18 Februari 2010

Pusat Kesenjataan Kavaleri Berbenah Diri

18 Februari 2010

Main Battle Tank segera melengkapi arsenal TNI-AD (photo : defencetalk)

Korps Kavaleri yang tengah memperingati ulang tahun ke-60, yang upacaranya di lapangan pussenkav Bandung, Selasa, menyatakan sedang berbenah diri baik dari segi sumber daya manusia maupun pengadaan alat utama sistem persenjataan.

Menurut Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Brigjen TNI Suharsono, hal penting yang akan dilaksanakan kesatuannya dalam waktu dekat adalah membenahi dan mengganti barang-barang yang sudah tua, seperti kendaraan tempur.

"Barang-barang yang sudah tua itu sudah saatnya kita ganti, namun kendala utama adalah masalah anggaran yang masih minim," ujarnya.

Suharsono mengatakan, yang menjadi prioritas utama untuk dibenahi adalah sumber daya manusia dan diiukuti oleh alat utama sistem persenjataan.

"Saya berharap pembenahan sumber daya manusia dan alutsista dapat berjalan beriringan," ujarnya.

Suharsono mengatakan, Pussenkav memiliki beberapa rancana pengembangan, seperti program pengadaan kendaraan tempur panser 6x6 APS-2 yang diproduksi PT Pindad.

"Panser APS-2 tersebut guna pemenuhan kendaraan tempur angkut personel satuan kavaleri TNI AD," ungkapnya.

Selain itu, tambah Suharsono, pussenkav akan mendatangkan 22 unit kendaraan tempur panser 6x6 kanon 90mm Tarantula dari Korea Selatan, dan akan dikirim akhir 2010.

"Untuk pemenuhan kebutuhan alutsista, satuan kavaleri akan dilengkapi tank jenis Main Battle untuk mengganti AMX-13 yang sudah tua," ujarnya.

Dikatakannya, di bidang pembinaan kesenjataan, pussenkav akan membentuk dua yonkav tank di Kabupaten Bulungan Kaltim dan Kabupaten Bengkayang Kalbar pada tahun 2011 dan 2012.

"Di bidang pendidikan, pembinaan pendidikan diarahkan dengan melanjutkan pembenahan 10 komponen pendidikan, penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualitas tenaga pendidik, serta meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan," ujarnya.

Selain itu, Pussenkav tengah melaksanakan program latihan berkuda guna mencetak bibit atlit berkuda yang andal.

"Insya Allah bila tidak ada perubahan, pada tahun ini satuan Denkavkud mendapat kehormatan digunakan sebagai ajang Porda Jabar dan Sea games 2011," ujarnya.

(Antara)

Baca juga :

Pasukan Korps Kavaleri Peringati Hut Ke 60 Th 2010
17 Februari 2010

Bertempat di lapangan upacara Yon Kav 6/Serbu Asam Kumbang telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 60 korps Kavaleri TH 2010 dengan Irup Komandan Korem 022PT Kolonel Kav Wahardono, Rabu (17/2) pagi.

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpusenkav) Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Suharsono Si.p dalam amanatnya yang di bacakan Kolonel Kav Wahardono sebagai Irup mengatakan bahwa dalam HUT ke 60 Korps Kavaleri semakin mampu mewujudkan peran dan fungsinya sebagai salah satu kecabangan pokok TNI AD. Sudah cukup banyak kemajuan yang telah dicapai Korps Kavaleri dalam melaksanakan berbagai tugas sebagai evaluasi dapat di informasikan antara lain dibidang Litbang Pusenkav telah berusaha dan berupaya dalam menumbuhkan ide, inovasi, kreatifitas serta terobosan-terobosan dalam rangka kegiatan pemeliharaan dan perawatan Alutsista serta pengembangan Kavaleri ke depan antara lain terwujudnya prototype simulator terintegrasi Tank scorpion, simulator penembakan menggunakan infrared berupa remote kontrol weapon sistem, serta didukungnya pengadaan bibit kuda dan kuda pejantan yang memiliki kualitas througbreed dalam rangka menjamin keberlangsungan kuda-kuda militer yang diharapkan guna mendukung tugas pokok TNI AD.

Lebih lanjut disampaikan beberapa rencana pengembangan adanya program Retrofiting 65 unit tank AMX 13 kanon 75 mm, pengadaan Ranpur Panser 6x6 APS-2 produksi PT Pindad serta adanya program pengadaan 22 unit Ranpur Panser 6x6 kanon 90mm Tarantula buatan Korea Selatan direncanakan akhir tahun ini dikirim. Dan ke depan guna memenuhi Alutsista pembentukan satuan baru, satuan kavaleri akan dilengkapi Tank jenis Main Battle Tank maupun kelas Medium sebagai alternatif pengganti Tank AMX 13 yang usianya sudah tua.

Hadir dalam acara sesepuh Brigjen TNI (Pur) R. Jamhur. B, Brigjen TNI (Pur) Adi Untara, Kolonel Kav (Pur) Sukarno, Letkol Inf Hendrawan, Waasintel Kasdam I/BB, para Perwira, Bintara dan Tamtama Korps Kavaleri serta ibu-ibu persit.

(IniMedanBung)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar