03 September 2024

Akuisisi Sistem Senjata, Antara Kebutuhan Mendesak & Waktu Tunggu

03 September 2024

Scorpene Evolved akan diserahkan dalam jangka waktu 96 bulan setelah kontrak efektif (photo: Brazilian Navy)

Meskipun alokasi belanja sistem senjata untuk Kementerian Pertahanan pada periode 2020-2024 yang bersumber dari Pinjaman Luar Negeri (PLN) ialah US$25 milyar, akan tetapi nilai realisasinya belum tersedia. Hingga sekarang proses akuisisi sistem senjata masih terus berlangsung di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keuangan, di mana kontrak yang sudah ditandatangani tidak dapat begitu saja langsung memasuki tahap efektif tanpa adanya loan agreement.

Tahapan diskusi loan agreement di Kementerian Keuangan memerlukan waktu, di mana durasinya berbeda pada setiap program pengadaan. Setelah proses tersebut selesai, aktivasi kontrak akan ditentukan oleh ketersediaan dana Rupiah Murni Pendamping di Kementerian Pertahanan pada tahun anggaran berjalan.

Sampai saat ini Kementerian Pertahanan juga sedang menunggu kepastian perpanjangan sejumlah Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP) dari Menteri Keuangan. Permohonan perpanjangan PSP diajukan mengingat bahwa proses negosiasi kontrak di Kementerian Pertahanan dan atau proses negosiasi pinjaman di Kementerian Keuangan belum selesai saat masa berlaku PSP jatuh tempo.

Terdapat harapan agar perpanjangan tersebut dapat diberikan sebelum pemerintahan saat ini turun pada 20 Oktober 2024. Opsi lainnya adalah pemerintah baru melakukan perpanjangan PSP dengan tujuan agar daya serap PLN hingga akhir tahun ini lebih tinggi.

Tidak dapat dimungkiri bahwa akuisisi sistem senjata yang menggunakan PLN meningkat luar biasa di MEF 2020-2024. Meskipun demikian, kegiatan pembelian beragam sistem senjata masih jauh dari kebutuhan minimal pertahanan mengingat sebagian aktivitas tersebut lebih ditujukan untuk penggantian sistem senjata lama daripada menambah kuantitas sistem senjata secara keseluruhan.

Sebagai contoh, pengadaan 42 Rafale tidak akan diikuti dengan pembentukan skadron tempur baru sebab jet tempur asal Prancis itu akan ditempatkan di dua skadron yang saat ini mengoperasikan BAE Hawk 100/200. Program pembangunan kekuatan pertahanan jangka panjang 2010-2024 memang dirancang untuk menggantikan sistem senjata yang sudah usang daripada meningkatkan kualitas maupun kuantitas sistem sistem senjata.

F-16 A/B hasil upgrade dengan formasi tetris challenge (photo: Blcak Phoenix)

Kementerian Pertahanan dan TNI terus menghadapi isu keusangan sistem senjata, selain juga isu kelangkaan suku cadang. Isu keusangan sistem senjata tidak akan diuraikan lebih lanjut karena sudah menjadi pengetahuan umum.

Adapun isu kelangkaan suku cadang disebabkan oleh beberapa hal, seperti komponen sistem senjata beserta suku cadangnya tidak diproduksi lagi. Misalnya ketersediaan common radar processor AN/APG-68(V)9, di mana suku cadang sudah tidak diproduksi lagi oleh Northrop Grumman selaku penerus Westinghouse Electronic Systems.

Isu kelangkaan suku cadang disebabkan pula produksi suku cadang oleh penyuplai tidak berjalan lancar dengan beragam alasan. Bukan hal yang aneh apabila terdapat sistem senjata yang masih terus diproduksi oleh Original Equipment Manufacturer (OEM), namun suku cadang justru mengalami isu keusangan.

Sebagai contoh adalah suku cadang dengan part number tertentu untuk pesawat terbang yang diimpor oleh Indonesia dari negara berkembang lainnya. Mungkin terdengar aneh bahwa sebuah sistem senjata senjata berstatus masih diproduksi akan tetapi justru mengalami kesulitan suku cadang.

Kedua isu akan terus dihadapi oleh Kementerian Pertahanan dan TNI hingga beberapa tahun mendatang. Padahal TNI harus menjaga kesiapan operasional di tengah kondisi lingkungan strategis yang penuh tantangan.

Menjaga kesiapan operasional TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara masih terus menjadi tantangan sebab sistem senjata yang mereka operasikan tidak murah dari aspek life cycle cost. Secara umum, kesiapan operasional antara lain ditentukan oleh besaran anggaran pemeliharaan, anggaran latihan dan anggaran operasi yang dialokasikan dalam anggaran pertahanan.

Kunjungan petinggi Naval Group ke PT PAL (photo: PAL)

Dari perspektif teknis, mempertahankan kesiapan operasional di kisaran 40 persen hingga 50 persen merupakan sebuah tantangan besar karena terkait dengan kelancaran rantai pasok suku cadang dan kesiapan industri pada depo-depo pemeliharaan.

Sebagaimana diketahui, sistem senjata seperti pesawat udara dan kapal perang terdiri dari beragam sub sistem seperti airframe/platform, elektronika, sistem pendorong dan senjata. Setiap sub sistem tersebut mempunyai cycle pemeliharaan yang berbeda-beda, sehingga secara langsung mempengaruhi kesiapan operasional.

Walaupun setiap sub sistem tersedia suku cadang apabila terdapat satu atau beberapa part numbers harus dilepas guna menjalani pemeliharaan atau penggantian, namun ada fase pemeliharaan yang membuat pesawat udara dan kapal perang tidak dapat beroperasi sama sekali.

Meskipun Kementerian Pertahanan sudah menandatangani sejumlah kontrak akuisisi sistem senjata dari 2021 sampai sekarang, akan tetapi selalu ada sela antara aktivasi kontrak dengan penyerahan sistem senjata tersebut.

Hal demikian wajar karena produksi sistem senjata dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti ketersediaan material di pasar, pasokan parts atau komponen dari pemasok, kapasitas produksi OEM, order backlog dan lain sebagainya. Sela yang dimaksud menjadi masa tunggu bagi pembeli sistem senjata dan isu itu sudah tercantum di dalam klausul kontrak.

Sebagai ilustrasi, jadwal penyerahan 42 Rafale antara 2026 hingga 2030. Jadwal itu secara umum tidak mempengaruhi kebutuhan operasional TNI Angkatan Udara sebab armada F-16 yang ada saat ini masih dapat mengatasi kebutuhan operasional yang muncul.

4 kapal selam TNI AL 401, 404, 403 dan 405 (photo: Keris)

F-16 masih menjadi tumpuan operasional TNI Angkatan Udara walaupun kemampuan tertentu seperti Beyond Visual Range hanya dimiliki oleh varian A/B. Begitu pula dengan tidak optimalnya kesiapan armada Sukhoi Su-27/30 pun masih dapat ditutupi oleh armada jet tempur buatan Amerika Serikat itu.

Hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah kesiapan operasional armada kapal selam, di mana kapal selam Scorpene Evolved akan diserahkan dalam jangka waktu 96 bulan setelah kontrak efektif.

Walaupun baru dioperasikan kurang dari 10 tahun, kesiapan operasional kapal selam DSME 209/1400 telah menjadi perhatian khusus dari para pemangku kepentingan sejak beberapa tahun lalu. Terdapat aspirasi untuk melakukan upgrade terhadap ketiga kapal selam itu sedari beberapa tahun belakang, namun usulan pendanaan lewat skema PLN belum disetujui oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keuangan.

Dihadapkan pada kondisi demikian, pilihan yang paling realistis adalah Kementerian Pertahanan mengusulkan program upgrade kapal selam DSME 209/1400 kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk dimasukkan ke dalam Blue Book 2025-2029.

Pilihan upgrade lebih mudah daripada harus mencari kapal selam bekas (interim) di pasar internasional saat kondisi pasar selam bekas tidak menjanjikan sebab belum terlihat negara yang hendak menjual kapal selamnya. Nampaknya terdapat beberapa galangan kapal selam non-Korea Selatan seperti Naval Group memperlihatkan minatnya untuk melaksanakan upgrade kapal selam DSME 209/1400 bila tercantum dalam Blue Book mendatang. (Alman Helvas Ali)


107 komentar:

  1. tiap tahun, tiap bulan, tiap minggu SHOPPING TERUSZ TIADA HENTI haha!💰💰💰

    OPV 98 Masyuk Pak Eko haha!👍👍👍

    BalasHapus
  2. mulai dech geng prencis promo...
    tnang itali, turkiye nyusup haha!😋😋😋

    BalasHapus

  3. ❌️rafalemalaysia.com EXIT
    ❌️Gipeng Sewa EXIT
    ❌️Hornet Kuwait 4x EXIT
    semua MRCA EXIT...gutbai negeri🎰kasino genting haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
  4. wajar, abis beli 42 rafale, radar thales.. yo nunggu waktulah..

    BalasHapus
  5. ✅️Turkish Aerospace Industries Buka Kantor Baru di Indonesia
    https://gbp.com.sg/regional_stories/turkish-aerospace-industries-buka-kantor-baru-di-indonesia/

    ✅️opv
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgq3BJ5FQg2jMkUJXjyiftz7hTX90PdvQzG_F3hqGUjiql-8bfaIaxnqizOo0fkRHSGPiAZB7bzQsIGheMnkY5D1o6I6P8s0r10mkt_a4PUX-97x9UgNufn4mrrcwe2lNjt5-rC_RCCrFzS7dng-KEG9d5pI10b3qKugInx7QkORXQ4BSjSyNB0urVeIVbl/s2040/IMG_0164.jpeg
    ------

    Aplot berita yg pasti2 ajah min, sperti yg atas ⬆️⬆️⬆️ haha!👍👍👍

    ngapaen si botak dALEMAN KALAPAS seles prencis dikasi panggung haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  6. MISKIN.... SIGN KONTRAK KOSONG.... 🤣🤣

    Meskipun alokasi belanja sistem senjata untuk Kementerian Pertahanan pada periode 2020-2024 yang bersumber dari Pinjaman Luar Negeri (PLN) ialah US$25 milyar, akan tetapi nilai realisasinya belum tersedia. Hingga sekarang proses akuisisi sistem senjata masih terus berlangsung di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keuangan, di mana kontrak yang sudah ditandatangani tidak dapat begitu saja langsung memasuki tahap efektif tanpa adanya loan agreement.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita shooping dari paris, banyak 42 rafale, radar thales, dan banyak lagi sampai bank nya antri, 🤣🤣🤣

      KELIHATAN TAK TAHU DAN PAHAM PEMBELIAN ALUTSISTA..

      🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
    2. SATU-SATUNYA DI ASEAN .....
      HUTANG BAYAR HUTANG = OVER LIMIT DEBT
      ----
      4 MILLIAR DOLLAR = BAGI 5 = SEWA
      2024 MYR 19,7 ( +/- 4 MILIAR DOLAR AS) = SEWA
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      ------
      2024 OVER LIMIT DEBT 65,6% = BANGKRUT
      2024 OVER LIMIT DEBT 65,6% = BANGKRUT
      2024 OVER LIMIT DEBT 65,6% = BANGKRUT
      Malaysia Government debt accounted for 65.6 % of the country's Nominal GDP in Mar 2024, compared with the ratio of 64.3 % in the previous quarter. Malaysia government debt to GDP ratio data is updated quarterly, available from Dec 2010 to Mar 2024.
      ------
      LIMIT DEBT 65% TO GDP ...
      LIMIT DEBT 65% TO GDP ...
      LIMIT DEBT 65% TO GDP ...
      Malaysia Plan, 2021-2025 (Twelfth Plan), the Government maintained the statutory debt limit at 65% of GDP under the Loan (Local) (Statutory Ceiling for Borrowing) and Government Funding (Statutory Ceiling of Moneys Received) Order 2022 [P.U. (A) 399/2022]
      ==============
      2024 RINGGIT LOSSES = The ringgit extended its losses to end lower against the US dollar today despite weaker United States economic data, an economist said. At 6 pm, the ringgit depreciated to 4.7110/7145 versus the greenback from yesterday’s close of 4.7080/7110.
      ------
      2023 RINGGIT FALLS = The Malaysian ringgit has fallen to its lowest level since the 1997-1998 Asian financial crisis, with the currency weighed by the US dollar’s rise and a widening rate differential with the United States.
      ==============
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      ------
      2022 DEFICIT 5,6% 2021 DEFICIT 5,6%
      Pada kesempatan yang sama, Menteri Ekonomi Malaysia Rafizi Ramli menyatakan pengeluaran negara cukup besar yang dipicu oleh pandemi untuk melindungi ekonomi memperlebar defisit menjadi 6,4 persen dari PDB pada 2021
      Kemudian pada 2022 berkurang menjadi 5,6 persen, ketika pemerintah juga meningkatkan pagu utang dari 60 persen menjadi 65 persen dari PDB
      ==============
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      ----
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ----
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ----
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ----
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      ----
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ----
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang....

      Hapus
  7. INDON.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. BELI ALAT PERTAHANAN ITU ADA TRANSAKSI PERBANKAN VIA NEGARA ASAL.
      DAN BISA KREDIT BUAT APA CASH KALAU NEGARA NKRI BANYAK PERUSAHAAN MANUFACTURE, PELABURAN NASIONAL .
      UANGNYA DI BUAT MODAL DONG, BIAR DAPET UNTUNG.
      BAYAR UTANG DARI UNTUNG PERUSAHAAN SAJA LEBIH..

      Hapus
    2. OVER LIMIT DEBT 65,6%
      BELANJA PERTAHANAN TERGANTUNG HUTANG
      INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS AND TECHNOLOGY MANAGEMENT = The results reveal a robust positive association between Public Debt and Defence Spending, substantiated by the significant coefficient of 0.7601 (p < 0.01). This suggests that an increase in Public Debt corresponds to a substantial rise in Defence Spending. Additionally, the study underscores the influence of Gross Domestic Saving and Exchange Rate on Defence Spending, with coefficients of 1.5996 (p < 0.01) and 0.4703 (p < 0.05), respectively. These findings contribute valuable insights into the fiscal dynamics of Malaysia's defence budget, shedding light on the interplay between Public Debt and strategic resource allocation. The incorporation of control variables enhances the robustness of the analysis, providing a nuanced understanding of the factors shaping defence spending in the Malaysian context.
      ------
      2024 OVER LIMIT DEBT 65,6% = BANGKRUT
      2024 OVER LIMIT DEBT 65,6% = BANGKRUT
      2024 OVER LIMIT DEBT 65,6% = BANGKRUT
      Malaysia Government debt accounted for 65.6 % of the country's Nominal GDP in Mar 2024, compared with the ratio of 64.3 % in the previous quarter. Malaysia government debt to GDP ratio data is updated quarterly, available from Dec 2010 to Mar 2024.
      ------
      LIMIT DEBT 65% TO GDP ...
      LIMIT DEBT 65% TO GDP ...
      LIMIT DEBT 65% TO GDP ...
      Malaysia Plan, 2021-2025 (Twelfth Plan), the Government maintained the statutory debt limit at 65% of GDP under the Loan (Local) (Statutory Ceiling for Borrowing) and Government Funding (Statutory Ceiling of Moneys Received) Order 2022 [P.U. (A) 399/2022]
      ==============
      2024 RINGGIT LOSSES = The ringgit extended its losses to end lower against the US dollar today despite weaker United States economic data, an economist said. At 6 pm, the ringgit depreciated to 4.7110/7145 versus the greenback from yesterday’s close of 4.7080/7110.
      ------
      2023 RINGGIT FALLS = The Malaysian ringgit has fallen to its lowest level since the 1997-1998 Asian financial crisis, with the currency weighed by the US dollar’s rise and a widening rate differential with the United States.
      ==============
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      ------
      2022 DEFICIT 5,6% 2021 DEFICIT 5,6%
      Pada kesempatan yang sama, Menteri Ekonomi Malaysia Rafizi Ramli menyatakan pengeluaran negara cukup besar yang dipicu oleh pandemi untuk melindungi ekonomi memperlebar defisit menjadi 6,4 persen dari PDB pada 2021
      Kemudian pada 2022 berkurang menjadi 5,6 persen, ketika pemerintah juga meningkatkan pagu utang dari 60 persen menjadi 65 persen dari PDB
      ==============
      SHOPPING MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if NO new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      ----
      TIDAK BAYAR HUTANG - 82% KDNK = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagI

      Hapus
    3. Kalau ini dianggap kosong,,apalagi negeri tamadun yg tidak shopping sama sekali,,,hadeuuh,,beli ambulance je kau lah pur! 😄😄

      Hapus
  8. KESIAN.... TUNGGU HUTANG lagi... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. KASIAN BENER ARAB MELAYU PALSU YANG AKAN PUNAH DITELAN JAMAN INI. OTAKNYA TIDAK MENJANGKAU DUNIA USAHA🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  9. INDON tunggu HUTANG... woiii.... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  10. Ddduuuuhhhhh daleman lapas ternyata😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. NYEWA PUN SUDAH TAK ADA YANG PERCAYA NIH BUKTINYA
      https://www.zonajakarta.com/internasional/67313462500/malaysia-hilang-kesabaran-soal-4-helikopter-black-hawk-hingga-jatuhkan-ultimatum-pamungkas

      🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  11. Lho kok malon g bisa hutang????? Tak sanggup bayar ke????🔥🔥🔥🔥😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum saja om, dikira kalau berhutang itu miskin, padahal ini adalah manajemen keuangan🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  12. LCS saja msh nunggak sampe sekarang, 13thn lho...🔥🔥🔥🔥😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  13. Tukang bersih2 kandang kuda buckingham kepalanya mulai ngebul kepanasan 😂😅😁🤣😁😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati koyak lihat RI dan kawan2 shoping2 😅😁🤣😂🤣😁

      Hapus
  14. eiittt ada yg NGAMUK🔥
    kasian kaget liat uang SHOPPING $25 milyar dolar haha!🤑🤑🤑
    Naik lagi taon depan makin FANAS🔥

    timfukin fisank gaesz haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
  15. Pantaslah si gempur dipecat dari askar malon....TERNYATA...otaknya nggak mampu jd askar...mampunya cuma jd bersih2 pantat kuda sm pantat bangla.....

    maloon....LAWAK

    BalasHapus
  16. Untung hanya baca sambil lalu saja. Ternyata tulisan sales yg ngaku konsultan. Kurang bisa dipercaya sih

    BalasHapus
  17. Panass.....panaaaasss....panaaaaaaaaassss 😁🤣😅😂🤣😁

    BalasHapus
  18. Kesian... SIGN KONTRAK KOSONG Kerana tunggu HUTANG... MISKIN... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  19. INDON HUTANG.. 🔥🔥🤣🤣🤣

    BalasHapus
  20. INDON HUTANG.. 🔥🔥🤣🤣

    Sampai saat ini Kementerian Pertahanan juga sedang menunggu kepastian perpanjangan sejumlah Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP) dari Menteri Keuangan. Permohonan perpanjangan PSP diajukan mengingat bahwa proses negosiasi kontrak di Kementerian Pertahanan dan atau proses negosiasi pinjaman di Kementerian Keuangan belum selesai saat masa berlaku PSP jatuh tempo.

    BalasHapus
  21. INDON HUTANG.. 🔥🔥🤣🤣
    ..
    Sampai saat ini Kementerian Pertahanan juga sedang menunggu kepastian perpanjangan sejumlah Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP) dari Menteri Keuangan. Permohonan perpanjangan PSP diajukan mengingat bahwa proses negosiasi kontrak di Kementerian Pertahanan dan atau proses negosiasi pinjaman di Kementerian Keuangan belum selesai saat masa berlaku PSP jatuh tempo.

    BalasHapus
  22. MISKIN..... 🔥🔥🤣🤣🤣

    BalasHapus
  23. KASIAN MALON
    PENGIN SHOPING TAPI BUDGET GAK CUKUP
    MAU NAIKIN ANGGARAN HARUS NAMBAH UTANG
    MAU NAMBAH UTANG, SUDAH OVER LIMIT

    HANYA BISA IRI, DENGKI, MEMBUAL DAN NGAMUK
    🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  24. bulan agustus ASET BARUW gaesz haha!👍👍👍
    ✅️dassault falkon 8x
    ✅️Rantis Mobile EM Radar
    ✅️Command Center
    ✅️P2 tiger
    ✅️P6 ATAV
    ✅️rudal Çakir
    ✅️rudal Sungur

    tetangga yg SEWA heli blekhok mana nich...upsss uda gagal yak alias Kensel haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  25. Belanja alutsista USD 25 milyar lumayan besar, tentu bikin sebelah IRI
    5 tahun ke depan semoga USD 35 milyar

    Pinoy sudah nyiapin USD 33 milyar

    MALON nyiapin RM 10 milyar

    BalasHapus
  26. BEZA KASTA...yang satu tu SIGN KONTRAK KOSONG TUNGGU HUTANG... 🤣🤣

    MALAYSIA.. 😎😎🇲🇾
    FA-50 BLOCK 20 - CASH
    UAV ANKA S - CASH
    LEONARDO ATR72 MPA - CASH
    RADAR GM400 ALPHA - CASH
    LMS BATCH 2 - CASH
    ........
    INDON - KEBANYAKANNYA SIGN KONTRAK KOSONG.. 🤣🤣
    RAFAKE - HUTANG
    SCORPENE - HUTANG
    HELIKOPTER BLACKHAWK - HUTANG
    UAV ANKA S - HUTANG
    KAPAL PPA - HUTANG
    RADAR GM403 - HUTANG

    BalasHapus
  27. bulan agustus ASET BARUW gaesz haha!👍👍👍
    ✅️dassault falkon 8x
    ✅️Rantis Mobile EM Radar
    ✅️Command Center
    ✅️P2 tiger
    ✅️P6 ATAV
    ✅️rudal Çakir
    ✅️rudal Sungur
    semua CASH haha!🤑🤑🤑

    tetangga yg SEWA heli blekhok mana nich...upsss uda gagal yak alias Kensel haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  28. BEZA KASTA...yang satu tu SIGN KONTRAK KOSONG TUNGGU HUTANG... 🤣🤣
    ..
    MALAYSIA.. 😎😎🇲🇾
    FA-50 BLOCK 20 - CASH
    UAV ANKA S - CASH
    LEONARDO ATR72 MPA - CASH
    RADAR GM400 ALPHA - CASH
    LMS BATCH 2 - CASH
    ........
    INDON - KEBANYAKANNYA SIGN KONTRAK KOSONG.. 🤣🤣
    RAFAKE - HUTANG
    SCORPENE - HUTANG
    HELIKOPTER BLACKHAWK - HUTANG
    UAV ANKA S - HUTANG
    KAPAL PPA - HUTANG
    RADAR GM403 - HUTANG

    BalasHapus
  29. BEZA KASTA...yang satu tu SIGN KONTRAK KOSONG TUNGGU HUTANG... 🤣🤣
    .
    MALAYSIA.. 😎😎🇲🇾
    FA-50 BLOCK 20 - CASH
    UAV ANKA S - CASH
    LEONARDO ATR72 MPA - CASH
    RADAR GM400 ALPHA - CASH
    LMS BATCH 2 - CASH
    ........
    INDON - KEBANYAKANNYA SIGN KONTRAK KOSONG.. 🤣🤣
    RAFAKE - HUTANG
    SCORPENE - HUTANG
    HELIKOPTER BLACKHAWK - HUTANG
    UAV ANKA S - HUTANG
    KAPAL PPA - HUTANG
    RADAR GM403 - HUTANG

    BalasHapus
  30. KASIAN RAKYAT MALON, BERTAHUN-TAHUN INI GAK ADA ASET BARU YANG GAHAR

    INI FAKTA YANG MEMBUAT MALON NGAMUK
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  31. bentar lagi OPV, PC60, tank medium, pandur kobra 8x8 masyukkk lagiii

    Tambah Aset kita haha!🦾🦾🦾

    seblah NSM=Nunggu Sedekah Amrik,
    kapal 1968 haha!😝😝😝
    tp ilang aset kelelep🥶

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia bilang kontrak kosong tapi aset baru terus berdatangan

      Dia bilang kalis UTANG, ternyata benar karena tidak SHOPING
      🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  32. KESIAN GORILLA SIGN KONTRAK KOSONG YANG kontrak belum efektif... 🤣🤣🤣🤣

    DAN GORILLA pun klaim konon SHOPING... MEMALUKAN.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  33. Aset berdatangan dibilang kontrak kosong
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    Yang benar sih MALON OTAK KOSONG

    BalasHapus
  34. Apa YANG INDON SHOPING....? KONTRAK BELUM AKTIF di klaim konon SHOPING ... 🔥🔥🤣🤣
    .......
    RAFAKE - KONTRAK BELUM AKTIF
    SCORPENE - KONTRAK BELUM AKTIF
    HELIKOPTER BLACKHAWK - KONTRAK BELUM AKTIF
    UAV ANKA S - KONTRAK BELUM AKTIF
    KAPAL PPA - KONTRAK BELUM AKTIF

    BalasHapus
  35. Cakepnyah penampakan OPV rasa Korvet haha!🦾🦾🦾
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgq3BJ5FQg2jMkUJXjyiftz7hTX90PdvQzG_F3hqGUjiql-8bfaIaxnqizOo0fkRHSGPiAZB7bzQsIGheMnkY5D1o6I6P8s0r10mkt_a4PUX-97x9UgNufn4mrrcwe2lNjt5-rC_RCCrFzS7dng-KEG9d5pI10b3qKugInx7QkORXQ4BSjSyNB0urVeIVbl/s2040/IMG_0164.jpeg

    CASH ini...
    menyalaaaaa kawankuh haha!🔥🔥🔥

    warganyet jangan buka, ntar pengsan haha!🥶🥶🥶

    BalasHapus
  36. Rafake itu macam rafalemalaysia.com 🔥🔥🔥😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  37. Kasta PENGUTANG IS REAL.... 🤣🤣
    ..
    MALAYSIA.. 😎😎🇲🇾
    FA-50 BLOCK 20 - CASH
    UAV ANKA S - CASH
    LEONARDO ATR72 MPA - CASH
    RADAR GM400 ALPHA - CASH
    LMS BATCH 2 - CASH
    ........
    INDON - KEBANYAKANNYA SIGN KONTRAK KOSONG.. 🤣🤣
    RAFAKE - HUTANG
    SCORPENE - HUTANG
    HELIKOPTER BLACKHAWK - HUTANG
    UAV ANKA S - HUTANG
    KAPAL PPA - HUTANG
    RADAR GM403 - HUTANG

    BalasHapus
  38. SHOPPING kita ada hasilnya haha!🤑🤑🤑
    Cakepnyah penampakan OPV rasa Korvet haha!🦾🦾🦾
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgq3BJ5FQg2jMkUJXjyiftz7hTX90PdvQzG_F3hqGUjiql-8bfaIaxnqizOo0fkRHSGPiAZB7bzQsIGheMnkY5D1o6I6P8s0r10mkt_a4PUX-97x9UgNufn4mrrcwe2lNjt5-rC_RCCrFzS7dng-KEG9d5pI10b3qKugInx7QkORXQ4BSjSyNB0urVeIVbl/s2040/IMG_0164.jpeg

    CASH ini...
    menyalaaaaa kawankuh haha!🔥🔥🔥

    lha negeri🎰kasino genting, masa Sewa kensel? hah!😜😜😜
    Low Bajet=N⛔️ MONI

    BalasHapus
  39. NIH KASTA PENGUTANG SESUNGGUHNYA
    BUDGET PERTAHANAN HANYA BISA NAIK BILA KERAJAAN TAMBAH UTANG

    INI FAKTA, HASIL PENELITIAN AKADEMISI MALON

    BalasHapus
  40. Kesian.. Patutlah SIGN KONTRAK KOSONG... TUNGGU HUTANG LENDER.... 🔥🔥🤣🤣🤣

    BalasHapus
  41. Kasta PRANK is real....
    - LCS PRANK!!!
    - HELI SEWA PRANK!!!
    - SPH CEASAR PRANK!!!
    - SPH NOVA PRANK!!!
    - SPH YAVUZ PRANK!!!
    - NASAM PRANK!!!
    - FA 50 PRANK!!!
    - RAFALE PRANK!!!
    ....Fuhhh saking banyaknya PRANK!!! d malonista🔥🔥🔥🔥🔥🔥😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersihin kandang kuda di buckingham itu real ya bukan prank 😁🤣😂😅😂🤣

      Hapus
    2. Ho oh om akibat 999th menghamba ama British🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  42. Kesian patutlah tak mampu beli alatan militer, ternyata budget ciput $ 4,3b d bagi 5🔥🔥🔥🔥😂😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  43. geng SEWA NGAMUK🔥
    yaa makloum
    BEDA LEVEL BEDA KASTA
    ❌️SEWA BMW
    ❌️SEWA VELFIRE
    ❌️SEWA DRON SCANEAGLE
    ❌️SEWA SIMULATOR
    ❌️SEWA JET LATIH KANADA
    ❌️SEWA HELI LATIHAN
    ❌️SEWA HELI AW139
    ❌️SEWA HELI BLEKHOK...eitt yg ini kensel haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Booookkkeeeekkkkk bbbeeerrraaattttt dong om Pal🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. nunggu si ReMeK gak dateng2..prenk om haha!😆😆😆

      Hapus
    3. Remek remuk redam om🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  44. Mau hutangpu tak ada yg mau kasih, malon hutang luar negri sdh lebih dr 60%🔥🔥🔥🔥😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  45. Klaim konon paling kaya sekawasan ternyata budget militer malonista tersikit sekawasan cuma $ 4,3b sahaja d bagi 5 pula xaxaxaxaxaxaxaxa takpe yg penting cukop buat beli nasi lemak🔥🔥🔥🔥🔥😂😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  46. F-16 masih menjadi tumpuan operasional TNI Angkatan Udara walaupun kemampuan tertentu seperti Beyond Visual Range hanya dimiliki oleh varian A/B. " Begitu pula dengan tidak optimalnya kesiapan armada Sukhoi Su-27/30 pun masih dapat ditutupi oleh armada jet tempur buatan Amerika Serikat itu."

    F16 parade independent day....yg jaga langit sukhoooiii....kalo 1-2 unit maintenance ya wajar dong...bukan ga optimal sempaaaaak

    BalasHapus
  47. Haduuuhhhh...ada monyet MALON..minta pisang ni..udah tereak tereeeakk....nyet...nyet....nih pisank 💩

    BalasHapus
  48. Sudah MISKIN.. KUAT NGUTANG lagi... 🔥🔥🤣🤣

    BalasHapus
  49. Alokasi TNI AD Terbesar, Pagu Anggaran Indikatif Kemenhan 2025 Capai Rp155 Triliun
    13-06-2024 / KOMISI I
    PARLEMENTARIA, Jakarta – Komisi I DPR RI menyetujui anggaran pagu indikatif Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebesar Rp155 triliun Tahun Anggaran (TA) 2025. Anggaran tersebut naik dibandingkan anggaran Kemenhan 2024 sebesar Rp139,27 triliun.
    https://jdih.dpr.go.id/berita/detail/id/50007/t/javascript;
    ------

    website resmi DPR, sebut RAPBN pertahanan NAIK⬆️ hore haha!👏👏👏

    kasian warganyet ktinggalan lagiiiiii...jauuuhhh nich fisank haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
  50. MALON...udah miskin....ga ada yg mau ksh hutang....ngemis sedekah ..kagak ada yg mau kasih sedekah ...

    Giliran ada yg kasih sedekah barang tahun 68

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  51. kasian negeri🎰kasino..
    Bajet kecil bagi 5, NGUTANG BUAT BAYAR UTANG, SEWA, EH Sewa Blekhok kensel...mampus jimat kos haha!🤣🤣🤣
    bner2 Super Dmiskinos akut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting cukop buat beli nasi lemak om Pal🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. ama fisank om haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  52. $ 25b vs $ 4,3b pasti lebih besar $ 4,3b lah kalau logic nya 1cc🔥🔥🔥🔥😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  53. Alokasi TNI AD Terbesar, Pagu Anggaran Indikatif Kemenhan 2025 Capai Rp155 Triliun
    13-06-2024 / KOMISI I
    PARLEMENTARIA, Jakarta – Komisi I DPR RI menyetujui anggaran pagu indikatif Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebesar Rp155 triliun Tahun Anggaran (TA) 2025. Anggaran tersebut⬆️naik dibandingkan anggaran Kemenhan 2024 sebesar Rp139,27 triliun.
    https://jdih.dpr.go.id/berita/detail/id/50007/t/javascript;
    ------

    website resmi DPR, sebut RAPBN pertahanan NAIK⬆️ hore haha!👏👏👏

    kasian warganyet ktinggalan lagiiiiii...jauuuhhh nich fisank haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
  54. SEWA heli 3biji saja CANCEL nak mau alatan militer macam2🔥🔥🔥🔥😂😂😂🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  55. Makin panaaaaaasssss 🤣😂 tukang kuda buckingham makin koyak 😂🤣😅😁😅🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana malon mau shoping manakala budget tersikit sekawasan 🤣😅😁😂😁😅

      Hapus
  56. Iya turuuuuuu poor, budget militer malon cuma $ 4,3b sahaja, d bagi 5 pula....alamakkk!!!!...takpe yg penting cukop buat beli nasi lemak🔥🔥🔥🔥😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  57. Budget militer $ 25b VS $ 4,3b banyak mana gaess??????😀😀😀😀

    BalasHapus
  58. Budget militer $ 25b mustahil NGEMIS MINTA DISKAUN HUTANG KFX... 🔥🔥🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAYMENT ADJUSTMENT KF 21 (PENYESUAIAN) BUKAN PEMOTONGAN (DISKON)
      Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan istilah yang tepat atas langkah yang diambil pemerintah terkait pembiayaan proyek pesawat tempur KF-21 adalah 'penyesuaian pembayaran' (payment adjustment), bukan 'pemotongan pembayaran'. Ia mengatakan penyesuaian tersebut sejalan dengan kemajuan kerja sama yang telah dan masih akan dilaksanakan bersama Republik Korea.
      "Penyesuaian pembayaran ini merupakan sebuah langkah yang logis dan rasional, mengingat terdapat beberapa kegiatan dalam program yang tidak dapat diikuti oleh teknisi Indonesia," kata dia ketika dikonfirmasi pada Senin (6/5/2024).
      -----
      MANFAAT JOINT VENTURE KF21 =
      1. kemampuan produksi yaitu bagaimana mendesain dan membangun pesawat tempur, membuat beberapa komponen. Komponen tersebut, lanjut dia, meliputi sayap, ekor, beberapa bagian badan belakang pesawat dan bagian pylon atau adapter untuk persenjataan dan sensor. Selain itu juga, kata dia, dalam melakukan final assembly, uji terbang dan re-sertifikasi untuk pesawat IFX.
      2. kemampuan operasi dan pemeliharaan yaitu kemampuan mengembangkan integrated logistic support dan perawatan pesawat tempur KFX/IFX, mengembangkan sistem training untuk Pilot dan teknisi serta mendukung kegiatan trouble shooting pada saat operasional.
      3. kemampuan modifikasi dan upgrading yaitu melakukan desain integrasi dan re-sertifikasi unique RI requirement berupa drag chute, eksternal fuel tank dan Air Refueling serta melakukan integrasi new weapon system, avionik, sensor dan elektronik," kata Edwin.Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI pernah menyampaikan klarifikasi terkait pemberitaan beredar di media yang menyatakan Indonesia telah mengajukan pemotongan pembayaran bagi pembiayaan proyek pesawat tempur KF-21 atau KFX/IFX.
      -----
      COST SHARE 2024 = The official also said Indonesia has prepared 1.25 trillion rupiah (US$79.6 million) this year to cover its unpaid share of costs in the joint project launched in 2015 and worth over 8 trillion won (US$6 billion).
      -----
      COST SHARE 2022 AND 2023 = Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Dwi Pudjiastuti Handayani menegaskan bahwa cost share untuk KF 21 Boromae sudah dialokasikan ke dalam APBN 2022 dan 2023
      -----
      2024 BUKTI 42 RAFALE RESMI DASSAULT =
      6 RAFALE SEPTEMBER 2022
      18 RAFALE AGUSTUS 2023
      18 RAFALE JANUARI 2024
      DASSAULT AVIATION = 42 RAFALE
      (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le NOmbre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale.
      ---
      2024 BUKTI 42 RAFALE RESMI DASSAULT =
      6 RAFALE SEPTEMBER 2022
      18 RAFALE AGUSTUS 2023
      18 RAFALE JANUARI 2024
      DEFENSE STUDIES = 42 RAFALE
      (Saint-Cloud) – The final tranche of 18 Rafale for Indonesia came into force today. It follows the entry into force, in September 2022 and August 2023, of the first and second tranches of 6 and 18 Rafale, thus completing the number of aircraft on order for Indonesia under the contract signed in February 2022 for the acquisition of 42 Rafale.
      ---
      PT TAI TURKI DI BANDUNG-INDONESIA
      PT Turkish Aerospace Indonesia dari Turki didirikan di Bandung guna menjalin kerjasama strategis global. CEO of Turkish Aerospace, Mehmet Demiroğlu, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonensia untuk meningkatkan dan mengembangkan proyek-proyek kerjasama di bidang kedirgantaraan. "Jadi, kami menegaskan bahwa kami tidak bersaing, tapi saling melengkapi. Itu sebabnya kami ada di sini," ujarnya seusai launching PT. Turkish Aerospace Indonesia di Bandung

      Hapus
    2. Pppaaaannnaaassslah tuh krn budget malon cuma $ 4,3b sahaja🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  59. MEMBUAL KONON anggaran besar sesama GORILLA boleh la.... 🤣🤣

    HUTANG KFX saja NGEMIS MINTA DISKAUN... 🤣🤣

    BalasHapus
  60. Bagi Indon yang berminat ... Silakan daftar ..

    Persatuan Silat Melayu Harimau Puteh

    ---------------
    10 Hari Lagi!
    Yang berminat, boleh segera daftar.
    Kursus Intensif Keilmuan Harimau Putih (Selempang Kuning)
    *Makluman perubahan tempat.
    Tempat: Ulu Beranang, Lenggeng, Negeri Sembilan (Berdekatan Bukit Broga, Semenyih)
    Tarikh: 13 - 15 September 2024. (Jumaat - Ahad)
    Antara pengisian kursus ialah pembelajaran
    Keilmuan Harimau Putih,
    Persilatan Harimau Putih,
    Perubatan Tradisional (Petua rawatan santau, dll),
    zikir amalan (amalan Tn Syed Osman), dan lain2.
    *Lapor diri Selepas Solat Jumaat Bermula jam 3ptg.
    Kelengkapan:
    1. Baju silat
    2. Bengkung merah
    3. Pakaian Sukan
    4. Pakaian Solat
    5. Alat Tulis
    6. Khemah
    7. Cincin berbatu
    8. Limau nipis 3 biji
    *Yuran Kursus RM350*
    Yang berminat dan sebarang pertanyaan. Boleh beri nama dan wasap kepada
    Cikgu Izuan : 0172819303
    Cikgu Khairul : 0193676485
    Cikgu Rizman :0104273905
    Cikgu Tun Taridi: 01131546153
    Cikgu TP Rafais: 0135235230

    BalasHapus
  61. Bedalah dg budget militer yg cuma $ 4,3b d bagi 5, cukopnya buat beli nasi lemak😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  62. Kontribusi KFX = hutang menurut lulusan top 5 university of the world gaess🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  63. MEMBUAL KONON anggaran besar sesama GORILLA boleh la.... 🤣🤣
    .
    HUTANG KFX saja NGEMIS MINTA DISKAUN... 🤣🤣

    BalasHapus
  64. Kontribusi = hutang menurut lulusan top 5 university of the world gaess🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  65. PAYMENT ADJUSTMENT KF 21 (PENYESUAIAN) BUKAN PEMOTONGAN (DISKON)
    Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan istilah yang tepat atas langkah yang diambil pemerintah terkait pembiayaan proyek pesawat tempur KF-21 adalah 'penyesuaian pembayaran' (payment adjustment), bukan 'pemotongan pembayaran'. Ia mengatakan penyesuaian tersebut sejalan dengan kemajuan kerja sama yang telah dan masih akan dilaksanakan bersama Republik Korea.
    "Penyesuaian pembayaran ini merupakan sebuah langkah yang logis dan rasional, mengingat terdapat beberapa kegiatan dalam program yang tidak dapat diikuti oleh teknisi Indonesia," kata dia ketika dikonfirmasi pada Senin (6/5/2024).
    -----
    MANFAAT JOINT VENTURE KF21 =
    1. kemampuan produksi yaitu bagaimana mendesain dan membangun pesawat tempur, membuat beberapa komponen. Komponen tersebut, lanjut dia, meliputi sayap, ekor, beberapa bagian badan belakang pesawat dan bagian pylon atau adapter untuk persenjataan dan sensor. Selain itu juga, kata dia, dalam melakukan final assembly, uji terbang dan re-sertifikasi untuk pesawat IFX.
    2. kemampuan operasi dan pemeliharaan yaitu kemampuan mengembangkan integrated logistic support dan perawatan pesawat tempur KFX/IFX, mengembangkan sistem training untuk Pilot dan teknisi serta mendukung kegiatan trouble shooting pada saat operasional.
    3. kemampuan modifikasi dan upgrading yaitu melakukan desain integrasi dan re-sertifikasi unique RI requirement berupa drag chute, eksternal fuel tank dan Air Refueling serta melakukan integrasi new weapon system, avionik, sensor dan elektronik," kata Edwin.Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI pernah menyampaikan klarifikasi terkait pemberitaan beredar di media yang menyatakan Indonesia telah mengajukan pemotongan pembayaran bagi pembiayaan proyek pesawat tempur KF-21 atau KFX/IFX.
    -----
    COST SHARE 2024 = The official also said Indonesia has prepared 1.25 trillion rupiah (US$79.6 million) this year to cover its unpaid share of costs in the joint project launched in 2015 and worth over 8 trillion won (US$6 billion).
    -----
    COST SHARE 2022 AND 2023 = Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Dwi Pudjiastuti Handayani menegaskan bahwa cost share untuk KF 21 Boromae sudah dialokasikan ke dalam APBN 2022 dan 2023
    -----
    2024 BUKTI 42 RAFALE RESMI DASSAULT =
    6 RAFALE SEPTEMBER 2022
    18 RAFALE AGUSTUS 2023
    18 RAFALE JANUARI 2024
    DASSAULT AVIATION = 42 RAFALE
    (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le NOmbre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale.
    ---
    2024 BUKTI 42 RAFALE RESMI DASSAULT =
    6 RAFALE SEPTEMBER 2022
    18 RAFALE AGUSTUS 2023
    18 RAFALE JANUARI 2024
    DEFENSE STUDIES = 42 RAFALE
    (Saint-Cloud) – The final tranche of 18 Rafale for Indonesia came into force today. It follows the entry into force, in September 2022 and August 2023, of the first and second tranches of 6 and 18 Rafale, thus completing the number of aircraft on order for Indonesia under the contract signed in February 2022 for the acquisition of 42 Rafale.
    ---
    PT TAI TURKI DI BANDUNG-INDONESIA
    PT Turkish Aerospace Indonesia dari Turki didirikan di Bandung guna menjalin kerjasama strategis global. CEO of Turkish Aerospace, Mehmet Demiroğlu, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonensia untuk meningkatkan dan mengembangkan proyek-proyek kerjasama di bidang kedirgantaraan. "Jadi, kami menegaskan bahwa kami tidak bersaing, tapi saling melengkapi. Itu sebabnya kami ada di sini," ujarnya seusai launching PT. Turkish Aerospace Indonesia di Bandung

    BalasHapus
  66. Budget militer USD 25b kata gempur .... eh salah pur, USD 25b itu budget untuk beli alutsista saja
    🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  67. PAYMENT ADJUSTMENT KF 21 (PENYESUAIAN) BUKAN PEMOTONGAN (DISKON)
    Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan istilah yang tepat atas langkah yang diambil pemerintah terkait pembiayaan proyek pesawat tempur KF-21 adalah 'penyesuaian pembayaran' (payment adjustment), bukan 'pemotongan pembayaran'. Ia mengatakan penyesuaian tersebut sejalan dengan kemajuan kerja sama yang telah dan masih akan dilaksanakan bersama Republik Korea.
    "Penyesuaian pembayaran ini merupakan sebuah langkah yang logis dan rasional, mengingat terdapat beberapa kegiatan dalam program yang tidak dapat diikuti oleh teknisi Indonesia," kata dia ketika dikonfirmasi pada Senin (6/5/2024).
    -----
    MANFAAT JOINT VENTURE KF21 =
    1. kemampuan produksi yaitu bagaimana mendesain dan membangun pesawat tempur, membuat beberapa komponen. Komponen tersebut, lanjut dia, meliputi sayap, ekor, beberapa bagian badan belakang pesawat dan bagian pylon atau adapter untuk persenjataan dan sensor. Selain itu juga, kata dia, dalam melakukan final assembly, uji terbang dan re-sertifikasi untuk pesawat IFX.
    2. kemampuan operasi dan pemeliharaan yaitu kemampuan mengembangkan integrated logistic support dan perawatan pesawat tempur KFX/IFX, mengembangkan sistem training untuk Pilot dan teknisi serta mendukung kegiatan trouble shooting pada saat operasional.
    3. kemampuan modifikasi dan upgrading yaitu melakukan desain integrasi dan re-sertifikasi unique RI requirement berupa drag chute, eksternal fuel tank dan Air Refueling serta melakukan integrasi new weapon system, avionik, sensor dan elektronik," kata Edwin.Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI pernah menyampaikan klarifikasi terkait pemberitaan beredar di media yang menyatakan Indonesia telah mengajukan pemotongan pembayaran bagi pembiayaan proyek pesawat tempur KF-21 atau KFX/IFX.
    -----
    COST SHARE 2024 = The official also said Indonesia has prepared 1.25 trillion rupiah (US$79.6 million) this year to cover its unpaid share of costs in the joint project launched in 2015 and worth over 8 trillion won (US$6 billion).
    -----
    COST SHARE 2022 AND 2023 = Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Dwi Pudjiastuti Handayani menegaskan bahwa cost share untuk KF 21 Boromae sudah dialokasikan ke dalam APBN 2022 dan 2023
    -----
    2024 BUKTI 42 RAFALE RESMI DASSAULT =
    6 RAFALE SEPTEMBER 2022
    18 RAFALE AGUSTUS 2023
    18 RAFALE JANUARI 2024
    DASSAULT AVIATION = 42 RAFALE
    (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le NOmbre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale.
    ---
    2024 BUKTI 42 RAFALE RESMI DASSAULT =
    6 RAFALE SEPTEMBER 2022
    18 RAFALE AGUSTUS 2023
    18 RAFALE JANUARI 2024
    DEFENSE STUDIES = 42 RAFALE
    (Saint-Cloud) – The final tranche of 18 Rafale for Indonesia came into force today. It follows the entry into force, in September 2022 and August 2023, of the first and second tranches of 6 and 18 Rafale, thus completing the number of aircraft on order for Indonesia under the contract signed in February 2022 for the acquisition of 42 Rafale.
    ---
    PT TAI TURKI DI BANDUNG-INDONESIA
    PT Turkish Aerospace Indonesia dari Turki didirikan di Bandung guna menjalin kerjasama strategis global. CEO of Turkish Aerospace, Mehmet Demiroğlu, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonensia untuk meningkatkan dan mengembangkan proyek-proyek kerjasama di bidang kedirgantaraan. "Jadi, kami menegaskan bahwa kami tidak bersaing, tapi saling melengkapi. Itu sebabnya kami ada di sini," ujarnya seusai launching PT. Turkish Aerospace Indonesia di Bandung

    BalasHapus
  68. Manakala MALON naikin budget militer harus nambah UTANG, anggaran pertahanan RI melonjak tajam

    BalasHapus
  69. Another garbage opinion from attention seeker 😌

    BalasHapus
  70. Sudah..sudah sang penjaga buckingham mau mandiin kuda 😅😁😂🤣😂😁

    BalasHapus
  71. sewa kok kaya om pemburu haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. hutang bayar hutang kok kaya om @palu gada hahahah ..........

      Hapus
    2. hutang buat bayar bunga pokok pinjaman, kok😂😂

      Hapus
  72. TIDAK WARAS NEGARA SUDAH BUAT PROYEK & PENDANAAN YANG BENAR JUGA RASIONAL DENGAN APBN TETAPI KEMHAN RI /MENHAN RI MELAKUKAN PENGHAMBATAN PROYEK YANG MENGACU UNTUK GAGAL KAN PROYEK SECARA SISTEMATIS & MEMAKSA KEMAMPUAN NEGARA YANG TELAH MANDIRI DI RUSAK DENGAN PRODUCT ASING DENGAN SEPIHAK & SOK TAHU PADA KEBUTUHAN NEGARA PADAHAL NEGARA SUDAH ATUR DENGAN PROYEK SEHINGGA KEBUTUHAN ALUTSISTA NEGARA TERPENUHI DENGAN QUALITAS MUMPUNI TAPI MENHAN RI & KEMHAN RI NGOTOT MENYERANG AKIBATNYA SEPERTI SAAT INI KEBUTUHAN TIDAK TERPENUHI BAHKAN MENDESAK WAKTU ,
    SEANDAINYA PROYEK NAGAPASA TIDAK DIHAMBAT ORANG SOK TAHU & JUALAN DIRI SEBAGAI AHLI MILITER DENGAN PAMER LATAR SEBAGAI PATI TNI JUGA KESATUAN KHUSUS DSB PADAHAL BODONG BUKTINYA SERTA CUMA BISA NGOCEH SAJA MASIH SEOLAH AHLI JUGA BENAR G TETAP MENGHINA NKRI SEKARANG TERBUKTI NKRI TERLANTAR & NEGARA RUGI ANGGARAN BANYAK PADAHAL MINIMAL 2024 ADA 12 UNIT SUB MARINE & ITU MUNGKIN DI CAPAI DENGAN RENCANA NEGARA YANG MEMANG MATANG TERMASUK KAPASITAS PT PAL NYA SEBAGAI BUMN PEMBUAT KAPAL SELAM NAGAPASA ,BEGINI AKIBATNYA JIKA LANCANG OADA NEGARA & TIDAK TUNDUK PADA NEGARA KARENA MERASA ADA KUASA SENJATA DI TANGANNYA & TERBUKTI AHLI² NEGARA & NEGARA LEBIH MAMPU & TIDAK BISA DI SAMAI ORANG² YANG SOK TAHU & AGEN ASING ITU.

    BalasHapus
  73. RASIO HUTANG 84,2 DARI GDP
    RASIO HUTANG 84,2 DARI GDP
    RASIO HUTANG 84,2 DARI GDP
    The Finance Ministry stated that the aggregate national household debt stood at RM1.53 trillion between 2018 and 2023.
    In aggregate, it said the household debt for 2022 was RM1.45 trillion, followed by RM1.38 trillion (2021,) RM1.32 trillion (2020), RM1.25 trillion (2019) and RM1.19 trillion (2018). “The ratio of household debt to gross domestic product (GDP) at the end of 2023 also slightly increased to 84.2% compared with 82% in 2018,” it said.
    -
    RASIO HUTANG 82% DARI KDNK = TIDAK BAYAR HUTANG
    RASIO HUTANG 82% DARI KDNK = TIDAK BAYAR HUTANG
    RASIO HUTANG 82% DARI KDNK = TIDAK BAYAR HUTANG
    “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    Malaysia Government debt accounted for 65.6 % of the country's Nominal GDP in Mar 2024, compared with the ratio of 64.3 % in the previous quarter. Malaysia government debt to GDP ratio data is updated quarterly, available from Dec 2010 to Mar 2024.
    -
    LIMIT DEBT 65% TO GDP
    LIMIT DEBT 65% TO GDP
    LIMIT DEBT 65% TO GDP
    Malaysia Plan, 2021-2025 (Twelfth Plan), the Government maintained the statutory debt limit at 65% of GDP under the Loan (Local) (Statutory Ceiling for Borrowing) and Government Funding (Statutory Ceiling of Moneys Received) Order 2022 [P.U. (A) 399/2022] which came into effect on 1 January 2023. As at end-August 2023, the Federal Government statutory debt which comprises MGS, MGII and MITB recorded 59.9% of GDP, below the stipulated debt ceiling.
    =======================
    2024 RINGGIT LOSSES = The ringgit extended its losses to end lower against the US dollar today despite weaker United States economic data, an economist said. At 6 pm, the ringgit depreciated to 4.7110/7145 versus the greenback from yesterday’s close of 4.7080/7110.
    -
    2023 RINGGIT FALLS = The Malaysian ringgit has fallen to its lowest level since the 1997-1998 Asian financial crisis, with the currency weighed by the US dollar’s rise and a widening rate differential with the United States.
    -
    2022 RINGGIT DEPRECIATION = The ringgit experienced a period of sustained depreciation against the US dollar in 2022 amid the US Federal Reserve raising its policy interest rate aggressively by 425 basis points to address inflation, said Bank Negara Malaysia (BNM).
    -
    2021 RINGGIT FALLS = The Malaysian ringgit fell to a one-year low on August 16 in response to a possible change in the leadership of the Government of Malaysia.
    ----------------------------------
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2022 DEFICIT 5,6% 2021 DEFICIT 5,6%
    Pada kesempatan yang sama, Menteri Ekonomi Malaysia Rafizi Ramli menyatakan pengeluaran negara cukup besar yang dipicu oleh pandemi untuk melindungi ekonomi memperlebar defisit menjadi 6,4 persen dari PDB pada 2021
    Kemudian pada 2022 berkurang menjadi 5,6 persen, ketika pemerintah juga meningkatkan pagu utang dari 60 persen menjadi 65 persen dari PDB
    =======================
    HASIL STUDI = BELANJA PERTAHANAN TERGANTUNG HUTANG
    The results reveal a robust positive association between Public Debt and Defence Spending, substantiated by the significant coefficient of 0.7601 (p < 0.01). This suggests that an increase in Public Debt corresponds to a substantial rise in Defence Spending.

    BalasHapus
  74. KASIAN ..... APA INI GUYS??? = NO MONEY Hahaa ....
    ---------------------
    RASIO HUTANG 84,2 DARI GDP
    RASIO HUTANG 84,2 DARI GDP
    RASIO HUTANG 84,2 DARI GDP
    The Finance Ministry stated that the aggregate national household debt stood at RM1.53 trillion between 2018 and 2023.
    In aggregate, it said the household debt for 2022 was RM1.45 trillion, followed by RM1.38 trillion (2021,) RM1.32 trillion (2020), RM1.25 trillion (2019) and RM1.19 trillion (2018). “The ratio of household debt to gross domestic product (GDP) at the end of 2023 also slightly increased to 84.2% compared with 82% in 2018,” it said.
    -
    RASIO HUTANG 82% DARI KDNK = TIDAK BAYAR HUTANG
    RASIO HUTANG 82% DARI KDNK = TIDAK BAYAR HUTANG
    RASIO HUTANG 82% DARI KDNK = TIDAK BAYAR HUTANG
    “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    Malaysia Government debt accounted for 65.6 % of the country's Nominal GDP in Mar 2024, compared with the ratio of 64.3 % in the previous quarter. Malaysia government debt to GDP ratio data is updated quarterly, available from Dec 2010 to Mar 2024.
    -
    LIMIT DEBT 65% TO GDP
    LIMIT DEBT 65% TO GDP
    LIMIT DEBT 65% TO GDP
    Malaysia Plan, 2021-2025 (Twelfth Plan), the Government maintained the statutory debt limit at 65% of GDP under the Loan (Local) (Statutory Ceiling for Borrowing) and Government Funding (Statutory Ceiling of Moneys Received) Order 2022 [P.U. (A) 399/2022] which came into effect on 1 January 2023. As at end-August 2023, the Federal Government statutory debt which comprises MGS, MGII and MITB recorded 59.9% of GDP, below the stipulated debt ceiling.
    =======================
    2024 RINGGIT LOSSES = The ringgit extended its losses to end lower against the US dollar today despite weaker United States economic data, an economist said. At 6 pm, the ringgit depreciated to 4.7110/7145 versus the greenback from yesterday’s close of 4.7080/7110.
    -
    2023 RINGGIT FALLS = The Malaysian ringgit has fallen to its lowest level since the 1997-1998 Asian financial crisis, with the currency weighed by the US dollar’s rise and a widening rate differential with the United States.
    -
    2022 RINGGIT DEPRECIATION = The ringgit experienced a period of sustained depreciation against the US dollar in 2022 amid the US Federal Reserve raising its policy interest rate aggressively by 425 basis points to address inflation, said Bank Negara Malaysia (BNM).
    ----------------------------------
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2022 DEFICIT 5,6% 2021 DEFICIT 5,6%
    Pada kesempatan yang sama, Menteri Ekonomi Malaysia Rafizi Ramli menyatakan pengeluaran negara cukup besar yang dipicu oleh pandemi untuk melindungi ekonomi memperlebar defisit menjadi 6,4 persen dari PDB pada 2021
    Kemudian pada 2022 berkurang menjadi 5,6 persen, ketika pemerintah juga meningkatkan pagu utang dari 60 persen menjadi 65 persen dari PDB
    =======================
    HASIL STUDI = BELANJA PERTAHANAN TERGANTUNG HUTANG
    These findings contribute valuable insights into the fiscal dynamics of Malaysia's defence budget, shedding light on the interplay between Public Debt and strategic resource allocation. The incorporation of control variables enhances the robustness of the analysis, providing a nuanced understanding of the factors shaping defence spending in the Malaysian context.

    BalasHapus