16 Februari 2010

TNI-AD Bentuk Tiga Batalyon Infanteri Mekanis

16 Februari 2010

Panser Anoa milik Infantri Mekanis Kodam Jaya (photo : Kodam Jaya)

Jakarta (ANTARA News) - TNI Angkatan Darat membentuk tiga Batalyon Infanteri Mekanis di tiga komando daerah militer (kodam) untuk menghadapi ancaman sesuai perkembangan lingkungan strategis global yang makin dinamis dan beragam."

Selain disesuaikan dengan analisa ancaman dan perkembangan lingkungan strategis, pembentukan tiga batalyon infanteri mekanis di tingkat kewilayahan, juga disesuaikan dengan tuntutan kekuatan pokok minimum TNI-AD," kata Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta di Jakarta, Selasa.

Berbicara pada peresmian Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha, George Toisutta mengatakan, pembentukan tiga batalyon infanteri mekanis itu merupakan bagian dari penataan organisasi Angkatan Darat menghadapi tuntutan dan kebutuhan organisasi, agar lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaan tugasnya.
"Selain itu, mampu menjalankan fungsi pembinaan satuan bagi upaya pencapaian tugas Angkatan Darat secara optimal," katanya menambahkan.

Kasad menegaskan, perubahan organisasi Yonif itu telah melalui kajian secara seksama dan cermat selama dua tahun belakangan, diikuti dengan kegiatan uji teori berjenjang terhadap hasil penyusunan orgas Yonif Mekanis Kodam.

"Digelarnya Yonif dengan format organisasi Yonif Mekanis merupakan jawaban atas perkembangan global bidang militer yang berpengaruh terhadap strategi perang dan strategi militer di masa yang akan datang", tutur George. Sehingga, lanjut dia, setiap Kodam akan dilengkapi dengan satu Brigif dan perkuatannya.

Kasad menjelaskan, Satuan Brigif Kodam itu dikembangkan sesuai kondisi geografi daerah yang menjadi daerah operasi satuan-satuan tersebut, sehingga Yonif Kodam yang ada secara bertahap dilengkapi dengan Yonif Mekanis, khususnya satuan-satuan yang berlokasi di daerah perkotaan, guna menyesuaikan perkembangan strategi perang secara global.

Selain di Kodam Jaya, akan dibentuk batalyon serupa di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam VI/ Tanjungpura.

Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha, sebagai salah satu jajaran Brigif 1 Pengamanan Ibukota/Jaya Sakti dilengkapi personel yang profesional dan berklasifikasi sesuai bidangnya, dan materiil atau alat peralatan yang lebih, seperti kendaraan tempur panser Komando, panser Angkut Personel Sedang (APS) dan ambulans.

"Dengan demikian, Yonif Mekanis ini diharapkan memiliki kualitas yang lebih baik daripada Yonif sebelumnya," ujar George. (R018/A038)

(Antara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar