06 April 2011

RI – Turki Sepakati Kerjasama Industri Pertahanan

06 April 2011

Armored Combat Vehicle dengan kanon 105 mm (photo : Defense Studies)

RI-Turki Sepakati Kerjasama Industri Pertahanan

Jakarta, DMC-Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Turki menyatakan sepakat untuk melakukan kerjasama pertahanan, khususnya di bidang Industri pertahanan diantara kedua negara. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Draft Protokol Defense Industry Coorporation Between Indonesia and Turkey , Selasa ( 5/4) di Kantor Kementerian Pertahanan RI.

Penandatanganan Draft itu dilakukan oleh masing-masing perwakilan Kementerian Pertahanan, yang pada kesempatan itu dilakukan oleh Wakil Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin dan Wakil Menteri Pertahanan Turki, Murad Bayar. Selain itu penandatangan itu disaksikan oleh para pejabat yang ada di lingkungan Kementerian Pertahanan kedua negara.

Adapun beberapa kerjasama Industri Pertahanan itu yang telah disepakati, di antaranya adalah pengembangan dan produksi bersama peralatan senjata seperti, Armored Combat Vehicle (ACV) yang dilengkapi dengan dua kubah dan persenjataan Canon 90 mm and/or 105 mm.

Peralatan persenjataan lain yang disepakati untuk dikembangkan dan diproduksi bersama yakni program roket hasil produksi dan pengembangan Indonesia, produksi Propellant, serta produksi Sofware Defined Radio (SDR).

Software Defined Radio merupakan peralatan digital yang diprogram untuk menghasilkan pemroses sinyal transmit dan receive informasi baseband pada radio frekuensi. Dengan lebih menerapkan fungsi-fungsi yang ada di dalam software dibandingkan dengan pendekatan hardware secara tradisional, sistem radio akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar, sehingga mampu menawarkan solusi potensial untuk interoperabilitas, jaringan yang fleksibel dan dinamis, serta pengurangan biaya operasi. (image : Ansem)

Kerjasama industri pertahanan lain dari kedua negara ini juga mencakup penguatan pertukaran informasi dan perusahaan mendorong kedua belah pihak untuk membahas dan memenuhi kerjasama di bidang lain, berdasarkan kesetaraan dan saling menguntungkan.

Pada kesempatan itu Wamnehan RI berharap kedepan untuk peluang kerjasama pengembangan dan produksi bersama bukan hanya di bidang alutsista saja, melainkan produksi bersama Non Alutsista seperti seragam lapangan.

Disamping itu dengan adanya penandatangan kerjasama industri pertahanan ini Pemerintah RI dan Turki dapat meningkatkan hubungan diplomatik dan memperluas kerjasama di bidang-bidang lainnya.

Mengenai peluang kerjasama pada program-program lain akan dibahas dan dapat direalisasikan lebih lanjut dengan tetap mengacu pada prinsip kerjasama langsung G to G (Government to Government). Disamping itu juga mengutamakan kerjasama yang dijalin atas dasar saling pengertian dari kedua pihak.(MAW/SR)

(DMC)

1 komentar:

  1. utk tank ringan ( 90mm or 105mm) sebaiknya jangan pakai sasis FNSS ACV, dimensinya tinggi, kuatir terbalik kalau bermanuver / ngebut.

    BalasHapus