13 Agustus 2015

Menhan: Tahun Depan PT PAL Bisa Buat Kapal Selam

13 Agustus 2015


Tahun 2015 diharapkan fasilitas produksi kapal selam tekah selesai sehingga tahun depan dapat dimulai pembuatan kapal selam (photo : Kaskus Militer)

Surabaya, GATRAnews - Industri galangan kapal PT PAL Indonesia saat ini berencana membuat kapal selam untuk TNI Angkatan Laut (TNI AL). Kerjasama alih teknologi dengan Korea Selatan pun sedang dibangun guna mendukung rencana tersebut. PT PAL telah mengirim ratusan pekerjanya ke Korsel guna mempelajari pembuatan kapal selam. 

"Ada 206 personel kami yang kami kirim ke Korsel untuk belajar. Alhamdulillah dengan melihat dan mempelajari disana sebagian besar sudah berhasil dan pulang kembali," ujarnya saat kunjungan kerja Menhan Ryamizard Ryacudu ke PT PAL di Surabaya Jawa Timur, Kamis (13/8). 

PT PAL kini tengah membangun galangan khusus untuk kapal selam di kawasan Markas Komando Armada Timur (Koarmatim) Surabaya. 

Menhan Ryamizard berharap tahun ini galangan kapal selam sudah rampung sehingga tahun depan sudah memulai tahap produksi kapal selam buatan anak negeri. "Infrastruktur kapal selam tahun ini selesai sehingga tahun depan bisa dimulai pembuatannya," ucapnya. 

Menhan pun memuji PT PAL yang mampu membuat kapal baik sipil maupun kapal perang dengan kualitas baik. Terbukti dengan adanya pesanan 2 unit kapal Landing Platform Dock (LPD) dari Filipina dan ketertarikan dari Uni Emirat Arab. 

"Bagus lah, sudah banyak orang pesan. Ada dari Filipina, dan Uni Emirat Arab," ungkap Menhan. Kedepan, mantan KASAD era Presiden Megawati Soekarnoputri itu berharap, kapal buatan PAL bisa bersaing di pasaran internasional. "Kedepan bisa lah, kita kan udah bisa transfer teknologi dan bisa lebih maju lagi," harapnya.

(Gatra)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar