01 April 2024

Ahli: Kemampuan ASW dan ASuW TNI AL Butuh Investasi Besar

01 April 2024

KRI R.E. Martadinata 331 dan KRI I Gusti Ngurah Rai 332, dua fregat TNI AL berteknologi paling canggih saat ini (photo: Koarmada 2)

Jakarta (ANTARA) - Ahli pertahanan Alman Helvas Ali mengatakan bahwa kemampuan peperangan antikapal selam (ASW) dan antikapal permukaan (ASuW) TNI Angkatan Laut membutuhkan investasi yang cukup besar.

Oleh karena itu, Alman menilai butuh kehendak politik (political will) dari pemimpin negeri untuk mewujudkan itu karena sektor pertahanan, termasuk untuk meningkatkan kemampuan peperangan antikapal selam dan antikapal permukaan, belum menjadi prioritas belanja pemerintah setidaknya pada tahun ini.

"Indonesia membutuhkan investasi cukup besar untuk membangun kemampuan ASW dan ASuW," kata Alman saat berbicara dalam acara diskusi terkait dengan kemampuan ASW dan ASuW TNI AL di Jakarta, Selasa.

Investasi itu, kata dia, tidak hanya sebatas untuk membeli alutsista yang dapat menopang kemampuan peperangan antikapal selam dan antikapal permukaan TNI AL, tetapi juga untuk mendukung industri pertahanan dalam negeri agar mereka mampu memproduksi alutsista-alutsista tersebut.

Dalam diskusi yang sama, dia memandang perlu Pemerintah mempertimbangkan untuk membeli lisensi, terutama untuk sistem akustik dan elektronika, daripada membentuk kerja sama alih teknologi (offset) saat membeli alutsista dari luar negeri jika ada komitmen membangun kemampuan ASW dan ASuW TNI AL.

"Peluang yang kita punyai adalah jika ingin membangun kemampuan penuh TNI AL untuk peperangan bawah air, itu harus didukung bagaimana menumbuhkan kapabilitas industri lokal. Untuk mendukungnya, bagaimana industri lokal ini bisa memproduksi underwater acoustic equipment (perangkat akustik bawah air, red.) underwater electronic equipment (perangkat elektronika bawah air, red.)," katanya.

 Alman menyebutkan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan industri pertahanan dalam negeri untuk produksi sistem akustik dan elektronika melalui pembelian lisensi.

"Caranya adalah kita harus mengubah kebijakan offset menjadi lisensi. Dengan lisensi, kita akan mendapatkan gambaran penuh pengetahuan tentang bagaimana memproduksi peralatan akustik. Kalau offset, tidak akan jalan," kata dia.

Alman mencontohkan keuntungan pembelian lisensi itu saat pembuatan kapal patroli cepat FPB 57 oleh galangan kapal PT PAL.

Peralatan deteksi kapal selam helikopter AS 565 MBe Panther TNI AL (photo: istimewa)

"PT PAL bisa bikin FPB 57 pada masa lalu karena waktu itu beli lisensi FPB 57, bukan offset bikin haluan atau buritan FPB 57, melainkan beli lisensi," kata dia.

Jika Pemerintah mendukung industri dalam negeri membeli lisensi, menurut dia, industri pertahanan RI punya akses terhadap sistem alutsista yang ingin dibangun dan dikembangkan ke depan.

"Pertanyaannya apakah kita mau melakukan ini? Karena lisensi biayanya tidak murah. Kita harus membayar sekian ratus juta dolar atau mungkin hampir miliar dolar untuk suatu produk. Kuncinya, kemauan politik," kata dia.

Alman menyebut saat ini Indonesia masih bergantung pada industri pertahanan asing, terutama dari negara-negara Eropa untuk teknologi akustik dan elektronika kapal. Padahal, teknologi tersebut, krusial untuk meningkatkan kemampuan peperangan antikapal selam dan antikapal peperangan TNI AL.

Terkait dengan investasi bidang pertahanan, Sekretaris Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Sesditjen Strahan) Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Oktaheroe Ramsi, dalam acara diskusi yang sama, menyampaikan Kemhan pada prinsipnya berharap anggaran pertahanan naik setidaknya sampai 1,5 persen dari PDB.

Namun, upaya meningkatkan anggaran pertahanan sampai 1,5 persen dari PDB pun tak mudah. Pasalnya, selain butuh koordinasi panjang antarinstansi dan pembuat kebijakan, juga masih menunggu arah kebijakan presiden terpilih, yang bakal resmi menjabat setelah pelantikan pada tanggal 20 Oktober 2024.

"Contoh, setelah Oktober ini kebijakan-kebijakan pertahanannya apa dan ini bisa dituangkan dalam kebijakan pertahanan negara," kata dia.

Terkait dengan anggaran pertahanan, Alman pesimis anggaran itu naik sampai 1,5 persen pada tahun 2024, di antaranya karena belanja pertahanan kemungkinan belum jadi prioritas Pemerintah, kemudian ada kebutuhan untuk mengelola keuangan negara agar defisit APBN tidak melampaui 3 persen.

"Saya tidak melihat dalam waktu dekat pemerintahan baru akan menaikkan anggaran pertahanan jadi 1,5 persen, paling 1 persen," kata Alman.

Tidak hanya itu, struktur anggaran pertahanan juga masih terbagi untuk belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal. Pembelian alutsista merupakan bagian dari belanja modal, yang alokasinya kurang dari 30 persen dari anggaran pertahanan dari APBN.

"Sejak Orde Baru sampai sekarang, belanja alutsista kita selalu ditopang oleh pinjaman luar negeri, bukan dari belanja modal APBN tahunan. Belanja modal hanya untuk beli amunisi, spare-parts, kapal-kapal patroli ukuran 30–50 meter pakai anggaran belanja rutin, tetapi untuk major-nya kita masih mengandalkan pinjaman luar negeri," kata Alman.

105 komentar:

  1. Gak yakin itu helras punya daupin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dauphin emang ga pake helras 😆😆😆

      Hapus
    2. nyoiihh yang pake tu Panther haha!🥳🥳🥳

      Hapus
    3. Itu juga bukan kabinnya panther......terlalu lega buat ukuran panther

      Hapus
    4. yaa pasti bukanlah, konsol helras panther pas dibelakang kursi pilot bukan rangka heli haha!🤭🤭🤭
      nich yg aseli...ada stetoskop helras nongol dibawah uhuyy haha!🤗🤗🤗
      https://youtube.com/watch?v=Vne2uKwenO4

      Hapus
  2. Heli panther ALRI yalah heli ASW terkecil dikelasnya shg hanya sanggup membawa 1 jenis sensor ASW (dipping sonar), bersama 1 torpedo dan enduran yg terbatas.

    Tulah maka AHelvas menyarankan memakai platform lebih besar yg selain bisa menggotong sensor, senjata dan relai komunikask yg beragam dan yg gak kalah penting yalah endurannya lebih lama

    Kalo ga percaya tanyakan sama mama muda atau Tante.....pasti mereka setuju dg enduran yg lama ☝️

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak jugak, masi ada ploduk kucink awewe om smilikity haha!😉😉😉
      cuman tender disini si kucink kalah, demi panther dukungan sang fetedei
      padahal saat ituw di duniya blum ada satupun panther yg pake helras.
      jadi panther kita yg pertama dipasang helras AKS/ASW oleh sang fetedei bersama bbrp vendor amrik, isi tgg jwb diluar erbas grup

      pinjam kata geng yg katanya ahli pertahanan dALEMAN cs, heli panther kita jadi laboratorium tes.
      tp lucunya mereka gak berani frontal serang ploduk erbas, takut ditempiling majikan keknya haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. Si kucing itu kapasitas angkutnya lebih gede ketimbang panther.....tapi kalo dimensi kabinnya sama-sama sempit kek perawan

      Hapus
    3. klo mao yg guede yaa Neng AWEWE101kabin luas ada ramp door dan cuco parkir di PPA ama ARROWHEAD kita haha!🤤🤤🤤

      Hapus
  3. +60 DATA SIPRI 2023...
    NO PHANTOMSTRIKE
    NO SNIPER ATP
    NO AMRAAM
    NO NSM
    RADAR EL/M-2032
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    PESAWAT SAWIT = .On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    -
    KAPAL SELAM SAWIT = Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
    -
    TANK SAWIT KARET = Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    -
    HIBAH KAPAL 1967 = The post stated that among his achievements in the MMEA were that he was the team leader for a suitability study on absorbing the US Coast Guard cutter – USCG Decisive. Checks on the US Coast Guard website showed that Decisive– a Reliance class cutter – was laid in 1967 and commissioned in 1968
    -
    HIBAH KAPAL 1980 = KM Perwira, one of the two Bay class patrol boats donated to MMEA by Australia. It is likely that the Bay class was the design proposed for the tri-nation VLPV project in the late 80s.
    -
    PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG = Kapal patroli kedua yang disumbangkan oleh Jepang Coast Guard (JCG) untuk APMM/MMEA akan berlayar ke pulang pada akhir Mei, saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -
    HIBAH KAPAL 1989 DAN 1991 = Jepang menghibahkan dua kapal kelas 90m masing-masing PL-01 Ojima dan PL-02 Erimo, kedua kapal ini masuk dinas di JCG pada tahun 1989 dan 1991.
    -
    HIBAH KAPAL 1990 DAN 1991 = KM Pekan is an Ojika-class offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. This ship, together with KM Arau and KM Marlin was transferred from the Japan Coast Guard to Malaysia in order to strengthen the relations between the two countries. The ship was built as the Ojika for the Japanese Coast Guard in 1990–1991
    -
    HIBAH KAPAL 1989 = KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  4. Bahasa SALESMAN
    bukan AHLI tapi si Alman hellvas itu marketing produk agar dagangannya laku dan dapat komisi dari penjualannya

    BalasHapus
  5. ahlinya ahli tu BNS...detail disain blum 100% uda brani potong baja haha!😋😋😋

    BalasHapus

  6. SHOPPING Bahagia bukan AKAN haha!💰💰💰
    ✅1. Frigat merah putih 150 meter
    ✅2. opv 98 meter
    ✅3. kapal BHO 105meter
    ✅4. OPV 98 meter Jepang
    ✅5. KCR 60 meter pt tesco
    ✅️6. KCR 60 meter pt palindo+tais
    ✅8. tagbot
    ✅9. Special Mission Combat Boat
    ✅️10. 2 PPA


    FREMM+Mogami siap2 di pengkolan auto BAHAGIA kita haha!👏👏👏

    sementara KL, nich pegang 🍌 haha!😆😆😆

    BalasHapus
  7. LCS Maharogollella memang hebat, punya kemampuan ASU (ANJING) WKWKWKWK

    BalasHapus
  8. Bagi bahagia dulu rakyatnya....

    Ini pemerintahnya HUTANG tapi rakyat yang diperas buat bayar HUTANG... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  9. Bagi bahagiakan dulu rakyatnya....

    Ini pemerintahnya HUTANG tapi rakyat yang diperas buat bayar HUTANG... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikmati hutang Pork, walaupun kalis shopping dan aset mangkrak yg penting waria gempur bisa bual.Malon makin ditinggalkan dikawasan.

      Hapus
  10. Masa MALAYSIA yang kecil ni lebih KAYA dari INDON..? 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singapura lebih kecil dari malaysia lebih kaya...terus gimana itu.

      Hapus
  11. Kapal malon mana...oiya lupa mangkrak
    Karatan
    Hutang
    Rasuah

    Poor malon

    BalasHapus
  12. Kasihan elak topik malon wkwkk,
    Malon kebanyakan bangsa malaydesh

    BalasHapus
  13. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -'
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝TIDAK BAHAGIA = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  14. Ha ha ha ha semenjak kita beli PPA beruk2 makin sering ngamuk2. Santai aja pork

    BalasHapus
  15. ngaku kaya tapi NO SHOPPING haha!😝😝😝
    eitttt malah SEWA...kasian dech luh haha!😋😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan bak kut teh ommm.....sebelah klaim Islam tapi makan pork nontonnya porn wkwkwkkw

      Hapus
    2. jgn lufa warganyet bahagia hasil cukai genting hailen om haha!😅😅😅

      Hapus
  16. ada yg ngaku negara kaya tapi gak punya
    ✅️HST/ hight speed train woooshhh

    kongsian 50:50 ama Sing malah batal, tak punyak duit, mundur terus kena denda pulak S$100juta dolar alamak,
    KL musti bayar wang jago buat mantan propinsinya kasian haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  17. PSC-Naval Dockyard had never built anything but trawlers or police boats before being given the contract, the company was contracted to deliver six patrol boats for the Malaysian Navy in 2004 and complete the delivery in 2007. Those were supposed to be the first of 27 offshore vessels ultimately cost RM24 billion plus the right to maintain and repair all of the country’s naval craft. But only two of the barely operational patrol boats had been delivered by mid-2006.
    -
    BNS LCS 2011 dilakukan tanpa tender terbuka. Kapal-kapal itu akan dibangun di Galangan Kapal Boustead dan unit pertama sedianya dikirim pada 2019.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2017 diluncurkan secara seremonial pada Agustus 2017. Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2022 menurut jadual asal, setakat Ogos 2022 sepatutnya lima buah kapal LCS harus disiap dan diserahkan kepada TLDM.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2023 Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019, dengan kapal terakhir dijadwalkan untuk serah terima pada Juni 2023.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2025 Kapal pertama Littoral Combat Ship (LCS) TLDM itu dijangka hanya akan siap pada tahun 2025
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2026 Lima kapal LCS akan diserahkan kepada TLDM secara berperingkat dengan kapal pertama dijangka diserahkan pada penghujung 2026
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2029 TLDM hanya akan dapat memperoleh kelima-lima LCS pada 2029 berbanding kontrak asal di mana 5 kapal LCS itu
    sepatutnya diserahkan pada 2022
    --
    2024 DETAIL DESIGN BELUM SELESAI = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
    -
    LUNAS Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), has been renamed Lumut Naval Shipyard Sdn Bhd (Lunas).
    😝PSC > BNS > LUNAS = GAGAL😝

    BalasHapus
  18. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -'
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝HUTANG BAYAR HUTANG = KASIAN😝

    BalasHapus
  19. mulai 2026 keatas
    ✅Rafale
    ✅Atlas
    ✅ah-140
    ✅️erbas mrtt

    berdatangan,
    eittt tahun depan ada kapal PPA BARUW made in italiano bersama C-130J pertama sekawasan haha!😎😎😎

    jangan LUFA, jiran KL undang kami di LIMA yak kalo mao lihat ASET BARUW SUPER MAHAL, BESAR dan BANYAK haha!🤑🤑🤑
    gausa repot2 minyak bbm, bajet kami Besaaarrr haha!😁😁😁

    BalasHapus
  20. +60 DATA SIPRI 2023...
    NO PHANTOMSTRIKE
    NO SNIPER ATP
    NO AMRAAM
    NO NSM
    LCS DELAYED
    RADAR EL/M-2032
    -
    BUYS FROM ISRAEL.....
    Official data published by the Israeli Central Bureau of Statistics (CBS) tells of a booming, but very discreet, trade relationship that is blossoming between the two countries, despite a hawkish prime minister in Jerusalem and Razak’s Islamist and proudly pro-Palestinian government in Kuala Lumpur.
    Official data published by the Israeli Central Bureau of Statistics (CBS) tells of a booming, but very discreet, trade relationship that is blossoming between the two countries, despite a hawkish prime minister in Jerusalem and Razak’s Islamist and proudly pro-Palestinian government in Kuala Lumpur.
    -
    SAHABAT SEJATI = During the early days of his administration, Tunku Abdul Rahman was open to fostering ties with Israel as the latter had expressed support for Malaya’s independence. In 1956, Tunku, then Chief Minister, welcomed the Israeli Prime Minister, Moshe Sharett, to the county....
    Although Tunku was indebted to Israel for its vote to admit the newly independent Federation of Malaya into the United Nations in 1957...
    -
    PESAWAT SAWIT = .On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    -
    KAPAL SELAM SAWIT = Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
    -
    TANK SAWIT KARET = Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  21. Pesawat LEONARDO ATR72 MPA MALAYSIA lengkap dengan radar AESA Seaspray 7300E dan sistem mengesan akustik kapal selam ULISSES..

    BalasHapus
  22. Leonardo ATR72 MPA Sekadar kesan kapal selam murah versi IKAN DOLFIN BERNAFAS NAIK TURUN NAIK TURUN tu sangat mudah... 🤣🤣

    BalasHapus
  23. PESAWAT SAWIT = .On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    -
    KAPAL SELAM SAWIT = Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
    -
    TANK SAWIT KARET = Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -'
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝HUTANG BAYAR HUTANG = KASIAN😝

    BalasHapus
  24. Gampang militer kuat butuh ekonomi serang/invasi aja malaysia jadikan koloni pendapatannya 50% setor ke Indonesia beres..

    BalasHapus
  25. Malah ranking negara TERKAYA ASEAN pun MALAYSIA kalahkan INDON....

    GDP besar konon... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  26. Kapal LCS aja msih hutang wkkwk
    Sewa pun pakai hutang

    Stupid malon koment 🤣🤣😆

    BalasHapus
  27. Makanan empuk Rafale itu...

    BalasHapus
  28. Sewa heli pakai lender
    Bla bla bla kaya

    Otak mana otak

    BalasHapus
  29. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -'
    2053 : The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF).
    -
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝HUTANG BAYAR HUTANG = JATUH TEMPO 2024😝

    BalasHapus
  30. Wkwkkww lon
    Klo kaya kenapa sewa pakai hutang
    Tolol lah tuh

    Militer hobi sewa kaya konon 😆🤣🤣
    LLOl gemprol

    BalasHapus
  31. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -'
    2053 : The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF).
    -
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝HUTANG BAYAR HUTANG = JATUH TEMPO 2024😝

    BalasHapus
  32. Negara kaya kok helicopter sewa....logikanya dimana....???? Efek kalah debat militer larinya kemana-mana....elak topik

    BalasHapus
  33. Negara miskin tak Bahagia... Logik la GAGAL BAYAR HUTANG KFX, MENCURI dan Gagal Bayar denda GAGAL BAYAR SEWA SATELIT NAVAYO... 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk otak ompong memang gak punya malu, bual terus di DS efek termiskin kalis shopping bikin gelak SIPRI 0000000

      Hapus
  34. Aman.. ☺

    https://x.com/stats_feed/status/1758361220938346824?s=20

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih aman dan terjangkau, alhamdulillah.. 🤗

      https://twitter.com/angkasareview/status/1440915817349062657?t=rEmVRpkl8CGZ0ly2l8AZOw&s=19

      Hapus
  35. Salam sewa heli dapat LENDER

    WKWKKWKWW....MALON SEMBANG BABI PUN TERBANG 🤣🤣🤣🤣🙈

    BalasHapus
  36. Negara kuat NGUTANG LENDER memang tak BAHAGIA... 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Average annual GDP growth between 2001 and 2020
      🇨🇳China: 9.5%
      🇮🇳India: 6.9%
      🇮🇩Indonesia: 5.3%
      🇹🇷Turkey: 4.7%
      🇷🇺Russia: 2.4
      GDP purchasing power parity:
      🇨🇳 China: $35.04 trillion
      🇺🇸 USA: $27.97 trillion
      🇮🇳 India: $14.26 trillion
      🇯🇵 Japan: $6.71 trillion
      🇩🇪 Germany: $5.72 trillion
      🇷🇺 Russia: $5.23 trillion
      🇮🇩 Indonesia: $4.72 trillion
      🇧🇷 Brazil: $4.26 trillion
      🇫🇷 France: $4.01 trillion
      🇬🇧 UK: $3.98 trillion
      #WORLD OF STATISTICS
      -
      HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
      HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
      TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
      -
      2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      😝 TO REFINANCE MATURING DEBTS FROM 2024 ONWARDS 😝

      Hapus
    2. Bahagia bahasa Indonesia mendunia, bikin Malon terkentut

      Hapus
  37. Purr....TNIAL mendapat hibah 2 Kapal Destroyer JS Murasame Class dari Jepang....lumayaan..wkwkwkwk TLDM semakin jauuuuuuuh tertinggal.

    BalasHapus
  38. ❌️EMKAEM
    ❌️fa 18 kornet
    ❌️MSA
    bahkan anka dan atr72 yg akan pun
    adalah target SAH rudal hanud MERAD dan SHORAD kami haha!🚀🚀🚀
    ✅️NASAMS
    ✅️ADS(air defense system)400-hisar O,U, SIPER
    ✅️strela
    ✅️starstreak
    ✅️mistral
    ✅️mica
    ✅️qw
    ✅️chiron
    ✅️propad

    eitt warganyet makin PANIK haha😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neng ester nya om, insyaAllah.. ☺

      https://x.com/RandomWorldWar/status/1774370221534724547?s=20

      Hapus
    2. ama mica-ng yaa ok mogu2 haha!😎😎😎

      Hapus
  39. Bagaimana rakyat MAU BAHAGIA kalau diperas bayar HUTANG pemerintah... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  40. Gahar ya Purr 2 unit Destroyer Marusame Class....Jepun melihat TNIAL dapat diandalkàn...berbeda dengan TLDM gunboat navy....sudah lemah..wkwkwkwk

    BalasHapus
  41. 2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    😝HUTANG BAYAR HUTANG = JATUH TEMPO 2024😝

    BalasHapus
  42. INDON GAGAL BAYAR HUTANG guys... 🤣🤣

    BalasHapus
  43. Patutlah tak BAHAGIA..... 🤣🤣🤣 Kerana NGUTANG LENDER terussss

    BalasHapus
  44. 29 Kali Ditagih BAYAR HUTANG KFX sama korea.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  45. shopping ANEH seblah
    ❌️88 a4skyhawk datangnya 1/2
    ❌️8 mb339c dibeli TANPA ENJIN
    ❌️4 si LeMeS full weapon taunya OMFONG dr lahir
    ❌️6 Kedah klas full weapon taunya OMFONG dr lahir
    ❌️6 LCS kontak 2011, tak ada satupun dihantar haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫

    warganyet di tipu mulu, bahagia katanya...pantesan ranking 3 eror hah!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  46. Balasan
    1. Beli lisensi itu dlm jumlah ttt yg disepakati bersama dg pemberi lisensi.....termasuk apakah boleh mengekspor ulang produk lisensianya

      Hapus
  47. Malon sekarang cuma sekasta Timles dan Vanuatu guys. Jalur shopping aset mangkrak, tunggu lah Sabah dan Pinoy siap direbut PINOY

    BalasHapus
  48. Setuju sih dengan saran si Alman, mulailah dengan melisensi produk militer seperti rudal atmaca, smart bom hammer dan rudal anti tank 😊

    BalasHapus
  49. Gahar ya Purr 2 dapat hibah unit Destroyer Marusame Class....Jepun melihat TNIAL dapat diandalkàn...berbeda dengan TLDM gunboat navy....sudah lemah..wkwkwkwk

    BalasHapus
  50. Ada yg butuh pisang ??? 🤣

    BalasHapus
  51. HIGH COURT = LOAN 17 CREDITORS....
    The orders given by the High Court today were obtained as part of BNS’s overall restructuring and rehabilitation plan by way of a proposed scheme of arrangement with its creditors.
    Since then, it is understood that other creditors have intervened in the ongoing court proceedings over the scheme of arrangement.
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    😝 TO REFINANCE MATURING DEBTS FROM 2024 ONWARDS 😝

    BalasHapus
  52. keadaan INDON tak baik baik saja..tak hiaran kenapa ratusan ribu warganya sanggup bergadai nyawa masuk secara haram ke Malaysia mencari kerja.....

    jadi boleh faham kenapa INDON masuk negara yang TAK BAHAGIA....

    BalasHapus
  53. keadaan INDON tak baik baik saja..tak hairan kenapa ratusan ribu warganya sanggup bergadai nyawa masuk secara haram ke Malaysia mencari kerja.....

    jadi boleh faham kenapa INDON masuk negara yang TAK BAHAGIA....

    BalasHapus
  54. Bahas kapal jangan elak topik beruk malaya

    BalasHapus
  55. Woiii beruk malaya ayuhh bahas kapal

    BalasHapus
  56. Woiiii beruk malaya ayuhh kita bahas kapal

    BalasHapus
  57. satu persatu di INDON BUNGKUS....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      -
      HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
      HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
      TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
      -
      PESAWAT SAWIT = .On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
      -
      KAPAL SELAM SAWIT = Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
      -
      TANK SAWIT KARET = Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
      -
      HIBAH KAPAL 1967 = The post stated that among his achievements in the MMEA were that he was the team leader for a suitability study on absorbing the US Coast Guard cutter – USCG Decisive. Checks on the US Coast Guard website showed that Decisive– a Reliance class cutter – was laid in 1967 and commissioned in 1968
      -
      HIBAH KAPAL 1980 = KM Perwira, one of the two Bay class patrol boats donated to MMEA by Australia. It is likely that the Bay class was the design proposed for the tri-nation VLPV project in the late 80s.
      -
      PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG = Kapal patroli kedua yang disumbangkan oleh Jepang Coast Guard (JCG) untuk APMM/MMEA akan berlayar ke pulang pada akhir Mei, saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
      -
      HIBAH KAPAL 1989 DAN 1991 = Jepang menghibahkan dua kapal kelas 90m masing-masing PL-01 Ojima dan PL-02 Erimo, kedua kapal ini masuk dinas di JCG pada tahun 1989 dan 1991.
      -
      HIBAH KAPAL 1990 DAN 1991 = KM Pekan is an Ojika-class offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. This ship, together with KM Arau and KM Marlin was transferred from the Japan Coast Guard to Malaysia in order to strengthen the relations between the two countries. The ship was built as the Ojika for the Japanese Coast Guard in 1990–1991
      -
      HIBAH KAPAL 1989 = KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
      😝😝😝😝😝😝

      Hapus
  58. 2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    PESAWAT SAWIT = .On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to Malaysia in the future. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    -
    KAPAL SELAM SAWIT = Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of Malaysian palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and technology transfer to local firms here.
    -
    TANK SAWIT KARET = Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and technology transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    -
    HIBAH KAPAL 1967 = The post stated that among his achievements in the MMEA were that he was the team leader for a suitability study on absorbing the US Coast Guard cutter – USCG Decisive. Checks on the US Coast Guard website showed that Decisive– a Reliance class cutter – was laid in 1967 and commissioned in 1968
    -
    HIBAH KAPAL 1980 = KM Perwira, one of the two Bay class patrol boats donated to MMEA by Australia. It is likely that the Bay class was the design proposed for the tri-nation VLPV project in the late 80s.
    -
    PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG = Kapal patroli kedua yang disumbangkan oleh Jepang Coast Guard (JCG) untuk APMM/MMEA akan berlayar ke pulang pada akhir Mei, saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -
    HIBAH KAPAL 1989 DAN 1991 = Jepang menghibahkan dua kapal kelas 90m masing-masing PL-01 Ojima dan PL-02 Erimo, kedua kapal ini masuk dinas di JCG pada tahun 1989 dan 1991.
    -
    HIBAH KAPAL 1990 DAN 1991 = KM Pekan is an Ojika-class offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. This ship, together with KM Arau and KM Marlin was transferred from the Japan Coast Guard to Malaysia in order to strengthen the relations between the two countries. The ship was built as the Ojika for the Japanese Coast Guard in 1990–1991
    -
    HIBAH KAPAL 1989 = KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  59. keadaan di INDON tak berapa bahagia.... SRITEX yang besar tu pun boleh mau BANKRUP...

    BalasHapus
  60. PSC-Naval Dockyard had never built anything but trawlers or police boats before being given the contract, the company was contracted to deliver six patrol boats for the Malaysian Navy in 2004 and complete the delivery in 2007. Those were supposed to be the first of 27 offshore vessels ultimately cost RM24 billion plus the right to maintain and repair all of the country’s naval craft. But only two of the barely operational patrol boats had been delivered by mid-2006.
    -
    BNS LCS 2011 dilakukan tanpa tender terbuka. Kapal-kapal itu akan dibangun di Galangan Kapal Boustead dan unit pertama sedianya dikirim pada 2019.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2017 diluncurkan secara seremonial pada Agustus 2017. Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2022 menurut jadual asal, setakat Ogos 2022 sepatutnya lima buah kapal LCS harus disiap dan diserahkan kepada TLDM.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2023 Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019, dengan kapal terakhir dijadwalkan untuk serah terima pada Juni 2023.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2025 Kapal pertama Littoral Combat Ship (LCS) TLDM itu dijangka hanya akan siap pada tahun 2025
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2026 Lima kapal LCS akan diserahkan kepada TLDM secara berperingkat dengan kapal pertama dijangka diserahkan pada penghujung 2026
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2029 TLDM hanya akan dapat memperoleh kelima-lima LCS pada 2029 berbanding kontrak asal di mana 5 kapal LCS itu
    sepatutnya diserahkan pada 2022
    --
    2024 DETAIL DESIGN BELUM SELESAI = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
    -
    LUNAS Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), has been renamed Lumut Naval Shipyard Sdn Bhd (Lunas).
    😝PSC > BNS > LUNAS = GAGAL😝

    BalasHapus
  61. PSC-Naval Dockyard had never built anything but trawlers or police boats before being given the contract, the company was contracted to deliver six patrol boats for the Malaysian Navy in 2004 and complete the delivery in 2007. Those were supposed to be the first of 27 offshore vessels ultimately cost RM24 billion plus the right to maintain and repair all of the country’s naval craft. But only two of the barely operational patrol boats had been delivered by mid-2006.
    -
    BNS LCS 2011 dilakukan tanpa tender terbuka. Kapal-kapal itu akan dibangun di Galangan Kapal Boustead dan unit pertama sedianya dikirim pada 2019.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2017 diluncurkan secara seremonial pada Agustus 2017. Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2022 menurut jadual asal, setakat Ogos 2022 sepatutnya lima buah kapal LCS harus disiap dan diserahkan kepada TLDM.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2023 Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019, dengan kapal terakhir dijadwalkan untuk serah terima pada Juni 2023.
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2025 Kapal pertama Littoral Combat Ship (LCS) TLDM itu dijangka hanya akan siap pada tahun 2025
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2026 Lima kapal LCS akan diserahkan kepada TLDM secara berperingkat dengan kapal pertama dijangka diserahkan pada penghujung 2026
    -
    BNS LCS DIJANGKA 2029 TLDM hanya akan dapat memperoleh kelima-lima LCS pada 2029 berbanding kontrak asal di mana 5 kapal LCS itu
    sepatutnya diserahkan pada 2022
    --
    2024 DETAIL DESIGN BELUM SELESAI = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
    -
    LUNAS Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), has been renamed Lumut Naval Shipyard Sdn Bhd (Lunas).
    -
    HIGH COURT = LOAN 17 CREDITORS....
    The orders given by the High Court today were obtained as part of BNS’s overall restructuring and rehabilitation plan by way of a proposed scheme of arrangement with its creditors.
    Since then, it is understood that other creditors have intervened in the ongoing court proceedings over the scheme of arrangement.
    😝PSC > BNS > LUNAS = HIGH COURT😝

    BalasHapus
  62. jaga jaga INDON akan ngemis ke MALAYSIA minta MALAYSIA support produk SRITEX....agar tidak bangkrup....

    begitulah mereka buat masa mau menyelamatkan PTDI dari BUNGKUS....Syukur MALAYSIA beli pesawat CN235 dalam jumlah besar untuk membantu....

    BalasHapus
  63. 2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝2024 HUTANG JATUH TEMPO = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  64. PT-91M PENDEKar TUA NAN USANG ROSAK GUYS... TROUBLE



    https://www.facebook.com/share/p/niwMcq5iy3SEkDkS/?mibextid=oFDknk




    CRITICAL TROUBLE PT-91M 😂😂😂😂😂😂


    TANK TUA YA NAN USANG

    BalasHapus
  65. Logika KOPLAK LOW IQ IDIOT malon yang berkomentar:

    GEMPURWIRA1 April 2024 pukul 18.11
    Leonardo ATR72 MPA Sekadar kesan kapal selam murah versi IKAN DOLFIN BERNAFAS NAIK TURUN NAIK TURUN tu sangat mudah... 🤣🤣

    +++++++++++++++++++++++++++++++++++

    pertanyaan kritis :

    > emang , jika benar malon punya atr72 mpa, tuch pesawat mo terbang diatas laut kedaulatan negara INDONESIA-kah ?

    >>>> kesamber Amraam -120C7 ATAU Meteor duluan tuch atr72 mpa malon.


    pantas aja malon peringkat 3 mental illness.

    berpikir benar saja tidak bisa....HAHAHAHA

    BalasHapus
  66. HIGH COURT = LOAN 17 CREDITORS....
    The orders given by the High Court today were obtained as part of BNS’s overall restructuring and rehabilitation plan by way of a proposed scheme of arrangement with its creditors.
    Since then, it is understood that other creditors have intervened in the ongoing court proceedings over the scheme of arrangement.
    -
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    😝 TO REFINANCE MATURING DEBTS FROM 2024 ONWARDS 😝

    BalasHapus
  67. thhe pun bankrut...2 opv damen otomatis bubarr haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  68. LUNAS pun .mau bangkrut...wkwkwk

    BalasHapus
  69. KEKUATAN LAUT UNTUK KAPAL PERMUKAAN SUDAH MANDIRI KCR PT PAL , ANGKUT , BRS DSB ,
    ASAL JUJUR SAJA MAU MENGAKUI KEMAMPUAN BANGSA ATAU PT PAL,
    UNTUK HAL² LAIN CMS SUDAH MAMPU RADAR JUGA HANYA WILL SAJA & KEJUJURAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MAU AKUI KEMAMPUAN BANGSA INDONESIA DARI PRODUCT ASLI TECHNOCRAT INDONESIA JIKA TIDAK MAU AKUI PERCUMA SAJA , SEKALIAN MINTA SAJA 100% IMPORT KARENA PERCUMA MESKI UNGGUL JELAS FAKTA & BUKTI²NYA JIKA TIDAK MAU MENGAKUI TETAP SAJA AKAN MENYANGKAL DENGAN BERAGAM DALIH YANG KERDIL & HENDAK KERDILKAN BANGSA SEPERTI KEHENDAK MUSUH, JUGA TIDAK MAU AKUI KEMANDIRIAN.

    HAL² LAIN , YA SAMA SAJA SEMUA NEGARA BERKOLABORASI MENCARI ATAU MENGGUNAKAN PENDUKUNG YANG TERBAIK.

    SEPERTI DI KASUS SUB MARINE NAGAPASA TERLIHAT JELAS APALAGI DI PROJECT IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET YANG JELAS² NKRI MAMPU MANDIRI ,TAPI DI BANTAH DARI DALAM NEGERI OLEH YANG SOK TAHU & BARU DENGAN BERAGAM ALASAN YANG DIBUAT²NYA YANG INTI TUJUANNYA TETAP MENGHAMBAT & TIDAK MAU AKUI PRESTASI ASLI TECHNOCRATE INDONESIA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sich, tsetow?

      ato elo lage galau soal THR sebagai salesman produk korea selatan yang tersendat sendat saat ini ?

      emang bikin produk alutsista dalam skala laboratorium itu langsung bisa dikatakan compatible dan durable dalam misi tempur daripada produk2 yang elo sebutin diatas?

      kenapa nagapasa class pakai design kapal selan Jerman U-209 ? Jerman pun tidak kasih ijin lagi untuk design U-209 Korea Selatan yang akan dijual kepada INDONESIA itu.

      kenapa korea selatan TIDAK KASIH 4 SUBSYSTEM TEKNOLOGI KUNCI KF21 kepada INDONESIA ?

      kenapa korea selatan TIDAK INGIN KF21 DIPRODUKSI DI PT. DI ?

      Hapus
  70. Cukup gelak saja lihat bualan otak ompong beruk waria

    BalasHapus
  71. 2024 HUTANG JATUH TEMPO = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝2024 HUTANG JATUH TEMPO = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus