23 Agustus 2011

25-27 Persen Anggaran Pertahanan untuk Modernisasi Alutsista

23 Agustus 2011

Tank amfibi AMX-10P PAC90 Marinir TNI AL (photo : Kaskus Militer)

Menhan akan Modernisasi Alutsista

Jurnas.com PENINGKATAN alokasi dana APBN Departemen Pertahanan menjadi Rp64,4 trilyun dari sebelumnya sebesar Rp45,2 trilyun akan dialokasikan untuk modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista). "Akan digunakan untuk belanja pegawai. Belanja modal akan meningkat, ini kesempatan baik untuk memodernisasi alat persenjataan kita,"kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kementerian Pertahanan di Jakarta, Senin (22/8).

Menhan mengharapkan untuk selalu ada peningkatan anggaran tiap tahunnya. "Jika bisa terus dilakukan peningkatan, saya kira reformasi jilid II, khususnya alutsista bisa dilakukan,"ujarnya.

Dia menjelaskan, reformasi jilid I pada 1998 difokuskan pada restrukturisasi organisasi, dan profesionalisme prajurit, sedangkan reformasi alutsista terlupakan, sehingga perlu dilakukan upaya untuk itu. "Hampir 14 tahun dari mulai jaman reformasi, Alutsista kita ketinggalan, sehingga perlu ada modernisasi. Peningkatan angaran ini akan kita gunakan untuk alutsista,"jelas Menhan.

Ditambahkan Menhan, alokasi dana APBN 2012 ini akan dibagi-bagi penggunaannya. "25-27 persen untuk modernisasi alutsista, belanja pegawai 47-50 persen, dan untuk pemeliharaan 25 persen,"jelasnya.

1 komentar:

  1. AKAN LEBIH AFDOL TRILIUNAN RUPIAH DIGUNAKAN BELI SENJATA BUATAN DALAM NEGERI MISAL BELI TANK AMFIBI AMA APC AMFIBI GITU LO....... SELANJUTNYA ALUTSISTA DNGN NEGARA LAIN DIUPAYAKAN DNGAN KERJASAMA PRODUKSI DAN PEMASARAN.

    BalasHapus