08 Juni 2010

Kodam Kalbar Segera Berfungsi

08 Juni 2010

Pontianak, Kalimantan Barat (imahe : GoogleMaps)

JAKARTA--MI: Kodam Kalimantan Barat (Kalbar) segera difungsikan akhir bulan ini. Nama yang dipakai adalah Kodam XII/Tanjungpura dan berpusat di Pontianak.

Kodam sebelumnya yang berpusat di Balikpapan berubah nama menjadi Kodam VI/Mulawarman. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Suwarno Widjonarko kepada wartawan di Cilodong, Bogor, Selasa (8/6).

"Akan berfungsi akhir bulan ini. Tanggalnya masih belum pasti karena saya khawatir berubah," kata Kadispenad.

Kodam XII/Tangjungpura akan membawahi Korem di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kodam VI/Mulawarman akan membawahi korem di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Widjanarko menegaskan bahwa penambahan kodam tidak akan menambah pasukan. Pasukan yang terdapat di Kalimantan akan dibagi dua secara simetris. "Kami tidak ada penambahan baru. Kami atur sedemikian rupa secara simetris dari pasukan yang ada," sambungnya.

Pangdam XII/Tanjungpura akan dipimpin oleh Mayjen Moeldoko yang sekarang masih menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri I Kostrad. Menurut Kadispenad, kodam ini akan otomatis bertanggung jawab dalam pengamanan daerah perbatasan Kalimantan Barat.

"Perbatasan Kalimantan Barat itu daerah rawan illegal logging, human trafficking, dan masalah kesejahteraan. Tapi, itu bukan hanya tanggung jawab TNI," tukasnya.

Terkait pembangunan pos patroli, ia mengaku hal itu masih dalam perencanaan. Pengamanan perbatasan selama pos patroli belum dibangun akan dilakukan melalui patroli. (Din/OL-5)


(Media Indonesia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar