30 Januari 2014

Lapan Lakukan Uji Terbang UAV LSU 03

30 Januari 2014

 UAV tipe LSU-03 (photo : Lapan)

Lapan berhasil melaksanakan uji terbang pesawat Lapan Surveillance UAV (LSU) 03 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan Pameungpeuk, Jawa Barat, Sabtu (25/1). Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kestabilan pesawat. Pesawat LSU 03 diterbangkan pada pukul 07.19 WIB dan berhasil mendarat di lapangan uji Pameungpeuk pada pukul 7.30 WIB.

LSU 03 merupakan pesawat tanpa awak yang berkemampuan mengangkut beban 10 kilogram untuk keperluan Airborne Remote Sensing. Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan bukti meningkatnya kemampuan sumber daya Lapan. Ia berharap, di masa depan Lapan terus memperkuat aplikasi pendukung untuk berbagai penggunaan.

UAV tipe LSU-02 (photo : Lapan)

Sehari sebelumnya, yaitu pada hari jumat tanggal 24 januari 2014, teknisi Lapan juga melakukan uji terbang terhadap pesawat LSU 02. Sistem autonomous pesawat tersebut telah diperbaiki sehingga dapat terbang lurus sesuai dengan koordinat yang ditetapkan. Uji terbang LSU 03 tersebut dihadiri oleh para pejabat struktural eselon I Lapan.

(Lapan)

2 komentar:

  1. Lapan sudah bisa membuat system autonomous pada UAV, apakah mungkin system ini bisa dikembangkan untuk guidence roket? Kalau bisa berarti Lapan sudah bisa membuat rudal balistik.

    BalasHapus
  2. Pak Dahlan iskan ajak tu negara Ukraina utk bekersasama patungan membuat prabrik Titanium, keperluannya sangat strategis utk TNI maupun PT DI/LAPAN dan dg harapan ahli2 kita sambil belajar utk kedepannya kalau sdh habis masa kerjasama pabrik tsb sdh menjadi milik RI. Kita sdh mampu mengembangkannya sendiri.......................

    BalasHapus