07 Januari 2014

Indonesia dan Korea Selatan Lanjutkan Proyek Jet Tempur KFX

07 Januari 2014

Kemhan menerima surat konfirmasi dari Korsel pada 3 Januari 2014 tentang kepastian dilanjutkannya proyek KFX (image : ilbe)

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat melanjutkan kembali proyek jet tempur Korean Fighter Xperiment (KFX)/Indonesian Fighter Xperiment (IFX). Sebelumnya pemerintah Korsel sempat menghentikan proyek ini secara sepihak. 

"Ada berita gembira pengembangan pesawat KFX/IFX dilanjutkan. Beberapa waktu lalu berhenti, tetapi sekarang sudah disetujui parlemen Korea Selatan dan ditindaklanjuti," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, Selasa (7/1).

Proyek bersama yang dimulai pada 2011 lalu telah berhasil menyelesaikan tahap pertama Technology Development Phase (TD Phase) pada Desember 2012. Indonesia telah mengirim 37 insinyur ke Korsel.

Menurut Menhan, tidak ada perubahan dalam kerja sama dengan Korsel, meski proyek bersama itu sempat tertunda lantaran ada pergantian pemerintahan baru dan parlemen baru.

"Mereka minta ke kita dan ternyata sudah diuji. Keputusannya sudah 'On'. Apa yang kami lakukan dulu kita lanjutkan ke tahap berikutnya, akhir rensra kedua kita sudah punya prototipe KFX dan IFX," tuturnya.

Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin menambahkan, Kemhan menerima surat konfirmasi dari Korsel pada 3 Januari 2014 tentang kepastian dilanjutkannya proyek bersama itu.

Dalam surat konfirmasi itu disebutkan, budjet tahun 2015 sudah diputuskan parlemen Korea Selatan bahwa akan mengeluarkan anggaran untuk KFX 20 juta dolar AS dan Indonesia sebesar 5 juta dolar AS.

"Tahun 2015, kita masuki 'development manufacturing', sehingga pada 2014 ini kita akan segera siapkan personel engineering kita. Desain center Indonesia di Bandung akan kembali bekerja aktif 2015," paparnya.

Pesawat tempur KFX adalah pesawat tempur generasi 4,5 atau setingkat dengan pesawat F-18 milik Amerika Serikat. Artinya, pesawat ini lebih canggih dari pesawat tempur yang dimiliki Indonesia, termasuk pesawat F-16 dan Sukhoi.

(Merdeka)

7 komentar:

  1. menhan yg lg asal cepok,, atau penulis nya yg asal tulis..

    australia juga mengakui klo su 30mk2 lebih hebat dari f18 milik nya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. F-18 yang mana dulu, hornet atau super hornet? kalau hornet iya tapi kalau super hornet belum tentu.
      justru sebagian pilot2x USAF mengaku kalo super hornet masih sebanding dengan F-35 untuk kebutuhan pertempuran udara dengan biaya oprasional yang jauh lebih rendah

      Hapus
  2. pasti sudah ketinggalan lagi tahun 2015 china, russia, usa sudah pake pesawat generasi 5 kalo 2020 indonesia pake pasawat generasi 4,5 amerika sudah pake generasi 6. korea kan antek2 amrik mana mau mereka bagi bagi teknologi baru, pasti kalo dikasih ya yang sudah uzur. kerjasama proyeknya sengaja diundur undur sampe lama biar ketinggalan dulu teknologinya baru dikasih, itupun bukan TOT tapi ya insinyur indonesia sekedar boleh "liat liat saja" macam study tour, tidak dikasih blue print (berkaca dari kasus kapal selam RI-korea kemarin). ya semoga ini tidak terjadi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya
      kalau Ketinggalan dari rusia usa china ya ga papa.
      Yang penting kita bisa melawan negeri tetangga kita.

      Hapus
  3. Insinyur Indonesia sebenarnya pinter2. cuma nggak difasilitasi saja. Kalo memang nggak dikasih TOT ya pake reverse engineering aja. bedah satu pesawat lalu ditiru abis. setelah itu modifikasi sesuai selera kita. gitu aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Komentar anda saya percaya indonesia bisa buat sendiri.
      Soalnya Desain, Prototype indonesia bisa buat sendiri. Klo masalah stealth senang bro soalnya pt pal bisa buat bahan stealth. Contohnya trimaran class( kri klewang)

      Hapus
  4. Butuh penghasilan lebih? yuk bergabung bersama kami di Anapoker dan Agens128
    minimal deposit hanya 10rb dan proses yang kurang dari 3 menit!
    Kalian bisa juga melakukan transaksi deposit via pulsa loh
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami dan nikmati promo menariknya !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus