22 Agustus 2015

Dankormar Tinjau Uji Kehebatan Amunisi Tank BMP-3F Buatan Bulgaria

22 Agustus 2015


Uji fungsi penembakan amunisi Tank Amfibi BMP-3F Kaliber 100 mm dan kaliber 30 mm di daerah latihan Puslatpur Marinir Baluran, Situbondo (photos : Jurnal Maritim)

JMOL – Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana menyaksikan secara langsung uji fungsi penembakan amunisi Tank Amfibi BMP-3F Kaliber 100 mm dan kaliber 30 mm di daerah latihan Puslatpur Marinir Baluran, Situbondo. Kamis, (20/08/2015) lalu.

Hadir dalam kegiatan ini Dantim dari Labinsen AL Laksma TNI Sarwono, Komandan Pasmar-1 Kolonel Mar Lukman Hasyim. ST.M. SI (Han), Aslog Kormar Kolonel Mar Agus Sulistiyo, Komandan Kolat Mar Kolonel Imam Sopingi, Komandan Lanmar Sby Kolonel Mar Nurhidayat, Aslog Pasmar-1 Letkol Mar Iwan Hermawan, Danmenkav-1 Kolonel Mar Herkulanus, Danmenkav-2 Kolonel Mar Andi Rahmat dan Kolonel Laut (E) I.R Avando Bastari dari Alpal Slogal.

Uji fungsi ini bertujuan untuk menguji coba amunisi kaliber 100 mm dan kaliber 30 mm buatan Bulgaria tahun 2014 itu untuk mendapatkan gambaran kelayakan amunisi tentang jarak jangkau maksimal tembakan dan kesempurnaan tembakan amunisi.



Dengan melibatkan 2 unit kendaraan tank amfibi BMP-3F, dilaksanakan tembakan satu persatu peluru untuk uji mekanik, uji Self Distruction-tracer, uji Safety Distance dan uji Impact Fuze serta tembakan rentetan untuk uji R.O.F dan uji Muzzle Velocity.

Prosesi uji fungsi amunisi dari Tank Amfibi BMP-3F itu berjalan dengan lancar. Diharapkan kemampuan tank itu mampu mengawal operasi amfibi Korps Marinir TNI AL guna melakukan tugasnya dalam menjaga teritorial NKRI. Selain itu, pengujian kekuatan ini untuk meninjau kesiapan alutsista Korps Marinir TNI AL dalam menyongsong paradigma TNI AL berkelas dunia dan pencapaian Indonesia sebagai poros maritim dunia.

(Jurnal Maririm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar