28 Desember 2019

Scud Ballistic Missile : Southeast Asia's Strongest

28 Desember 2019


Scud ballistic missile of Vietnamese Army (all photos : Soha)

At the 30th anniversary of the All-National Defense Day, the 75th anniversary of the Vietnam People's Army took place on December 21 in Hanoi, the first time the ballistic missile system of Vietnam was be publicly launched.

Although it has been in service for a long time, this is the first time the Scud tactical ballistic missile system of Vietnam has been publicly launched.

According to Stockhom International and Peace Research Institute (SIPRI), in 1981 Vietnam received several mobile launchers and dozens of Scud-B bullets.

R-17E is a ballistic missile of the 9K72E Elbrus export and tactical ballistic missile complex. However, normally the West still calls the same name for the whole system - the Scud ballistic missile.

R-17E rocket has a length of 11.25m, body diameter of 0.88m, weight of 5.9 tons.



The rocket is equipped with the Isayev RD-21 liquid fuel engine (fuel components include TM-185 combustion, AK-27I oxidants and TG-02 launch fuel).

Navigation system uses 3 gyroscopes to allow relative accuracy, radius of target deviation 450m.

R-17E is designed to carry an explosive warhead that usually weighs 1 ton or a 5-70 kiloton nuclear warhead, a chemical warhead.

With explosive warheads, the impact speed of 1.4km / s will create a pit of 1.5-4m deep and 12m wide.

The R-17E rocket is mounted on the 9P117 Uragan mobile launcher based on the MAZ-543 heavy-duty transport vehicle chassis.

When launched, the rocket will be erupted vertically and fired (before it takes time to refuel, launch the target parameter).



By this time, Vietnam was the first and only military in Southeast Asia to have a Scud tactical ballistic missile in service.

Also according to SIPRI, in 1998 Vietnam purchased from North Korea dozens of short-range ballistic missiles Hwasong-6 (Mars 6), this is a copy based on the Scud-C prototype.

Compared to the Scud-B, the Hwasong-6 increased its launch weight to 6,400 kg, and its range soared to 600 km.

Recently, in order to ensure Scud missile technical ability to be ready for combat, the technical units of the Vietnam Missile Brigade had many initiatives to improve the components for the missile to work well.

This number of B and C Scud missiles is considered as one of the powerful weapons of Vietnamese artillery force at present.

(Soha)

119 komentar:

  1. Ndar,viet nguyen mantap yo 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada istilah kesimbngan kawasan... Bebas aja beli apapun...

      Plus punya wang pulak... Beda dengan jiran satu yg katanya grade A dan mendonia..😂😂😂

      Hapus
    2. Kita beras aj impor dr Vietnam,,

      Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita memastikan bahwa impor beras sebanyak 670 ribu ton dari Vietnam sudah masuk ke Indonesia. Angka impor ini adalah realisasi dari total izin impor beras sebanyak 1 juta ton.

      "Sebagian sudah ada kan yang masuk. Sudah 670 ribu ton, itu kan bagian dari itu [satu juta], dan itu ada di lamannya [pemerintah] Vietnam," ujar Enggar di Kementerian Perdagangan Jakarta pada Rabu (23/5/2018). Ini th 2018 aj.. selain itu Vietnam jg impor tuna dr Indonesia tp ngambil sendiri di Natuna,,

      Hapus
    3. ndar vietnam setrong ndar 😆

      Hapus
    4. Ndar mgaku serumpun Viet rupanyer... 😂

      Hapus
    5. Bagus dong Indonesia bantu petani Viet....tapi tidak selamanya beras akan Import terus...sebentar lagi kalau bendungan2 yg lagi dibuat ..selesai pengerjaannya, kita bisa swasembada beras lagi...

      Hapus
    6. Ndar,kalo gk import ntar emakmu kalo beli beras hargane 100 ribu perliter 😁😁

      Hapus
    7. Ga pernah ngaku serumpun,, presiden aj memberi perhatian

      Akibat perang dagang AS-China, sepanjang Juni-Agustus terdapat 33 perusahaan yang merelokasi pabriknya keluar dari Tiongkok.

      Vietnam adalah negara yang paling banyak menerima limpahan perpindahan pabrik dari Tiongkok, sebanyak 23 pabrik. Sedangkan sisanya ke Thailand, India, Malaysia, Kamboja, Meksiko, dan Serbia.

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan tidak adanya perusahaan yang merelokasi pabriknya ke Indonesia. “Tidak ada yang ke Indonesia. Tolong ini digaris bawahi. Hati-hati berarti kita punya persoalan yang harus kita selesaikan,” ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (3/9).

      Tuh presiden aj bilang begitu,, kita mengapresiasi dan waspada bukan berarti serumpun,, bukaken wawasanku,jembarno atimu le,,

      Hapus
    8. Rapopo toh ndar sing penting raksasa Korea dan perusahaan minyak terbesar dunia Aramco dari Arab Saudi dah tanam investasi di Indonesia dgn dana ratusan triliun dollar US ndar,kalo investor dari Tiongkok itu mah duitnya cetek ndar 😁😁

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Bwahahaahhaa.. beruk MALONS pura2 jadi orang Indonesia sok2an.. Hellooooww Iskandar A.K.A beruks MALONS..

      Kau lihat tuh blok masela, TTP Tuban, Smelter Lithium di Minahasa utara, Kereta cepat(HSR) jakarta-Bandung.. jika digabung nilainya mencapai kira2 $50 billion dollar... wwkkwkwkwkwkk.. dan masih banyak yg lainnya...

      MALONS JEALOUS ke..??😂😂😂😂

      Hapus
    11. Rempit kl omong pake data apa, apa pake dengkul?

      Kepala BKPM Thomas Trikasi Lembong memaparkan ada lima negara dengan investasi terbesar di Indonesia dari total PMA dan PMDN. Adapun di antaranya:

      1.Singapura sebesar 24,5% atau US$ 1,7 miliar

      2.Jepang sebesar 17,5% setara US$ 1,2 miliar.

      3. China 16,2% sebesar US$ 1,1 miliar.

      4. Hongkong 10,4% sebesar US$ 0,7 miliar.

      5. Belanda 5,3% atau sebesar US$ 0,4 miliar

      Aramco baru mau investasi, kl yg sdh investasi Rosneft dr Russia (kerjasama Pertamina-Rosneft) di GRR Tuban.

      Hapus
    12. Bagas, ak mesakke mbek awakmu, isini utekmu gur Malon tok, negoro sak upil kog mbok piker

      Hapus
    13. bwahahhahahaa.. Blok Masela $20-40 billion dollar, Kereta cepat HSR $5 billion dollar, Smelter Lithium $10 billion dollar kau kemanain ruuukkk.. beruk MALONS..?? wakakakakka..

      beruk2 melayu MALONS kalah debat dibidang militer dan selalu dibully forumer Indonesia sekarang mulai pindah topik ke Agama dan ekonomi.. wakakakakkakaa.. mentality pengecut khas melayu MALONS.. 😅😅😅😅😅😅😂😂.. ok ane ladenin..

      Hapus
    14. wakakakakkakaaa.., bodo amaatt.. sampai kapanpun melayu MALONS akan selalu menjadi duri di Nusantara,, sejarah membuktikan.,


      sejak si penghianat PARAMESWARA mendirikan Kerajaan MELAKA , pendudukan portugis, pendudukan penajajah Inggris sampai sekarang.. beruk2 MALONS akan selalu menjadi musuh yg nyata bagi bangsa Indonesia.. kahkahkahkah..

      SEKARANG MELAYU MALONS LEBIH BANGGA SERUMPUNAN DENGAN BANGLA DARIPADA INDONESIA.. fact.. bwahahahhahaha.... 😂😂😂😂

      Hapus
    15. Sekarang kami mau berkiblat ke sodara tua kami indo. Apa lagi sekarang ini indo semakin menguat. Ga bisa ditolak karna kami juga bagian dari nusantara

      Hapus
    16. bwahahahhahaa... Najis sodaraan dengan MALONS LOW IQ., ngemis2 minta serumpunan dengan Indonesia setelah melihat kemajuan Indonesia terutama dibidang tekhnologi militer.. 😂😂😂

      FAKTANYA SEKARANG MELAYU MALONS LEBIH NYAMAN DAN BANGGA SERUMPUNAN DENGAN MAT BANGLA.. kahkahkahkah..

      Hapus
    17. Iskondor Indonesia hebatkan

      Karet negara tujuan Amerika Serikat, jepang dan china

      Sawit negara tujuan India,China dan Pakistan
      kopi negara tujuan AS,jepang dan jerman
      Kakao negara tujuan AS,jepang dan jerman

      Tuh baru sedikit ya dor....


      Hapus
    18. Ada supply ada demand dor....bener kata om pal...kalau mau komen or kritik banyak banyak baca dl...

      Home News Internasional
      Dari Jepang ke AS, Ikan Tuna Indonesia Kini Menguasai Dunia

      KOMPAS.com - Para pekerja di pusat pemrosesan makanan laut Bahari Biru Nusantara, Jawa Timur, setiap hari bergelut untuk memotong, mem-fillet, dan membekukan ikan-ikan yang mereka tangkap untuk dijual ke pasar dunia.

      Direktur Bahari Biru Nusantara Hadi Widjaja mengatakan, perusahaannya bisa memproses 35 ton ikan sehari atau 5.000 ton setahun.

      Di pabrik yang taraf kebersihanya sudah diakui dunia itu, ikan diproses sebaik mungkin agar masih segar saat tiba di pasar yang dituju.

      Baca juga: Tarif Kargo Pesawat Naik 300 Persen, Ekspor Ikan Tuna ke Pasar Internasional Distop

      Indonesia adalah produsen ikan tuna terbesar di dunia, dengan hasil tangkapan bernilai hingga 5 miliar dollar AS atau hampir Rp 71 triliun setahun.

      Kasarnya, satu dari enam ekor tuna yang ditangkap di dunia selama tiga tahun terakhir ini berasal dari Indonesia.

      "Produksi tuna Indonesia mencapai 16 persen dari total produksi dunia," kata Dirjen Perikanan Tangkap, Zulfikar Mochtar.

      Pasar terbesar tuna Indonesia adalah Amerika Serikat, yang mengonsumsi hampir separuh ikan tuna yang diproduksi Indonesia tahun lalu.

      Hapus
    19. Indonesia impor kalau bkn musim tuna ,sementara kebutuhan tuna di indonesia banyak...br indonesia impor....

      Hapus
    20. Sorry mas, anda salah ngerespon ttg tuna........🙏🙏🙏

      Hapus
    21. lha sekarang ini musimnya politik pengalih perhatian doang kok, bikin isu yang rame semacam jual bibit lobster.

      eh gak taunya patroli rutin lepas kontol, akhirnya kecolongan di ZEE.


      Hapus
    22. @iskandar, interest factor di viet lebih tinggi daripada dimari, soalnya mereka ngegampangin banget untuk investasinya. lahan disediain, birokrasi dipermudah, tenaga kerja murah.


      kalau mau nuntut sebenarnya gw mau nuntut growing economic and defense layaknya Australia, bukan tetap leyeh" seperti ini.

      menurut saya pribadi konsep "menjaga keseimbangan kawasan" itu tidak rasional sama sekali, apalagi ASEAN adalah organisasi mandul yang ga memberi kontribusi besar bagi anggota"nya.

      Hapus
    23. "Gak mungkinlah sampai bobol di natuna, itu pasti vodeo rekayasa om Mut...soale natuna sekarang sdh jadi benteng kita di utara dan dijaga sangat ketat. Kalo sampai diserbu kapal pencuri ikan asing tapi ga muncul di alat kontrolnya KKP, berarti kejadian itu cuma hoax 👎👎👎"

      https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4836762/kapal-asing-wira-wiri-di-laut-ri-edhy-prabowo-kita-operasi-senyap?tag_from=mnews_beritaTerkait&_ga=2.10103025.518910714.1562743600-935833695.1526148982

      Hapus
    24. aku juga heran mas hari, soalnya kemarin KN Tanjung Datu abis ngusir Haijing di ZEE malon, apakah bener 20 kapal asing itu ga kliatan oleh Tanjung Datu.

      lebih aneh lagi Tanjung Datu langsung putar arah 360° enggak ke arah utara. . .
      dimana ZEE kita berbatasan dengan VIET.

      jujur, aku gasuka sama EDY. kepakaran gaada cuma nunut nama kakaknya doang. . .

      copot aja napa, ganti susi.

      eh lupa susi ga ndanain kampaye joko ya. wkwk

      Hapus
    25. iskandar,

      "dibaca normal 2 menit Home Ekonomi Bulog Musnahkan 20 Ribu Ton Beras: Karena Impor atau Salah Kelola? Reporter: Vincent Fabian Thomas 03 Desember 2019 Besarnya beras yang perlu dimusnahkan turut dipengaruhi pengadaan importasi berlebihan oleh pemerintah di tahun 2018. tirto.id - Dua puluh ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) yang dikelola Perum Bulog terpaksa dimusnahkan karena mengalami penurunan mutu atau disposal stock. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, nilai beras disposal itu mencapai Rp160 miliar dengan asumsi harga rata-rata pembelian di tingkat petani sebesar RP8.000 per kilogran. Dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) 38 Tahun 2018, CBP memang dapat dibuang jika telah melampaui batas waktu simpan minimum empat bulan atau berpotensi mengalami penurunan mutu. Saat ini, 100 ribu dari 2,3 juta ton beras yang tersimpan di gudang Bulog berusia di atas 4 bulan. Bahkan, menurut Tri, 20 ribu ton beras memiliki usia simpan di atas 1 tahun dan mau tidak mau harus dimusnahkan. Meski demikian, disposal itu belum bisa dieskeskusi karena tak tersedianya anggaran. "Di Kementerian Keuangan belum ada anggaran. Ini kami sudah usulkan. Kami sudah jalankan sesuai Permentan. Tetapi untuk eksekusi disposal anggaran tidak ada," kata Tri di Jakarta, Jumat pekan lalu (29/11/2019). Baca juga: Bulog Minta Anggaran Untuk Pemusnahan 20.000 ton Beras, Ada Apa? Impor Besar, Beras Tak Terserap Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Rusli Abdullah menilai, besarnya nilai disposal turut dipengaruhi pengadaan beras yang berlebihan oleh pemerintah. Terutama, importasi beras yang mencapai 2,25 juta ton sepanjang 2018—naik tajam dari tahun 2017 dan 2016 yang hanya 0,71 ton dan 1,28 ton. “Ini mungkin karena pengadaan yang berlebihan di tahun 2018 terutama dari impor beras. Ada kaitannya dengan polemik data beras 2018 ketika ada debat harus impor atau tidak,” ucap Rusli saat dihubungi Tirto, Senin (2/12/2019). Perkara ini juga sempat diungkap Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, pada Mei 2019 lalu. Dari 1,8 juta ton beras yang diimpor Bulog tahun 2018, kata dia, hanya 150 ribu ton yang terserap untuk menjaga stabilitas harga.

      Baca selengkapnya di artikel "Bulog Musnahkan 20 Ribu Ton Beras: Karena Impor atau Salah Kelola?", https://tirto.id/emH8.

      -------

      beras terserap gaada 10% dari total impor, jelas ada yg goblok dalam ngehitung dan ada mafia beras disini. ga mungkin enggak.

      bukan kita ga mampu swasembada sendiri, cuma data dilapangan dikaburkan biar ada gelontoran dana buat impor. toh impor juga melalui perusahaan juga kan .

      Hapus
    26. jiaaahhh itu kan data investasi lama om ndar haha!😂😂😂
      dan data ituw per tahun apdetnya tiap triwulan.

      yg ditulis om pit ituw buntutnye maksotnya rupiah kali haha!🤗🤗🤗

      yg jelas ada "potensi" masuknya ribuan trilyun rupiah, dr koryo, KSA dan UAE.

      yg fiks koryo 1,5 milyar dolar bulan ini jalan hore haha!👏👏👏

      https://autotekno.sindonews.com/read/1462634/120/mulai-desember-hyundai-bangun-pabrik-mobil-asean-pertama-di-indonesia-1574764445

      yg blom fiks:
      lg hot ituw dr UAE, 163 milyar dolar cink, 2200 trilyun rupiah.
      klo jadi masyuk, pengsan KL haha!😉😉😉

      "potensi nilai investasi Uni Emirat Arab (UEA) di Indonesia mencapai 163 miliar dollar AS, atau setara Rp 2.282 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS)"

      Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Sebut Potensi Investasi UEA di RI Capai Rp 2.282 Triliun", https://money.kompas.com/read/2019/11/16/080000126/luhut-sebut-potensi-investasi-uea-di-ri-capai-rp-2.282-triliun.

      yach wajar dana aramco blom masyuk, negerinya lg berperang jd rada lufa bisnis haha!🤗🤗🤗
      mrk aja mo jual saham lagi.

      kalo liat brita dari temen2 pejuang devisa di tana raja salman tsb. disana skrg duit lg seret, apa2 kena pajak buat pendatang.
      konon buat bantuw biaya perang gt oke oceh👌👌👌

      Hapus
    27. yg disebut ecek2 om pit ituw betul, coba sebut investasi 33 yg cabut itu brp duit?
      perusahaan apa aja, sebeken hyundai ato aramco ato setajir UAE gak? haha!😅😅😅

      Hapus
    28. yg investasi milyaran dolar pasti butuh studi kelayakan.
      gak mungkin ujuk2 setor duwit, sultan, pangeran arab jugak sekolah kale haha!🧐🧐🧐

      Hapus
    29. Fix si malays serumpun sakit jiwa bro...😂😂😂

      Hapus
    30. Yang ngaku ngaku malays serumpun.. IP nya indonesia broh... Wakakakkk.. Orang kita juga rupanyer... Pengen di alem sama beruk ya...sok kabeh..._😂😂😂

      Hapus
    31. Ini investasi yg masuk dan potensi investasi yg masih dalam proses👇👇👇

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20191101065925-4-111871/investasi-asing-triwulan-iii-moncer-teruskan-pak-bahlil

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20191213175159-8-123000/bahlil-ada-rp-708-t-potensi-investasi-belum-dieksekusi

      Hapus
    32. Semua pendukung jokowi gk suka ame si edy termaksud saya tp kita harus memberi kesempatan sebab pk jokowi udah kasih mandat' bila gagal jangan sakit hati diresulfe 😊

      Hapus
    33. Om simili..bkn salah respon td ada yg nyebut nyebut soal tuna...hehehehe

      Hapus
  2. CEP 100M, hmm......
    keinget SCUD irak yg banyak nyasar bangunan sipil daripada target aslinya, innefective fancy stuff

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok tau? katanya 90-an om mut masi bayi ato mala blom idop om mut pas perang irak haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. waktu saya masi sd - smp masi sering denger ttg perang teluk,dan terkenalnya 2 senjata ini.

      CEP scud D yg paling kecil, sekitar 50m malahan wkwk

      Hapus
    3. Ini rudal yg bikin malu US. Krn US sukses ngacurin dummy scud doank.

      Hapus
  3. kalau mau.. sebenarnya Indonesia bisa membuat yg seperti ini minus seeker.. Tinggal gedein saja diameter R-han menjdi 500mm-1000mm.. jadilah roket balistik seperi V-2 milik NAZI Jerman..hahaa..

    Menghantam semenanjung haram MALONS mah sangat mampu.. apalagi meratakan KL dan putra bangkrap.. wakakakkakaka.. 😂😂😂😅😅👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada RX 750 om bagaz tinggal di uji coba.
      Jangkauan lumayan bisa 1000 km.

      Hapus
    2. Di luncuekan Dari jkt bisa sampai KL dalam waktu 1 jam.

      Hapus
    3. Hanya orang gila yang mau menghancurkan sodaranya sendiri. Gw pasti lo ga bakal sanggup liat sodara serumpun lo di rudal. Pasti lo merasa iba. Indonesia malaysia serumpun.

      Hapus
    4. bwahhahahaha.. tipe Melayu MALONS adalah jadi kaum penjilat jika tau tdk bisa mengalahkannya.. 😂😂😂😂..

      Hellooooww.. MELAYU MALONS LOW IQ... MALON bukan serumpun Indonesia.. sekarang MALON lebih nyaman dan bngga serumpunan dengan BANGLA.. kahkahkahkahkah.. Lihat prilakunya pun sama persis.. otak sudah bodoh,, bebal pulak.. 😂😂😂😅😅😅

      Hapus
    5. Wkwkkk sapa yg mau luncurkan & sapa yg mau menghancurkan..rudalnya aja blm di uji coba..itu cuma kasih gambaran jarak roketnya kira2 1000km itu bisa menjangkau KL.

      Hapus
    6. Oh. Nah gitu. Sesama sodara gak boleh perang. Kita serumpun.

      Hapus
    7. Iya malon serumpun sama alien planet namex😁😁😁

      Hapus
  4. bisa di pinjam tuh tinggal bawak ke medan atau papua arahkan ke ausi dan singapore amblar blar ...kalau enggak rampit dan si raden ikat pohon kelapa yaa buat latihan hehe😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahhahahahaha...nih seorang MELAYU MALONS LOW IQ menunjukkan kebodohannya.. dibawa ke Medan kok diembakkan ke Singapur,.. bloookk goblooookk beruk melayu MALONS.., 😅😅😅

      yg ada dari pekanbaru ditembakkan ke KL MALON tepatnya di putera bangkrap.... Mantaaaapp.. kahkahkahkah..

      Hapus
    2. nyoiihh om bagaz, kok medan?
      ntar nyasar KL kan berabe lho om antiembalgo haha!🤣🤣🤣
      kt om mut, rudal skud sering nyasar haha!🙄🙄🙄

      Hapus
  5. Smg ga berani lagi nabrak kri

    BalasHapus
    Balasan
    1. janganken kri, CG raksasa punya panda aje ditumbuk pake kapal kecilan haha!🤣🤣🤣

      yg parah gred a, kena jaring nelayan nguyen bok haha!😱😱😱

      Hapus
    2. Viet emang brani.. Tp kalau di lawan balik tetep aja penakut.. Beda sama yg grade A sampe Askarnya baru di gretak dah gak balik balik lagi...😂😂😂

      Hapus
  6. gi mana ommas..nga ada keseimbangan kawasan nich..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat vietnam mach ga ada, tetangga kanannya punya nuklir om jepe, kan ngerihh...skud mach gak berasa haha!🚀🚀🚀

      Hapus
  7. Raden_situngkir28 Desember 2019 09.08

    Lha yg marah kapal diledakkan siapa??? kalau ane dituduh dengan sodjon pasti marah lah, wong orang yg jd menko cuman kasih perintah jangan ditenggelamkan semua, lha malah balik fitnah' pantesan aje gk dipakai lg, dah gagal mulutnya hoby fitnah lg 😜😝😂😂😂


    Raden_situngkir28 Desember 2019 09.13
    smilinghari21228 Desember 2019 11.44

    "Apa dasar hukumnya seorang menko bisa melawan keputusan pengadilan ....kalo bisa, berarti memang hebat banget orang ini, bisa berdiri di atas hukum ...wahai sang mentri segala mentri 🙏🙏🙏"

    https://katadata.co.id/berita/2018/01/09/tanggapi-luhut-susi-penenggelaman-kapal-itu-diatur-undang-undang

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibilang luhut adalah koreografer pemerintahan jokowu, namun soal pelelangan kapal ikan ini saya sangat tidak setuju,
      kapal dengan berat duatas 100GT hanya akan mampu dibeli oleh konglonhmerat, bukan oleh nelayan kecil.

      disini akan memperumit birokrasi bahkan akan mematikan usaha galangan kapal nelayan lokal.


      penenggelaman adalah jurus terbaik buat ngasih efek jera, kapal nelayan juga ga murah, apalagi yang dipakai buat maling di natuna, itu pasti kelasnya sudah perusahaan bukan perorangan lagi.

      Hapus
    2. Aku mulai ragu soal itu om Mut.....#koreografer

      Hapus
    3. Berikanlah kesempatan pd yg muda dan "orisinil" utk ngurus negri ini 🙏🙏🙏

      Hapus
    4. Kl dibilang koreografer, dia memang sangat berpengaruh di lingkaran Jokowi, bahkan sebagai menteri yg punya pengaruh terbesar di banding menteri yg lainnya.

      Kementerian Kementerian di bawah kendali Luhut :

      Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan instansi lain yang dianggap perlu. Itulah knp dia bisa memajukan waktu pembatasan ekspor nikel, menetapkan harga tiket pesawat,membolehkan ekspor bibit lobster, melarang penenggelaman kapal pencuri ikan, dll. Jadi Jadi Luhut memang punya kekuasaan yg luas dan pengaruh besar, layakkah disebut koreografer? Nyatanya yg berseberangan pendapat terdepak jg.

      Hapus
    5. aku tahun 97 lagek lahir, jadi gatau model kepemimpinan orba gimana.


      yang saya pahami pola pergerakan rencana jokowi ini sangat terstruktur, dapat saya tarik kesimpulan dia memiliki ahli strategi politik yg sangat ulung.
      dari pada sesi ke 2 ini susunan menterinya memang muda" namun disitulah "art of war" luhut mulai terlihat, dilihat dari beberapa angkatan muda yang bisa dia tarik untuk (mungkin) direkomendasikan sebagai menteri kepada presiden.

      terlihat banget dia mampu ambil resiko masukin PS sebagai menhan padal dulunya rival pilpres (ironis).

      luhut adalah orang yang lihai, pandai memanfaatkan kesempatan, dalam arti lain dia juga sangat berbahaya.




      ...waduh, kok ada tukang nasgor bawa ht ya di depan rumah.
      glek.

      Hapus
    6. Opo meneh yen nganti dikiwakke.....iso trah suloyo temeenan 😬😬😬

      Yg pasti beliau mewakili kelompok kepentingan tertentu

      Hapus
    7. lha sampean kok punya pemikiran yg sama seh kambe aku.

      rodok kritis karo pemerintahan saiki, takkiro ndisik bener" pure dukung.

      Hapus
    8. Disik keno gendam mas 😂😂😂

      Hapus
    9. 97 lagek lahir? Salah ketik kuwi..😲🤨🤣🤣

      Hapus
    10. Niku maksute adine sing ragil mbah.....

      Hapus
    11. ngawur, , aku ijek enom mbah wehehe

      Hapus
    12. Bhuahahahahaaa yg bilang tidak diatur undang2 siapa???? Apakah undang2 sekaku itu????? Gk ada undang2 saat ini yg sekaku itu, kalau emang baik dibagikan kenalaya moso mau tiap hari ditenggelamkan hanya untuk biar dibilang hebat 🙆‍♂️🤦‍♂️
      Lha kasih perintah jangan ditenggelamkan moso langsung main soudjon, jiahhhh tu mulut dijaga biar terpakai' aititude itu sangat2 penting 😝😜😂

      Hapus
    13. Lha kalau jauh lebih baik dan bermanfaat di bagikan ke nelayan moso lebih baik ditenggelamkan, hoby bener main tenggelam2kan,,,masa kecil suram tu orang hoby tenggelamkan 😝🙆‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    14. Luhut sudah katakan pilih saya atau dia, dia gk gila jabatan dan dia gk suka ada yg soudjon tanpa bukti' kalau emang punya bukti luhut bermain silahkan adu ke kpk atau gugat ke pengadilan,,,jagai aititude itu wajib dan harus apalagi seorang menteri.

      Hapus
    15. Hebaaaaat.....berani banget ya luhut nantangin presiden begitu
      😱😱😱

      Hapus
    16. Itu bukan menantang tp mengungkap kenyamanan kerja, kita harus jujur agar kerja bisa jauh lebih nyaman,,,silahkan aja gk usah pakai, gitu aje kok repot 😝😜😂

      Hapus
    17. Kasihan yg gk terpakai, padahal udah susah payah fitnah2 orang 😝😜😂

      Hapus
    18. Wiiiiiih....luhut bilang sendiri begitu lay 😱

      Hapus
    19. Ya iyalah,,,gk penting jg bantu negara ini tp difitnah melulu, suruhlah jokowi resulfe pk luhut' dah tua masih di fitnah, banyak koruptor orang jawa tp di diam2kan aja ������

      Hapus
    20. Niat baik ngasih kapal ke nelayan itu patut di apresiasi, tapi apa boleh dibilang kalau lewat jalur bayar saja masih ada cukong yg bermain ?

      "Pada 25 Maret 2019, Susi mengungkapkan kekesalannya. Penyebabnya, empat kapal nelayan asal Vietnam yang ditangkap kementeriannya dua bulan lalu, ternyata adalah kapal yang sama yang pernah ditangkap enam bulan lalu. Dari sinilah, Susi mempersoalkan proses lelang kapal pencuri ikan di Kejaksaan Agung yang memungkinkan para pencuri ikan membeli kapalnya kembali."

      -_-_-_-

      ungkapan politis itu, dalam praktilnya ga bakalan luhut di tendang begitu saja, soalnya dia orang penting dalam kelanggengan jokowi.
      bakal jadi bumerang kalau dia pindah ke kubu lawan.

      _______

      Raden_situngkir28 Desember 2019 09.57
      Aku ngomong sedikit keras karena aku sungguh2 mencintai nkri, hanya kedamaian yg bisa bawa negara ini kepuncaknya. 🙏🙏🙏

      &&

      Raden_situngkir28 Desember 2019 17.30
      Ya iyalah,,,gk penting jg bantu negara ini tp difitnah melulu, suruhlah jokowi resulfe pk luhut' dah tua masih di fitnah, banyak koruptor orang jawa tp di diam2kan aja ������

      ___

      LHA LEK AKEH WONG JOWO KORUPSI LAPO COK ?
      KON GA TERIMO A ? KATE NYAINGI A ?
      UKOROMU LO NGAREP RATU, MBURI ASU

      Hapus
    21. Naaah ini yg ditunggu-tunggu muncul juga....

      Ini tidak membahas ttg suku atau marga, tapi polemik yg ditimbulkan oleh sang tokoh....lha kalo kebetulan punya kesamaan suku, trus jadi alasan utk membela habis-habisan 🙆🙆🙆

      Hapus
    22. Mulutmu yg ngomong tidak membahas tentang suku, siapa yg gk tau disini ente itu rasis???? Lha masalah pengawasan itu jg tugas kkp, bukan berarti kapal dilelang terus tanggung jawab hilang' terus ada kejadian seperti itu lempar masalah ke menko lalu fitnah menko, siapa pun bisa membuat jebakan seperti ini tp apa semua termakan dengan jebakan seperti ini??? Lha buktinya situkang fitnah gk terpakai lg,,Kkp jg gk bisa lepas tangan atas kapal yg dilelang, ada pengawasan dan bila terbukti dijual kembali ke pemilik asal kan bisa dituntut si pelaku ke pengadilan, harus ada perbaikan perjanjian pelelangan yg diusulkan kkp sebagai bukti kkp jg memikirkan nelayan' bukan teriak2 gk jelas ujungnya main fitnah 🙆‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    23. Lha congor tukang fitnah tu paling sering dr mulut2 orang jawa, padahal malingnya orang jawa,,,ente pikir dah benar yg dilakukan susi??? Tenggelamkan kapal kok hebat, kasih peluang penyeludup kok hebat,,,ini negara indonesia, bukan negara jawa jd gunakan bahasa indonesia dengan baik 🙆‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    24. Hoby benar lempar batu sembunyi tangan 🙆‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    25. Emang gk penting bangun ni negara, ini kan negara jawa yg menggunakan bahasa jawa' bahasa indonesia cuman kedok doang.

      Hapus
    26. Hahaha......


      Raden_situngkir28 Desember 2019 18.24
      Hoby benar lempar batu sembunyi tangan 🙆‍♂️🤦‍♂️

      ada to saya memfitnah luhut ?
      kalau saya memfitnah luhut kantor berita yg nyatut nama luhut harus di tuntut dong.

      wong saya mengkritisi kebijakan KKP dari masa ke masa, apa plus dan minusnya.

      saya ga bahas kebijakan susi itu bagus, saya juga ga nentang kebijakan rencana expor bibit loster. yg saya tekanin dari awal adalah patroli dan pemrosesan KIA.


      hahaha....
      kalau ngiri sama orang jawa ngomong aja mas, kami ga minta ibu kota diletakkan dijawa, kami juga ga minta perjuangan melawan penjajah dah seluruh politiknya berpusat di jawa.


      ___

      Raden_situngkir28 Desember 2019 18.22
      Lha congor tukang fitnah tu paling sering dr mulut2 orang jawa, padahal malingnya orang jawa,,,ente pikir dah benar yg dilakukan susi??? Tenggelamkan kapal kok hebat, kasih peluang penyeludup kok hebat,,,ini negara indonesia, bukan negara jawa jd gunakan bahasa indonesia dengan baik 🙆‍♂️🤦‍♂️

      ___

      nayadar diri aja wes, siapa yg memelintir perkataan siapa, siapa yg memperluas bahasan.

      ujuk" datang dan nyalahin koruptor di jawa, di komentar sebelumnya pingin ngejaga kesatuan NKRI eh malah nge roast.

      kalau jelas koruptor masi banyak harusnya tiap daerah di diriin KPK dong, dan peraturannya diperketat ga malah di persulit ruang gerak KPK,
      toh koruptor musuh bersama, gaada beda suku ras atau agama kalau udah jadi koruptor.

      lha emang yg duduk di DPR orang jawa aja ? emang orang daerahmu gaada ta ? atau emang oramg daerahmu ga mewakili.


      hahaha, , ,
      udah wes, malah lebar bahasannya, dipelintir lagi ntar komen saya ngeritik patroli kapal dan penenggelaman kapal malah di sebut ngefitnah luhut

      lambe lunyu lurr

      Hapus
    27. Lha ente perasaan tong, makanya jangan nyambar tong kalau emang gk merasa memfitnah' lha wajar ane merasa dia tu rasis ya faktanya selama ini seperti itu ada bahasa indonesia yg jelas bagus malah pakai bahasa jawa, emangnya ni indonesia milik embahnya sesuka jidadnya makai bahasa daerah ditempat umum??? Oh ya kita mau buka2an masalah pembangunan selama ini berpusat dimana, hasil sumatera lari kemana sih???? Gk usah dech buka borok jawa, mending kita buka lembaran baru dengan pikiran yg lebih positif dan bukan ikutin watak si rasis yg hoby main fitnah, gini aje kalau emang gk terpakai berart orang itu gagal dan aku menilai di tidak punya aititude, aititude sangat penting dalam diri seorang pejabat.

      Hapus
    28. aku ga ikut"an soal fitnah, udah cukup bagiku buat komen berantem cuma buat SARA doang.

      cuma komenmu @tungkir di artikel sebelumnya sama artikel sekarang bedanya besar, kalau mau beneran jaga keutuhan udah jangan bahas SARA & tunjukin buat siapa komen itu di tulis.

      Aku ga terima di situ aja, ,

      Hapus
    29. Op...op....op..
      Hehehe

      Om tungkir sabar ya...org sabar pantatnya lebar...hahahaha

      Buat rekan rekan pakai bahasa daerah boleh saja,asal ada terjemahannya jd saling belajar bahasa daerah masing2,...just saran....

      Opung tungkir...blh pakai bahasa daerah opung,tp di translate ya...biar ane paham...kalau ane cukup pakai bahasa kalbu aja...hehehhe

      Hapus
    30. Itu efek jengah karena kalian tidak pernah menegur dia bahwa ini tempat umum, malah kalian ikuti gayanya dia,,,ane sebagai suku diluar jawa ya pasti tersinggung dan bertanya apa ini negara jawa atau indonesia???? Terkadang rasa nasionalis itu bisa luntur melihat tingkah2 manusia seperti dia, siapa pun pendukung jokowi gk terima si edy jd menteri perikanan tp keputusan sudah dibuat dan biarkan dulu dia bekerja, diributin jg malah bikin tambah gaduh' apakah susi pantas dipertahankan??? Penilaian pantas atau tidak seseorang pejabat dipertahankan bukan dilihat dr satu prsetasi saja, ada banyak penilaian dan yg utama adalah aititude.

      Hapus
    31. Bareng kenyuyuk wadine, njur njempling-njempling ra karuan..........😫😫😫

      Hapus
    32. Elehhhh smiling2 berapa kali ente debat ame ane menjurus rasis??? Ente pikir orang disini gk tau berapa komentar rasis ente yg dulu2 ente hapus,,,orang rasis akan tetep rasis karena itu sifat aslimu jd sulit tuk merubahnya.

      Hapus
  8. Jane para leluhur seneng nak nduwe sing dowo2 nginiki.. minimal Iso utak atik / tiruanne Type Scud D, mung pentolle di ganti jeroan si mbak LORA Iso pora yoo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. scud ku masio ga dowo tapi gedi, iso ngeladeni terbang dalam waktu yang lama kok mbah.

      Hapus
    2. Scud D..kok iso tekan ngendhi 2😲😵🤣🤣🤣

      Hapus
    3. SCUD D, wes paling modern mbah. . .
      luweh akurat , dadi potensi nembus sasarane luweh keroso

      Hapus
    4. Coba Isi Roket kita begini...Warhead
      Conventional high-explosive , Fragmentation + 20 kg paku 📌, Chemical VX warhead + 1,5 Kg RDX


      💣💥💣💥💣💥💣💥 Ben podho doyo mledosse ora kalah karo scud Vietnam🇻🇳

      Hapus
  9. LOTS OF IDIOTS ☝️☝️☝️☝️☝️

    JEALOUS OF VIETNAM.

    KOHKOHKOH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vietnam punya misil scud kenapa ko bawa2 pasal Indonesia jealous,ko nih sehat lon 😁😁

      Hapus
  10. Vietnam powetful how about idiotnesia??

    BalasHapus
    Balasan
    1. How about idiotleysia, negeri kayuh mundur di banding Jiran se Asia tenggara. Hahaha 😀

      Hapus
    2. Idiot malonsial tetap idiot sampe akhir jaman😁😁

      Hapus
    3. Viet powerfull, Indonesia powerfull so malon idiotfull 😁😁

      Hapus
    4. Nguyen powerfull,indonesia powerfull so malon mundur😆😆😆

      Hapus
  11. https://www.facebook.com/1446621225549300/posts/2546732665538145/?app=fbl

    BalasHapus
  12. Scud Ballistic Missile : Southeast Asia's Strongest

    ----------------------------

    skud vietnam setronk hore haha!💪💪💪

    BalasHapus
  13. Malondog idiot darurat scud type destroyer 😁😁😁😁😁

    BalasHapus
  14. Siapa yang tahu kalo itu rudal dah expired?

    😁
    Biasanya kalo dah kehilangan fungsi esensinya, baru deh dipamerin.

    Anggap aja begitu

    😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ssssst.....mbah gono kae seneng exsib lho mas 🙊🙊🙊

      Hapus
    2. "..in 1981 Vietnam received several mobile launchers and dozens of Scud-B bullets.."

      ".., in 1998 Vietnam purchased from North Korea dozens of short-range ballistic missiles Hwasong-6 (Mars 6), this is a copy based on the Scud-C prototype.."

      Hapus
    3. Mbah gono akeh stok tangkur mas'e.

      Dadi fungsi esensinya selalu terjaga...💪😁

      Hapus
    4. Oooooooh....tak kiro wes kanggo, mergo kehilangan fungsi esensine je mas 😂😂😂

      Hapus
    5. Jek auto 🔛 lhooo..😁😁🤣🤣🤭🤫

      Hapus
  15. Mungpung kita lagi swasembada ular cobra alangkah baiknya kapal patroli kita selain baws senjata bawa juga ular cobra yg banyak nanti ketika ada kapal malon dan viet yg mepet kita lempar tuh ular jadi mereka mati karena ular bukan ditembak

    BalasHapus
  16. Mungpung kita lagi swasembada ular cobra alangkah baiknya kapal patroli kita selain baws senjata bawa juga ular cobra yg banyak nanti ketika ada kapal malon dan viet yg mepet kita lempar tuh ular jadi mereka mati karena ular bukan ditembak

    BalasHapus
  17. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus