04 Agustus 2015

Tiga Pangkalan Udara Naik ke Tipe A

04 Agustus 2015

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Lanud Supadio Pontianak dan Lanud Suryadarma Kalijati naik kelas ke Tipe A (photo : Kaskus Militer)

Berikut 10 Pangkalan Udara TNI-AU Terkuat di Indonesia, Riau Salahsatunya 

PEKANBARU, GORIAU.COM - Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Riau, akhirnya resmi naik menjadi tipe A. Dengan begitu, RSN menjadi satu-satunya Pangkalan Udara TNI-AU bertipe A di wilayah Sumatera.

Kepala Penerangan (Kapen) Lanud RSN, Kapten Sus Rizwar, Senin (3/8/2015) mengatakan, peresmian menjadi tipe A (sebelumnya tipe B,red) juga diiringi dengan pergantian jabatan Komandan Lanud RSN, yang sebelumnya ditempati Kolonel Pnb M Khairil Lubis.

"Digantikan oleh Kolonel Pnb Henri Alfiandi yang sebelumnya bertugas di Staf Pengamanan TNI-AU (Spamau), dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dilaksanakan pagi ini di Main Aphrone Base Ops Lanud RSN," katanya.

Dengan kenaikan status ini, Lanud RSN menjadi satu-satunya Pangkalan Udara di Sumatera yang sudah bertipe A. Selain RSN, ada dua Lanud lainnya yang turut naik, diantaranya Lanud Supadio Pontianak dan Lanud Suryadarma Kalijati. Artinya sudah 10 Pangkalan Udara di Indonesia yang telah bertipe A, dengan kekuatan tempur yang memadai.

"Diantaranya Lanud Halim, Lanud Atang Sanjaya Bogor, Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Adisucipto Jogjakarta, Lanud Abdurrahman Soleh Malang, dan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Ditambah tiga yang baru naik termasuk Lanud RSN," ucapnya.

"Semua ini untuk memaksimalkan pengamanan udara di wilayah NKRI. Dengan kekuatan Alutsista seperti pesawat tempur Hawk dan F-16 yang sudah ada di Lanud RSN," tukas Kapten Sus Rizwar. (had).

(Go Riau)

1 komentar:

  1. lanut lanut tipe A jangan sampai pangkalan besar tni udara mirip garasi kosong ...tong kosong yarinng buyinya ?? lebih cantik lagi president baru segera berkunjung ke moskow alaa sukarno daholoo pulang 2 bawak puluhan kapal selam dan jet tempur itu akan lebih baik dari pada mondar 2 sekutu barat doang di rayu minta hutang baru .

    BalasHapus