28 April 2024

Kisah Scramble Hawk 209 TNI AU Kejar F-111 Aardvark di Kupang yang Belum Pernah Diungkap (2)

28 April 2024

Hawk 209 TT 0207 dengan camo tahun 1999 (photo: Peter De Jong)

Disamber F-111 Aardvark
Setelah kejadian 16 September yang penuh ketegangan itu, suasana kembali normal. Selama tiga hari berikutnya tidak ada lagi laporan pelanggaran udara oleh pesawat asing.

Dalam kondisi landai dan tenang menghanyutkan itu, disikapi penerbang dengan tetap siaga mengingat situasi di Timor Timur belum stabil. Setiap hari mereka selalu siaga di dekat pesawat dari pagi sampai siang. Sore baru terbang dengan kondisi tubuh sudah lelah.

“Jam 6 pagi sudah pakai coverall, terus standby sampai malam, setiap hari,” kata Mayor (Pur) Hasbullah, penerbang Skadron Udara 12 yang saat ini terbang di Garuda Indonesia.

Mereka standby hingga pukul 9 malam, rebahan di veldbeld di bawah pesawat sambil melihat puluhan pesawat berseliweran mengirim bantuan ke Dili.

“Saya tertua sehingga terus on seat, padahal sesungguhnya kondisi tubuh mulai menurun,” ujar Henri.

Sore itu, 23 September, tiba-tiba sirene kembali meraung dan suara petugas di radio seketika ribut. Scrambleeeee……!!!

Sebagian anggota yang baru selesai dan akan shalat Magrib, langsung lari ke ruang persiapan. Henri hanya mengenakan coverall dilipat di pinggang. Mereka langsung naik mobil dan ngebut ke arah pesawat diparkir. Terpal penutup pesawat dibuka dan langsung start engine lalu lepas landas.

“Lagi shalat, belum selesai rakaat pertama, sirine bunyi dan kita langsung lari. Pakai coverall di pesawat, pakai sepatu di pesawat, pakai seat belt pun sambil start engine, kondisi gelap, start engine langsung taxi dan bahkan arming saat sudah di line up position,” kenang Hasbullah yang menjadi Wingman.

“Saya hitung scramble dari perintah sampai terbang 12 menit, sudah airborne,” aku Henri. Karena betul-betul dadakan, saat lepas petugas bandara belum sempat menyalakan lampu landasan.

Kedua pesawat terbang dalam status navigation off untuk menjaga kerahasiaan. “Mas, mau kemana,” tanya Wingman Lettu Pnb Hasbullah “Havoc” membuka pembicaraan. Sebelum terbang mereka belum sempat briefing.

“Menggok kiwo,” jawab Henri spontan dalam Bahasa Jawa.

“Apa itu mas,” balik ditanya dan dijawab Henri, kiri, kiri.

“Heading selikur,” ucap Henri lagi menyebut arah navigasinya. Kembali ditanya, “Mas, selikur itu apa.”

“Rongpuluh siji,” balas Henri rada kesal.

Pesawat pembom tempur bersayap ayun F-111 Aardvark RAAF (photo: ADF)

Sedetik kemudian Henri baru menyadari kalau wingman-nya Hasbullah berasal dari Makassar. “Jadi dia nggak ngerti Bahasa Jawa, padahal saya sudah bilang Australia itu bisa Bahasa Indonesia jadi kita pakai bahasa daerah saja,” cerita Henri penuh tawa.

Kedua Hawk 209 terbang sampai utara untuk mengejar pesawat yang tidak dikenal itu agar tidak sampai memasuki border.

Saat kedua Hawk 209 terbang patroli malam, tiba-tiba dari bawah yaitu anggota Satrad 251 memberitahu melalui radio sambil setengah berteriak. Apa yang membuat mereka berteriak seperti melihat hantu?

Rupanya dari arah Dili melesat kencang pesawat F-111 Aardvark dengan terbang rendah dan lalu nyamber di atas landasan El Tari, Kupang.

Henri dan Hasbullah yang alumni IDP 7 itu sudah tidak sempat untuk mengejar, karena memang F-111, sekali lagi, bukanlah tandingan Hawk 209.

Aardvark adalah pembom-tempur yang mampu terbang supersonik, yang membuatnya dengan cepat meninggalkan wilayah Kupang.

Dalam kenangan Henri, terbang malam saat itu cukup mengerikan. Karena mereka tidak pernah melaksanakan terbang malam di Kupang, sehingga penerbang hanya mengandalkan check point dalam kegelapan malam.

Insiden ini segera menjadi berita utama media saat itu. Mereka para pelaku pun disambut bak pahlawan, dan menerima Well Done Certificate dari Panglima Kohanudnas Marsda TNI Soni Rizani.

1 Oktober 1999 di Kupang, Henri menerima kenaikan pangkat menjadi mayor. Pangkatnya disematkan oleh Pangkosekau Marsma Hari Kamdani. Dua hari setelah itu, 3 Oktober, mereka disambut meriah di Jakarta.

Mengenang masa penugasan di Kupang tahun 1999 itu, Marsda Henri mengaku bangga. Meski fasilitas terbatas dan seadanya, mereka tetap melaksanakan tugas dengan semangat juang tinggi. Mereka tidur di mess, bahkan velbeld pun disusun berjejer di ruang makan.

“Apa yang kita miliki saat itu hanyalah militansi, itu yang ditakutkan orang asing,” ucap Henri yang merasa beruntung memiliki pengalaman tempur sehingga tahu seperti apa sensasi perang.

Sepuluh tahun kemudian Kolonel Pnb Henri Alfiandi mendapat penugasan luar negeri sebagai Atase Udara Indonesia di Kedubes RI di Washington DC, Amerika Serikat.

Suatu hari Henri menghadiri gathering para atase yang, di antaranya dimeriahkan dengan golf bersama.

Tengah ancang-ancang untuk melakukan pukulan swing, tiba-tiba seorang atase menegurnya.

“Henri, where were you in September 1999,” ceplosnya. Kaget dan langsung paham maksud pertanyaan ini, Henri spontan membalas, “Is that you.”

Kedua penerbang tempur inipun larut dalam nostalgia 10 tahun silam, saat keduanya beradu muka di wilayah udara Kupang.

Henri kemudian menanyakan kepada Atase Udara Australia itu, kenapa melakukannya saat itu.

“I just want to see your combat readiness,” ujarnya. Keduanya hanyut dalam diskusi yang terkadang diselingi canda tawa. Kisah-kisah seperti ini lazim terjadi di antara penerbang tempur.

“So, what do you think,” pancing Henri lagi.

“Excellent,” ujar penerbang F-111 Aardvark itu.

“Dia mancing kita keluar lalu dia masuk dari utara dan nyamber, gila itu. Ini yang tidak pernah diceritakan,” aku Marsda TNI Henri Alfiandi yang saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi KSAU.

See full article MyLesat

53 komentar:

  1. sikaattt kumpeniiii haha!πŸš€πŸš€πŸš€

    BalasHapus
  2. 2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    ===========
    😝2053-2018 = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  3. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    TIDAK BAYAR HUTANG = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ===
    SEWA HELI Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM)
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA MOTOR The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA BOAT sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA PESAWAT ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39
    SEWA 4x4 Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula.
    ===
    RETIRED MIG29 Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
    RETIRED MB339CM the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded
    RETIRED SCORPION Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
    RETIRED CONDOR Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
    RETIRED SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
    RETIRED V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
    ===
    PESAWAT SAWIT On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    KAPAL SELAM SAWIT Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
    TANK SAWIT KARET Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    ===
    MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    DISCONTINUING THE PRODUCTION According to Hisham, this decision raises questions because the Polish original equipment manufacturer Bumar Laberdy has stopped producing spare parts for Twardy.discontinuing the production of some main MBT components.
    2025 F18 STOP PRODUCTION stop production of the F/A-18 Super Hornet in late 2025 after delivering the last of the fighter jets,.
    LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  4. Preview AFC Cup
    https://youtube.com/watch?v=hkU7c7FlysA#searching
    --------
    semifinal ada kita gaesz..kesian jiran kesayangan NOL haha!🀣🀣🀣

    mnuju Eifel...Rafale kamibdatang haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    BalasHapus
  5. Advaark yg terbang rendah gini susah ditekel oleh HISAR..... kombinasi AA Skyshield dan rudal AIM-9X yg ada di NASAMS lebih sesuai untuk menghadapi aksi interdiksi low level flying spt ini karena kombinasi radar X band dg rotasi yg tinggi dan kelincahan rudal AIM-9X serta lethalitas amo AHEAD

    BalasHapus
  6. GORILLA kalau MEMBUAL memang LAWAK... 🀣🀣🀣🀣

    Pssttt.... Jaga jaga geng GORILLA akan klaim konon mereka pernah SCRAMBLE UFO... 🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woi ada maharaja bual otak ompong kerasukan kalis shopping tuh

      Hapus
    2. Maklum negara malon beruk, tentaranya hanya makan tidur saja, mana ada pengalaman tempur 🀣

      Hapus
  7. Dari korang buat cerita tanpa bukti baik korang fikir kan SUKU BUNGA HUTANG yang Makin MEROKET... 🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah urus ekonomi Mah lain Pork, urus aja aset usang dan hutang neg beruk ompong.wk.wk.wk

      Hapus
  8. Psstttt..... 6.25 persen suku bunga sebelah... NGERI guys.. 🀣🀣

    BalasHapus
  9. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa pppsssstttt mkm pernah scramble n nyegat pesawat apa yah???? Seriussss nanya poor xaxaxaxaxaxxaxaxa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi TNI malah pernah menakuti pesawat2 MALON di AMBALAT sampai kapok terbang lagi di sana
      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Mbahpret,fighter malon tak punya tenaga dan minim jumlah untuk scramble,mungkin dibiarkan aja bila ada pesawat asing masuk,kalopun scramble pasti gunakan hawk tua milik mereka

      Hapus
  10. NGERI klo hati diselimuti IRI dan DENGKI
    Bisanya cuma NGAMUK dan MEMBUAL, jadinya LAWAK 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  11. Pas kekuatan TNI dipertanyakan kesiapannya negara2 tetangga suka sok jago termasuk negara impoten diutara sok2an jagoan menguji nyali dan naluri tempur para penjaga negeri,
    Skrg alhamdulillah program penguatan sudah berjalan dan akan berkaselerasi kencang, dan gk akan ada lagi tetangga sok jago,
    Biasanya mereka pada pasang muka imut minta dilatih dan diajak maju.
    Dan harus kita jawab dengan tegas.
    TIDAK.

    BalasHapus
  12. Perbezaan SUKU BUNGA....Patutlah rakyat sebelah makin tak GEMBIRA... 🀣🀣

    MALAYSIA - 3 PERSEN
    INDON - 6.25 PERSEN

    BalasHapus
  13. HAH...?
    KD GANAS MEMALUKAN...?
    BETUL...BETUL...BETUL...
    πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAH...
      SEJUTA JAMBAN....
      BETUL.. BETUL.. BETUL
      😜😜😜😜

      Hapus
  14. Manakala Sukhoi INDON... Baru di LOCK sudah lari Ketakutan.. 🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manakala Tim Bola Sepak malaysia gak mau undang merdeka games karena sudah ketakutan....

      Hapus
    2. Mana ada pesawat Malon yg bisa terbang lagi. Semua mangkrak.

      Hapus
  15. Scramble Fighter Jiran kalau berani muncul lewat wilayah Udara Indonesia lumayan latih pakai sidewinder kalau bisa kalau gak bisa yaa nanti pakai MICA NG IR...btw Pur ini forum Militer bukan debat Ekonomi dan Keuangan....kalau kalah debat harus sportif bukan elak topik itu namanya drbat kusir alias culas gak mau kalah muka tembok...

    BalasHapus
  16. Pesawat MALON hanya untuk parade dan pameran ja ....
    Pantesan NGAMUK tni sering scramble pesawat musuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parade Malon pinjam MKI dari Indihe, MKM dkk kan dua mangkrak.

      Hapus
  17. Manakala sukhoi tni patroli di Ambalat, MKM dan hornet sembunyi gak berani nongol 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khan Sukhoi ...Hawks Indonesia Patroli mana ada Fighter malon yg muncul....😜😜😜😜

      Hapus
  18. Akibat KUAT NGUTANG.. 🀣🀣🀣

    MALON sepi SHOPING dan sepi LATIHAN

    BalasHapus
  19. Psssttttt.... Sukhoi INDON Ketakutan guys... 😜😜

    MAKASSAR, JUMAT — Dua pesawat Sukhoi SU-30 milik TNI AU dikunci missile pihak tidak dikenal ketika berlatih intersepsi udara di wilayah udara pesisir selatan Sulawesi Selatan, Jumat (20/2). Alarm missile lock kedua pesawat berbunyi secara tiba-tiba, tetapi kedua pesawat canggih yang dibeli dari Rusia itu tidak bisa mengenali siapa pihak yang mengunci mereka dengan tembakan missile.

    BalasHapus
  20. F16 Fighting Falcon Patroli...tak ada fighter malon muncul....kasihan diajak latihan militer udara cuma kirim Hawks....mana Kornet atau Sukro muncul pada grounded kah...kurang minyak dan tak ada spare part..pakai propaganda JIMAT KOS alias miskin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akal GORILLA... Sudah F16 INDON didalam wilayah INDON.. Memang la MKM tak datang... BODOH.. 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Berarti tak berani masuk wilayah Indonesia tolol kau pur cuma bisa koar2 bual dan hina kaya si midin FAM...hasilnya zonk... goblok...

      Hapus
    3. Woiiii BODOH.. Kenapa pula MKM perlu masuk ke ruang udara INDON...? KEBODOHAN APAKAH INI..? 🀣🀣🀣

      Hapus
    4. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
      HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
      TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
      -
      TIDAK BAYAR HUTANG = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ===
      SEWA HELI Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      SEWA HELI 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM)
      SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      SEWA MOTOR The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      SEWA BOAT sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      SEWA HIDROGRAFI tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
      SEWA PESAWAT ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39
      SEWA 4x4 Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula.
      ===
      RETIRED MIG29 Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
      RETIRED MB339CM the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded
      RETIRED SCORPION Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
      RETIRED CONDOR Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      RETIRED SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      RETIRED V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
      ===
      PESAWAT SAWIT On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
      KAPAL SELAM SAWIT Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
      TANK SAWIT KARET Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
      ===
      MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
      DISCONTINUING THE PRODUCTION According to Hisham, this decision raises questions because the Polish original equipment manufacturer Bumar Laberdy has stopped producing spare parts for Twardy.discontinuing the production of some main MBT components.
      2025 F18 STOP PRODUCTION stop production of the F/A-18 Super Hornet in late 2025 after delivering the last of the fighter jets,.
      LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
      😝😝😝😝😝

      Hapus
  21. Baru saja di LOCK sudah lari balik Pangkalan.. KETAKUTAN... 🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon malah tak brani take off persawat Israel berputar putar di wilayah Udara malaysia TOLOL bin GOBLOK.

      Hapus
    2. 2025 F18 STOP PRODUCTION stop production of the F/A-18 Super Hornet in late 2025 after delivering the last of the fighter jets,.
      MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
      PT91 DISCONTINUING THE PRODUCTION According to Hisham, this decision raises questions because the Polish original equipment manufacturer Bumar Laberdy has stopped producing spare parts for Twardy.discontinuing the production of some main MBT components.
      LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
      ===
      PESAWAT SAWIT On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
      KAPAL SELAM SAWIT Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
      TANK SAWIT KARET Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
      ===
      SEWA HELI Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      SEWA HELI 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
      SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      SEWA MOTOR The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      SEWA BOAT sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      SEWA HIDROGRAFI tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
      SEWA PESAWAT ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
      SEWA 4x4 Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula.
      ===
      RETIRED MIG29 Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
      RETIRED MB339CM the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded
      RETIRED SCORPION Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
      RETIRED CONDOR Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      RETIRED SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      RETIRED V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
      ===
      TIDAK BAYAR HUTANG = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      😝😝😝😝😝

      Hapus
  22. Mana mungkin yg nge lock malaysia ....tim bola sepak ajs takut....tmsk tim badminton sembunyi padahal sudah pakai pelatih Indonesia πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜œπŸ˜œπŸ˜œπŸ˜œπŸ˜œ

    BalasHapus
  23. Ada GORILLA BODOH woiii.. 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  24. SUKU BUNGA MEROKET lagi... Horeyyy... 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  25. LCS gak ada kabarnya Pork? Dah dipotong potong jadi besi rongsok kah?

    BalasHapus
  26. Ada MALON bodoh lagi HALU tentang MKM. Lah sewaktu sukhoi TNI patroli di AMBALAT semua pesawat MALON mendadak ilang dari ruang udara Ambalat. Sebelumnya riuh klaim ambalat, mendadak ciut .... 🀣🀣🀣🀣

    Dimana MKM? Sembunyi ketakutan 🀣🀣🀣

    BalasHapus

  27. MALON TAK PER AH SCRAMBLE PESAWAT NEGARA LAIN..YANG SAYA TAHU.... PESAWAT MALON KENA SCRAMBLE OLEH F-16 SINGAPORE DIATAS LANGIT JOHOR

    LAWAK KALI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilot malon suka SCRAMBLE EGG
      πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  28. HAH...?
    KD GANAS...?
    πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  29. ada beruk stress... ngomong nggak jelas. ha ha ha ha ha nak cite sikit boleh ?

    BalasHapus
  30. Urus Ringgit malon sajΓ  purr....nyungsep terendah sejak tahun 1998....wkwkwkwk

    BalasHapus
  31. Iki pake sing dicokok PKK Ning njur dilepas meneh πŸ™„

    BalasHapus