02 Maret 2024

First Steel Cutting LPD Uni Emirat Arab di PT PAL

02 Maret 2024

Acara pemotongan baja pertama LPD UAE di PT PAL (photo: DefenArt)

Pada tanggal 28 Februari 2024 lalu DefenArt melakukan upload acara pemotongan baja pertama (first steel cutting) Proyek Al Maryah Uni Emirat Arab/United Arab Emirates (UAE) berupa kapal Landing Platform Dock (LPD) di PT PAL, Surabaya. Upload berita ini pada jam 9:06 PM atau pada tanggal yang sama dengan acara ini diselenggarakan adalah informasi pertama tentang acara ini di media sosial.

PT PAL tidak mengadakan press release ataupun liputan media untuk acara ini namun tidak membantah akan acara ini. Hal yang sama terjadi pada Fregat Merah Putih, dimana PT PAL tidak mengadakan press release ataupun liputan media untuk acara pemotongan baja pertama namun lebih memilih liputan media untuk acara keel laying ceremony atas varian fregat Arrowhead 140 tersebut.  

Kontrak pengadaan LPD 163m senilai AED1.5 billion (seniai USD 408.32 million) ini sebelumnya telah dikonfimasi oleh Kementerian Pertahanan UAE pada saat diselenggarakannya acara IDEX 2023 di Abu Dhabi bulan Februari 2023. Rencananya seluruh kapal akan selesai diserahterimakan pada tahun 2029 atau 2030.

Dengan dimensi panjang 163 meter dan lebar 24 meter, kapal ini akan mempunyai bobot benam (displacement) 13.000 ton dan menjadi LPD terbesar yang dibuat PT PAL dengan kemampuan membawa 3 helikopter di dek kapal dan 2 helikopter di dalam hangar, adapun standar helikopter yang dipilih adalah EC-725/H-225M.

(Defense Studies)

64 komentar:

  1. Berita yang bakal buat MALON ngamuk

    BalasHapus
  2. SUKSES PT PAL !

    AKU KIRA , FIRST CUTTING STELL
    LPD (LHP) YANG DESIGN ASLI PT PAL UNTUK TNI AL & JADI KAPAL TERBESAR PERTAMA MILIK TNI AL.

    KEMANDIRIAN YESS !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngira-ngira tu mbok yang logis.

      Ngira-ngira tapi gak kira-kira, ngawur itu namanya.

      😛

      Hapus
    2. Namanya juga kira2 orang ODGJ, ya kira2nya ngawur....

      Hapus
  3. 100% TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    DEFISIT NAMBAH HUTANG = The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%) and ultimately reach the targeted 3.0%-3.5% by end
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  4. FIRST STEEL CUTTING LPD FILIPINA = Setelah penandatanganan kontrak penjualan dua unit LPD (Landing Platform Dock) atau SSV (Strategic Sealift Vessel) Tarlac Class (tambahan) antara PT PAL Indonesia dengan Departemen Pertahanan Filipina di Manila pada Juni 2022, kini ada kabar terbaru dari Surabaya Diwartakan bahwa pada hari ini, 10 Agustus 2023, telah dimulai tahapan pemotongan baja pertama – first steel cutting atas dua LPD tersebut.
    ---
    FIRST STEEL CUTTING LPD UEA = PT PAL melaksanakan upacara First Steel Cutting Landing Platform Dock (LPD) 163 M, yakni proyek Al Maryah milik Angkatan Laut Uni Emirat Arab, pada 28 Februari.
    ---
    PRANK MRSS PT PAL : "The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS....
    😝😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2017 MRSS = “Kontrak dengan Angkatan Laut Malaysia akan ditandatangani Agustus mendatang. Ada kemungkinan bahwa mereka akan memesan lebih dari satu MRSS. Platform MRSS mirip dengan LPD Angkatan Laut Indonesia dan SSV Filipina. Namun, MRSS akan lebih besar, dengan panjang 163 meter, dan bersenjata lengkap.
      ---
      2023 DITANGGUHKAN = Panglima TLDM Laksamana Datuk Abdul Rahman Ayob memberitahu bahawa perolehan Multi Role Support Ship (MRSS) itu terpaksa ditangguhkan untuk memberikan laluan kepada perolehan-perolehan aset lain.
      ---
      2024 LOD = Kontrak pengadaan LPD 163m senilai AED1.5 billion (seniai USD 408.32 million) ini sebelumnya telah dikonfimasi oleh Kementerian Pertahanan UAE pada saat diselenggarakannya acara IDEX 2023 di Abu Dhabi bulan Februari 2023. Rencananya seluruh kapal akan selesai diserahterimakan pada tahun 2029 atau 2030
      😝LPD 163M REAL = MRSS 163M PRANK😝

      Hapus
  5. 2024 MYR 19,7 (approx. US$ 4,370 Billion) : LEASE AGAIN !!!
    2023 MYR 17,74 : LEASE
    2022 MYR 16,14 : LEASE
    DEFISIT NAMBAH HUTANG = The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%) and ultimately reach the targeted 3.0%-3.5% by end
    ---
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)

    BalasHapus
  6. Harusnya malon yg pertama nerima lpd 163 m ini tapi ya.. kerana suka ngprank uea deh yg pertama akan menerimanya..

    BalasHapus
  7. Mana si gemfork..lg mandi x...

    BalasHapus
  8. Ntar malon klaim : UEA meniru MRSSnya malon

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁😁 apa berani Malon sama UAE....beraninya cuma sama Jirannya aja..

      Hapus
  9. Kerja bersamaan : AH140 + SSV + LPD 163 + overhoul 41 kapal AL + (next) Scorpene AIP

    Bukan main PT PAL.

    Laah malon bikin fregat 1 aja gak slesai

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  10. TWIT DARI DUBES DI TURKEY. SUDAH ADA 15 PERSONIL TNI AU DI TURKI TRAINING ANKA
    SEMAKIN HAMPIR GUYS

    Ankara (29/02)
    1. ✈️
    In line with one of my strategic missions in Türkiye to strengthen defense cooperation with Indonesia, today i had a meeting with Mr. Temel Kotil, the CEO of Turkish Aerospace Industry (TAI). I also met with 15 Indonesian Air Force personnel who are undergoing training under the framework of Indonesian Air Force's purchase of ANKA drone manufactured by TAI.

    I believe that by having collaboration with TAI which is a world-class producer of Unmanned Aerial Vehicle, we could strategically strengthen the ecosystem of Aerospace Industries in Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12 vs 3 ( AKAN ) = 3 lebih byk meski itu "AKAN" kata Rusli CS🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Lah berarti tak kirim tim pantau macam malon ya 🤣🤣🤣
      Langsung pengawaknya 😂😂 MANTAAAP 👍👍

      Hapus
    3. Sekejap ade, sekejap takde🤣🩲🇲🇾🩲🤣🤣

      Hapus
    4. Tak perlu sembang ramai berisik macam Malon, orang kita sudah mulai training ANKA..

      Tak perlu cari dan kutip berita, dutabesar Turki yang bilang sendiri..

      Itu bedanya dwngan si MISKIN Malon, yang baru merasa UAV MALE..

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    5. Alhamdulillah..

      https://youtube.com/watch?v=rU2-H9xqByo&si=cYSXScDx8QT3LbGh

      Hapus
  11. Good Choice..Pilihan Syarikat yg Tepat..Kalau Mau Buat Kapal yg bs Cecah Air ya Ke PT PAL tempatnya, Enjineer PT.PAL Terbaik & bisa diAndalkan..Tetapi kalau Mau buat Monumen Kapal Ke BHIC/BNS tempatnya..Karna Enjineer Malon Juara Lawak seDunia & Planet Namex🤣🤣🤣

    BalasHapus
  12. pekerjaan ini hanya galangan kelas dunia ya guys yang mampu 🤣🤣🤣

    Jangan sok sokan mampu tiru PT. PAL ntar kayak malon dengan BOLLSTIT bangun kapal darat terbesar seantero galaksi
    🤣🤣🤣

    BalasHapus
  13. Selain, daripada itu sekiranya terdapat reka bentuk yang perlu diperbaiki maka potential rework telah dianggarkan di antara 15% hingga 20%,

    “PAC telah melahirkan kebimbangan mengenai potential rework yang dianggarkan di antara 15% hingga 20% oleh TLDM/BNS kerana boleh mendedahkan projek kepada risiko kelewatan dan peningkatan kos,” jelas PAC.

    Tambahannya, tiada sebarang penambahan kos projek dilaporkan setakat ini. – airtimes.my
    #AirTimes #Pertahanan #LCS


    MAHAROGOLELE salah potong 15% - 20%, Otak bawah kaki kalau buat kerja🤣🤣🤣

    BalasHapus
  14. Bisa2 MALON pada ngumpet nih. MALU klo ditanya kapal LCS
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  15. Tak perlu sembang ramai berisik macam Malon, orang kita sudah mulai training ANKA..

    Tak perlu cari dan kutip berita, dutabesar Turki yang bilang sendiri..

    Itu bedanya dengan si MISKIN Malon, yang baru merasa UAV MALE.... Akan 1....1...1..end

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  16. Manakal negar MISKIN hanya mampu PRANK negara lain je... HAHAHAHA

    MEMALUKAN kelakuan si MALON nih.. Hahahahah

    Baca guys...

    Mengenang momen memalukan Malaysia yang meminta pihak Indonesia yakni PT PAL untuk membuat desain kapal perang SSV yang rumit, tapi tak mampu membayar pesanannya itu.

    Momen tersebut terjadi pada 2016 silam. Saat itu, Malaysia memesan desain kapal perang SSV (Strategic Sealift Vessel) dari PT PAL Indonesia.

    Desain yang diberikan saat itu terbilang rumit ketimbang desain pesanan negara-negara lainnya seperti Filipina dan Uni Emirat Arab.

    Meski mendapat pesanan desain yang rumit, Indonesia tetap menggarap permintaan Malaysia itu mengingat kesepakatan sudah tertuang dalam nota kesepahaman atau MoU.

    Terhitung pada tahun 2017, Indonesia pun sudah menyelesaikan desain tersebut dan telah siap memproduksi pesanan Malaysia.

    Tapi yang terjadi di lapangan, pesanan itu batal terjadi seiring tidak mampunya Malaysia membayar pesanannya ke PT PAL Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi MALON sudah jadi PERANGAI nya sudah mendarah daging.. Haha

      Hapus
    2. Sebelah itu dompleng ke nama besar INDONESIA maklum mau pemimpi.....

      Hapus
  17. Kalau hanya mampu PRANK janganlah pesan kapal canggih buatan INDONESIA ya guys... Hahahaha

    MEMALUKAN sekali kerajaan BERUUKK nih... Hahahaha

    Dilansir dari INDOPOS via blog Defense Studies, Direktur Utama PT PAL saat itu, M Firmansyah Arifin, mengaku Malaysia memesan kapal karena terkesan dengan kapal perang yang dipesan Filipina.

    Soal tak adanya uang muka atau DP sendiri karena pemesanan dari Malaysia itu tak menggunakan tender seperti halnya Filipina.

    Di samping itu, tak adanya uang muka juga dikarenakan proses desain yang rumit sehingga belum diketahui harga final untuk kapal perang SSV pesanan Malaysia itu.

    “Proses desain sangat penting karena mempengaruhi harga. Jadi harga saat ini juga masih belum final," beber Firmansyah pada Desember 2016 lalu.

    Nahas, saat desain yang diminta sudah dibuatkan, Malaysia justru tak mampu membayar pesanan kapal perangnya tersebut.

    BalasHapus
  18. Jaga jaga berita tentang kapal pasti buat si MALON KEPANASANNN... Hahahahahahah

    Lepas tuh si BERUK bahas yang lain lain dah... Hahahahahaha

    LEMAH... Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Purr....tak payah gengsi lah...SSV PT.pal pasti harga bersaing dan berkualitas tinggi...tidak macam LUNAS...wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. Mantap proyek PT PAL INDONESIA..

    -bina LPD 123m untuk filippine
    -bina LPD 163m untuk UEA
    -bina Fregat Merah Putih
    -peremajaan 41 kapal perang


    BNS MALON

    -Bina 6 kapal jadi 5 itu pun masih GHOIB
    -HUTANG 100 vendor belum lunas
    -MANGKRAK 14 tahun
    -belum cecah air sudah BERKARAT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas ada yang ngemis proyek macem airod ke PT DI

      Hapus
    2. Jangankan proyek... Pespur aja NGEMIS NGEMIS hingga kirim surat cinta.. Wkwkwk

      Hapus
  21. Si gempork dan Genk beruk Malon lainnya tak berani komen baca berita ini

    BalasHapus
  22. Bukti Si MALON hanya mampu PRANK kononya ingin kapal SSV... Hingga sekarang tak tau siapa yang menang tender..... 🤣🤣🤣

    MALON sudah meminta pihak Indonesia yakni PT PAL untuk membuat desain kapal perang SSV yang rumit, tapi tak mampu membayar pesanannya ..

    MISKIN aja belagu... Hahahaha

    BalasHapus
  23. Sudah kesemsem namun apalah daya UANG tak punya... Hahahahah

    Hanya mampu PRAK... Wkwkwkwk

    Dilansir dari INDOPOS via blog Defense Studies, Direktur Utama PT PAL saat itu, M Firmansyah Arifin, mengaku Malaysia memesan kapal karena terkesan dengan kapal perang yang dipesan Filipina.

    BalasHapus
  24. MALON desain kapal aja RUMIT .. UANG pun SULIT... Hahahahah😂😂😂😂😂😂

    Cuaks... Hahahaha

    Desain yang diberikan saat itu terbilang rumit ketimbang desain pesanan negara-negara lainnya seperti Filipina dan Uni Emirat Arab.

    Meski mendapat pesanan desain yang rumit, Indonesia tetap menggarap permintaan Malaysia itu mengingat kesepakatan sudah tertuang dalam nota kesepahaman atau MoU.

    BalasHapus
  25. Geng MALON mulai KETAR KETIR.. Mumpet di kapal MANGKRAK... Hahahahahaha

    Kapal LPD ya guys... Bukan SAMPAN yang masih MANGKRAK di darat.. Wkwkwkwm

    BalasHapus
  26. MALON Memesan ke PT PAL tahun 2016... Hingga sekarang 2024 sudah hampir 9 tahun masih tak ada UANG... Hahahahahahaha

    IRONIS sudah PRANK banyak MEMBUAL pula si BERUKKK nih... Hahahajahahahaha

    BalasHapus
  27. Patutlah si MALON hanya mampu PRANK dan MEMBUAL shopping kapal SSV ....

    Tak ada UANG... hahahahahahah

    Heli saja SEWA... Hahahaha

    BalasHapus
  28. PRANK ala negara MISKIN MALON

    -SSV pt pal INDONESIA di PRANK
    -SPH yavuz dari TURKIY di PRANK
    -jet TEJAS dari INDIA di PRANK

    Mau tunjuk apa coba si MALON nih... Hahahahah

    BalasHapus
  29. 3 heli di dek sama nampung 1-2 heli di simpan hanggar.
    Wah kyknya tni al harus pesan juga gak sih 1unit yg spt ini 163m?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung LHD aja Om @ RJ..menuju BlueWaterNavy⚓🇮🇩

      Hapus
    2. Untuk kapasitas nha apa bisa klo LHD dikerjakan di PAL?

      Hapus
    3. Tergantung panjang LHDnya, kalo dibawah 210 meter masih bisa muat di dock mereka

      Hapus
    4. Bisa..dock PT.PAL lumayan agak Luas kl yg pernah berkunjung lgsg kesana..secara design sdh ditawarkan keMenhan dan TNI.AL sebagai User

      Hapus
  30. PAL muantab lah di Asean
    2 Frigate
    2 SsV philipine batch 2
    1 LPD 163M dri 6 unit
    Nyusul proyek 2 kasel

    Sementara Malon
    LCS -salah potong- rasuah - mangkrak- BhIC rename jdi = LUNAS
    Next KD maharajalela rename MaharajaLawak
    Dah lah😀😂

    BalasHapus
  31. Sebenernya malon itu pgen juga beli MRSS dri PAL,tpi ya gitu deh.
    Gengsi Angkuh

    BalasHapus
  32. Gempur muncullah....cacian dan hinaa apalagi yg keluar...

    BalasHapus
  33. PT-Pal busy for LPD construction of UAE and Philippines order.
    Congrats Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Don't forget to buy an LPD ship, a type of hospital aid ship, because the Philippines and Indonesia are both island countries prone to natural disasters.

      Hapus
  34. MALON mau beli tapi takde uang 🤣🤣🤣😅🤣🤣🤣

    BalasHapus
  35. Mau hutang sok gengsi
    Begitulah sifat tetangga kesayangan kita
    😂

    BalasHapus
  36. Gengsi Angkuh padahal tak ada wang..😜😜😜😜

    BalasHapus
  37. Gempur mungkin gak akan muncul sekarang guys... Lagi nyari bahan basi & hoax

    BalasHapus
  38. Gempur sembunyi. Malu dengan kapal darat

    BalasHapus
  39. MRSS PRENK ...sedjak 2 Si ReMeK wah kacau haha!🥴🥴🥴

    BalasHapus
  40. Genpur lagi magang jadi OB di LUNAS....wkwkwkwk

    BalasHapus
  41. Gempur lagi kaji bahan buat balas netizen Nusantara🤭

    BalasHapus