11 Oktober 2014

PT DKB Luncurkan LST KRI 518

11 Oktober 2014


KRI 518 LST baru untuk TNI AL (photo : DKB)

Peluncuran Kapal AT-1 Menggunakan Airbag System di Galangan I

Setelah melalui persiapan dan perhitungan yang matang, akhirnya Kapal Angkut Tank (AT-I) pesanan Kemenhan RI pada tanggal 26 September 2014 akhirnya dapat diluncurkan dengan selamat di area Building Berth Kalimati Galangan – I DKB dengan menggunakan peluncuran airbag system. Peluncuran tersebut dilaksanakan oleh DKB Galangan – I bekerjasama dengan mitranya yaitu PT. Samudera Rasaki Teknindo (Smart) yang bergerak dibidang marine service, salvage dan underwater works yang berkantor pusat di Batam.

Peluncuran yang disaksikan oleh Direksi DKB, GM Galangan I beserta staf dan para undangan dari Kemenhan RI, TNI – AL, Syahbandar, dll dimulai pada tanggal 25 September 2014. Tetapi karena pada saat pelepasan Stop-block terdapat adanya kendala, sehingga ketinggian air pasang laut yang dipersyaratkan sudah mulai surut, sehingga peluncuran dilanjutkan pada hari berikutnya yaitu pada tanggal 26 September 2014 untuk mendapatkan air pasang yang dipersyaratkan kembali. Sehingga pada hari kedua tersebut kapal dapat diluncurkan dengan lancar dan selamat.

Dalam proses peluncuran tersebut dipergunakan 24 unit Airbag milik PT. Smart, yang terdiri dari 10 unit ukuran panjang 14 M diameter 1,8 M dan 14 unit Airbag ukuran panjang 12 M diamter 1,5 M. Alat-alat pendukung yang diperlukan seperti 2 Unit Tug Boat, 1 Unit Speed Boat, Compressor, Alat-alat Angkat seperti Crane dan Forklift, Safety Concerte Block, Winch, dll yang disiapkan oleh Galangan – I.

Proses Peluncuran dengan Airbag System ini sudah sering dilakukan oleh PT. Smart di berbagai medan dan bermacam-macam lokasi. Bahkan PT. Smart berpengalaman juga meluncurkan kapal-kapal yang jaraknya cukup jauh dari pantai.seperti kapal-kapal yang karam diberbagai lokasi akibat Tsunami di Aceh beberapa tahun yang lalu. Untuk proses peluncuran Kapal AT-I yang beratnya sekitar 2.600 Ton (Displacement) dan kemiringan landasan luncur sekitar 2,6 derajat termasuk kemiringan yang cukup tajam untuk teknik peluncuran dengan Airbag. Sehingga diperlukan kehati-hatian dan persiapan serta perhitungan yang matang sebelum proses peluncuran dilaksanakan.

(DKB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar