir seperti dilansir The Star pada Selasa, 17 September 2019.

    Mahathir enggan menceritakan detil nama properti yang akan dijual karena sedang dalam proses penentuan harga yang tepat.
    Namun, properti yang bakal dijual ini tidak termasuk di Iskandar, Johor.

    “Tidak karena properti yang berada di Johor telah dijual dan uangnya tidak dibayarkan kepada kami. Tapi dibayarkan kepada orang yang menjualnya jadi itu tidak termasuk,” kata Mahathir.

    Mahathir juga menekankan pemerintahan Pakatan Harapan berusaha mengembalikan uang yang hilang akibat skandal 1Malaysia Development Berhad atau skandal 1MDB.

    Pemerintah saat ini menanggung beban utang yang cukup besar yang ditinggalkan pemerintahan sebelumnya.

    Selain itu, Mahathir juga mengatakan Putrajaya telah menunda pembangunan jalur kereta api cepat Kuala Lumpur – Singapura. Dia juga membatalkan sejumlah proyek yang tidak perlu.

    Mahathir juga menyoroti bahwa distribusi kekayaan antara kota dan desa kurang adil. “Ada kesenjangan yang besar. Kita harus memperbaiki ini,” kata dia sambil mengatakan ada negara bagian yang kaya dan miskin.

    Link :

    https://dunia.tempo.co/amp/1248976/pm-mahathir-jual-aset-properti-pemeritah-untuk-bayar-utang-negara

    BalasHapus
  55. Indon Kat youtube Halu Keras kpn nak indon nih xhalu halu keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan nich Pisang buat lue sarapan dan pengganti Nasi Bungkus... wkwkwkwkwk

      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵

      🦍🦍🦍🦍🦍🦍🦍🦍🦍

      🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒

      Hapus
  56. Pur sudah jawab soal mu pur tapi kamu kabur ubah2 topik..no class wkwkwk

    BalasHapus
  57. Ini Rincian Alutsista yang Dibeli dari Utang



    Pemerintah dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2018 telah menyediakan porsi penarikan pinjaman atau utang, untuk pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi Kementerian Pertahanan, dan alat material khusus (alumatsus) untuk Kepolisian Republik Indonesia.

    Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, mengatakan sumber utang tersebut berasal dari luar negeri dan dalam negeri.

    "Ya kan ada yang alatnya dari luar dan dari dalam," kata Suahasil di Ruang Badan Anggaran (Banggar) DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/9/2017).

    Dalam RAPBN 2018, pinjaman luar negeri negatif Rp 18,6 triliun, artinya pemerintah lebih besar membayar pokok pinjaman dibanding menarik pinjaman baru. Tahun depan, pemerintah akan melakukan penarikan pinjaman Rp 51,5 triliun dengan pembayaran cicilan Rp 70,1 triliun.

    Penarikan pinjaman ini terdiri dari pinjaman tunai Rp 13,5 triliun, dan pinjaman proyek Rp 38,0 triliun. Pinjaman proyek ini dari pemerintah pusat Rp 27,2 triliun, diterushibahkan Rp 0,2 triliun, dan diteruspinjamkan Rp 10,6 triliun.

    Dari pinjaman luar negeri tersebut, terdapat lima kementerian/lembaga terbesar pengguna utang luar negeri dengan total alokasi lebih dari 90%, antara lain seperti Kementerian Pertahanan Rp 11,7 triliun untuk alutsista, dan Kepolisian sebesar Rp 3,3 untuk alumatsus.

    "Kalau beli dari luar kan buka L/C (letter of credit), bentuknya pinjaman. Kalau yang dari dalam, kan ada juga yang dari dalam, itu financing-nya dari bank lokal," jelas dia.

    Utang luar negeri Rp 11,7 triliun untuk alutsista ini antara lain, Kapal PKR, ASW Helikopter, Korvet, Kapal Selam, Roket, pesawat Multipurpose Amphibious, rantis khusus Armed AVRMD dan AVFCU, radar GCI, dan Kapal Mine Counter Measure.

    Sedangkan Rp 3,3 triliun untuk alumatsus yakni helikopter, labfor Mabes Polri, peralatan service, siskom di Indonesia bagian Timur yakni Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

    Sedangkan pinjaman untuk pembelian alutsista dan alumatsus yang berasal dari dalam negeri sebesar negatif Rp 3,1 triliun, karena pemerintah melakukan penarikan pinjaman Rp 4,5 triliun dan melakukan pembayaran cicilan Rp 1,4 triliun.

    Penarikan pinjaman yang totalnya Rp 4,5 triliun ini, sekitar Rp 3,5 triliun difokuskan oleh Kementerian Pertahanan untuk membiayai alutsista dan alumatsus yang diproduksi industri pertahanan dalam negeri. Sedangkan untuk Kepolisian Rp 1 triliun, pemberi pinjaman dalam negeri adalah Bank BUMN dan BUMD.



    link
    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3657453/ini-rincian-alutsista-yang-dibeli-dari-utang

    BalasHapus
  58. Malon pon Halu keras Maharogol...

    Balon kuning

    BalasHapus
  59. Hutang hutang Nyam enak sekali


    https://money.kompas.com/read/2021/02/26/190815326/utang-pemerintah-ri-kini-tembus-rp-6233-triliun?page=all

    BalasHapus
  60. Siap2 s sabet selang klo lu kgk ngumpet ruw
    Dah ngidam temenin bosmu d sel

    BalasHapus
  61. ehhhh... kalau dibaca komen teratas ada sebut pasal Vita berapi, Heli Sewa.... ya masa geng INDON boleh ubah topik geng MALAYSIA tak boleh....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vita berlendir itu bukan jenis senapan por?

      Tolol
      Baca tema dulu biar faham

      Hapus
    2. Suka2 sini lah... Knp lw yg repot,,, 😁

      Hapus
  62. Alutsista yang akan didanai dari pinjaman luar negeri sebesar Rp 11,7 triliun, antara lain untuk pengadaan kapal perang Perusak Kawal Rudal (PKR) dan helikopter ASW (Anti Submarine Warfare).

    Kemudian korvet, kapal selam, roket, pesawat multipurpose amphibious, rantis khusus armed AVRMD dan AVFCU, radar GCI, dan kapal mine countermeasure.

    Ini diungkapkan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Suahasil Nazara, saat membahas defisit dan pembiayaan RAPBN 2018 dengan Banggar DPR di Rapat Panitia Kerja (Panja) A, Jakarta, Senin (25/9/2017).

    BalasHapus
  63. Indon nih suke nye utang jeh lupa kalau hutang nya besar lawak lawak indon lezat makan hutang

    https://money.kompas.com/read/2021/02/26/190815326/utang-pemerintah-ri-kini-tembus-rp-6233-triliun?page=all

    BalasHapus
  64. Sangat Awesome....

    Senjata ini pon biar ditengok berulang2 pon ..takjub sangat....

    Awesome.....
    Tahniah.....

    BalasHapus
  65. awesome Hasil Hutang belanja belanja orang kaya lawak lawak

    Indon nih suke nye utang jeh lupa kalau hutang nya besar lawak lawak indon lezat makan hutang

    https://money.kompas.com/read/2021/02/26/190815326/utang-pemerintah-ri-kini-tembus-rp-6233-triliun?page=all

    BalasHapus
  66. wkwkwkwkwkw... masa geng INDON mula troll dan geng MALAYSIA balas...malah disalah pula geng MALAYSIA kononnya memulakan...wkwkwkwkwkwkwk

    geng INDON perasan SUCI guys...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon nih serbah salah pantas saja iq orang indon nih sikit

      Hapus
    2. Tolol nambah jd 2 orang guys... 😁

      Hapus
  67. CAR 816

    Quality yang sangat JAUH dengan senjata Nasional Malon...Vita Birahi...


    Awesome.....awesome....

    BalasHapus
  68. Ini lebih LAWAK.. wkwkwkwkkwkwkwk

    Malaysia on way to becoming new ‘sick man’ of Southeast Asia?

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/highlight/2021/02/01/malaysia-on-way-to-becoming-new-sick-man-of-southeast-asia/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ye ke tapi saya nampak yang sebelah tu semua naik ya PAJAK, CUKAI IURAN, TARIF TOL dan harga makanan... aneh..??? wkwkwkwkkwkw

      jangan suka baca berita BUZZER ya...wkwkwkkw

      Hapus
  69. bila dibalas mula la sebelah kata BERUK, HOMO, TOLOL, BODOH maklumlah kalah debat.... wkwkwkwkwk


    jangan tak sopan nanti jatuh ranking lagi ya... wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbukti kau itu BODOH, TOLOL, BERUK HOMO OTAK 1CC Mengalihkan topik dengan bawa Hutanglah, Opm lah, Vaksin lah karena kau PANAS, IRI & DENGKI Malon belum bisa buat Senapan, Kapal Perang, Peluru, Helm Askar, Uniform.. wkwkwkwkkwk

      Tujuan kau kesini cuma ngetroll sampah...

      Hapus
    2. Iri gak ada kepakaran takut industri RI bwrkembang baik.

      Gempur cuma bisa bla bla

      Hapus
  70. Ini lebih LAWAK.. The New Sickman Of Southeast Asia.. wkwkwkwkkwkwkwk

    Malaysia on way to becoming new ‘sick man’ of Southeast Asia?

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/highlight/2021/02/01/malaysia-on-way-to-becoming-new-sick-man-of-southeast-asia/

    BalasHapus
  71. indon indon nih memang negeri pelawak jeh isinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. JERONG TENGAH LEBIH SANGAT PELAWAK....


      TAHNIAH...TAHNIAH

      Hapus
    2. seperti orang jepang, lawak lawak tapi jenius otaknya, tidak jauh beda dengan orang indonesia

      Hapus
  72. GIRANG dan SORAK...

    Sangat awesome sekali CAR 816


    Tahniah.....Tahniah

    BalasHapus
  73. Horang Kaya budget $ 10 Billion, yg Budget $ 3 Billion bagi 5, cuma mampu beli Motosikal dan Sewa ATV




    WKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  74. Beruk tuh nama populer buat kamu pur
    Bukan topik..paham wkwkkwk

    Kalah debat pindah topik2 itulah beruk wkwkk

    BalasHapus
  75. CAR 816...
    DUNIA melihat dengan sangat Seksama....


    Vita Birahi...
    Picing mata je...


    Tahniah....Tahniah...

    BalasHapus
  76. wkwkwkwkwk... ada geng INDON kata logik la mereka ranking bawah hal TAK SOPAN pasal penduduk RAMAI..tapi ternyata INDIA yang PALING RAMAI PENDUDUK pun ATAS INDON ya....wkwkwkwkwk

    buka link tu guys....wkwkwkwkk


    https://www.facebook.com/databoks.id/photos/a.140048124521279/215916620267762/

    BalasHapus
  77. Ahhhh...keren senjata rancangan pindad. Patut laris manis....hikhikhik

    Macam mana rancangan vita berapi karya genk mslon.? Dah jd vita berlendir kah pasal busuk macam.LCS korang tuh...🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. senapan pindad sudah jadi senapan organik UEA, Irak, laos, kamboja dan beberapa negara afrika.

      Hapus
  78. indonesia terus mengeluarkan berbagaibtype dan jenis senapan, baik dari pindad maupun perusahaan swasta.

    kalau malon baru mengeluarkan satu jenis type vita berapi tapi sudah jadi bahan lawakan seluruh dunia

    BalasHapus
  79. Ada yg panas tuh, gak bisa ikut Exercise, pasal LCS dah busuk di limbungan.....hikhikhik

    BalasHapus
  80. Cantik nya model senapan nie, yg janama Vita Berapi senjata buruk rupa dengan telescope di jidad sudah eksport ke??



    wkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. teleskop model jidad,
      alasannya agar prajurit beruk tidak terlalu merunduk saat membidik.

      konsep engineer bodoh,
      mau kena shoot itu jidad oleh lawan.

      🤣🤣🤣

      Hapus
    2. wkwkwkwkkwkwkwkwkkw......🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  81. Awas....hati2 bila nak nsik ojek motor sikal. Sebab pengemudinya tentera malon dng senjata vita berapi....hikhikhikhik

    BalasHapus
  82. Senapan caracal ini masih kaalh canggih dgn Vita Berapi buatan malon yg bisa tembak UFO.
    Tp Pindad Keren produk2 nya.

    Tahniah..Vita Berapi Jenama star wars

    BalasHapus
  83. memang pindad makin yahudlah makin banyak varian senjatanya,,jaya pt.pindad

    Buat yg bahas diluar military bikin blog sendiri sana,,disini blog defense yg berisi info2 militer dunia juga perkembangan industri militer Indonesia yg selalu bergerak dan dinamis,,bukan yg statis macam kerajaan lain,,buat yg bahas diluar militer,,abaikan, mereka sedang CAPER dab buang kuota aja😎🥱

    BalasHapus
  84. Google Keyword...Vita berapi


    LAWAK dan GELAK dunia...

    BalasHapus
  85. Baru tahu VIta Berapi Bntuknya KoTak tak beraturan wkwkkwkq

    BalasHapus
  86. Nak nanya sama genk malon nih, vita berapi tuh senjata serdadu planet bumi atau senjata serdadu planet namex.?
    Kulihat macam senjata serdadu tungau film flash gordon je....🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  87. @Gempurwaria aka Beruk Homo

    Terbukti kau itu BODOH, TOLOL, BERUK HOMO OTAK 1CC Mengalihkan topik dengan bawa Hutanglah, Opm lah, Vaksin lah karena kau PANAS, IRI & DENGKI Malon belum bisa buat Senapan, Kapal Perang, Peluru, Helm Askar, Uniform.. wkwkwkwkkwk

    Tujuan kau kesini cuma ngetroll doang BANGSAT... jadi percuma geng Indonesia ngejelasin baik-baik gak kau terima, kita sopan sama kau baru kita segan. Ini kau mampir kesini gak ada sopan santun.

    Kau pernah dengar peribahas. Peribahasa ini cocoknya buat kau gempurwaria.

    1. Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung-junjung.

    2. Gajah didepan mata tidak nampak, semut diseberang nampak.

    3. Bagaikan katak hidup dalam tempurung.

    BalasHapus
  88. Selamat Pagi...Selamat mencari rejeki..

    Maloners pada Nangis, lari dengki dan iri kat Tandas...

    Termenung.....

    BalasHapus
  89. malon baru mengeluarkan type VITA BERAPI, sudah melempem

    teleskop model jidad beruk cuk noris
    top5 university

    BalasHapus
  90. Dunia tertawa dengan varian Vita Berapi, di tunggu launcing versi nya lagi mungkin akan ada varian
    Vita Berapi Pemusnah Planet
    vita Berapi Pemusnah Galaxy
    Vita Berapi Plasma Nuklir



    Thanos nak minta lisensi untuk melawan Avanger wkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  91. panas...panas...panas.... wkwkwkwkkwwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastilah panas, lihat indonesia sudah banyak mengeluarkan type senapan dan sudah dipakai oleh negara lain.
      termasuk malon

      Hapus
  92. CAR 816


    SANGAT AWESOME.....

    TAHNIAH.....TAHNIAH

    BalasHapus
  93. Vita berapi senjata andalan genk malon telan dijadikan senjata standar tentera ojek motor sikal....🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  94. Ada yg panas tuh sebab vita berair...ehhh berapi cuma jd senjata standar serdadu planet namex....🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  95. Panas ke kepala pak cik tuh.?
    Sile pusing2 pakai ojek motor sikel tentera malon ya pakcik.......🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    https://defense-studies.blogspot.com/2021/02/tentera-darat-terima-180-motosikal.html?m=1

    BalasHapus
  96. penduduk ramai katanya....wkwkwkkwkkw

    Alasan...Alasan..... wkwkwkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. halaaaah...
      bahas yang lain aja loe poorest.

      kenapa?
      tak beranikah bahas itu senapan?

      Hapus
  97. genk malon mulai panas tuh sebab kena bully vita berair...ehhh berapi cuma jd senjata standar serdadu planet namex....🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  98. wkwkwkwkwkwk.... ohhhh yang pakai hingga 500 motor yang jenama tak jelas tu ya....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  99. Ada yg panas tuh sebab vita berair...ehhh berapi cuma jd senjata standar serdadu planet namex....🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  100. Panas ke kepala pak cik tuh.?
    Sile pusing2 pakai ojek motor sikel tentera malon ya pakcik.......🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    https://defense-studies.blogspot.com/2021/02/tentera-darat-terima-180-motosikal.html?m=1

    BalasHapus
  101. ehhhh..tak nak sebut pasal ATV dah ke.... wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  102. wkwkwkwkwk...mana banyak 500 motor takde jenama atau 180 motor KAWASAKI...??? kira guys....??? wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  103. Purr...sudah tahun 2021..Malingsial buat senapan serbu basic saja tidak mampu..😅🤣🐒 MENYEDIHKAN....

    BalasHapus
  104. Ada yg panas tuh genk malon dapat Salam MRAP Hizir tampal stiker dari Turki...hikhikhik

    BalasHapus
  105. genk malon mulai panas tuh sebab kena bully vita berair...ehhh berapi cuma jd senjata standar serdadu planet namex....🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  106. takut dah ya troll hal ATV pasal ketahuan di sana pun sedang promosi ATV Tampal stiker yang dikata bagus untuk kegunaan kawalan sempadan.... wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  107. Malu tuhhh...
    Ada yg ngaku produk tempatan 100 peratus buatan putra tempatan tuh guys. Kandungan lokal ngakunya sdh 70 %.
    Rupanya buatan tempatan turkey guys......🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    Pakar tampal sticker guys nak ngeprank PBB lg mungkin guys...🤣🤣🤣🤣🤣

    https://m.youtube.com/watch?v=dL4ABUktkFE&feature=youtu.be

    Motor sikal mane...motor sikal...ada yg nak kabur pakai motor sikal rasuah ojek tentera....hikhikhikhik

    BalasHapus
  108. Panas ke kepala pak cik tuh.?
    Sile pusing2 pakai ojek motor sikel tentera malon ya pakcik.......🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    https://defense-studies.blogspot.com/2021/02/tentera-darat-terima-180-motosikal.html?m=1

    BalasHapus
  109. Saya pon baru temu sebuah senjata...

    Sila type di Google...Vita Berapi..




    Tahniah....Tahniah

    BalasHapus
  110. Produser Marvel nak pesan 1000 pucuk vita berapi untuk shooting Film "Avanger the thanos Planet" untuk menyerang asal Planet Thanos



    wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus