24 Februari 2021

Tanda-tanda Tambahan Pesanan Tank Medium Pindad

24 Februari 2021

Tank medium Harimau Hitam Pindad-FNSS (photo : Hurriyet)

Batch pertama pesanan Tank Medium Harimau Hitam telah diungkapkan PT Pindad dalam acara dengar pendapat dengan DPR RI pada bulan Februari 2020. Pindad mengungkapkan bahwa telah menerima pesanan 18 unit Tank Medium dari Kemhan dalam periode 2020-2023 dengan nilai kontrak seharga US$ 135 juta, atau kurang lebih senilai 7,5 juta USD per unitnya (Rp 105 milyar sebuahnya pada kurs Rp 14.000,-). Dengan demikian pengiriman pesanan tank ini akan dilakukan pada tahun 2023. 

Pertanda pesanan batch kedua Tank Medium Pindad telah muncul dan telah menjadi bahan perbincangan. Dalam penyusunan anggaran pertahanan tahun 2020-2024 telah ada alokasi anggaran untuk penambahan Tank Medium Pindad ini dengan jumlah unit dibawah pesanan batch pertama.

Sekarang kita tinjau, berapa banyak Tank Medium Pindad ini dibutuhkan untuk dapat membentuk satu Batalyon Kavaleri. Mengacu pada Jurnal Unhan 2017 maka hanya ada dua jenis batalyon kavaleri. Dalam satuan kavaleri dikenal Rangka Organisasi Kavaleri, ROK 2011 diberlakukan kepada Batalyon Kavaleri Kewilayahan (organik Kodam) dan ROK 2013 diberlakukan kepada Batalyon Kavaleri di bawah Kostrad selaku pasukan pemukul terpusat.

Tank medium Harimau Hitam Pindad-FNSS (photo : Savunma Sanayi)

Sesuai Orgas ROK 2011 maka dalam 1 Batalyon Kavaleri Kodam terdiri dari sejumlah ranpur dengan rincian : 27 tank kanon, 5 ranpur komando, 9 tank APC, dan 9 ranpur pendukung,  sehingga dalam 1 Batalyon secara TOP (Tabel Organisasi dan Peralatan) terdiri dari 50 unit kendaraan tempur. Adapun untuk ranpur komando bukan berupa tank kanon, dengan demikian maka untuk 1 Batalyon Kavaleri Kodam dibutuhkan 27 tank kanon.

Sesuai Orgas ROK 2013 maka dalam 1 Batalyon Kavaleri Kostrad terdiri dari sejumlah ranpur dengan rincian : 39 tank kanon, 2 tank kanon komando, dan 9 ranpur  pendukung, sehingga dalam 1 Batalyon secara TOP terdiri dari 50 unit kendaraan tempur. Adapun ranpur komando untuk danyon dan wadanyon berupa tank kanon juga maka untuk 1 Batalyon Kavaleri Kostrad dibutuhkan 41 tank kanon.

Dari perbandingan dua ROK ini, maka dari pesanan batch pertama sebanyak 18 unit untuk membentuk 1 Batalyon Kavaleri Kodam cukup dibutuhkan tambahan 9 tank medium, namun untuk membentuk 1 Batalyon Kavaleri Kostrad masih dibutuhkan 23 tank medium lagi. Kita masih belum tahu akan kemana Tank Medium ini ditugaskan apakah di Kodam atau Kostrad.

(Defense Studies)

282 komentar:

  1. Balasan
    1. Asrizal Rusli Beli LCA F/A-50 18 buah, percuma Pohang-class 2 buah..kalau jadi kenyataan aku janji akan meminati K-Pop termasuk drama dan band-nya..aku juga akan sertai army BTS untuk melengkapkan lagi sokongan aku kepada produk Korea Selatan. ��

      Hapus
  2. pertamax diamankan dari gerombolan beruk

    BalasHapus
  3. Mantap, yang tak bisa buat tank tepi sikit wkwkwkwkw

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. PT Pindad juga berkontribusi dalam pembuatannya wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Iri bilang je kalau tak mampu beli tank medium wkwkwk

      Semangat halu tulpar ya wkwkwk

      Hapus
  5. terbakar habis sudah hati gempurwira melihat ini.

    BalasHapus
  6. Lbh tepatnya tugas tank medium untuk Kodam,kostrad sudah cukup dgn MBT.

    BalasHapus
  7. apakah tank harimau ini adalah yang pertama dalam class medium tank?

    hingga usa juga membuat medium tank yang sekelas dengan tank harimau, bahkan mbt abram mau digantikan karena terlalu berat dan mudah jadi sasaran anti tank misil?

    china dan korea juga membuatnya setelah medium tank harimau ini dibuat

    BalasHapus
  8. Kerja sama PT Pindad dan FNSS menghasilkan tank harimau,kasihan MALON tak diajak wkwkwkwkw

    BalasHapus
  9. Ingat ya pur ini Kerjasama pemgembangan antara Turki dan Pindad.

    BalasHapus
  10. KAPLAN MT.... rasanya boleh MALAYSIA join lagi dengan Turki ni....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Join apanya protipe tank harimau aja dah siap WKWKWK

      Hapus
    2. Kesian yang masih halu tulpar,tak dapat terima kenyataan wkwkwkw

      Hapus
  11. Iya sama gempita sebab ada varian yang dibuat khusus utk malaysia haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bikinin ya ??? Wkwkwkkwkww


      Kesian ga ada kepakaran ...somplak otaknya

      Hapus
    2. Tampal stiker pun price macam tank Abraham,seharusnya buatan tempatan lebih murah ya wkwkwk

      Hapus
  12. KAPLAN MT tu guys... wkwkwkwkkwkw MANTAP FNSS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya KAPLAN MT SAMA PARS ADALAH :

      KAPLAN MT INDO BOLEH DI EXPORT
      TAPI PARS MALON TAK BOLEH EXPORT

      πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
  13. Spt yg saya bilang arti dari Kerja sama pertahanan dgn negara/TOT itu sebuah Pijakan Kemandirian Alutsista.

    Pahamkan pur.

    BalasHapus
  14. Hizir Turki ambil masa 4 tahun untuk tampal Sticker, tanpa test ledak test tembak dan prototipe sim salabim jadi



    Xixixixixiixixixi

    BalasHapus
  15. Turki memasarkan tank kaplan ke eropa dan afrika sedangkan indonesia memasarkan tank harimau di asia jadi MALON harus beli tank ni dari pt pindad jika mau WKWKWK

    BalasHapus
  16. Dari Hasil kerjasama FNss dan Pindasld lahir Tank Medium dan Bakal hadir Tank Medium Jilid 2 jenis APC.

    BalasHapus
  17. Hahaha kalau wni bisa bilang kita tampal sticker kita juga bisa bilang ri tampal sticker haha

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah,,industri pertahanan Indonesia bergerak terus tidak tidur macam jiran, kami selaku mendoakan inhan Indonesia selalu maju dan berjaya dalam karya2 mereka, semangat 3xπŸ’ͺ😎

    BalasHapus
  19. Mildef hmav ambil masa 4 thun dengan dana 16 juta..tiba2 siap wni bilang tampal sticker hizir haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kirimkan kemari proses pembuatan atau Foto perakitan Mildef Hmav.. krik krik krik..

      Hapus
    2. Bukan gitu cuman kalo lihat Hizir 4x4 kok mirip banget sama HMAV bahkan hampir ngga ada bedanya πŸ˜‚ Anoa kan sudah jelas mengambil desain VAB untuk modelnya, yaampun ternyata menurut CIA & FBI Hizir yang menjiplak HMAV, luar biasa memang lulusan Top 5 University πŸ‘πŸΌ

      Hapus
  20. Kasihan malon, pindad dah berjaya bikin tank harimau tapi malon belum bisa buat KASIHAN WKWKWK

    BalasHapus
  21. Kaplan mt ini hanya ri yang pakai..pinoy sendiri malah plih tank sabrah..

    BalasHapus
  22. wkwkwkkw...18 unit je..????..... serius....???...wkwkwkwkkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu pun kau tak mampu beli,,sembang kariπŸ€ͺ

      Hapus
    2. Tak apa 19 dari pada MALON tak tambah ASET PON

      RATIO HUTANG TINGGI ASET TAMBAH
      DERMA DAN SEWA JE

      LAWAK 🀣🀣

      Hapus
  23. Kedepannya ada juga light tank dari malaysia buat pengganti scorpion..minim dipasang dimalaysia haha

    BalasHapus
  24. Yang mendesain tank harimau ini pt pindad dan fnss jadi pt pindad bebas menjual tank ni WKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak mildef bisa jual hmav haha

      Hapus
    2. @Mat Sabu

      Ah yg bener. Emangnya udah ada negara yg tertarik mau beli Mildef Hmav?? Hahahahaha

      Hapus
  25. Susah payah mildef rnd 4 thun dan keluarkan dana 16 juta utk siapkan prototype hmav tiba2 dibilang tampal sticker lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak ada video pun saat pembuatanπŸ€ͺ😁

      Hapus
    2. Hahah ada dong proses desain, pembinaan hull haha

      Hapus
    3. mana linknya πŸ₯±πŸ₯±

      Hapus
  26. belum pernah liat test ledakan di produk2 gempita dan lainnya dari kampung gempur? Boleh bagi link klo ada,,klo gak ada ya gapapa jgn paksakan diri😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test ledakan untuk apa om? Wong sudah ratusan dalam perkhidmatan haha..testnya sebelum berkhidmat dong

      Hapus
    2. Iya di turki benar ratusan,,dikampungmu pasti tak ada hahaha,,ngupi dululah☕πŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
  27. Mildef juga bisa menjual hmavnya..sudah banyak menarik minat dari negara lain haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah yg bener. Emangnya udah ada negara yg tertarik mau beli Mildef Hmav?? Hahahahaha

      Hapus
  28. sangka 118 unit...ternyata hanya 18 unit je... wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat apa beli banyak tank medium tni ad kan sudah punya sebanyak 103 unit tank leopard WKWKWK

      Hapus
  29. Cocok tank harimau ini untuk menggantikan amx 13 dan scorpion milik tni ad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah jelas kok masih pakai tank tua..haha scorpion oklah masih bisa diguna tapi amx

      Hapus
    2. Dari pada pakai MBT PT91M KW3 dari Tank T72.. wkwkwkwkwkwk..

      MISKIN keh tak bisa rawat tank scorpion.. kah kah kah.. wkwkwkwkwk..

      Oia lupa, semua alutsista yg di pakai Malon berakhir dengan GROUNDED... wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  30. KAPLAN MT..sesuai untuk MALAYSIA kalau dilihat ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya KAPLAN MT SAMA PARS ADALAH :

      KAPLAN MT INDO BOLEH DI EXPORT
      TAPI PARS MALON TAK BOLEH EXPORT

      πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
  31. Harus dpt order byk dari tni kerana hanya tni terpaksa guna harimau hitam ini..pinoy aja kepilih sabrah

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu KAPLAN MT bro...wkwkwkwkkw

      Hapus
    2. @Mat Sabun
      @Gempurwaria

      IRI & DENGKI ya. PT PINDAD ikut tender di Pinoy bawa Medium Tank Harimau.. kih kih kih.. wkwkwkwkwk

      Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  32. Balasan
    1. Daripada tak bisa buat hanya bisa IRI & DENGKI je... wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  33. And for usd 7.5 million..agak kelebihan utk sebuah medium tank..harganya menghampiri harga sebuah mbt..pantas aja pilipina tidak pilih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  34. Disini sudah berjalan Arah nya sudah prosduksi tank medium malon masih nyiyir aja..

    BalasHapus
  35. Tni ad sudah memiliki dan mengoperasikan sebanyak 103 unit tank leopard 2ri dan 2a4 jadi tank medium ini untuk sokong tank leopard milik tni ad dari belakang WKWKWK

    BalasHapus
  36. Anoa tidak diplih pilipina eh malah harimau juga tidak terpilih..masa sih pilipina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah klo gk kepilih kita nangis gt

      Hapus
    2. benar juga masa KEMBAR tak support sesama kembar...??? wkwkwkkwkwkw

      Hapus
    3. Bedanya KAPLAN MT SAMA PARS ADALAH :

      KAPLAN MT INDO BOLEH DI EXPORT
      TAPI PARS MALON TAK BOLEH EXPORT

      πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
  37. Lagipula jujur..desain mt kaplan ini boleh diperkatakan sudah vintage..lumayan berat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk PARS lebih kaku bro

      Mana ada Panser bongsor

      Masuk hutan pon tak bsa masuk

      Hapus
  38. Cost 7,5 juta USD per unitnya (Rp 105 milyar)..

    KL jelas tak mampu, NOL.

    BalasHapus
  39. Klo malon mau saingi RI silahkan buat Tank medium sndri syrik tanda tak mampu.

    BalasHapus
  40. Tank medium ini sangat cocok untuk negara tropis kalau malon nak silahkan beli jangan malu WKWKWK

    BalasHapus
  41. Walaupun pinoy tak jdi beli tank harimau tapi pinoy dah punya 2 kapal lpd buatan pt pal

    BalasHapus
  42. 18 unit je....??? wkwkwkwkwkkwkwkw ini cukup lawannya GEMPITA ATGM ya...wkwkwkwkwkkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  43. Pindad kelasnya Udah produksi Tank medium,malon maseh aja Nyiyir gonggong haha.
    Disini trus nanti berkembang

    BalasHapus
  44. Emang kita akan beli light tank om tapi pastilah bukan kaplan mt..harga usd7.5 m sekelas harga mbt lol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih produk baru wajar harga sampe segitu.. but lampu hijau tuk mass production sudah dimulai.. so kehadapan harga per unit bisa ditekan deh.. 😁

      Hapus
  45. Apakah malon dah bisa buat tank?????

    BalasHapus
  46. Masih ada tulpar, lynx puma, k21 atau fnss kaplan 30..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya malon bisa beli Yulpar, lynx puma, K21 atau FNSS Kaplan 30.. krik.. krik.. krik.. hahahahahaha

      Hapus
  47. Turret canggih, Cockeril XC-8 105HP.
    Sama dengan yang dipakai tender proyek medium tank US.

    Mantap.

    KL mana mampu, NOL.

    BalasHapus
  48. Emang belum bisa tapi yang lain2 sudah mula berkembang..mildef sudah punya hmav, sov, light armour vehicle..cendana auto nnti sov, ffr..lumayanlah janji berkembang sedikit sedikit

    BalasHapus
  49. Malon kan MISKIN tak akan mampu beli tank ni heli aja SEWA... WKWKWK

    BalasHapus
  50. Masih kalahlah sama motor gojek malon..wkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwk..BANG!!..OJEK BANG!!!!..wwkwkwkwkwkwkkwkkwkkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha tni juga beli scrambler bimasakti haha

      Hapus
  51. Jadi order awal 18 unit sudah dikerjakan apa belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya gempur aja
      Heli sewa sudah datang apa belum

      Hapus
  52. Bedanya KAPLAN MT SAMA PARS ADALAH :

    KAPLAN MT INDO BOLEH DI EXPORT
    TAPI PARS MALON TAK BOLEH EXPORT

    πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha fnss bisa aja eskport...wkwkw

      Hapus
    2. Hahahaha kau tak tengok berita ya ?
      Pt pindad itu di tugaskan untuk asia pasific

      Sedangkan Fnss untuk eropa

      Wkwkwkwk cuma malon yg tak kebagian

      Belum apa" Panser sudah tabrak kereta PROTON 🀣🀣🀣🀣

      Belum apa" Tank sudah terguling

      LAWAK JE

      DAULAT TUANKU🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  53. Tank stride mana suaranya..wkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwwkwkwkkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  54. kasihan 18 buah terlalu sedikit guys.... wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank nih masih mahal lah KL mana mampu beli

      Hapus
    2. Kasihan yang tak punya guys wkwkwk jangan halu tulpar ya wkwkwk

      Hapus
  55. Yang tak punya medium tank jangan iri ya wkwkwk

    Dan yang masih halu tank tulpar tepi sikit wkwkwk

    BalasHapus
  56. Yang tak bisa/belum mula pasang 8x8 tepi sikit yah..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan xpunya banyak varian hahaha

      Hapus
    2. Xpunya? 11 varian om masih bisa dikembang menjadi mgs dan air defence haha

      Hapus
    3. WKWKWKW PT Pindad ada 8x8 Cobra kali

      ToT dari excalibur army

      Yang tak punya marine
      Yang tak bisa produce pesawat
      Yang tak bisa prodoce Medium Tank
      Yang tak bisa bikin kapal laut

      TEPI SIKIT

      Hapus
  57. Yang tak punya kepakaran bina tank sila minggir jauh jauh..wkwkwkkwwkkwkwkkwkwkkwkkkwwkwkkwkwkkwwkkwkwkwwkkwkwwkwwkwkwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  58. Pt pindad sudah dalam proses produksi 18 unit tank harimau tapi geng MALON masih panas WKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak panas om deftech lagi siapkan baki gempita 30+ unit haha

      Hapus
  59. Cobra yang punya tni sekarang semua pandur cbu..tapi ngak segan2 diklaim pindad cobra haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu kerja sama lah kayak gempita tu basic dari para Turki

      Hapus
    2. Sebelum kau punya 8x8 marinir pun udah punya wkwkwk

      Jangan iri ya Spek gempi masih kalah sama pandur wkwkwk

      Hapus
    3. Hahah iyalah mana ada yang lebih bagus dari pandur haha

      Hapus
  60. Gempita ATGM tu pun jumlahnya lebih banyak ya ini hanya 18 buah....??? wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah fuuuuurr bisa bina sendiri,apa kabar tank ww2 malon yg asapnya mengepul itu fuuuuuurr..wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwk

      Hapus
    2. WKWKW ATGM INDONESIA :
      JAVELIN
      DAN NLAW

      Tak perlu ATGM pakai Sniper SPR 2 PINDAD TANK" MALON UDAH LOBANG

      Atau di tembak pakai canon 90mm Panser badak pun sudah HANCUR LEBUR

      Hapus
    3. Bicara atgm,jangan lawak kau wkwkwk dalam jumlah aja udah kalah

      Hapus
  61. Tank indon barang pakai..😁😩😑

    BalasHapus
  62. Kasian malon cuman 48 tank saja,itu juga tank peninggalan ww2..wkwkkwkwkwkkwkwwkwkwkwwkkwkwkkwkkwwkwkkwwkwkkwkwkkwkkwwkwkwkkwkwkkwwkkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu meriam gunung tni itu baru yah? Sama amx dan scorpion and cage commando haha

      Hapus
    2. Scorpion Malon dah pensiun kot

      Hapus
  63. masa negara besar hanya beli 18 buah je...??? kalau tadi timur leste itu logik kerana negara kecil.. wkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa malon grade A punya tank peninggalan ww2..itu pun cuma 48 unit aja..wkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwwkkwkwkwkkwkwkkwkwkwwkwkkwwkwkwkkwwkkwkwk

      Hapus
    2. Nambah tank xmampu lah��

      Hapus
    3. Beli nya bertahap pur.. bukan cem malon dengan plan awal 15 jadi 5.. πŸ˜‚

      Hapus
    4. MASA NEGARA KAYA HELI SEWA🀣🀣🀣

      GRADE A KONON

      MALON LAWAK

      Hapus
  64. Tulpar, K21 juga pakai Cockeril XC-8 105HP.

    Mantap, KL tak punya, tak mampu, NOL.

    BalasHapus
  65. Perlahan-lahan industry dalam negeri indonesia mulai mandiri contoh kami sedang membuat ucav elang hitam,kapal selam kri alugoro,tank boat,pesawat angkut dan tempur

    BalasHapus
  66. Tender apc baru utk malbatt sudah keluar..tender/kontrak gempita sudah mau rampung..ditunggu kontrak pengganti condor aja ni sama tambahan apc buat rejimen renjer haha

    BalasHapus
  67. Mantap, tank baru lagi.

    KL mana mampu, NOL.

    😁

    BalasHapus
  68. Tank malon ketemu harimau hitam langsung sembunyi gaez...malu tanknya kuno,peninggalan ww2..asapnya mengepul gaez..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwkkwkkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwwk

    BalasHapus
  69. wkwkwkwkwkkw... SALAM 18 buah je...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 103 leopard + 18 harimau = 121

      121 unit cukup tuk melumat 48 unit Tank KW Super T-72 malon.. πŸ˜‚

      Hapus
  70. KL masih TUNGGU kontrak, RI sudah produksi.

    KL lambat, biasa laah..

    NOL.

    BalasHapus
  71. ehhhh... GEMPITA 8x8 versi pemusnah Armor ATGM pun baru guys... jumlah lagi banyak dari 18 buah je.... wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. LEBIH MENGGERUNKAN LG GEMPITA SI PEMUSNAH SEDAN PROTON🀣🀣🀣🀣

      ATGM GEMPITA ? Wkwkwkwk pakai INGWE AJA bangga purr purr

      ATGM TNI ADA JAVELIN

      SEKALI TEMBAK LANGSUNG OTOMATIS DI KEJAR SAMPAI HANCUR ITU TARGET

      Hapus
    2. Ooooh...gempita yg tampal stiker itu ya..fuuuuuuuuuuuuurrr..wkwkwkkwwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwwwkkwwwkk

      Hapus
    3. Pemusnah armor pe??? Yang tewaskan mudah terbalik tewaskan atm itu wkwkwk

      Hapus
    4. Belum perang Askar dah tewas wkwk

      Hapus
  72. Spek gempita masih kalah dari pandur..haha paling ngak gempitanya sudah ratusan dengan 11 varians sedangkan cobranya semua import haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ratusan halu takde 100 unit pun ko klaim ratusan wkwkwk

      Hapus
  73. Fuuuuuuuuur..shopping fuuuuuur..masa level malon punya tank cuman 48 biji aja fuuuur...wkwkkwkkkwwwkwkwwkkkwkwkkwkwkkwkkwkwwwkkwwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwwkkwk

    BalasHapus
  74. Harimau hitam teknologi udah modern fuuuurr jangan samain sama tank kaleng kerupuk malon sisa peninggalan ww2..wkwkkwwwkwkkkwkwkkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  75. Calon2 6x6 malaysia : tigon arma pars 6x6..anoa ditolak mentah

    Calon light tank malaysia : tulpar, ascod, lynx,puma, k21..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana link nya ?

      MIMPI KAH ?
      HELI AJA SEWAπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
    2. Dan para calon itu akan musnah jika kena tembak ATGM JAVELIN DAN NLAW. SPR PINDAD. CANON 90MM PANSER BADAK. CANON 100MM BMP 3F MARINIR.

      Hapus
    3. Takde sign kontrak pun semakin parah kau halu wkwkwk

      Hapus
  76. The LCT30 ATGW variant is the most well-armed variant of the AV8, and is equipped with the LCT30 ATGW turret from Denel Land Systems. The LCT30 ATGW turret is armed with a Denel GI30 30mm gun and one 7.62mm coaxial machine gun as well as four ZT3 Ingwe 127mm anti-tank guided missiles. The Ingwe is a laser beam riding missile with a range of 5000m and the ability to engage moving targets. 54 units of this variant will be produced in the first batch of 257 AV8s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk AV8 yang terbalik itu yah🀣🀣🀣🀣
      Tak perlu ATGM pum sudah rusak🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Belum perang dah tewas wkwk

      Hapus
  77. MRO herky, LAMBAT.
    Copas KD LCS, LAMBAT.
    Copas OPV, LAMABT.
    Beli Little bird, LAMBAT.
    Tender MRCA, MRSS, LCA, MPA, LAMBAT semua.

    Sampai Vaksin Covid pun, LAMBAT tertinggal.

    KL = Kuala LAMBAT.

    wakakakaakakakakak...

    BalasHapus
  78. nah GEMPITA versi ATGM..54 buah....

    kalau sekadar 18 buah tu tepi sikit...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bina sendiri fuuuur...asyiiiiiiiik..bisa pesan sesuka hati..wkwkkwwkkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkkwwkkwwkwkwkwwkkwk

      Hapus
    2. 5 bijik aje yg atgm klaim 54 buah wkwkwk

      Hapus
    3. Wkwkwk aset TNI BANYAK :
      Medium tank
      Panser cobra
      Panser anoa
      Panser badak
      BMP 3F
      Dll
      Banyak purr🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  79. Nak tanya serius ni fur,malon sudah bina alatan perang apa aja fuuuuur..bodohkah orang2 malon ini fuuuuurr hingga tak bisa bina alatan perang sediktpun fuuuuurr..wkwkwkkwkwkwkwkkwkkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwkkwkkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  80. Salam LOYO & LAMBAT.

    wakakakkkk..

    Kesian KL

    BalasHapus
  81. Nah fotonya Gempita 8x8 versi ATGM cuba kira berapa pelancarnya...wkwkwkkwkwkkwk


    https://i.redd.it/t2eunxor01g31.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampal stiker..jumlahnyapun cmn 54 buah gaez...wkwkwkwkwkkkwkwwkwkwkkwkwkwkkwwkwkwwkkwkwkkwkwkwkwkwwkwkkwkwkwwkwk..dikit sekali y gaez..wkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkkwkwk

      Hapus
    2. INGWE PON BANGGA 🀣🀣🀣🀣
      Kami ada JAVELIN🀣🀣🀣🀣

      Dan itu panser kah purrr kok BONGSOR

      Masuk Hutan kalimantan sudah tamat itu purr🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Percuma xsampai lah mau dibawa pakai apa sebrang laut,terbang? Malon kan xpunya LST

      Hapus
    4. Apache behind..

      Incoming Hellfire..

      BOOM.. πŸ’₯πŸ”₯πŸ˜‚

      Hapus
    5. Bro Apache di yaman jatuh Berguguran.. kamu tahu tak...??? wkwkwkwkwkkwkw

      Hapus
    6. Kalau sama Malon xbakal jatuh lah serang lewat laut wkwk xpunya LST wkwkwk

      Hapus
    7. Apache saudi ya bukan apache indo ya.. πŸ˜‚

      Hapus
    8. Just like MIG-29 case.. kok mig-29 malon mangkrak tak guna tapi mig-29 india masih bisa terbang.. tanyakan itu pada SDM masing2 kerajaan.. πŸ˜‚

      Hapus
  82. Yang punya tank sampah buangan poland sila minggir jauh2..wkwkwkwwkkkwkkwwwkwkkwwkwkwkwwkwwkkwkkwkkwkwkwkwkkkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk

      TANK PENDEKAR ITU DOWN GRADE dan desain TANK LAWAS🀣🀣🀣

      Hapus
  83. Kirain gemfur sembang gempita sudah punya 1000 unit..wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkkwkkwkwkkwwkkwkkwkwk...ternyat cuman 54 unit saja..wkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkkwwkkwkwkwkwkwwkwkkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwk

    BalasHapus
  84. Wkwkwk aset TNI BANYAK :
    Medium tank
    Panser cobra
    Panser anoa
    Panser badak
    BMP 3F
    Dll
    Banyak purr🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  85. Balasan
    1. 18 buah nih mahal lah KL mana mampu beli����

      Hapus
    2. Yg bisa bina sendiri bebas bikin sesuka hati..tank harimau pasti tambah teruuuuuusss..wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwwkwkkwkwkwkwkwkkwwkwkwkwkwwwkwkwkkwkwwkwk

      Hapus
  86. Baca artikel ini malon langsung sakit hati...

    Sila lon kalau kau mau beli kaplan mt dari fnss sila pindah ke afrika, untuk pindad jual ke asia

    Kenyataan memang pahit lon, sila siapkan mental atau siapkan dokter jiwa yang banyak atau siapkan tali tambang yang panjang buat gantung diri di petronas tower

    BalasHapus
  87. @Mat Sabu
    @Gempurwaria

    Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. krik krik krik... wkwkwkwkwkwk..

    Kalian hina produk kami tapi Negara kalian belum mampu buat Medium Tank..

    Malon bina peluru, helm askar, uniform askar, senkjat saja tak mampu.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mockup nya udah dibuang ke tempat pembuangan akhir saking malu nya.. 🀣

      Hapus
  88. @Mat Sabu
    @Gempurwaria

    Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. krik krik krik... wkwkwkwkwkwk..

    Kalian hina produk kami tapi Negara kalian belum mampu buat Medium Tank..

    Malon bina peluru, helm askar, uniform askar, senkjat saja tak mampu.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  89. Tank malon modelnya kuno gaez..pantas saja poland pun pilih leopard..wkwkwkwkwkkwkkwwkkwwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwwkwkkkwkwk...tank malon asapnya mengepul..wkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwwkkwkwkkwkwkwwwkwkwkkwkwkwkwwkwwkkwkwwkwkwkkkwk

    BalasHapus
  90. @Mat Sabu
    @Gempurwaria

    Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. krik krik krik... wkwkwkwkwkwk..

    Kalian hina produk kami tapi Negara kalian belum mampu buat Medium Tank..

    Malon bina peluru, helm askar, uniform askar, senapan saja tak mampu.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. TANK STRIDE DENGAN CANON LETOY

      TANK DENGAN TANKI NASI LEMAK DI KANAN DAN KIRI

      100% BUATAN MALON

      PARS/GEMPITA DAN AV8 100% BUATAN TURKI
      MALON TAK BOLEH EXPORT

      BEDA TANK HARIMAU PINDAD YANG SECARA DESAIN DAN TEKNOLOGI ADA CAMPUR TANGAN PT PINDAD

      Hapus
  91. DULU ADA MALON YANG BILANG KALAU GEMPITA JUMLAHNYA

    100 LEBIH

    SEKARANG BILANG 54


    WKWKWKWK MALON HALU BERAT🀣🀣🀣🀣

    APA YG MEREKA KATA HANYA HOAXπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒ

    BalasHapus
  92. 54 buah jumpa dengan hanya 18 buah.... rasanya sudah tahu keputusannya guys...wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 54 Buah di Banding panser dan Tank TNI lainnyaπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

      Mata dan otak kau memang hanya bisa melihat kuman pur
      Tak bisa melihat gajahπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
  93. gabungan persenjataan 30mm dengan 4 pelancar misil ATGM.... nah... meriam 30mm tu saja cukup untuk merobek armor nipis ya guys..belum lagi misil ATGMnya...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xsampai lah sebrang laut gimana tuh kan xpunya LST wkwk

      Hapus
  94. @Mat Sabu
    @Gempurwaria

    Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. krik krik krik... wkwkwkwkwkwk..

    Kalian hina produk kami tapi Negara kalian belum mampu buat Medium Tank..

    Malon bina peluru, helm askar, uniform askar, senapan saja tak mampu.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  95. @Mat Sabu
    @Gempurwaria

    Tank STRIDE DEFTECH gimana kelanjutanya.. krik krik krik... wkwkwkwkwkwk..

    Kalian hina produk kami tapi Negara kalian belum mampu buat Medium Tank..

    Malon bina peluru, helm askar, uniform askar, senapan saja tak mampu.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus