05 Maret 2021

PASKAL’s New Tactical Drone and Underwater Scooter

05 Maret 2021

New tactical drone will equip PASKAL (photo : reuters)

The Royal Malaysian Navy (RMN) PASKAL naval commando unit will be equipped with Tactical small Unmanned Aerial System (sUAS) as well as underwater scooter to further boost its capabilities.

PASKAL has already has swimmer delivery vehicle (SDV) hence the underwater scooter will be a further boost to its operative delivery and Insertion.

On the other hand, other special forces unit in the Malaysian Armed Forces (MAF) such as the Army’s GGK and Royal Malaysian Air Force (RMAF) PASKAU commando have, during separate period of time, been using various types of SUAS.

Underwater scooter will equip PASKAL (photo : De Zeeman)

The GGK had previously seen using locally made UST Aludra SR-8 while the PASKAU commando is using DJI Mavic hand held drone for surveillance.

According to bits of information from eperolehan, online Government procurement portal, the Drone is equipped with thermal cameras.

Such move by PASKAL emulates the US Navy SEAL which uses Raven mini drone as intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) platform.

Live video footage from the drone enable on scene commander to effectively plan, observe and direct a swift and decisive special forces assault. Drone also enhance situational awareness of operation area.

(MFH)

223 komentar:

  1. Balasan
    1. komentar ini telah dihapus oleh RUDAL DONGFENG

      Hapus
  2. Balasan
    1. komentar ini telah dihapus oleh RUDAL ICBM

      Hapus
    2. Malas komen
      Gak ada lawan yg sepadan
      Cuman absen aja

      Hapus
    3. songong banget luu
      senior tapi gak lulus lulus.

      wkwkwk

      Hapus
  3. The GGK had previously seen using locally made UST Aludra SR-8 while the PASKAU commando is using DJI Mavic hand held drone for surveillance...dji mavic woi...wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane kira tadi Dji Sam Soe bro wkwkwk

      Hapus
    2. Diklaim tempatan pula nanti bro ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Biasalah negara raja claim memang suka begitu bro wkwkwk

      Hapus
  4. Guys di beli gak tuh drone sama si kaum beruk malon?

    BalasHapus
  5. ALUDRA buatan engineer Indonesia wkwkwk

    BalasHapus
  6. The GGK had previously seen using locally made UST Aludra SR-8 while the PASKAU commando is using DJI Mavic hand held drone for surveillance...dji mavic woi...wakakak

    BalasHapus
  7. Djinmavic ma buat foto2an anak2 ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALUDRA itu buatan engineer Indonesia wkwkwk

      Hapus
  9. Woiii,nanti ada hantar cakap bayar tunggakan wkwkwk

    BalasHapus
  10. Ini murid nya kopaska ya
    Yg mnta di ajarin sama kopaska.
    Ckckck

    BalasHapus
  11. YES OFCOURSE KOPASKANYA SUDAH PUNYA KITA SUDAH TAHU KOK

    BalasHapus
  12. PASKAL........hmmmmm Pasukan Kalap ya, lantaran gak pernah belanja ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini avatarku ☝️ desain fregat SIGMA 11515HN yang pake kombo radar Thales NS-110 dan NS-50 bersusun didalam kubah radarnya.....lantas silo rudalnya udah menampung 32 biji sekelas ESSM lho ๐Ÿคท

      Bobotnya 3000-an ton ajah ๐Ÿค—

      Atau kalo mau yg lebih gahar, ada lagi pilihan versi keduanya yg beda pada radarnya dan dimensi serta bobotnya lebih besaran.....hingga 4400 ton ๐Ÿ˜€

      Mau tau radarnya......kombo Thales NS-110 sama (4 fixed face) APAR blok 2, yg cocok utk meladeni serangan rudal anti kapal yg coba-coba maen gangbang ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

      Hapus
    2. Masih setia rupanya ๐Ÿ˜†

      Hapus
    3. Kliatan jelas nggak sih bro avatarnya......Sigma 11515HN ๐Ÿค”

      Hapus
    4. apa setia? SLINGKU TIAP HARI haha!
      cuco ame namenye uhuyy

      Hapus
    5. Kebutuhan frigate kan masih banyak. Jumlah yang dikontrak juga cenderung dikit. Kesempatan terbuka terus.XD

      Hapus
    6. Pak bowo kalo liat desainnya Sigma 11515HN jadi "aras-arasen" mo menindaklanjuti kontrak Iver.....kan pak Bowo penyuka barang bagus ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
    7. Hargailah kompetitor disebelah mu ๐Ÿ˜ฉ

      Hapus
    8. "Beda ya kalo yg ada duitnya .........sampe halaman kemhan licin gegara banyak tamu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚"

      https://m.kumparan.com/kumparanbisnis/jerman-tawarkan-proposal-kapal-selam-ke-prabowo-dan-erick-thohir-1vILEPLSHp9/full

      Hapus
  13. ITU MENUNJUKKAN KITA ITU SDAR DIRI DAN XOVERPROUD..KAYAK EHEM3

    BalasHapus
  14. https://www.janes.com/defence-news/news-detail/malaysia-prepares-new-defence-industry-policy_16010...Ismail said that the new policy would look to support developments similar to those achieved by India and Indonesia, which have both advanced domestic industrial capability by leveraging partnerships with international defence firms...bahkan menteri pertahanan malon mengakui tertinggal dari india dan indonesia...malon disini malah sok jagoh ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  15. MANA TAK KETINGGALAN..RND 4THUN TERMASUK DESAIN KELUARKAN DANA 16 JUTA UTK BUAT PROTOTAIP..BILA DAH SIAP DIBILANG REBADGE HIZIR LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya emang rebadge..bentuk sam persis..lol

      Hapus
    2. Bagi sikit replikanya,uji letup periuk api pada HMAV bila dilakukan dan 80% sparepart buatan tempatan tuh apa je

      Hapus
  16. Unknown@ kita bkn over proud lon tapi bangga atas pencapaian yg di dapatkan Indonesia walaupun blm maksimal hasilnya

    BalasHapus
  17. NYAMOOOOOOOOOOOOOOOK...........aides aigypthi

    BalasHapus
  18. hahaha negara lain semua rebadge negara dia semua produk anak bangsa wkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah kami lah wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Malon claim bkn rebadge,ko tadi tak cakap malon R&D sendiri wkwkwk

      Hapus
  19. sudah jelas hmav mildef itu 70 persen lokal 30 persen komponen lua..yah ngak seratus persen lokal tapi lumayanlah

    BalasHapus
  20. bangga pencapaian ri? oh menunggak dana ifx itu bangga yah? sebelum disign kontraknya tidak dibaca yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan jadi orang pengecut ya berlindung di balik nickname unkown

      Hapus
    2. Kl Tunggak dana knp tak di reject ya wkwkwk

      Hapus
  21. sudah jelas2 yang berulah dalam ifx ini ri masih lagi mau nyalahkan korsel..dasar tolol xpernah salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang masalah nya apa lon,jgn pura2 paham lon

      Hapus
  22. Xyah kecoh² lah..kecik je benda tu..
    Xpenting..mcm atv lah..nampak mcm biase² aje..

    Kutuk punya kutuk...Last²..indo pn beli..wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami beli ATV dan beli barang high class jg bkn cem diorang beli low class terus wkwkwk

      Hapus
  23. kalau buat salah yang mengaku jangan menyalahkan korsel dengan mengatakan kfx xckup baguslah cuman 4.5gen lah apa lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang KFX gk cukup bagus,jgn reka2 cerita lon

      Hapus
  24. makanya sadar diri kalau xpunya dana ckup utk join development jangan terima aja kalau diundang..pikir dan tinjau dulu baik buruknya sebelum disign dealnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh yg betul,dana buat beli 48 rafale ada apalagi untuk KFX

      Hapus
    2. Makanya mikir kalo nggak punya otak sm dana mau ikut bikin kereta cepat...udah bayar blm denda ke singapur..??

      Hapus
    3. Eehhh sama je MALON batalkan proyek kereta cepat Malon-singapura sebab MALON takde Wang lagi wkwkwkwkw

      Hapus
  25. Aneh ya kenapa malon berul yg panas....

    BalasHapus
  26. setengah jalan bermasalah, bilang dealnya ngak adil blah3 mau teknologi inti blah3...woi tolol lain kali baca kandungan dealnya sebelum disign kontraknya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga ngerti permasalahannya lebih baik berdiam diri saja

      Hapus
    2. Wkwkwkwkw yang kereta cepat Malon-singapura batal itu sebab MALON lah karena MALON tidak ada Wang lagi wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Wooi bodoh bin tolol kalo nggak punya uang nggak usah sok bikin kereta cepat...pake kereta uap atau tarik lembu aja

      Hapus
    4. https://www.janes.com/defence-news/news-detail/malaysia-prepares-new-defence-industry-policy_16010...Ismail said that the new policy would look to support developments similar to those achieved by India and Indonesia, which have both advanced domestic industrial capability by leveraging partnerships with international defence firms...bahkan menteri pertahanan malon mengakui tertinggal dari india dan indonesia...malon disini malah sok jagoh ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Ada malon lg menstruasi tak.punya telor...pecundang tak berani tunjuk diri berlindung dibalik Unknown...tipikal bangsa pengecut....bisanya cuma merepet macam banci kaleng ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–

      Hapus
    6. Kalo tak paham isi perjanjiannya jgn sembang dan troll lon

      Hapus
  27. hahaha negara lain semua tampal sticker negara dia semua buatan anak bangsa wkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah kami lah wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Ada yang kepanasan guys.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘†

      Hapus
    3. Tidak lupa juga menyebut bekerjasama dengan pihak luar diwaktu peluncuran ��

      Hapus
    4. ini betul sekali
      KERAjaan claim mendonia
      wkwkwk...

      Hapus
    5. Mana linknya kami claim semua buatan Indonesia,jgn reka2 cerita lon

      Hapus
  28. padahal cobra cbu tampal sticker pandur turun dari kapal
    hanoman tampal stikcer first win
    sanca tampal stciker bushmaster
    anoa tampal stciker vab haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu batu pijakan ilmu lon hohoo
      Kasihan

      Hapus
    2. Gempoor klaim indo tiru tiru malon.. lah menhan mreka skarang mo tiru tiru pencapaian indo..

      Itu namanya karma guys.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Mana ada kami cakap cobra,Hanoman dan sanca buatan Indonesia,jgn reka2 cerita lon...kl anoa itu asli buatan Indonesia,kl tak asli manalah boleh di eksport lon,PBB je pun gunakan anoa dalam misinya lon

      Hapus
  29. KASIHAN MALON takde beli aset militer lagi wkwkwkwkw KASIHAN

    BalasHapus
  30. Mang malon berharap mau gabung ya kfx.

    Silahkan saja.

    BalasHapus
  31. rafale lebih bagus dari kfx ? yah bagus kalau jadi beli lol..kalau ngak jadi halu2 ajalah wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaahh..bgus proven
      Dprd cuma sewa

      Hapus
    2. Terus masalahnya dgn malon apa Indonesia beli atau tak lon,iri bilang je wkwkwkwk

      Hapus
    3. Pakek dji aja lon ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. Klaim dari mana? Siapa pun yg bikin klaim tersebut sebaiknya jangan didengarkan. Satu barang jadi, sudah melalui beberapa iterasi pengembangan berdasarkan operasi nyata. Satu lagi barang yg prototype-nya saja belum terbang.

      Kalau berdasarkan requirement pesawat, saya juga bisa bilang F-5 lebih bagus dari F-22. Requirement F-5: murah dan bisa laku di pasar ekspor.:P

      Hapus
  32. kita ngak berharap mau gabung dalam kfx atau tfx..kita ngak punya dana utk itu..lebih baik beli yang siap aja wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilang aja gak ada yg ngajak haha
      Turky dah ajak pakistan
      Krn malon gk ada kepakaran

      Hapus
    2. Memang malon ada uang,sewa je pun malon kedekut duit wkwkwk

      Hapus
    3. Menhan MY lebih paham dibandingkan gempur cs,,cuma netizen kedai kopi๐Ÿคช๐Ÿฅฑ

      Hapus
  33. Ada malon lg menstruasi tak.punya telor...pecundang tak berani tunjuk diri berlindung dibalik Unknown...tipikal bangsa pengecut....bisanya cuma merepet macam banci kaleng ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–

    BalasHapus
  34. Ada malon lg menstruasi tak.punya telor...pecundang tak berani tunjuk diri berlindung dibalik Unknown...tipikal bangsa pengecut....bisanya cuma merepet macam banci kaleng ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–

    BalasHapus
  35. Ada malon lg menstruasi tak.punya telor...pecundang tak berani tunjuk diri berlindung dibalik Unknown...tipikal bangsa pengecut....bisanya cuma merepet macam banci kaleng ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ–

    BalasHapus
  36. semua juga tahu siapa saya om wkwkw....

    BalasHapus
  37. Terimakasih tuk kopaska yg telah melatih tentera jiran di awal thn 70an jd mereka tidak lembik lagi,,KOPASKA, MARINIR,,JAYA3X๐Ÿ‘๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  38. keknya ini MENHAN KL sangat ingin proyek LCS segra TAMAT haha!

    BalasHapus
  39. biar tak diajak dari diajak langsung terima eh bikin ulah dan bagi macam2 alasan wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah kami lah kami yang di ajak kok MALON yang ribut wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Kalo tak paham isi perjanjian kerjasamanya jgn sembang dan reka2 cerita lon

      Hapus
    3. 20% persen tuh byk mat sabun kita cuma mnta inti teknologi.
      Klo rancang bangun kita udah ada pemgalaman.
      Klo malon krik krik

      Hapus
  40. PASKAL..= PASUKAN KALAH WKWKWKWK ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง

    BalasHapus
  41. Semua jiran lgi moderinisasi pertahanan nya krn ulah CIna di LCS hnya malay aja yg diam ups lupa krn ada beking nya FPDA.
    Lihat pencapaian pinoy.

    BalasHapus
  42. keknya ini MENHAN KL sangat ingin proyek LCS segra TAMAT haha!

    BNS pon didenda...

    BalasHapus
  43. Rudal subsonik dan supersonik rawan kena interseep.apalagi subsonik,...
    Kasus Israel banyak rudalnya yg nyungsep diinterseep rudal Suriah,negara yg sudah babak belur dilanda perang tapi masih mampu menghancurkan rudal subsonik Usa,Francis,Inggris,jadi sangat berisiko kalau cuman mengandalkan rudal subsonik aja,lihat rudal supersonik houti buatan Iran katanya ya, berhasil diinterseep Arab Saudi bukan sekali tapi berkali2,makanya Rusia sekarang pake Rudal hipersonik sebagai ujung tombaknya yg supersonik dan subsonik hanya sebagai pelengkap.memang subsonik Exocet jadi jawara tapi pada waktu itu kapal Inggris gak pake ciaws dan rudal samnya hanya mengandalkan seawolf.coba sekarang ada ciaws dan rudal samnya Uda supersonik,kalau hanya untuk menjatuhkan rudal subsonik ya mudah sekali.jadi kenapa masih banyak yg pake subsonik karna mereka belum mampu buat yg hipersonik,tapi rudal pamungkas mereka sudah hipersonik,Usa,Rusia,fran,inggr,cina,Israel,dll dan yg subsonik hanya pelengkap saja ,sekelas Suriah aja yg sudah babak belur masih mampu menghadang rudal subsonik,apalagi negara maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bru punya supersonik bru amerika sama rusia dodol.

      Hapus
    2. Artikelnya tentang drone Dji pasukan kalah om bkn bahas rudal hipersonik wkwkwk

      Hapus
    3. Rudal hipersonik rusia iskander di tepuk sama rudal israel kok bisa ya...wkwkwkwkwkwkwkwk armenia mencak2

      Hapus
    4. Dodol lu Cong
      Cina supersonik ya bejibun
      Hipersonik ya bejibun
      Israel pun sama supersonik ya bejibun dan juga hipersonik ya yaitu Arrow.
      Inggris rudal hiper soniknya bejibun
      Franc hiper soniknya bejibun
      Makanya baca dulu sebelum komen
      Dasar amatiran loe,anak ingusan sok2 an belagu loe.

      Hapus
    5. Ini bahas drone woy ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. Yg punya hipersonik berjibun baru Rusia. China belum pasti, dan sisanya baru tahap pengembangan.

      Hapus
    7. Dongfeng cina itu Uda bahnya hipersonik,ada Dongfeng anti kapal,anti permukaan,dan anti dandrup.

      Hapus
    8. Kalau ngomong rudal balistik sih banyak yg hipersonik. Tinggal bisa kena atau tidak. Space shuttle waktu reentry sampai kecepatan hipersonik juga. Ada beberapa kali malah harus dikendalikan manual sama pilot.

      Hapus
    9. Kalau anda menganggap rudal balistik sebagai senjata hipersonik, bikin gampang loh. Asal bisa mencapai ketinggian tertentu, tinggal mengandalkan gravitasi dan keramik. Akhirnya jatuh ke mana, itu urusan lain.

      Hapus
  44. Gempurgila dan unknown malon tuh tahu apa,diorang semua cuma orang awam tapi dah berlakon cem menhan Indonesia apa2 pun semua dia tahu tapi tin kosong wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman modal bacot doqng...pengetahuan zero..5 universitas terbaik konon ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  45. Eskalasi, yang menguraikan persyaratan hingga empat kapal Tipe 214, diungkapkan dalam publikasi tahunan edisi 2021 untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan staf Kementerian Pertahanan yang dikenal sebagai 'Majelis Pimpinan'. Publikasi tersebut menampilkan kata sambutan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


    KENAPA NGA DARI AWAL KE JERMAN MALAH KE KORSEL, YG JELAS WAKTU JAMAN SBY ADA YG SALAH DENGAN DARI PROGRAM KFX/CBG...PRANCIS YG DARI AWAL NGAJAK INDO BUAT PESPUR MALAH DITOLAK MALAH MILIH KE KORSEL/ PIHAK JERMAN NAWARIN TOT KASEL MALAH MILIH CBG....UDAH JELAS MAKANYA WAKTU AWAL KANG WOWO JADI MENHAN MENGEMBALIKAN UANG 50T DARI BEBERAPA KONTRAK LANJUTAN KARNA DI SITU KANG WOWO SUDAH CIUM BAU KORUPSI....

    BalasHapus
  46. Bayangkan aja Suriah yg dilanda perang dan dikeroyok sana sini,masih mampu membuat rudal subsonik negara maju dan canggih nyungsep,disalvo ratusan rudal loh berbagai jenis,tapi berakhir nyungsep walaupun ada yg berhasil tapi hanya sedikit dari ratusan yg diluncurkan,coba bayangkan kalau Rusia yg diserang Uda pasti gak ada rudal yg lolos,ataupun Usa yg diserang,ataupun cina yg diserang.rudal subsonik itu rudal THN 80 an sudah gak efektif buat sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak2 baca om,rudal mica dan Exocet block III itu rudal generasi baru om bkn dibuat thn 80 wkwkwk

      Hapus
    2. Biarin aja dia bacot bro..gak nyambung juga ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Rudal iskander yg di tepuk dgn rudal israel di armenia gimana itu ceritannya, armenia marah2 iskander nga moncer

      Hapus
    4. Teknonya yg sudah kedaluarsa
      Subsonik itu tekno 80 an
      Bahkan kita THN 60 an pun sudah pake supersonik.subsonik itu tekno barat dan Eropa tapi kalau unisoviet Uda pake supersonik.

      Hapus
    5. Om kecepatan boleh subsonik tapi teknologinya zaman sekarang om,rudal sekarang dah pake panduan satelit bkn pake panduan Kompas lg om wkwkwk... teknologi 60-an blm mengenal panduan lewat satelit om wkwkwk

      Hapus
    6. Masalah utama pada rudal adalah guidance. Mau secepat apapun, kalau meleset 99% kan susah. Kecepatan juga berpengaruh sama ini. Geser satu derajat pada kecepatan hipersonik dan subsonik akibatnya jauh berbeda. Satu bisa sempat dikoreksi, satu lagi langsung meleset jauh.

      Hapus
    7. Buktinya rudal as,fran,ingg,Israel Mampu dilumpuhkan negara sekelas Suriah,bahkan Uda babak bunyak itu negara.kurang apa canggihnya rudal mereka hah.....
      Ada yg nyungsep,ada yg eroor,ada yg salah alamat,yg original aja nyungsep bagimana pula yg versi ekspor hah,........hah......

      Hapus
    8. buat hanud, rudal uda mulai masuk kotak om duta, skrg jaman LASER hore haha!
      besok2 ganti nama yaa om haha!

      Hapus
    9. Sudah membedakan mana yg kena intersepsi dan mana yg meleset sendiri?

      Hapus
    10. Laser buat pelingdung diri
      Kalau rudal hiper untuk menghancurkan,sampai kiamat rudal masih terus dipakai,cuman kecepatannya aja yg berubah

      Hapus
  47. https://www.janes.com/defence-news/news-detail/malaysia-prepares-new-defence-industry-policy_16010...Ismail said that the new policy would look to support developments similar to those achieved by India and Indonesia, which have both advanced domestic industrial capability by leveraging partnerships with international defence firms...bahkan menteri pertahanan malon mengakui tertinggal dari india dan indonesia...malon disini malah sok jagoh ��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ismail Jacob menhan malon je dedahkan kemajuan militer malon dibawah militer Indonesia cuma gank sewa je tak terima hakikat militer malon dibawah militer Indonesia wkwkwk

      Hapus
    2. @matrempit gempur dan geng orang gila

      Hapus
    3. Dji mavic beli ketengan di toko online bro ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  48. https://x2zkom3ctwgbm5pgxgdqswjlfq-mkzbd4dzakkw2-en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Mavic_(UAV)...drone kaleng2 ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  49. https://x2zkom3ctwgbm5pgxgdqswjlfq-mkzbd4dzakkw2-en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Mavic_(UAV)...drone kaleng2 ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  50. https://x2zkom3ctwgbm5pgxgdqswjlfq-mkzbd4dzakkw2-en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Mavic_(UAV)...drone kaleng2...drone sipil...bukalapak banyakkk ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ...drone jenama kata malon

    BalasHapus
  51. PASKAL = PASUKAN KALALAWAR WKWKWKWKWKW

    BalasHapus
  52. Makanya katanya TNI mau beli neptune yg masih subsonik,untuk antisipasi cina gue menyayangkan kenapa gak beli yg supersonik kalau yg hiper belum ada yg jual.bayangkan mau menghantam lawan itu neptune tapi lawannya punya benteng supersonik,ini ibarat beli motor bebek buat lawan motor sport,ya kalau lawannya pake sport yg dilawan sport lah.karna berkaca dari Suriah aja disalvo ratusan rudal subsonik berbagai tipe dan sangat canggih2 original lagi tapi berhasil dibuat nyungsep.bayangkan ratusan loh bukan lagi satu dua atau puluhan,seandainya itu rudal super atau hiper pasti Suriah kewalahan atau kebobolan Karna selain cepat juga hanya punya waktu sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla.. bla.. bla..

      Jago bacot doang. Disuruh terangin ilmu RUDAL langsung diem seribu bahas.. jangan seperti TONG KOSONG NYARING BUNYINYA..

      Hapus
  53. deftek lipan bara ato firstwin itupon disebut HMAV 4x4
    awalnya kerjasama chaeseri thailen dan kembara suci skrg mildef yg disikat deftek. pren makan pren gaesz haha!


    ban pirelly->italy
    mesin CATERPILER-> amrik
    chasis -> ?
    senjata->impor
    rcws-> impor

    kebulak, 70 % impor ini mah haha!


    ------------------------------

    KUALA LUMPUR: There is export potential for “Lipan Bara”, the state-of-the-art high mobility armoured vehicle (HMAV) 4x4, to Asean and the Organisation of Islamic Cooperation countries, according to DRB-Hicom Defence Technologies Sdn Bhd (Deftech).

    https://www.thestar.com.my/business/business-news/2016/04/19/export-potential-for-lipan-bara/

    DEFTECH AV4 light armoured wheeled vehicle was designed and developed in Malaysia and compliance with NATO standard. Modular design to meet various roles & applications and incorporated with well proven “Off-The-Shelf” automotive components for ensuring high reliability and easy logistic support worldwide.

    https://web.archive.org/web/20150524105515/http://www.deftech.com.my/index.php/en/product/military-vehicles/deftech-av4

    BalasHapus
  54. Xyah kecoh² lah..kecik je benda tu..
    Xpenting..mcm atv lah..nampak mcm biase² aje..

    Kutuk punya kutuk...Last²..indo pn beli..wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia beli tapi Indonesia beli yg high class jg cem Apache bkn cem malon shopping pun low class semua wkwkwk

      Hapus
  55. @Unknown

    Kau sadarin dulu kawan kau Gempurwira aka Asrizal Rusli yg masih banggain industri pertahanan negara.. Kalo Asrizal Rusli sudah sadar baru kau bisa cakap sembang disini..

    ๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•๐Ÿ–•

    BalasHapus
  56. Katakan no pada subsonik
    Yes untuk supersonik atau hiper
    Sudah banyak contoh bahwa subsonik kurang moncer,serupa sama formidable singa kapal cantik,rudal Sam nya keren,radarnya sakti,sensornya ngeri tapi rudal anti kapalnya lemot alias loyo cuman mach 0,7,ditembak senapan juga jatuh itu rudal lemot harpoon.
    Mau belajar cara menjatuhkan rudal subsonik canggih didunia belajarlah kesuriah,rudal super Israel aja nyungsep,sekelas super loh masih nyungsep,maknya kadang rudal anti kapal,anti permukaan masih kurang canggih dari rudal Sam,rudal anti kapal atau anti permukaan Mach 07,08,09 kalau pun ada yg super masih di Mach 2,3
    Sedangkan rudal samnya lebih sakti udah di Mach 4 keatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla.. bla.. bla..

      Jago bacot doang. Disuruh terangin ilmu RUDAL langsung diem seribu bahas.. jangan seperti TONG KOSONG NYARING BUNYINYA..

      Hapus
  57. Makanya negara maju punya kartu truup
    Yaitu hipersonik,satan dll Mach -+ 20
    Begitu juga Dongfeng hiper Mach -+ 10 sampai -+ 20 juga.
    Usa juga
    Franc juga
    Inggr juga
    Israel juga,yaitu Arrow
    Arrow ada banyak versi ada untuk Sam,jelajah,balistik
    Jadi batalkan aja beli subsonik sayang uangnya mending beli yg supersonik atau buat sendiri ,.....kalau Uda mampu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla.. bla.. bla..

      Jago bacot doang. Disuruh terangin ilmu RUDAL langsung diem seribu bahas.. jangan seperti TONG KOSONG NYARING BUNYINYA..

      Hapus
  58. TERBAIK.... sebelah makin iri akibat selalu di PRANK...wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paskal tak de telor wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Eh beruk๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง menhan baru ente lebih jujur dari pada ente pur, 11.12 dengan mat sabu wkwkwkwkwkw.....

      Hapus
  59. Paskal tak de telor di lcs,...

    BalasHapus
  60. Pemerintah Indonesia Diminta Tegas dan Serius Jaga Kedaulatan NKRI


    Kapal perang China Xuchang (536) tipe 054A/Jiangkai II-Class terobos masuk ZEE Indonesia di perairan Laut Natuna Utara.
    Kamis, 04-03-2021
    TSM-Belum lama ini, kapal perang Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (People's Liberation Army Navy) atau PLAN menerobos masuk wilayah NKRI. Kapal perang militer China itu berlayar di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) NKRI di perairan Laut Natuna Utara.

    Namun sejauh ini, belum terlihat tanggapan dari pemerintah terkait insiden tersebut. Padahal, kapal negeri Tirai Bambu tersebut patut diduga melanggar kedaulatan Indonesia.

    Pimpinan MPR RI yang juga Anggota Komisi I DPR Syarief Hasan menyatakan, institusinya sebenarnya sudah mengingatkan pemerintah untuk meningkatkan operasi pengamanan teritorial Indonesia atas pelanggaran yang diilakukan oleh negara asing khususnya China. Dan bila terjadi lagi kata dia, maka perlu lebih serius dan efektif sekaligus diplomasi politik. "Agar tidak terulang lagi dan saling menghormati wilayah negara masing-masing," kata Syarief kepada wartawan, Kamis, (4/3/2021).

    Syarief menegaskan bahwa pemerintah wajib memberikan perhatian terhadap kasus tersebut, karena terkait dengan kedaulatan negara dengan mengambil langkah-langkah diplomatik.
    "Harus lebih serius, diplomasi politik itu sangat luas," ujarnya.

    Senada dengan DPR RI, Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (CENTRIS) meminta pemerintah segera memanggil dan meminta penjelasan resmi duta besar China untuk Indonesia, terkait permasalahan tersebut.

    Apalagi yang kepergok bukan kapal nelayan biasa atau kapal coast guard yang sebelumnya sering kali terpantau masuk diperairan Indonesia namun kali ini, yang menerobos wilayah kedaulatan NKRI adalah Kapal Perang Xuchang 536 bertipe 054A/Jiangkai II-Class jenis frigat, yang dipersenjatai alat tempur berat.
    "Berbicara kedaulatan negara, ini tidak boleh dibiarkan mengingat kejadian serupa (kapal berbeda)
    sudah sering kali terjadi. Ajukan nota keberatan, bawa ke ranah pengadilan Internasional atau minimal panggil Dubes China," kata peneliti CENTRIS, AB Solissa kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

    Merunut pada hubungan erat dan perjanjian kerja yang baik antar kedua negara, CENTRIS menilai China sepatutnya menghormati wilayah kedaulatan NKRI seperti yang selama ini dilakukan oleh Indonesia.

    Agar tidak terulang kembali, pemerintah diminta untuk tegas menyikapi peristiwa ini dan mengambil tindakan lebih berani kepada China, agar negeri tirai bambu tersebut tidak lagi mengobok-obok wilayah kedaulatan Indonesia.

    "Kita harus tegas, keras sedikit tidak ada salahnya. Misalnya buat latihan perang di wilayah tersebut atau tempuh dan bawa permasalahan ini pada jalur diplomasi tingkat internasional (PBB)," tutur AB Solissa.

    "Kita apresiasi Pak Syarif Hasan, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat. Meski sibuk menghadapi polemik internal partai, namun tidak melupakan tugasnya sebagai wakil dan menyuarakan suara rakyat diparlemen (DPR RI) khususnya permasalahan kedaulatan bangsa kita," pungkasnya. (Mohammad Atik Fajardin)

    Posting oleh: Sustiana Herru
    Sumber: sindonews.com

    BalasHapus
  61. ADA BERUK KL๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿต SI GEMPUR TOLOL

    BalasHapus
  62. Askar Beruk BERSARONG Berubah Jadi Kecebong.... WKWKWK

    BalasHapus
  63. terbaru kapal perang CHINA pula pusing pusing dalam kawasan negara sebelah guys... mana F-16nya mana kapal PKRnya....wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh BERUK GILA๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿต

      Hapus
    2. Kalo baca berita tuh jgn setengah setengah kapal china sudah di awasi, tak macem sebelah tak de penegasan

      Hapus
    3. hanya diawasi... apa tindakan...??? TIADA...wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. 287 hari di perairan MALON tldm dan apmm mana GUYS .. wkwkwkwkw

      Hapus
    5. Yg ngawasin bakamla, wkwkwkwkw tak macem ccg 287 hari kekal kat beting wkwkwk

      Hapus
    6. Tertinggal ape bang? Die xckp ttinggal pn..

      Hapus
  64. wkwkwkwkkwkw... masa kapal nelayan asing saja berani di tahan kapal perang china bebas semahunya.... wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. CCG 287 hari Kat perairan MALON lagi LAWAK wkwkwkwkw

      Hapus
    2. NELAYAN NGUYEN DAN CHINA RAMPOK IKAN KAT MALON APA TUH, WKWKWKWKWKWKWK

      Hapus
    3. Kapal perang cgina masuk baru 1 kali dan itu di awasi oleh bakamla, tak macrm sebrlah tak de trlor

      Hapus
  65. Bahkan CCG selama 287 hari di perairan MALON wkwkwkwkw paskal yang konon terjaguh itu mana GUYS... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  66. Kasian Askar Beruk Kecebong MalassiaL minim sekali alat hantar bawah air, yang ada pun mirip dengan BananA Bout Tak punya aset senjata bawah air miskin .. WKWKWK

    BalasHapus
  67. itu apa, drone????? kok kotak???? harga berapa, seperti mainan budak sekolah dasar,,,kacian miskinnya ๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkw.... masa tidak tahu itu antara Drone canggih dan terbukti dimedan perang...oh lupa sebelah tiada drone jenis ini.... maklumlah akibat selalu diprank...kerana itu dia tak tahu..

      tak apa saya maafkan kamu...wkwkwkwkkw

      Hapus
    2. Kasihan MALON takde ucav wkwkwkwkw

      Hapus
  68. Tak berbunyi guys.... TAKUTTTTTT.....wkwkwkwkwkw


    Namun sejauh ini, belum terlihat tanggapan dari pemerintah terkait insiden tersebut. Padahal, kapal negeri Tirai Bambu tersebut patut diduga melanggar kedaulatan Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal perang China itu beberapa jam je diperairan Natuna tapi CCG 287 hari Kat perairan MALON wkwkwkwkw bagaikan ukuran semut dan bumi lamanya kapal China di Natuna dibandingkan dengan MALON WKWKWKWKW

      Hapus
    2. Itu kapal china di awasin bakamla, lain cerita kalo letemu pkr beruk...tak macam 287 hari ccg krkal kat beting wkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. EH BERUK KL YANG BODOH DAN TOLOL NGACA WOII OTAK JANGAN DI TARO DI BOOL

      Hapus
  69. kapal perang china pula yang masuk..sebelah diam diam...guys tak bunyi pasal TAKUTTTTT...wkwkkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANA LINK NYA RUKK.....NGA PAKR LINK = HOAX

      Hapus
    2. 287 hari di perairan malon,masa tldm dan apmm tak berani mengusirnya wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Cina kekal 289 hari tak,kl tak kekal berarti cina cuma lewat je wkwkwk

      Hapus
  70. 287 hari..??? Wkwkwkwkw REKOR di DUNIA GUYS... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  71. kemaren motorcycle buat atm ngojek, sekarang paskhal gunakan mainan budak sekolah dasar' oh mungkin paskhal masa kecilnya suram jd minta dibeliin mainan budak sekolah dasar,,,kacian ����������������

    BalasHapus
  72. Woi Pur ngapa CCG sampai 287 hari di perairan MALON wkwkwkwkw ngapa tak diusir wkwkwkwkw

    BalasHapus
  73. ADA BERUK๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    BalasHapus
  74. Kasihan rakyat kingdom of songlap.... Ngomel ngomel disini... Stress berat rupanya... Segera berobat atau sholat biar ga dengki dan iri terus....

    BalasHapus
  75. KASIAN ASKAR BERUK KECEBONG MALASSIAL TAK PUNYA ASET BAWAH AIR, YANG ADAPUN HASIL MODIF MESIN SCOTER VESPA DI TEMPEL BANANA BOUT...WKWKWK LAWAK SANGAT ASKAR KECEBONG MALASSIAL...... ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

    BalasHapus
  76. wkwkwkwkwkw... kata tegas tangkap dan karamkan umpama HARIMAU guys.... ternyata jadi ANAK KUCING guys bila nampak kapal China...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADA BERUK๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

      Hapus
    2. Cina kekal 289 hari kat situ tak,kl tak kekal itu bkn ceroboh,cina cuma lewat jalur laut internasional

      Hapus
  77. ADA BERUK๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    BalasHapus
  78. itu apa, drone????? kok kotak???? harga berapa, seperti mainan budak sekolah dasar,,,kacian miskinnya ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
  79. ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

    BalasHapus
  80. ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’ ADA BERUK STRES

    BalasHapus

  81. ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿคฎ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ’๐Ÿต๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿต๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’ ADA BERUK STRES

    BalasHapus
  82. KASIAN ASKAR BERUK KECEBONG MALASSIAL TAK PUNYA ASET BAWAH AIR, YANG ADAPUN HASIL MODIF MESIN SCOTER VESPA DI TEMPEL BANANA BOUT...WKWKWK LAWAK SANGAT ASKAR KECEBONG MALASSIAL...... ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

    BalasHapus
  83. Wkwk DjI mavic mah terbang g sampe 30 mnt jarak 12 km doang:v

    BalasHapus