06 Maret 2024

Latbakjatpesud: 8 Heli Penerbad Menyerang Sasaran di Cipatat

06 Maret 2024

Formasi helikopter milik Puspenerbad yang terdiri dari dua unit Helikopter Apache AH 64E, tiga unit Helikopter Fennec AS 550 C3, dua unit Helikopter Bell 412, dan satu unit Helikopter MI 17 V5

BANDUNG, tniad.mil.id – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. menyaksikan delapan unit helikopter Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) menyerang sasaran tembak, kala meninjau kegiatan Latihan Penembakan Senjata Pesawat Udara (Latbakjatpesud) terintegrasi, yang digelar di Daerah Latihan Pusat Pendidikan Infanteri (Rahlat Pusdikif), Cipatat, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024).

Dalam peninjauannya tersebut, Kasad menyaksikan langsung berbagai aktivitas latihan yang melibatkan personel dan alutsista udara milik Puspenerbad yang terdiri dari dua unit Helikopter Apache AH 64E, tiga unit Helikopter Fennec AS 550 C3, dua unit Helikopter Bell 412, dan satu unit Helikopter MI 17 V5.

Aksi helikopter AH-64E Apache Penerbad (photo: TNI AD)

Latbakjatpesud sendiri dirancang untuk meningkatkan kesiapan operasional satuan Puspenerbad dalam menghadapi tantangan pertempuran modern. Selain itu, juga ditujukan untuk menguji kemampuan bantuan tembakan bagi pasukan darat, koordinasi antar komponen pasukan, serta respon terhadap situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Gelar latihan tembak secara berkala
Dalam kesempatan tersebut, Kasad menyampaikan pentingnya menggelar latihan rutin, terutama guna meningkatkan keterampilan dan kesiapan tempur, serta memastikan semua personel benar-benar siap menghadapi tugas-tugasnya secara profesional, serta menguasai alutsista yang diawakinya.

Aksi helikopter Fennec AS 550 C3 Penerbad (photo: TNI AD)

“Kemampuan helikopter kita juga sangat luar biasa. Kita akan selenggarakan latihan ini secara berkala sehingga kemampuan anggota kita akan terus terpelihara, bahkan terus meningkat,” ujar Kasad.

Menurut Kasad pula, melalui kegiatan latihan semacam ini, TNI AD akan semakin siap untuk melaksanakan tugas pertempuran. Kegiatan ini juga menjadi bukti komitmen TNI AD untuk terus meningkatkan kesiapan tempur dan mengikuti perkembangan teknologi, serta taktik militer terbaru, guna menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Daerah Latihan Pusat Pendidikan Infanteri (Rahlat Pusdikif), Cipatat, Jawa Barat (photo: Kompas)

Usai meninjau pelaksanaan Latbakjatpesud Puspenerbad, Kasad yang didampingi sejumlah pejabat utama TNI AD, menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat yang tinggal di sekitar daerah latihan, serta melaksanakan penanaman bibit pohon tanaman buah di Pusdikif Pussenif. 

53 komentar:

  1. Heli sewa boleh dipakai latihan tak ?

    BalasHapus
  2. Berbanding malon : Heli Telor 40 Minitz PUTD Menyerang Sasaran Tupai di Kebon Sawit

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 stesyen dengan 12000 ekor peluru.
      Waaaaw saya takuut...


      takut dengan bualnya
      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  3. Balasan
    1. Mi-17nya juga tidak kelihatan.๐Ÿ˜… Di foto hanya ada 7 heli.

      Hapus
    2. Agak aneh saja kalau benar. Paling gendut di paling depan.๐Ÿ˜‹

      Hapus
    3. Kalau benar, kasihan aja rusky ini udah minoritas, tesisih pula...gimana ntar kalo Blackhawk datang...๐Ÿ˜‚

      Blackhawk, Fennec, 412 servisnya didukung pabrikan by PT DI...berbanding dia..๐Ÿ˜

      Hapus
  4. Hmmmmm...
    Segitu unit yaa...

    https://www.indonesian-aerospace.com/berita/detail/805_helikopter+serbu+mi-35p+puspenerbad+sukses+dipasangi+roket+ffar+produksi+pt+di

    =====
    "...Helikopter serbu Mil Mi-35P adalah produksi Rusia, dan sebanyak delapan unit telah diakuisisi Puspenerbad TNI AD sejak 2010 berikut bekal persenjataan, mulai dari kanon GSh-30K 30 mm yang menjadi senjata internal, roket S-8 Kom dan rudal anti tank 9M120 Ataka (AT-9 Spiral 2). Dan kini ada kabar inovasi alutsista di lini Kavaleri Udara, yaitu Mi-35P TNI AD kini mampu menggotong dan melepaskan roket FFAR (Fin Folding Aerial Rocket) 2.75 Inchi, yang notabene berstandar NATO.

    Dikutip dari kemhan.go.id, disebutkan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) dalam Program Pengembangan Teknologi Industri Pertahanan Tahun Anggaran 2019, telah merilis first artcicle alat kendali tembak sistem radar roket FFAR pada helikopter Mi-35P yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia.

    BalasHapus
  5. HUTANG FMS = Panglima Tentera Darat, “Ini memandangkan perolehan aset dari Amerika Syarikat perlu melalui prosedur termasuk Foreign Military Sales (FMS)
    ---
    MARET 2023 = “Insya Allah Mei dan bulan Jun, Black hawk akan diterima dan berkhidmat dengan PUTD,” kata Zamrose yang memetik makluman dari Ketua Setiausaha Kementerian Pertahanan.
    ---
    MEI 2023 = According to MINDEF, the helicopters will be leased from Aerotree Defence & Services Sdn Bhd. .
    ---
    SEPTEMBER 2023 = The Malaysian Army (TDM) is expecting to take delivery of two of four Black Hawk helicopters by end of this year.
    ๐Ÿ˜HELI HUTANG 2023 2024 = ZONK๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERITA 2021 PROSES SERTIFIKASI OVERHAUL =
      Teguh mengatakan, terdapat 24 helikopter yang diizinkan untuk terbang karena sudah lolos sertifikasi. Sementara pesawat yang lainnya masih dalam proses perbaikan.
      ---
      NURI = 12 Royal Malaysian Air Force (RMAF) Nuri helicopters have been grounded said RMAF chief General Datuk Seri Ackbal Abdul Samad.
      Lynx = The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds
      Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
      ๐ŸคฃKASIAN HELI GROUNDED LACK OF MAINTENANCE๐Ÿคฃ

      Hapus
  6. HELI MD TRAINING = A notable attraction at this year’s Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) exhibition are six new MD530Gs, which were delivered to Malaysia’s army in 2022. The type is appearing on static, and also participated in the show’s opening ceremony.
    The six rotorcraft – delivery of which was delayed for several years – are primarily used for training.....
    ---
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI DAN SIMULATOR = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    ๐Ÿ˜HELI SEWA = SEWA SIMULATOR๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. KATA KUNCI KEKANGAN KEWANGAN = Malaysia Tidak Perlukan “Apache” Atau “Tiger”, Cukup Sekadar MD530G -Menhan .. Menteri Pertahanan mengatakan Malaysia perlu realistik dengan kekangan kewangan sedia ada dan ancaman-ancaman keselamatan dihadapinya pada ketika ini yang tidak memerlukan kehadiran helikopter penyerang seperti Apache atau Tiger.
      ---
      2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
      2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      2022 SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
      2022 SEWA HELI DAN SIMULATOR = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  7. SEWA = “TLDM kini mengendalikan empat daripada enam pesawat (helikopter) untuk operasi peranan maritim bagi menyokong keperluan operasi dan latihan armada.”
    “Dua (buah) lagi diletakkan di bawah Penyimpanan Jangka Panjang (LTS) disebabkan tiada sokongan keperluan lojistik pesawat,” menurut Abdul Rahman di dalam temuramah terbabit.
    Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. KATA KUNCI KEKANGAN KEWANGAN = Malaysia Tidak Perlukan “Apache” Atau “Tiger”, Cukup Sekadar MD530G -Menhan .. Menteri Pertahanan mengatakan Malaysia perlu realistik dengan kekangan kewangan sedia ada dan ancaman-ancaman keselamatan dihadapinya pada ketika ini yang tidak memerlukan kehadiran helikopter penyerang seperti Apache atau Tiger.
      ---
      HELI MD TRAINING = A notable attraction at this year’s Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) exhibition are six new MD530Gs, which were delivered to Malaysia’s army in 2022. The type is appearing on static, and also participated in the show’s opening ceremony.
      The six rotorcraft – delivery of which was delayed for several years – are primarily used for training.....
      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  8. 4 MKM ABLE FLY = As reported by The Star Online, the Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs. Sabu added that his ministry has terminated the company in charge of their maintenance.
    Instead the service’s entire fleet of ten MiG-29 Fuclrums is grounded due to lack of spare parts.
    ---
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    ๐Ÿ˜KACIANNNNNN๐Ÿ˜

    BalasHapus
  9. lo lo lo lo kata rusli grounded kok menyerang lawak

    BalasHapus
  10. maren ada warganyet yg nanya mi-17 manaaa yaaaa mahluknya haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Digrounded kan MD-530 KEPALA BRUDU punya sebelah om pal


      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. ahh katanya baruw...uda grondid ajah haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
      yaaa abis belinya pake dp doank sisanya ngutang ke lender halaman optima/destini kagak bayar alias macet tuch om acno haha!๐Ÿฅด๐Ÿฅด๐Ÿฅด

      Hapus
    3. Kan tuh helu terlihat waktu samping di sebelah... Beberapa minggu kemudian muncul pas latihan itupun cuma 4 biji.

      Ilang lama.. Eh muncul 1 biji jadi pajangan di LIMA... lalu hilang kahi sampai skarang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. blom bayar cicilan ditarik leasingnya im acno haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  11. full team heli serbu
    Bell 412,fennec,Apache,mi17

    Sementara heli puyuh punya malon paling hebat di asean gak pernah latihan
    Ompong ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. GROUNDED OM RANJAU ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚


      CUMA SEKALI LATIHAN, PAS DATANG LATIHAN.. EH HILANG

      Hapus
    2. pilotnya lagi kerokan dan demam karena tidak berpintu .....

      Hapus
  12. Next : si Blackhawk brand new gabung

    Bukan macam malon, sewa bekasan NGUTANG

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  13. penampakan terbaruw tank terbang kita mi-35 hore haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    https://youtube.com/watch?v=zw-FnPANGY0&pp=ygUJTWktMzUgdG5p

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoiihhhh link baruw bukan kyk link emkaem jadule haha!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Hapus
  14. lah ESYU EMKAEM tetangga cuman 4 yg bisa terbang, kasian di boongin para warganyet haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    cekidot komengnya, emkaem tamat semua bentar lagi haha!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    https://www.malaysiandefence.com/singapore-airshow-2024/#google_vignette

    BalasHapus
  15. COUNTING THE DAYS = This quote from a Su-30MKM pilot in Singapore is revealing – “At some point in the future, there may be next to none at all left flying, according to the plane’s pilot, who asked to remain unnamed for security reasons”. To start with the RMAF was never really enamoured with it despite the long range; large carrying capacity; TVCs and other things which on paper is impressive and mesmerises many.
    It never performed as fully expected; is maintenance intensive; was more expensive to fly and has low serviceability compared to the Hornet and has a RCS as large as a barn door. As such any suggestions as to how we can upgrade the Su-30s is delusional; not in line with reality as the RMAF will only spend what is needed to keep it operational and to replace parts/components which need replacing. Nothing more. The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered.
    --
    4 MKM ABLE FLY = As reported by The Star Online, the Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs. Sabu added that his ministry has terminated the company in charge of their maintenance.
    Instead the service’s entire fleet of ten MiG-29 Fuclrums is grounded due to lack of spare parts.
    ๐Ÿ˜MKM COUNTING THE DAYS TO MUSEUM๐Ÿ˜

    BalasHapus
  16. ntar malon yang IRI DENGKI SAKIT HATI PADA INDONESIA akan komentar negative framing :

    > kenapa hanya 2 unit Apache 64E yang dipakai mana yang lainnya ? Grounded ?

    idem juga untuk asset Helikopter TNI AD yang Mi17 dan Mi35 kenapa hanya sedikit ditampilkan pada latihan itu ? Grounded ?

    > Negative Framing Hutang Hutang untuk Beli Helikopter oleh malon

    > Negative framing berita jaman dulu sekitar 3-4 tahun lalu ada helikopter TNI AD yang diGrounded diframing seakan akan berlaku sampai sekarang kondisinya.

    KONKLUSI :
    >>> malon yang IRI DENGKI SAKIT HATI TIDAK AKAN PERNAH BERHENTI MELAKUKAN NEGATIVE FRAMING TERHADAP INDONESIA

    >>> malon TIDAK SUKA MELIHAT MENDENGAR MEMBACA ATAS INDONESIA SEMAKIN MAJU, KUAT, MAKMUR DI BERBAGAI BIDANG .

    BalasHapus
  17. Berita heli jadi ingat BUALAN gempur
    1. Heli telur lebih hebat dari apache
    2. Heli telor sanggup bawa 12 ribu peluru
    3. Heli telor MALON punya 4 stesen
    4. Heli telor bawa 28 roket

    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  18. Nak tengok helinya si gempur latihan tembak senjatanya,,eh tapi tak payah lah,,tak de minyak mereka!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

    BalasHapus
  19. Jumlah heli tni AD saja berlipat2 dari semua heli militer MALON, termasuk yang SEWA

    BalasHapus
  20. O iya jadi ingat balckhawk SEWA apa kabar?

    BalasHapus
  21. Kabar heli SEWA :

    https://www.malaysiandefence.com/black-hawks-in-april-or-may/amp/

    "...Dalam wawancara di radio Mindef (Kementerian Pertahanan), Staf Operasi Direktorat PUTD Letkol 1 Letkol Mat Ishah Ahmad, tiga hari lalu, mengungkapkan perkiraan pengiriman Black Hawk. Dia mengatakan PUTD akan menerima pengiriman empat helikopter Black Hawk UH-60A-plus pada awal April atau Mei.

    Tiga pilot PUTD telah menyelesaikan pelatihan simulator Black Hawk di Turki.

    Mat Ishah mengatakan helikopter tersebut merupakan bagian dari program penyewaan. Ia mengatakan pelatihan simulator untuk pilot dilakukan pada bulan Desember dan Februari tahun ini...."

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  22. Rupanya heli SEWA telah delay guys...
    Lawak, SEWA pon kena delay..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    "....Kini tampaknya PUTD memperkirakan keempat helikopter tersebut akan mulai beroperasi pada bulan April atau Mei.

    Telah dikatakan bahwa rencana awal adalah dua helikopter pertama akan mulai beroperasi pada akhir tahun lalu dan dua lainnya pada pertengahan tahun ini...."

    BalasHapus
  23. Bau - bau heli SEWA akan delay lagi..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ========
    "...untuk dicatat bahwa bahkan petugas operasi PUTD – yang terlibat langsung dalam proyek tersebut – tidak dapat memberikan tanggal pasti pengiriman helikopter tersebut.

    Apakah ini berarti helikopter akan beroperasi pada bulan Mei atau tidak, itu di luar pengetahuan saya..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat heli telor akan dikirim Ogos, eh beberapa kali Ogos juga terlewat ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. SEWA kok telat? ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Penjelasannya cuma 2:
      1. Bayarnya telat, atau
      2. Tendernya main2, pemenang tender belum punya helinya

      MIRIS ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Penjelasan ke-3 :
      .
      .
      3. Takde wang..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  24. Dari 4 buah Apache yang tinggal.... Sekarang bersisa 2 buah... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ...

    SALAM GROUNDED... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg tertinggal makin kerasukan dan cuma ramai bual sepi shopping, kasuhan beruk tolol cuma bikin lawak saja.

      Hapus
  25. fennec KL mana, pasti grondid, nyusul lynx masyuk petines haha!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  26. MKM COUNTING THE DAYS TO DIE = This quote from a Su-30MKM pilot in Singapore is revealing – “At some point in the future, there may be next to none at all left flying, according to the plane’s pilot, who asked to remain unnamed for security reasons”. To start with the RMAF was never really enamoured with it despite the long range; large carrying capacity; TVCs and other things which on paper is impressive and mesmerises many.
    It never performed as fully expected; is maintenance intensive; was more expensive to fly and has low serviceability compared to the Hornet and has a RCS as large as a barn door. As such any suggestions as to how we can upgrade the Su-30s is delusional; not in line with reality as the RMAF will only spend what is needed to keep it operational and to replace parts/components which need replacing. Nothing more. The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered.
    --
    LCS COUNTING THE DAYS TO DIE = The Parliamentary Public Accounts Committee (PAC) report on the littoral combat ship (LCS) revealed that the fifth vessel is estimated to be completed by 2029.
    ๐Ÿ˜LCS MKM COUNTING THE DAYS TO DIE๐Ÿ˜

    BalasHapus