30 Juni 2010

Industri Strategis Bulgaria Tertarik Berkerjasama Dengan Indonesia

30 Juni 2010

Selongsong artileri dengan beragam kaliber 122, 152, 155mm atau ukuran lainnya dipakai untuk menghantarkan radio jammer HF/VHF ke daerah musuh (photo : Samel90)

Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan pihak pemerintah pada 2 hari sebelumnya, pada tanggal 23 Juni 2010, delegasi Studi Strategi Luar Negeri Program Pendidikan Reguler Angkatan (SSLN PPRA) XLIV Lemhannas RI Tahun 2010 melakukan kunjungan kerja ke perusahaan industri pertahanan, Samel-90, di Kota Samokov (96 km dari Sofia) untuk memperoleh gambaran secara lebih mendalam tentang industri pertahanan di Bulgaria serta menjajaki kemungkinan kerjasama. Samel-90 yang berdiri sejak 46 tahun lalu memproduksi alat-alat komunikasi militer dan sipil, dengan produk utamanya Samel Artilery Jammer (SAJ).

Dubes RI pada kesempatan kunjungan tersebut mendorong Samel-90 untuk berkerjasama dengan Indonesia dalam bentuk “joint production“ karena terbentang pasar yang luas yaitu negara-negara di Kawasan Asia Tenggara maupun Asia Pasifik. Berkaitan dengan ini, pihak Samel-90 diundang untuk partisipasi pada Indo Defense Expo (IDE) bulan Oktober/November 2010 di Jakarta.

Optix Terma Mobile reconnaissance & surveillance system untuk pengawasan perbatasan darat (photo:Optix)

Managing Director Samel-90, Dipl., Eng Peter Georgiev, menyambut baik tawaran dan undangan tersebut serta akan mengupayakan kembali berpartisipasi pada IDE 2010 guna menjajaki kerjasama dengan mitranya di Indonesia, setelah sebelumnya berpartisipasi pada tahun 2008. Kepada Dubes RI diminta kerjasama untuk mendapatkan mitra Indonesia yang betul-betul berminat untuk kerjasama tersebut. Dijelaskan bahwa produk Samel-90 telah memenuhi standar NATO dan digunakan di berbagai negara, antara lain di Pakistan, Thailand, Turki, negara-negara Afrika Utara, dan digunakan AB Bulgaria yang bertugas di Afganistan.

Deputy Director for the Special Purpose Production, Dipl. Eng. Georgi Ionchev, menambahkan bahwa perusahaannya siap bekerjasama langsung dengan Indonesia dan memproduksi peralatan tertentu sesuai kebutuhan dan spesifikasi yang diperlukan, serta dimungkinkannya transaksi langsung maupun melalui agen penghubung. Menjawab pertanyaan mengenai harga produk, Ionchev menyatakan harga produk Samel-90 sangat bersaing dengan mutu yang jauh lebih baik serta memberikan fasilitas sebelum pengiriman produk hingga after sales service.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar