08 November 2013

PT PAL Serahkan Satu Kapal Tunda ke Lantamal V

08 November 2013


Kapal Tunda TD Anjasmoro (photo : Kaskus Militer)

Aslog Kasal Resmikan TD Anjasmoro Buatan PT. PAL Indonesia

Pangkalan Utama TNI AL V jajaran Koarmatim mendapat tambahan satu unsur kapal tunda untuk mendukung kegiatan operasional KRI, utamanya KRI yang memerlukan lepas dan sandar di wilayah operasi Lantamal V, khususnya di dermaga Ujung, Surabaya. Kapal Tunda produksi PT. PAL Indonesia yang diberi nama TD Anjasmoro ini diresmikan oleh Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Suyitno, S.Pi, M. M. masuk dalam jajaran Lantamal V dan sebagai Komandan pertama TD Anjasmoro adalah Serma Nav Eko Syamsul Arifien. Acara serah terima kapal berlangsung di dermaga Divisi Kapal Niaga PT. PAL Indonesia, Jum’at (08/11).

Penyerahan TD Anjasmoro ini ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima oleh Direktur Produksi PT. PAL Indonesia Ir. Edy Widarto, MBA, Kadisadal Laksma TNI Agus Setijadi, Komandan Lantamal V Laksma TNI Sumadi dengan disaksikan oleh Aslog Kasal, Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum, Kadismatal Laksma TNI Bambang NR serta Wakil Komisaris Utama PT. PAL Indonesia Bpk. Sunarjo. Kemudian penyerahan Naskah Berita Acara Serah Terima dari Direktur Produksi PT PAL kepada Kadisadal untuk selanjutnya diserahkan kepada Komandan Lantamal V sebagai instansi pengguna. Nama TD Anjasmoro secara resmi digunakan setelah acara pembukaan selubung nama kapal dengan penekanan tombol oleh Aslog Kasal, Pangarmatim dan Direktur Produksi PT. PAL dan disambut tepuk tangan para hadirin dan undangan.

Menurut Aslog Kasal, pengadaan kapal tunda TD Anjasmoro ini merupakan hasil pengadaan kapal baru TNI AL yang dilaksanakan oleh Dinas Pengadaan TNI AL (Disadal) dan dibangun di galangan kapal PT. PAL Indonesia dengan menggunakan dana APBN-P tahun 2011. “Kapal tunda ini telah lulus atas serangkaian uji kelaikan yang dilaksanakan oleh Dinas Kelaikan TNI AL dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)”, kata Aslog Kasal menambahkan.

Sementara itu Direktur Utama PT. PAL Indonesia M. Firmansyah Arifin yang dalam acara tersebut diwakili Direktur Produksi Ir. Edi Widarto, MBA mengatakan kapal tunda TD Anjasmoro ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PT. PAL dalam rangka meningkatkan peran dalam mendukung pertahanan dan keamanan nasional melalui penguasaan teknologi dan rancang bangun.

Dalam laporan kesiapan penyerahan kapal tunda tersebut, Komandan Satgas DN Yekda KCR 60 M dan Kapal Tunda Kolonel Laut (P) Rony Saleh menyampaikan bahwa TD Anjasmoro ini merupakan kapal tunda ke-2 yang dibangun oleh PT. PAL Indonesia yang pembangunannya meliputi 4 tahap yaitu tahap desain, tahap pengadaan material, tahap produksi serta yang terakhir adalah tahap pengetesan (general inspection). Sedangkan tahap pengakhiran dari keseluruhan tahap yaitu dilaksanakannya sea trial di laut pada tanggal 28 hingga 29 Oktober 2013. “Kapal tersebut telah dilaksanakan penilaian oleh Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) pada tanggal 30 Oktober 2013 serta Commodore Inspection pada tanggal 31 Oktober 2013 dengan hasil baik”, jelas Kolonel Laut (P) Rony Saleh.

(Armada Timur)

1 komentar:

  1. Dapatkan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah di agens128 dan juga Anapoker
    banyak promo menarik dan menguntungkan disini :)
    Salah satunya promo menyambut ramadhan dengan bonus besar
    dengan minimal deposit dan proses cepat paling lama 3 menit
    ada bonus cashbacksetiap hari jumat setiap minggunya
    tunggu apa lagi join sekarang juga :)

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus