25 Februari 2014

Indonesia Segera Miliki Rudal Penangkis Serangan Udara Buatan Sendiri

25 Februari 2014

Riset propelan akan memungkinkan Indonesia untuk membuat rudal sendiri dalam 2-3 tahun ke depan (photo : Defense Studies)

Liputan6.com, Jakarta : Perang di era modern tak lagi saling berhadapan. Tapi melibatkan persenjataan canggih, termasuk rudal. Sekali tembak, nyawa ribuan orang di posisi target, yang jauhnya ratusan hingga ribuan kilometer, niscaya terancam.

Maka dari itu, rudal penangkal sebagai sistem pertahanan alternatif, menjadi wajib dimiliki. Saat ini, TNI Angkatan Udara, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan PT Dahana, sedang mengembangkan rudal Penangkis Serangan Udara (PSU) jarak sedang. Senjata anti-rudal ini akan dikembangkan dari roket-roket yang telah berhasil dibuat Lapan.

Lapan telah berhasil meluncurkan beberapa tipe roket seperti RX-420 yang memiliki daya jangkau di atas 100 km. Lapan juga sedang mengembangkan roket berdaya jangkau 200 km lebih yaitu RX-550.

"Iya dari pengembangan roket Lapan sebelumnya. Mereka sudah berhasil, peluncurannya sudah lurus. Cuman isiannya, pendorongnya itu masih dikembangkan terus," ucap Kadispen TNI AU Marsekal Pertama (Marsma) Hadi Tjahjanto saat dihubungi, Jakarta, Selasa (25/02/2014).

Hadi menambahkan, saat ini permasalahan untuk rudal penangkis udara terjadi pada propelannya. Rencananya beberapa tahun ke depan propelan ini sudah bisa diperbaiki dan dilakukan uji coba kembali.

"2 atau 3 tahun ke depan isiannya atau propelannya itu sudah ditemukan akan dibuat uji coba lagi. Kalau memang bagus akan ditawarkan pada BUMN atau Bumnis (Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis)," imbuh pria berkumis ini.

Apakah pengembangan ini untuk rudal jarak sedang atau jauh? "Nanti kalau propelannya itu sudah teruji tinggal isiannya mau dibuat jarak sedang atau jauh. Kalau nama rudal nunggu sudah jadi baru dari BUMN dengan Kemenhan yang nanti ngasih nama rudalnya," jawab Hadi.

Saat ini TNI AU hanya memiliki PSU yang aktif dari kelas jarak pendek seperti Oerlikon, Starstrek, VL Mica dan lain-lain. Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia menuturkan saat ini pihaknya sedang menjajaki PSU untuk jarak sedang. Rencana ini akan disusun di Minimum Esential Force (MEF) rentra kedua (2015-2019).

"Untuk 10 sampai 100 km itu perlu kendali jarak sedang, sekarang kita lagi diproses. Mudah-mudahan segera melengkapi sistem pertahanan kita," kata Putu saat menerima 16 unit pesawat T-50i dari Korea Aerospace Industry (KAI) di Lanud Halim Perdakusuma, Jakarta Timur, Kamis 13 Februari 2014.

(Liputan6)

9 komentar:

  1. Untuk tahap pertama mungkin peluncurannya lurus, karena kalau melihat rudal2 dari negara lain, cara meluncurnya rudal itu justru berbelok2, mungkin untuk menghindari anti rudal. Untuk teknologinya apakah mungkin sedang diupayakan dengan kunjungan panglima ke china? Semoga...

    BalasHapus
  2. Semoga kedepannya bisa jauh lebih presisi.

    BalasHapus
  3. PERCAYA ...Menurut sumber : indonesia sudah sukses bikin roket rudal penjejak karna ada mantan ilmuan ussr dari ukraina .

    BalasHapus
  4. MANTAP sangat mendukung sekali!!!! setelah 50 tahun, indonesia akhirnya baru akan punya rudal AA jarak menengah..bagus daripada tidak sama sekali seperti zaman suharto dulu hanya bangga dengan rapier& bofors dari tahun 1966-sekarang

    BalasHapus
  5. yak setelah ini harus bisa bikin yg 1500 km-up spy gak ribet perang daratnya

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. ini baru TOP

    KARYA ANAK NEGERI . saya yakin potensi indonesia bakal lebih maju.ini sbg lngkah awal sja

    BalasHapus
  8. makasih infonya
    sangat menarik dan bermanfaat
    mantap

    BalasHapus
  9. Sip sampai nanti juga akan bakalan bikin rudal antar benua....
    Yg penting tu propelan,nosel,mesin jet .......

    BalasHapus