22 Juli 2011

TNI Dapat Dana Tambahan Beli Arsenal

22 Juli 2011

Panser Anoa 6x6 (photo : Kaskus Militer)

Magelang (ANTARA News) - Tentara Nasional Indonesia akan mendapatkan tambahan dana melalui anggaran perubahan 2011 sebesar Rp2,4 triliun dan sekitar Rp1,3 triliun di antaranya digunakan untuk pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono di Magelang, Jumat, mengatakan, "Dana sekitar Rp1,3 triliun tersebut akan digunakan untuk pembelian persenjataan buatan dalam negeri seperti dari PT Pindad, PT Koja Bahari , dan PT PAL."

"Informasi terakhir yang kami dengar, akan dapat tambahan untuk 2011 sebanyak Rp11 triliun, namun karena keuangan negara belum memungkinkan, kelihatannya hanya akan turun Rp2,4 triliun," katanya.

Ia mengatakan hal tersebut usai upacara Prasetya Perwira Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2011 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang.

Salah satu kendaraan tempur buatan PT Pindad, yaituarmoured carrier personnel tipe Anoa, menjadi unggulan yang diminati angkatan bersenjata negara lain. Angkatan Darat Malaysia pernah menyatakan kecenderungannya pada Anoa yang seluruh karoserinya terbungkus baja setebal 10 milimeter dan sistem pertahanan pasif dan aktif itu.

Jumlah perwira yang dilantik pada kesempatan tersebut sebanyak 210 orang, terdiri atas Angkatan Darat 110, Angkatan Laut 43, dan Angkatan Udara 55 orang. Dari jumlah tersebut, 39 di antaranya merupakan perwira perempuan.

Suhartono mengatakan, perwira yang baru saja dilantik merupakan prajurit karier lulusan sarjana dan D3. Prajurit karier untuk mengisi jabatan khusus, seperti bidang hukum, dokter dan lainnya.

Ia mengatakan, mulai tahun 2011 lulusan Akmil, AAU dan AAL diberi gelar kesarjanaan yakni sarjana Sains Terapanan Pertahanan. Para lulusan setara dengan D4 atau S1.

"Hal ini sudah dirancang sejak awal dan nantinya mereka bisa menempun S2 di universitas pertahanan, dengan demikian kesinambungan ilmu pertahanan akan terus berlangsung dan TNI memiliki ahli-ahli bidang pertahanan," katanya.

Pemberian gelar sarjana memang baru diterapkan tahun 2011, katanya, setelah TNI bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan khususnya Dirjen Perguruan Tinggi. Setelah di teliti, ternyata lulusan Akmil, AAU, dan AAL , bisa menjadi sarjana sains terapan karena secara keilmuan, mereka memiliki syarat untuk meraih gelar. Gelar kepangkatan mereka tetap mendapatkan letnan dua. (ANT)

1 komentar: