30 September 2015

TNI AL Targetkan Minimum 154 Kapal Perang Hingga 2024

30 September 2015

Postur TNI hingga 2024 menargetkan armada KRI terdiri dari kondisi minimum 151 kapal perang, standar  220 kapal perang, dan ideal 274 kapal perang. Pada saat MEF dibuat tahun 2004 TNI AL memiliki 137 kapal perang, satu dekade MEF menjadi 145 kapal perang (bertambah 8 KRI dari pembelian baru dikurangi kapal yang pensiun), dan satu dekade ke depan menjadi 154 kapal perang (bertambah lagi 9 kapal) (photo : kaskus militer) 

TNI AL Targetkan MEF 154 Kapal Perang

KBRN, Jakarta : TNI Angkatan Laut dalam rencana strategis (renstra) tahun 2024 mentargetkan sebanyak 154 kapal perang (KRI). Dalam minimum essential force (MEF) tahun 2024 sebanyak 154 KRI dan optimumnya sebanyak 274 KRI.

“Artinya yang sudah tua-tua sudah diganti. 154 KRI itu minimum, kalau optimum itu 274 KRI untuk mengamankan NKRI. Saat ini memiliki 145 KRI, dan kondisinya peremajaan,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana TNI AL M. Zainuddin dalam dialog Pro3 RRI.

Peremajaan kapal, ujarnya, sampai tahap kedua MEF sampai 2015-2019 secara bertahap kapal baru berdatangan. Dari mulai tahun 2015-2016 baik pengadaan di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Kapal selam segera datang, dan rencana ke depan kapal selam kilo kelas, dan 2017 akan datang tiga kapal di Indonesia,” tuturnya.

Dengan datangnya kapal selam itu, jelasnya, akan memberikan hal yang positif. MEF kedua 2019 dan tahapan ketiga 2024 diharapkan MEF sudah terpenuhi semua.

“Kita MEF postur hingga renstra 2024.  Kita sangat membutuhkan bantuan masyarakat maritim, dan itu bisa mengantisipasi kejahatan lautan di Indonesia. Jadi nelayan, dan masyarakat bisa memberikan informasi ke kita,” pungkasnya. 

(RRI)

4 komentar:

  1. sudah cerita lama classic Indonesia ke bobolan laut dan udara elegal fising peyelundupan barang haram narkoba dan bbm pasar enpuk dan tidak bisa di tangani oleh kapal kcr berukuran kecil baru mutar berpatroli di pinggir laut habis bahan bakar gak efisien . tni Indonesia luas nusantara butuh kapal besar se class mistral , real fregat dan destroyer dan tindakan kebijakan yata dari pusat kapital Jakarta .

    BalasHapus


  2. Obat Vitiligo Yang Ampuh Not only good for health but also very useful for the treatment, Ace maxs made from mangosteen peel and soursop leaves, Had a very remarkable properties. Because the content is owned mangosteen peel is needed by the human body.recent post-


    Jelly Gamat

    BalasHapus


  3. Obat Vitiligo Yang Ampuh Not only good for health but also very useful for the treatment, Ace maxs made from mangosteen peel and soursop leaves, Had a very remarkable properties. Because the content is owned mangosteen peel is needed by the human body.recent post-


    Informasi Seputar ISK

    BalasHapus
  4. sebagai negara dengan luas perairan lebih besar, wajar saja sih kebutuhan kapal perang tni juga cukup besar.

    BalasHapus