14 September 2010

Hari Ini 2 Sukhoi Rakitan Tim Rusia Uji Run Up

14 September 2010

Kedatangan 2 Su-27 SKM (all photos : TNI-AU)

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Tewasnya tiga teknisi dan anggota tim warranty Jet Syukhoi Rusia jenis SU-27 SKM, tidak menghambat proses perakitan pesawat tempur baru tersebut.

Perakitan kini mencapai tahap akhir akhir. Hari ini, Selasa (14/9/2010), direncanakan dua buah pesawat Sukhoi SU-27 SKM yang baru saja didatangkan pada 10 September lalu di Makassar akan menjalani tes run-up.

"Total ada 12 orang, masih ada delapan orang, dan banyak yang lain," ujar Kepala Dispen TNI AU Marsma Bambang Samoedro, Selasa (14/9/2010), seperti dilansir Kompas.com. Ia menargetkan apabila tes hari ini berlangsung lancar, pesawat tersebut akan siap diterbangkan esok hari, Rabu (15/9/2010).


Bahkan hari ini, pihaknya akan tetap tes run-up dengan mesin dihidupkan dan dicek sistemnya apakah berjalan baik seluruhnya.

Kedatangan dua pesawat Sukhoi ini merupakan bagian dari pemesanan tiga buah unit peswat Sukhoi dari Rusia untuk melengkapi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Lanud Sultan Hassanudin Makassar. Satu pesawat lagi akan menyusul tiba pada bulan ini dan melengkapi koleksi pesawat Sukhoi TNI AU menjadi 10 unit.

Alexander, Victor, dan Voronin merupakan bagian dari 12 orang tersebut yang bertugas mengawasi perakitan pesawat Sukhoi hingga layak beroperasi.(*)


(Tribun Timur)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar