23 Februari 2011

Russia Mengirim 3 Helikopter Mi-17V5 Pesanan Thailand

23 Februari 2011

Mi-17V5 untuk Angkatan Darat Thailand (all photos : Komchadluek)

Kemarin jam 14.30 di bandar udara Divisi Penerbangan Angkatan Laut T., A. Chang, Rayong Phala atau bandara Utapao pesawat transport udara besar An-124 milik Rusia mengangkut 3 helikopter Mi-17V5 untuk Angkatan Darat Thailand. 3 pesawat dilengkapi dengan komponen untuk dirakit. Pejabat senior Angkatan Darat dan Penerbangan Angkatan Laut turut menerima dan memfasilitasi untuk dapat dipindahkan ke hanggar helikopter. Menurut pejabat dari Rusia perakitan keseluruhan akan selesai dalam waktu 10 hari.

Tiga helikopter Angkatan Darat ini karena merupakan helicopter besar memerlukan perakitan sehingga untuk kesempatan pertama ditempatkan ke hanggar di bandara untuk Utapao. Perakitan akan dilaksanakan oleh teknisi Rusia sebelum tiga pesawat diserahkan ke Pusat Penerbangan Angkatan Darat.


Wartawan melaporkan bahwa anngaran yang digunakan untuk proyek pengadaan 3 helikopter sebesar 990 juta, termasuk biaya ground maintenance dan pelatihan pilot sebesar 50 juta. Pembelian helikopter Mi-17V5 memiliki dana yang berasal dari pembatalan biaya perbaikan 15 helikopter Huey UH-1 dengan anggaran 999 juta baht. Helikopter MI-17V5 dapat digunakan untuk beberapa misi utamanya untuk transportasi pasukan atau barang. Heli memiliki kapasitas untuk menahan tembakan dari bawah, dan dapat menampung tempat duduk untuk penumpang dengan bagasi untuk 24 hingga atau 36 penumpang plus barang.

Walaupun Angkatan Darat Kerajaan Thailand membeli helikopter dalam versi transport tetapi dapat dilengkapi dengan senapan mesin Mag-58 atau senapan M-60 yang dapat ditambahkan sehingga dapat memberikan misi dukungan tempur udara selain mengirim pasukan. Angkatan Darat membutuhan tambahan helikopter angkut hingga 6 unit, pesanan 3 heli lagi akan dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan misi tranportasi udara bagi Angkatan Darat.


(Thai Recent)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar