26 Desember 2019

Ekspor Senjata Indonesia Membukukan Pertumbuhan Signifikan

26 Desember 2019


Kinerja ekspor industri pertahanan Indonesia (graphic : Akurat)

Menhan Gencar Promosi Senjata Made in RI, Prospeknya Cerah!

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tengah gencar memasarkan produk persenjataan Indonesia ke berbagai negara. Negara-negara Asia hingga Afrika menjadi target ekspor senjata made in Indonesia.

Contoh, beberapa waktu lalu Prabowo menerima kunjungan kehormatan Menhan Ghana Dominic BA Nitiwul. Kunjungan itu dilakukan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara, lebih khusus lagi dalam rangka penjajakan kerja sama di bidang pertahanan.

"Indonesia terbuka terhadap semua hal positif yang memungkinkan adanya kerja sama saling menguntungkan dengan sahabat mana pun, termasuk dengan Ghana. Salah satu potensi yang dapat dikerjasa makan antara Indonesia dan Ghana adalah dalam hal produk-produk industri pertahanan," kata Kapuskom Publik Kemhan Brigjen Totok Sugiarto. 

Dalam pertemuan itu, Prabowo menyampaikan kepada Menhan Ghana terkait kemampuan yang dimiliki Industri pertahanan Indonesia. Poin yang dibicarakan Prabowo di antaranya kemampuan PT Pindad, PT PAL Indonesia, PT DI, dan PT LEN Industri.



"Indonesia memandang negara-negara kawasan Afrika Barat termasuk Ghana sebagai negara penting dan dapat menjadi mitra bagi kerja sama produk-produk industri pertahanan Indonesia dan juga kerja sama pertahanan strategis lainnya," kata Prabowo.

Kemarin, Prabowo menerima kunjungan Menteri Pertahanan Laos Jenderal Chansamone Chanyalath. Prabowo juga konsisten menawarkan dan memperkenalkan produksi-produksi senjata Indonesia khususnya yang di produksi oleh PT Pindad. Republik Laos yang tidak memiliki angkatan laut tertarik dengan industri senjata Indonesia.

Ekspor Senjata dan Amunisi Tumbuh Pesat

Alat-alat persenjataan adalah produk industri manufaktur yang punya potensi cerah di pasar ekspor. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa ekspor senjata membukukan pertumbuhan signifikan.

Pada Januari-September 2019, BPS mencatat ekspor senjata dan amunisi Indonesia bernilai US$ 479.500. Memang sangat kecil dibandingkan total ekspor yang mencapai US$ 124,17 miliar, tetapi ekspor senjata dan amunisi tumbuh 500,26% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.



Pada sembilan bulan pertama 2019, negara tujuan ekspor utama senjata dan amunisi Indonesia adalah Afrika Selatan. Nilainya tercatat US$ 284.832, melonjak 9.319,05% dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Negara tujuan ekspor terbesar adalah Belgia. Negara pembuat senjata api merek FN ini mengimpor senjata dan amunisi dari Indonesia senilai US$ 111.889 pada Januari-September 2019. Naik 110,43% secara year-on-year (YoY).

Kemudian ada nama Jepang sebagai negara tujuan ekspor ketiga terbesar. Negeri Matahari Terbit mendatangkan senjata dan amunisi dari Indonesia senilai US$ 43.253.

Negara-negara ASEAN Minati Kendaraan Tempur Buatan RI

Itu dari sisi senjata dan amunisi. Ternyata Indonesia juga mengekspor kendaraan tempur dan bagiannya ke berbagai negara. Nilai ekspor produk ini adalah US$ 1,07 miliar selama Januari-September 2019, atau naik 37,88% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jauh lebih tinggi ketimbang senjata dan amunisi, karena harganya memang lebih mahal.



Ke mana Indonesia mengekspor kendaraan tempur dan bagiannya? Ternyata Filipina menjadi negara yang paling berminat terhadap produk-produk tersebut.

Sepanjang Januari-September 2019, ekspor kendaraan tempur dan bagiannya ke negara tetangga sebelah utara Indonesia itu bernilai US$ 495,97 juta. Naik 37,02% dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Di posisi kedua ada sesama negara Asia Tenggara, yakni Vietnam. Negeri Paman Ho mengimpor kendaraan tempur dan bagiannya senilai US$ 234,79 juta pada sembilan pertama 2019. Angka ini naik 88,07% dibandingkan Januari-September 2018.

Lagi-lagi dari Asia Tenggara, Thailand menduduki peringkat ketiga negara tujuan ekspor utama kendaraan tempur dan bagiannya. Pada Januari-September 2019, ekspor kendaraan tempur dan bagiannya ke Negeri Gajah Putih bernilai US$ 100,36 juta.

(CNBC)

139 komentar:

  1. Malaydog ekspor apa ? Nak ekspor dzobor keeeeeeee

    BalasHapus
  2. absen pagi guys.. smoga sehat selaluπŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman mas.. lg nongkrong d pos monyet nich🀣

      Hapus
    2. Kalo ada yg ngintip sembunyi2 di tulup aja monyetnya 😁😁😁

      Hapus
  3. Tapi kita masih kalah dengan Malaysia yang boleh ekspor vitaberapi kat planet namex

    BalasHapus
  4. And where is your own CG mr.unknown ? says their own people, sleeping ? Hiding ? pretending doesnt know anythin ? take annual leave for christmas eve ? on vacation ?

    https://twitter.com/rdmartinson88/status/1208594192030679042/photo/1

    https://twitter.com/rdmartinson88/status/1209315847816318976/photo/1

    Coward ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pretending doesn't know anuthing ..hahahaha ...dalem banget kalimatnya ... πŸ˜πŸ˜€πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜…

      Hapus
    2. yg ngusir malah IDNCG wokaeokawok

      Hapus
    3. Mereka sudah bertindak kok.

      Shadowing dari dermaga pelabuhannya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Mas @kautsar mirip lyricnya si Chaka Khan "Kekasih Bayangan"

      "AKU TAHU ENGKAU
      SEBENARNYA TAHU
      TAPI KAU MEMILIH
      SEOLAH ENGKAU TAK TAHU"

      🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Nggilani kalau gw bilang sih...
      Apa sedemikian takutnya mereka sama CG China ?? Itu udah bebas masuk wilayah siapa sih ? Malah CG RI yg bergegas maju sementara mereka yg punya wilayah tetap santai sambil maenan pesbuk 🀣

      Hapus
    6. "..aku mundur alon alon, mergo sadar aku sopo.."

      😁

      Hapus
    7. ☝esok2 wis melo..πŸ™„πŸ™„πŸ€”πŸ˜πŸ˜

      Hapus
    8. Mat sabu: CG China sangat besar, kita tak bisa lawan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. Mat sabu : hemat solar, waspada jaring Nguyen.

      Hapus
    10. Memalukan. Kerajaan semenanjung tiada harga diri πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
  5. Dahulu malon dapat TOT vital birahi dari mana ya ? 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahulu kala dikisahkan ada seorang bomoh yg sdng wet dream,lalu dimimpi itu dia didatengi raja jin yg di pertuan agongkan penunggu pohon asem lalu bomoh itu diberi blueprint vitabirahi type unlimited ammo dan scope infra 69xxx yg bs menscope tembus pandang jamban pny IB,tdk lupa dilengkapi sensor pencari dubor

      Hapus
    2. DARI BULAN PURNAMA, SEMASA LAGI KONGKE ANAKNYA MUNCUL LA IDE IDE BUAT SENJATA ALIEN VITA BERAPI

      Hapus
  6. Meningkat tapi masih mendapatkan kerugian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq minta uang komisi 15% plus uang kopi saja. By Mr kroni πŸ˜€

      Hapus
    2. Drpd menurun dan mendapat kerugian, itu masih plus..

      Hapus
  7. Thn 2019 di Asean Phil, Viet dan Thai sudah import dari RI.

    Meanwhile Afsel, Belgium and even Japan also import weapon from Indonesia.

    Kami memberi bukti bukan blah blah blah hoax too much talk Kakehan cocot.. πŸ˜πŸ˜πŸ€ŸπŸ‘

    BalasHapus
  8. Joss...!!!! Bukti TOT yang dimanfaatkan dengan baik tidak seperti..(isi sendiri)...
    Penub Hoax tipu2

    BalasHapus
  9. Wow Indonesia can export weapons abroad ... on the other hand there are neighboring countries that do not have any expertise in making and producing weapons...because they are stupid and lazy people...

    BalasHapus
  10. Good for u guys..seharusnya nawar ke negara tetangga duluan..negara afrika? Mereka mmg beli sekadar ada bukan yang terbaik..masih juga lebih bagus dari malaysia yang industri utk kegunaan sendiri sahaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho bukanya vitaberapi sudah ekspor kat planet namex

      Hapus
    2. Hahaha berarti mahatir beli cn 235 VVVIP PT.DI termasuk diantara beruk bodoh...oh maklum aircrot tak mampu produksi aircraft,hanya berjaya produksi stiker hahaha

      Hapus
    3. Kok lucu ya namanya belajar/ToT/lisensi, pastilah dapat ilmu yang kemudian dapat mendesain sendiri, dijual keluar negri, mendapat nilai tambah/devisa karena beli+ToT itu lebih mahal dari beli tanpa ToT misal beli gempita seharga abrams itu kemudian hari harus bisa ekspor, kalau tak boleh ekspor berarti ToT gagal total, cuma dapat wang kopi je

      Hapus
    4. "..malaysia yang industri utk kegunaan sendiri sahaja.."

      ===
      Walau mahal, rasuah, bikin budget habis, merugikan & tak jadi profit tak apa..

      Yang penting bisa gaya buat modal sombong ya lon..

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Asli sakit mental mereka..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. tumben lo rada sadar pir.., obatnya diminum terus ya biar gak idiot n jealous terus

      Hapus
    7. Itu memang faktanya mas faktanya, malonyet dalam pengadaan paket senjata selalu ada embel embel tambahan wang kopi rokok,biar sedap rasanya,tak perduli dapat TOT atau tidak yang penting kantong bertambah tebal dan perut makin besar...makin disayang pasangan sejenis ...maklum homo

      Hapus
    8. Logika aneh dr beruk malon, kalo lo bikin nasi lemak terus cuma di makan sendiri sama orang bikin nasi lemak utk dimakan dan dijual bijimane ceritanya nasi lemak yg laku dimakan banyak orang tidak lebih baik dr nasi lemak yg dimakan sendiri kohkohkoh bilang aja lo ga dpt lisensi jual ke luar alias pihak pertama gamau produknya dpt cap beruk karna tiada kuality, sdh diberi blueprint saja masih bisa salah design itu contoh paling mendonia

      Hapus
    9. Masih aman dipakai dlm negeri kan..good enough for me haha..yang penting penuhi kebutuhan dalam negeri duluan

      Hapus
    10. Bayar pakai daun?

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    11. 🀣🀣🀣 beruk malon cakap sembang je...

      Hapus
    12. Afrika selatan belgia dan jepang impor dari indonesia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Malon idiot sudah eksport apa??

      Hapus
    13. Maksudnya wang kopi rokok untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan dalamnya kantong ya fier????

      Hapus
    14. Xavier admin isuzu sebelah deftech, lu kan yg print sticker untuk GEMPITA, udah eksport kemana itu Gempita??

      Hapus
    15. Gempita paling jauh export ke Sabah dan Serawak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    16. baguslah kalau ri bisa eksport ke merata dunia..tapi jangan paksa2 negara lain juga ikutan eksport..sesuatunya harus ada pertimbangannya..bukan semuanya harus berlumba..yang paling penting kebutuhan dalam negeri

      Hapus
    17. Bilang aja enggak bisa eksport idiot sih

      Hapus
    18. EMANG NGAK BISA JADI BUAT DUIT DALAM NEGERI AJA HA HA

      Hapus
    19. Gempita Tot apaan..wkwkkwkk
      Uda liat produksinya cuma assembling aja..semua komponen di datangkan dari turki.
      Tak de steel cutting...welding.
      Cuma rakit je..tempel stiker 😁

      Hapus
    20. Beda jauh sama fasilitas produksi PT.Pindad.
      Bahkan pindad punya divisi tempa & cor

      Hapus
    21. Xavier@ kebutuhan dalam negeri apa,nak ganti Mig29 tak de Wang,nak ganti Nuri tak de wang,nak ganti jerong & handalan class lapok tak de Wang,nak MRSS,nak bawa balik paladin,nak MRCA,nak MD530 semua2 pun tak de wang... kebutuhan dalam negeri apa yg ko nak penuhi bila tak de wang 😁😁

      Hapus
    22. Tempel sticker sama pasang baut doang di bilang bisa buat sendiri kau ini lon malon idiot kok jadi gaya hidup

      Hapus
    23. Gentle jg ente pir... 😁

      Hapus
    24. Malon cakap "Indo mendonia"...


      Dunia jawab "emang iya, so what gitu lo"...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    25. xXavier,,,korang jadi beli mrss pt tak,,,mrss pt ok punya loh xXavier,,,cocok buat ATM malaysia,,,indo siap nak hantar mrss ot pal kat malaysia ,,ok

      Hapus
  11. Malonyet membukukan peningkatan produksi eksport dadah,eksport baju bekas,eksport hoax,eksport benda black market,eksport barang curian terbesar di asia

    BalasHapus
  12. OBVIOUSLY THOSE BERUK MALON AND LOW IQ PEOPLE ☝️☝️☝️☝️☝️☝️☝️☝️☝️☝️☝️ ARE JEALOUS OF DEPOK.




    WKWKWKWKWKWKWKWK


    DEPOK MOVING FORWARD WHILE......

    IDIOT BERUK MALON MOVING BACKWARD πŸ“ŒπŸ“ŒπŸ“ŒπŸ“Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah takdir mas...malonyet ditakdirkan ALWAYS MOVING BACKWAED karena kebanyakan hisap dadah

      Hapus
  13. rusia yg notabene raksasa alutsista, masih impor sama indonesia

    BalasHapus
  14. Indonesia hanya menawarkan kepada negara-negara yang realistis bukan ke negara yang suka menghayal terus tanpa ada tindakan untuk mewujudkannya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malonyet beli kok buktinya PM Mahatir gunakan CN 235 VVIP untuk air force onenya,namun malonyet bernama xkafier tidak mengakuinya

      Hapus
    2. Mengkhayal, mimpi memanjang akan barang fancy tapi no action. Akhirnya cuma jongkok berak di celana πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Lon Malon......

      Hapus
  15. Deftech,Boustead,Stride mengincar konsumen negara negara Arab

    Pangeran arab sudah berkunjung ke boustead untuk melihat pembuatan kapal Salah Potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan pangeran arab akan menertawakan mereka seraya berkata dasar monyet bahlul...😁😁

      Hapus
    2. Harus banyak belajar ToT dari algojo arab supaya tidak salah potong πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Kalo algojo arab ahli potong kepala,kalo algojo boustead bekas tukang sunat pelir

      Hapus
    4. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.....kapal KD Maharogolela bentuk nya seperti pelir monkey

      Hapus
    5. kd maharogol sedang di kongkek bro sama bumi putra,,,hahaaaa

      Hapus
  16. US aja impor peluru tajam dri Pindad krn kualitas nya terbukti bisa jebil rompi anti peluru lagi hihu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malonyet import jubor goyang goyang elektrik untuk membantu masalah lelaki malon yang kesepian ditinggal selingkuh pasangan sejenis

      Hapus
  17. BANGSA MALAYDOG MALAYDOG SIAL TAK PERCAYA INI,, MALAYDOG MALAYDOG SIAL KAN NEGARA MAHA KAYA, NEGARA MAHA ROGOL, NEGARA MAHA PANDAI πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ PANDAI ROGOL ANAKNYA

    BalasHapus
  18. Vita berapi peluru laser dari plasma sawit sudah di pesan oleh menhan pluto, dan Kereta terbang sudah di pesan menhan saturnus


    wkwkwkwkwk ..... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  19. Intine....stop ngidam barang seken, mentah-mentah ⛔️

    Luweh becik ngupoyo alutsista sing iso direko doyo supoyo ono nilai tambahe neng dalam negri, njur akhire iso diekspor meneh.....ojo niru bos Edi sing seneng ngekspor benih lobster, sing mung nyugehke vietnam lan poro makelar/penanam saham hatchery lobster πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. @pedang setan Bumerang untuk quote dari om hari ��

      Hapus
    2. lhoo.. emang kagak mau bekasan S3 viking, P3 Orion, Ticonderoga class..

      Jangan bilang masih mau nolak juga klo Mba Raisa udh resmi pegatan ama babang hamish yaahhπŸ€£πŸ˜†πŸ˜†πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

      Hapus
    3. Kuwi kamsude mas boy gak mau nolak babang hamish-nya tha..?😱

      Nyebut mas boy, nyebuut...😨😰



      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. whaahahaha..🀣🀣 emang eke lekongπŸ™ŠπŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

      Hapus
  20. eksport dan nanti punya predikat batle proven. weih mantap markantap

    BalasHapus
  21. Berita gini di Forumil Malonyet...bakalan dianggap..HOAX...

    =====malon..malon...sirik iri dengki sombong dan congkak….ngga pernah habis

    BalasHapus
  22. Mantab, membanggakan kl emg udh bisa ekspor,tp rapor masih merah..

    Sri Mulyani Indrawati membuka data Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masih menderita kerugian. BUMN ini masuk ke daftar penerima penyertaan modal negara (PMN) di 2018 kemarin.

    "Kerugian pada 7 BUMN yaitu PT Dok Kodja Bahari, PT Sang Hyang Seri, PT PAL, PT Dirgantara Indonesia, PT Pertani, Perum Bulog, dan PT Krakatau Steel," ujar Sri Mulyani saat melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Senin (2/12/2019).

    Harus bisa evaluasi utk peningkatan kinerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krakatau Steel perlu dibersihin juga, banyak anak perusahaan yg gajelas

      Hapus
    2. Dar dar masih aje nyinyir, emang ente pikir membersihkan benalu di tubuh BUMN yg sudah terjadi sejak jaman orde baru semudah membalikkan telapak tangan???? Yg membuat BUMN rugi itu adalah anak usaha nya yg kebanyakan jd benalu, tp semua itu akan bersih kelak karena anak usaha BUMN dan BUMN yg tak berfungsi yg jd benalu bakalan dilikuidasi.

      Hapus
    3. Positif nya indonesia ketimbang malon monkey adalah indonesia ada aksi untuk memperbaiki kesalahan2 masa lalu dan ada aksi proses hukum untuk pelaku2 rasuah' meski belum sempurna 100% tp ada upaya untuk memaksimalkan berjalannya proses2 perbaikan sistem.

      Hapus
    4. semua bumn di jadikan sapi perah karatau steel garuda pelaku nya penguasa maling triak maling contoh si erick thohir tampil paling depan kasus garuda giliran di tayak jiwasraya pucat pasi ujung ujung radikal radikul bro 😁

      Hapus
    5. please raden@ jangan sok sok hebat gatur gatur negara orang ..kamu sendiri belli.pulsa masih gos gosan tahu diri lah kawan 😁😁😁😁

      Hapus
    6. Ngomong opo Kowe ? Jiwone keno loro πŸ˜€

      Hapus
    7. Kerua suku...selamat hari natal ya bro...

      Hapus
    8. Hairus baukaki tolol nongol, ente mau ngebahas jiwasraya???? Silahkan aje buktikan siapa yg bermain, jangan ente gagal move on karena TOLOL lalu ente salahkan pemerintah, emang pemerintahaan ini jauh lebih bagus kok dr pemerintahan sebelumnya,,,kadrun kelaut aje πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. si maneersakti@ keliatan nya baik hati makasih bro ..beda si raden@ belli puksa belom betol gaya seperti sultan😁

      Hapus
    10. bwahahhahahaha.. beruk2 MALONS IDIOT kepanasan jealous langsung keluar... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Nak tanye boleh tak.. MALONS LOW IQ senjata apa yg sudah diekspor..??? wkwkwkkwkwk..

      Melayu pukimak MALON cuma pandai melancap dan hisap dadah dlm jamban je... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    11. Ndar,semua BUMN dari zaman eyang Soeharto dah pada bermasalah kerna gk di urus dgn benar,ngerti ora

      Hapus
    12. @MR
      Yaa tau bermasalah, makanya itu sy bilang perlu dievaluasi untuk meningkatkan kinerja

      Hapus
    13. Lw bantu dong kl masih kurang ndar... 😁

      Hapus
    14. Iskondor...bs nya koment doank ,bantu donk kasih solusi...macam betul aja hidup loh ndor...hahaha

      Hapus
    15. Wakakkaa....ketua suku beruk ngamuk...cb lo lihat malon...berapa banyak perusahaan malon macam bastard,Aircrot,deftech yg jd ladang bagi bagi uang kopi...hahaha
      Produksi sendiri aja gagal gmn mau eksport...hahhaa

      Hapus
    16. He Hairus baukaki udah di sodomi malon belum? 😁

      Hapus
    17. gk usah komen km dar kalau kau tak mampu berguna buat bangsa,,,kami memang tak berbuat sesuatu untuk bangsa ini,,tpi kami tidak pernah menghina negri kami tercinta,,,tak macam kau yang banyak bicara namun nol besar di otak mu

      Hapus
    18. Gak seperti Protol malon yang bangkrut jual kat cina, sekarang dah ganti stiker Geely πŸ™ŠπŸ™‰πŸ™Š

      Hapus
  23. Ketua suku. monyetnya babi lo ngomong aja dikerajaan beruk lo nyet malazing idiot asia

    BalasHapus
  24. aku okey saja kalau ngak bisa diimport asalkan kebutuhan dalam negeri dipenuhi..kalau negara lain sudah tidak mau buat apa dorong2 haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebutuhan dalam negeri apa sahaje yg telah dipenuhi malon 😁😁

      Hapus
    2. Jubor perawanπŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    3. Kg dorong2 jg,ilmu marketing ya gt mas, hasil akhirnya tergantung calon pembeli.. ya silahkan beli jika minat, kl tdk ya tidak usah dipaksakan... Itu kan tender terbuka, ada 3 perusahaan yv ikut jika anda merujuk pengadaan philipines,

      Hapus
  25. satu yg mengganjal dihati... kok ngk ada nama MALON ya..?? Ini MALONS LOW IQ gengsi..?? miskin..?? wang tak ade..?? kahkahkah..

    padahal negara2 yg nyata2 sudah maju macam jepun, Belgia, Rusia saja memborong senjata made in Indonesia.. Dimanakah negara MALON..?? kahkahkahkah..

    SALAM KD SALAH POTONG...? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Australia jgn lupa bro dah pesan 3 biji CN-235 ke PT DI

      Hapus
    2. tetangga kesayangan adalah salah satuw loyal kastamer kita.
      pesawat fetedei dibeli
      rhib bot pt lundin dibeli

      cuman ituw dulu om bagaz, skrg lg bokek..sabar yak haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    3. bro pit kmna saja dirimu,,,mari kita berbincang dengan si xXavier yg selalu pnasaran dengan kemampuan negri kita ini,,xXavier dimana korang,,sila kita diskusi ok,,,hahaa

      Hapus
  26. VERY POOR QUALITY AND UGLY DESIGN.SHAME

    BalasHapus
    Balasan
    1. U said like caused ur country malon can't make anything better except rasuah 😁😁😁

      Hapus
    2. Mak kau lon ugly dezain 😁😁😁

      Hapus
    3. Titit mahatir ugly disegn salah potong

      Hapus
    4. LOW IQ UGLY MALAYDOGSIAL ALWAYS JEALOUS 😁

      KIH KIH KIH

      Hapus
    5. Malays low argue... Only Talk active like monkey...πŸ’πŸ’πŸ’

      Hapus
  27. namanya jugak BUMN, selama negeri ini penduduknya masi bernafas maka bumn ituw tetep ada.
    problem bumn pasti ada zalan keluarnye.
    kuncinya adalah waktuw haha!⏰⏰⏰

    BalasHapus
    Balasan
    1. bumn klo masi produktif tp py neraca rugi, hrs diliat masalahnya jgn pukul rata smua sama haha!🀐🀐🀐

      kerna ada bbrp "BUMN Strategis" merugi kerna menjalankan "TUGAS NEGARA"

      semisal pt pal nich:
      pt.pal dpt "TUGAS NEGARA" buat kapal selam oleh stekholdernya.

      kerna ini proyek mulai dari nol, maka
      pt.pal butuh apred fasilitas bangunan, alat perkakas & produksi kapal selam militer yang sama persis seperti fasilitas kapal selam milik DSME koryo.

      otomatis smuanya butuh investasi baruw yg mahal.
      biaya fasilitas produksi kasel tahap pertama milik pt pal aje uda nilainya hampir setara 1 kapal selam CBG haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      kalo smua biaya fasilitas kapal selam dibebanin ke PT. PAL ituw = bikin bangklut gaes haha!🀣🀣🀣
      kerna pasti beban biaya yg dikeluarkan pt pal ituw gak sebanding dengan keuntungan yg didapat dari tiap proyek bangun kapal selam selama proses "TEOTE".

      periode laluw, pemerintah uda nyetor sebagian biaya bernilai ratusan juta dolar utk proyek kasel. sebagian lg ditalangin fetefal.
      dari satu proyek aja uda kliatan neraca fetefal gak imbang.
      apalagi proyek2 "TEOTE" seblomnya haha!🧐🧐🧐
      jadi klo ada mahluk yg "NYIYIR" ama BUMN yg merugi kerna jalanin "TUGAS NEGARA"...awas! jidatnya ude guwe incer gaes haha!πŸ’£πŸŽ―πŸ’£

      Hapus
    2. Hahah..logika cocokologi yg luar biasa. Lanjutkan

      Hapus
  28. Malon jealousy cakap "Indo mendonia"...


    Dunia jawab "emang iya, so what gitu lo"...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  29. Ada yg tau nilai expor narkoba malon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemasukan terbesar negara malon itu, pertoan agong melegalkan untuk diekspor kat jirannya

      Hapus
    2. export dedah malon mabuhay sangat,,,

      Hapus
  30. xXavier sila ATM beli anoa 6x6 pt pindad untuk mengganti condor lapouk korang,,,indonesia siap nak exsporr anoa kat malaysia jika ATM ingin anoa 6x6 indo punya,,,,


    https://jakartagreater.com/malaysia-berencana-mengganti-apc-condor/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si kafir pasti belagak nolak S.O.P malon .... Biar Miskin Asal Sombong .πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  31. Malays low argue... Only Talk active like monkey...πŸ’πŸ’πŸ’

    BalasHapus
  32. Pengin ketawa liat komentar di atas πŸ˜…πŸ˜πŸ˜πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus