07 Juni 2011

F-5 Tiger TNI AU Digantikan F-16

07 Juni 2011

Skadron F-5 Tiger TNI AU (photo : Indoflyer-Eddy FP)

Bandung, CyberNews. Satu skuadron pesawat tempur F-5 Tiger yang dimiliki TNI AU bakal segera digantikan jenis pesawat tempur dengan kemampuan yang lebih baik yakni F-16 dari Amerika Serikat.

Demikian Panglima Komando Operasi TNI AU I, Marsekal Muda TNI Dede Rusamsi usai sertijab Danlanud Husein Sastranegara dari Kol Pnb Asep Adang Supriyadi kepada Kol Pnb Umar Sugeng Hariyono di Bandung, Selasa (7/6). "Saat ini proses penggantian F-5 oleh F-16 tengah dilakukan. Negoisasi sedang berjalan, dan timnya baru pulang dari AS," ujarnya.

Selama ini, kekuatan F-5 Tiger AU yang merupakan pesawat tempur buatan tahun 1978 ditempatkan di Skuadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun. "Rencananya satu skuadron F-16 yang menggantikannya, nanti Mabes TNI AU yang menerangkan," katanya.

Selama proses pembaruan alutsista itu berlangsung, imbuh perwira tinggi bintang dua itu, Koops TNI AU I tetap mengoperasikan F-5 yang ada untuk keperluan operasi patroli udara. "Kondisinya masih berjalan normal."

Meski sudah pasti, pihaknya belum bisa memastikan proses penggantian itu bisa dilakukan pada 2011. Dia menyatakan pengadaan alutsista tersebut selalu mempertimbangkan sejumlah faktor.

Dalam kaitan itu, TNI telah memutuskan menerima tawaran hibah dua skuadron F-16 dari AS. Sebelumnya, program pengadaan F-16 baru akan dilakukan pada 2014 sebanyak enam pesawat.

3 komentar:

  1. ini nusantara kita satu darah
    satu nusa bangsa bahasa dan satu arah
    takkan kulupakan selama lamanya
    bangsaku, INDONESIA NAMANYA!

    merah putih berkibar begitu gagah
    cerminan akan bangsa yang perkasa
    kuhormati dengan penuh rasa bangga
    indonesiaku bersatu sepanjang masa

    apapun mereka bilang tekadku takkan hilang
    jalanku masih panjang garis akhir kupandang
    jangan lupa kita macan asia
    pancasila kita yang menjadi rahasia

    untuk bisa bersatu dalam satu semangat
    untuk membela tanah air semua berangkat
    tak lupakan keringat dan darah yang tertumpah
    dari para pahlawan negriku aku bersumpah

    memegang erat bendera merah putihku
    singsingkan lengan baju jauh lebihi siku
    untuk bang-sa-ku, aku berkarya
    sumber a-lam-ku begitu kaya

    kami tidak takut, garuda di dadaku
    semangat empat puluh lima, ada padaku
    aku tergugah untuk berani rasanya
    bangsaku, INDONESIA NAMANYA!

    BalasHapus
  2. Kalau F-5 sudah ada penggantinya,preteli radarnya,modif, pasang & sebarkan dititik2 NKRI yang belum tercover radar.khususnya pulau terluar.kalau perlu dipulau terluar dibuatkan "LANTAGAB"bukan sekedar LANTAMAL.LANTAGAB memiliki kemampuan identifikasi dan upaya penangkisan awal terhadap ancaman dari laut dan udara.Personilnya bisa dari TNI AU-AL,AU-AD(setingkat koramil) atau AL-AD

    BalasHapus