01 September 2010

Five Power Defence Arrangements

01 September 2010


Five Power Defence Arrangements (FPDA) adalah kerjasama pertahanan yang ditandatangani pada tahun 1971 antara United Kingdom, Australia, New Zealand, Malaysia dan Singapore.

Dalam FPDA disebutkan bahwa lima negara tersebut akan berkonsultasi bersama-sama untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil bersama-sama atau secara terpisah dalam kaitannya dengan adanya serangan atau ancaman.

FPDA dibentuk setelah UK pada bulan Januari 1968 mengumumkan akan menarik pasukannya dari Malaysia dan Singapore pada tahun 1971. Keputusan bersama akhirnya dibuat untuk memberikan solusi atas kemungkinan serangan terhadap Malaysia dan Singapore setelah pasukan UK meninggalkannya.

Satu dekade awal FPDA masih diisi dengan latihan pertahanan udara sederhana yang terus meningkat, hingga akhir 80-an latihan ini meningkat dari sisi ukuran, ruang lingkup dan kompleksitasnya. Sejak tahun 1997 latihan matra laut dan udara telah digabungkan.

Unsur penting yang terlihat dari FPDA adalah Markas Besar Sistem Pertahanan Wilayah Terpadu (HQ IADS) yang dijabat oleh Marsekal berbintang dua dan memiki personil dari negara anggota dari tiga matra.

Memasuki tahun 2000-an maka latihan ditingkatkan untuk menangani ancaman non konvensional dan peningkatan kapasitas dalam bantuan kemanusiaan dan penangulangan bencana.


(Defense Studies)

2 komentar:

  1. ngaing geus nitah kasakabeh jalma tonggoh wangsa iyeu, yen wangsa indunesa piken ngalaksanakeun teori pertahanan semesta ku konsep MAJAPAHIT. konsep iyeu geus leres pisan, cena mah ngaranna PALAPA. wangsa indunesa kiwari kudu ngalaksanakeun konsep pertahanan semesta tina PALAPA!!!!!!! ASEAN NGABUTUHKEUN PAMINGPIN TINA KONSEP PALAPA, YEN MINIMUM ESSENTIAL FORCE KUDU DIGENTI KANA ULTRA MAXIMUM ESSENTIAL FORCE, NAON HARTOSNA TEH???????? HARTOSNA TI BARETO SAKABEH WANGSA INDUNESA MONTONG DAEK NGABANGSAT!!!!!!! CADU NGAING, SOK BE PIKIRKEUN DAWUHAN NGAING.TI BARETO SAKABEH WANGSA INDUNESA MONTONG DAEK NGABANGSAT!!!!!!!



    SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYA DEWATA
    EMPEROR OF PADJADJARAN

    BalasHapus
  2. Butuh penghasilan lebih? yuk bergabung bersama kami di Anapoker dan Agens128
    minimal deposit hanya 10rb dan proses yang kurang dari 3 menit!
    Kalian bisa juga melakukan transaksi deposit via pulsa loh
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami dan nikmati promo menariknya !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus