11 April 2017

Yonkav 8 Kostrad Terima Leopard 2 MBT

11 April 2017


Leopard 2RI MBT dan AVLB (all photos : Kostrad) 

Kekuatan Bertambah, Yonkav 8 Kostrad Terima Alutsista Baru

Pendiv2 – Batalyon Kavaleri 8 Kostrad merupakan salah satu Satuan Bantuan Tempur dibawah komando Divisi Infanteri 2 Kostrad yang bermarkas di Beji, Pasuruan. Mereka telah diberikan suatu kepercayaan besar oleh komando atas dengan didatangkannya Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) baru, Minggu (9/4).

Alutsista yang baru tiba pada pukul 19.30 di asrama Yonkav 8 Kostrad tersebut berupa 10 unit kendaraan tempur (Ranpur), yang terdiri dari 9 Tank MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 Revolution atau yang biasa disebut dengan Leopard RI (Republic of Indonesia) dan 1 unit Tank AVLB (Armoured Vehicle Launched Bridge).

Dilihat dari segi teknologi, Tank Leopard yang baru saja didatangkan ini lebih canggih dengan leopard yang sudah ada di Satuan Yonkav 8 Kostrad. Walaupun kebutuhannya masih belum tercukupi, namun spesifikasinya sudah sesuai dengan ketentuan standar yang dikehendaki Satuan dan rencananya masih ada sekali lagi pengiriman dari Jerman yang diproyeksikan ke Yonkav 8 Kostrad ini.



Kedatangan Alutsista yang dikirim dari Yonkav 1 Kostrad, Cijantung tersebut diterima langsung oleh Komandan Batalyon, Mayor Kav Hermawan Weharima, S.H. “Kita boleh berbangga hati karena kekuatan tempur Satuan akan meningkat. Namun dengan datangnya Alutsista ini berarti tugas dan tanggung jawab kita juga semakin bertambah, seluruh prajurit dituntut lebih profesional”, tegasnya.

Kedepan, Yonkav 8 Kostrad akan menyusun personel yang nantinya akan mengawaki Ranpur yang baru diterima ini untuk kepentingan penggunaan dan pemeliharaan. “Dengan adanya Alutsista yang semakin modern, maka kita harus memaksimalkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh Alutsista tersebut untuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional”, ungkap Hermawan.

Hermawan  juga menambakan, “Profesionalisme prajurit kavaleri adalah bagaimana ia dapat menggunakan secara optimal kemampuan yang dimiliki oleh Alutsistanya dengan permasalahan taktik dan teknik bertempur. Diharapkan Kemampuan MBT Leopard ini dapat bersinergi dengan kemampuan kecabangan lain yang juga mengalami modernisasi”, harapnya.

(Div 2 Kostrad)

38 komentar:

  1. MBT Leopard bakal bermain2 di lumpur di sempadan kalimantan Wkwkwk

    BalasHapus
  2. tahun kemarin mbt leopard 2RI waktu latihan di natuna maen di lumpur mantap dengan gagahnya menyebrangi lumpur tanpa takut ambless yang sebelum-sebelumnya di katakan kaum amblessiah xixixi tidak terbukti , makay tni AD mau nambah lagi mbty sayang bukan T90 yang jadi pilihan y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Lah kaum itu kan ngomong tanpa landasan ilmiah. Kenyataannya ground pressure track Leo 2 (11.8 psi) itu lebih ringan dari ground pressure kuda (25 psi) atau kalau manusia pakai high heels (471 psi). Bahkan Abrams (15 psi) pun masih lebih ringan!

      Hapus
    3. Jadi menurut kamu semakin rendah tekanan MBT akan semakin baik ?

      Hapus
    4. Semakin rendah semakin ga gampang ambles seperti yang diklaim kaum itu. Gitu aja ga ngerti?

      Hapus
    5. ngeles lagi saya tanya pendapat kamu ,malah lempar ke orang lain .haa.,.haa.

      Hapus
    6. Lah itu pendapat saya udah ditulis. "Semakin rendah semakin ga gampang ambles seperti yang diklaim kaum itu." Ga bisa baca? Apa buta?

      Hapus
    7. Yang anda tulis itu adalah ground pressure per/cm2 menurut sumber anda . Betulkan ?
      saya tak nemu pendapat anda sendiri ,bukan pendapat kaum amblesiyah .makanya saya tanya .
      Ya sudahlah kalau tak berani jawab saya juga tak memaksa.

      Hapus
    8. Saya selalu membentuk pendapat berdasarkan landasan ilmiah. Pendapat saya selalu ga beda jauh dari ilmu pengetahuan dan akal sehat. Kalau menurut anda itu bukan "pendapat saya" karena berdasarkan pada hal ilmiah yang bukan saya uji sendiri di lab, well you're either dumb, insane, or both.

      Ga semacam anda yang asal bikin pendapat sendiri tapi sering ngaco.

      Hapus
    9. Anda tulis ground pressure /cm2 ,itu adalah data .yang saya tanya pendapat anda tentang data itu dikaitkan dengan performa MBT di Indonesia .
      Ini Forum diskusi jadi tempat mengemukakan pendapat . Saya juga bisa comot sana sini tapi ,itu hanya data yang digunakan mendukung pendapat . Kalau kamu tak berani mengemukakan pendapat maka sebaiknya jangan menghina orang lain ,jangan nyebut kaum lain . hanya dengan memcomot data dari orang lain anda sudah merasa benar dan memandang rendah ilmuwan sekelas habibie yang menolak pembelian Leopard.Bahkan bahasa yang di gunakan Eyang lebih keras lagi dengan menyebut " pakai dong otaknya ".

      Hapus
    10. Saya udah bilang pendapat saya apa kan? Klaim bahwa Leo bakal ambles di Indonesia itu BULLSHIT. Data ilmiah setuju dengan pendapat saya, fakta lapangan juga.

      Orang yang buat klaim itu SALAH. Karena kenyataanya Leo ga ambles di latihan-latihan, jalanan ga ada yang rusak karena Leo, bisa parade di atas dock di Koarmatim Surabaya kemarin, dst. Habibie terbukti salah dan dia sekarang diam untuk urusan itu karena dia PINTAR dan BELAJAR DARI KESALAHAN.

      Orang yang masih bacot setelah terbukti salah itu BEGO. Sama kaya anda yang ga bisa baca dan masih bacot. Pendapat saya udah saya tulis dari awal. Udah saya ulang kedua kali dan sekarang ketiga. PAKAI DONG OTAKNYA DASAR IDIOT.

      Hapus
    11. " Anda tulis ground pressure /cm2 ,itu adalah data .yang saya tanya pendapat anda tentang data itu dikaitkan dengan performa MBT di Indonesia . "
      Terus kalau tidak amblas baik gitu ?
      Jawab saja ya atau tidak tak perlu dihubungkan dengan kaum amblesiyah .

      Hapus
    12. Lanjut ,Karena alam indonesia banyak rawa maka seharusnya tekanan percm2 harus lebih tinggi agar bisa tetap bergerak di rawa-rawa. Saya suka offroader ,bila kendaraan saya stuck di rawa ,saya malah minta teman teman untuk duduk di akas kendaraan agar bisa cepat keluar dari lumpur . Kalau tidak roda akan terus berputar dan tak kemana-mana.
      Dahulu mau di tempatkan di Kalimantan ,memang disana tempatnya yang cocok agar tercipta keseimbangan dengan jiran . Tapi karena kalkimantan penuh dengan rawa dan tanah gambut sampai sekarang si LEO masih disimpan di jawa. Nunggu yang katanya mau bangun jalan di perbatasan kaliamntan ,sampai sekarang belum jadi .
      Tak ada hubungannya dengan kaum amblesiyah .Justru disana kelemahan si LEO dia bisa gali lobang kuburnya sendiri jika dibawa ke kalimAntan .Kamu tahu lahan gambut itu Rawa kalau terkena air kendaraan bisa tenggelam kedalaman bisa lebih dari 5 meter . Saya punya lahan sawit kalau si LEO masuk ke kondisi demikian maka akan kelelep.

      Hapus
    13. 1. Ya.
      2. Offroader =/= tracked. Seringan-ringannya offroader semua berat kendaraan bertumpu di 4 roda yang permukaannya ga luas. Makanya ground pressure tetap gede dan makanya juga banyak yang bannya dikempesin sedikit supaya permukaan ban makin luas. Itu juga offroader kadang masih harus ditarik pakai winchnya.

      Itu juga alasan kenapa tank pakai track dan bukan roda. Basic science.

      2. Kau bahas kalimantan. Nyatanya di Natuna dipakai latihan di lumpur no problem. Kalau emang seburuk yang anda omong itu tank bakal ambles di lumpur. Nyatanya ngga.

      Dikira Pt-91M Malaysia dipangkalin di Borneo tanpa pakai jalan dan di rawa-rawa? Mereka pun pakai Twardy di atas TANAH atau maksimal LUMPUR. Bukan RAWA karena mereka masih ounya common sense. Semua orang yang punya basic common sense juga tau rawa-rawa itu ga mungkin dilewatin tanpa infrastruktur dasar makanya lagi dibangun jalan.

      Ada alasannya kenapa rawa-rawa itu biasanya dipatroli pakai hovercraft atau kapal. Contoh: Everglades di Florida.

      Hanya orang dungu yang memaksa kendaraan apapun lewat rawa-rawa tanpa infrastruktur dasar seperti minimal jalan dari tanah.

      Hapus
    14. setahu saya natuna bukan kalimantan tapi masuk riau kepri .Alamnya jelas beda .
      jadi maksud kamu tak apalah si Leo hanya bisa dijalan raya saja .bikin jalan di kalimantan maka leo sudah maksimal?
      Emang perang hanya di jalannan saja ,nggak boleh masuk hutan ?
      Makanya LEO nggak cocok di kalimantan . Hanya di jawa saja. Memaksakan LEO di Indonesia jelas tidak tepat . Jadi alasan habibie menolak antara lain karena itu ,dia menyebut MBT cocoknya di padang pasir . Habibie tidak bilang amblesiyah seperti yang didengungkan para penentang Leo .Jadi pandangan anda tentang pendapat Habibie jelas salah .Dalam hal ini terbukti pendapat Habibie benar.
      http://www.indonesiamedia.com/beli-tank-leopard-bj-habibie-bilang-pakai-dong-otaknya/

      Hapus
    15. kalau tak pernah ke lahan gambut akan susuh di mengerti.Pandangan mata kita itu tanah padahal api bisa hidup dibawah sampai kedalaman 5 meter ,hanya ada asap . Kalau lagi musim hujan sepertinya genangan biasa karena tanaman tetap tumbuh diatasnya padahal kalau dimasuki kendaraan yang berat akan stuck ,bila dipaksa dengan menggunakan tenaga sendiri maka seperti menggali lobong kubur sendiri.

      Hapus
    16. tank stuck in mud .
      https://www.youtube.com/watch?v=wr6v8BC-2sw

      Hapus
    17. Natuna itu hanya contoh bahwa di atas lumpur masih bisa. Siapa bilang hanya di jalan raya? Jalan tanah biasa/lumpur juga masih bisa kok jadi masuk hutan juga masih bisa, asalkan bukan dipaksa masuk RAWA. Jadi di Kalimantan juga ga masalah asal dioperasikan di atas tanah/lumpur/hutan dan bukan RAWA. Malaysia juga mengoperasikan PT-91M dengan cara yang kurang lebih sama di Kalimantan.

      MBT hanya cocok di padang pasir itu aneh. MBT bisa di hampir semua medan kecuali RAWA karena RAWA memang domainnya perahu atau hovercraft. Apakah SELURUH perbatasan Kalimantan RAWA? Ngga kan?

      Itu Habibie ngomong tahun berapa? 2014. Itu pas lagi heboh-hebohnya kaum amblesiah. Sekarang tahun berapa? 2017. Setelah latihan di lumpur Natuna lancar apa Habibie masih ngomong yang sama? Ngga. Apa kaum amblesiah masih bawel? Ngga. Kenapa anda masih pakai omongan tahun 2014 yang udah ketinggalan zaman buat bukti? Kalau emang dia benar kenapa dia berhenti klaim begitu sekarang?

      Udah lah ga usah cari alasan terus. Nyatanya kaum amblesiah dan Habibie sekarang udah diam karena terbukti mereka salah. Kenapa anda aja yang masih bawel?

      Hapus
    18. Lagipula kalau emang Leo ga kepake di Indonesia ga mungkin TNI mau nambah sekarang. Yang lebih paham kondisi lapangan TNI apa anda dan Habibie?

      Hapus
    19. Natuna itu kepulauan . Bukan lahan luas seperti kalimantan . Itu yang saya bilang ,pengemudi tank nggak bisa nebak ini tanah keras atau rawa gambut . Kalau mau berkeras juga pasang sonar di depan tank baru bisa tahu kedalaman gambut .
      yah TNI sekarang tahu sendiri tidak fokus pada pertahanan .Pengadaan tank hanya demi keseimbangan dengan tetangga . Cuma itu alasan utama yang masuk akal mengenai efektif tidak terlalu penting . Kata menhan mau perang dengan siapa?.

      Hapus
    20. Itu driver punya mata. Kalau ga yakin SOPnya biasa MBT crew pasti keluar dulu cek

      kira-kira bisa lewat apa ngga. Lagipula udah seperti yang saya bilang palingan MBT baik punya Indonesia atau Malaysia di Kalimantan ga bakal operasi jauh-jauh dari jalan tanah/lumpur/hutan dan area rawa pasti dihindarin jauh-jauh. Mereka masih punya common sense dan tahu medan mana yang bisa dilewatin dan mana yang ga bisa. Kalau Malaysia bisa taruh MBT di sana dan no problem dan TNI juga ngerasa no problem, kenapa ente yang bawel terus bilang ga bisa?

      Lah emang alasannya buat mengcounter PT-91M Malaysia di Kalimantan. Dikira buat apa lagi? Buat pajangan? Lagipula emang salah Menhan ngomong gitu? Emang ente mau perang sama siapa? Ini jaman damai, jangan mentang-mentang ngerasa fanboy militer seolah harus militer sekuat kaya kalau perang beneran. Faktanya militer sekarang rata-rata lebih kepake buat deterrence dan humanitarian operations.

      Tapi terserah ente lah. Buat ente selama ga cocok sama maunya ente pasti bego/salah kan? Peduli setan mau TNI dan TDM ngerasa bahwa MBT di Kalimantan itu ga masalah. Iya kan?

      Hapus
    21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    22. buktinya sampai sekarang hanya ditarok di jawa ,apa itu efektif ?
      Udah berkali kali dibilang tak bisa di nilai dengan pandangan mata .MASIH NGEYEL . Makanya sesekali coba datang ke lahan gambut sumatra atau kalimantan baru tahu anda gambut itu gimana.TitIK .

      Hapus
    23. Udah dibilang itu cuma nunggu pembangunan jalan di perbatasan beres masih ngeyel. Udah dibilang juga daerah rawa pasti dihindarin karena KENDARAAN APAPUN pasti ambles di rawa gambut. Udah dibilang juga Malaysia juga mengoperasikan PT-91M di sana caranya beti-beti. MASIH NGEYEL.

      Dikira lu doang yang udah pernah lihat lahan gambut? Orang semi punya otak juga tau bahwa nyetir lewat lahan gambut itu mengundang celaka. Batu.

      Hapus
  3. MBT terbaik yg dimiliki Indonesia hingga saat ini, kalau ditambah setuju saja walau ga mungkin krn Jokowi dulu sempat menolak pembelian Leopard waktu kampanye.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga kampanye,lihat bukti mbt leopard 2RI waktu latihan di natuna mengarungi lumpur dengan gagahnya tanpa ada masalah, meskipun pernah di kaskus militer aday berita bahwa mbt leo RI ambless di natuna tapi ternyata itu hanya simulasi jika leo ambless di lumpur apa yg harus di lakukan dan waktu yg cepat untuk mengevakuasi mbt tersebut

      Hapus
    2. Sebetulnya masalah bisnis, jokowi ngomong gt krn pembisiknya berharap tank bulat ukraina yg diakusisi.

      Hapus
    3. MBT terbaik yg di miliki ea iya lah...
      Lawong pertama kali punya MBT

      Hapus
    4. @doni sugara ,yang betul itu Habibie ,MBT tak cocok di kepulauan seperti Indonesia .Susah dimobilisi keseluruh wilayah karena nyatanya sebagain besar wilayah kita laut .Atau tiap pulau ada stand by MBT ,mau berapa banyak dibeli ?
      Sebagain besar pulau kalimantan ,sumatra adalah tanah gambut.Fungsi utama tank adalah untuk invasi menduduki wilayah lawan dengan cepat . Di jawa mau perang dengan siapa ? ,satu satunya yang pas adalah kalimantan .Disana sebagian besar gambut yang tahu sendiri kondisinya bukan tanah keras .
      Lebih kurang akan terjadi seperti video dibawah .
      https://www.youtube.com/watch?v=y65bsLjFo7g

      https://www.youtube.com/watch?v=u0WseTAaGJU
      atau seperti jagoan kamu si leo
      https://www.youtube.com/watch?v=0QNUZhOdDLs

      Rusia adalah pengguna terbesar tank saat ini karena dipersiapkan untuk invasi ke eropa sampai timur tengah . Mereka punya paling banyak tank karena cocok untuk menaklukan daratan luas eropa .Kita malah pulau pulau tapi berkeras mau menggunakan MBT hanya mengejar list dibanding jiran . Lebih baik senjata anti tank perorangan diperbanyak tak usah ikut genderang lawan kita cukup siapkan antinya . Kecuali negara ini mau invasi militer .Apa kita negara agresor ?
      Senjata anti tank jauh lebih murah dari pada beli tank nya sendiri .Kalau hanya untuk bertahan lebih pas MANPATS teserah mau missile , RPG .Dan kit asudah puny astok banyak untuk itu .

      Hapus
    5. ^^ oh gitu ya bro ya, berarti Menhan Jepang bego juga ya bro ya, hehe, mereka kan juga berpulau pulau tapi mengoperasikan MBT juga ya bro ya, kayanya harus ente jelasin keMenhan mereka tuh bro,kalau punya MBT dinegara kepulauan itu tak guna, muehehehe , eh ngomonng2 terangin dong bro fungsi utama mbt serta cara mobilisasinya, gagal paham nih bro, muehehehe jarang2 nih ketemu pakar muehehehe

      Hapus
    6. @Yusuf S,nih satu lagi bego nggak ketulungan. Jepang,belanda,inggris punay tank .Tapi bukan untuk bertahan di negara sendiri .Mereka akan ikut kampanye militer bila ada perang antara Barat vs CHINA atau Rusia. TAnk mereka siap dikirim kedaratan luas eropa atau China,korea. Makanya tong koment juga pake otak jangan pake pantat .

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. muehehe, iyalah ane kan emang gak seJenius ente Prof.,makanya ane nanya nih kepada Prof., muehehehe , jawabannya cukup memuakkan Prof. #eh memuaskan maksudnya ,muehehehe, eh emangnya sejak kapan Prof. jepun punya tank cuma buat dideploy keEropa + buat KAMPANYE(muehehehe)?, mereka kan ngembangin Type 10 nih ya, cuma buat dideploy keEropa jg kah Prof.? ,kalo buat Urban warfare efektif gak ya kalo menurut ente Prof.? eh iya pertanyaanku FUNGSI utama mbt + cara Mobilisasinya kok belum dijawab Prof.? ,kelupaan Taiwan kan juga punya buaanyaakk banget Patton tuh, kira2 doktrin mereka apa ya Prof., padahal mereka kan gak punya perbatasan darat secara langsung dengan negara lain? udah itu dulu aja pertanyaannya Prof., hehe, maaf kebanyakan, tak mencret kan Prof. muehehehe

      Hapus
    9. Tong , saya hanya jawab satu saja selebihnya itu adalah PR buat anda .

      Kagetnya saya bilang ada istilah KAMPANYE dalam militer ?
      Kamu hanya tahu kampanye dalam pemilu ,ha..haa. padahal istilah itu diambil dari operasi militer ....Makanya banyak baca ,jangan hanya tahu apa yang terjadi hari ini .Ingat yang terjadi hari ini adalah hasil dari evolusi terus menerus sesuai dengan perjalanan waktu .
      Kalau kamu bisa mengunakan otakmu yang kecil itu sebenarnya dengan keterangan saya yang sedikit diatas sudah terjawab ,tinggal di kembangin . Tapi ya saya maklum kamu butuh waktu lebih dari orang kebanyakan ,jadi santai saya .enjoy your time .

      KAMPANYE MILITER adalah istilah yang digunakan untuk rencana strategi militer yang penting, berdurasi panjang dan dalam skala yang besar. Istilah ini berasal dari kata Campania yang merupakan tempat operasi perang tahunan oleh tentara Republik Romawi.
      .https://id.wikipedia.org/wiki/Kampanye_militer

      sekali lagi enjoy your time.

      Hapus
    10. i always enjoy Prof. Muehehehe,dari bahas Tank larinya kePANTAT yang terakhir KAMPANYE MILITER,muehehehe, saya nanya jalan keJAKARTA eh yang ditunjukin jalan kePONTIANAK kan jadi nyasar ya Prof. ya,muehehehe, yg sabar ya Prof. ya saya ini memang masih butuh banyak belajar,hehe kan udah saya bilang saya itu gak seGENIUS anda lah Prof., jadi pelan2 aja ngejelasinnya Prof.,hehe, kalo rada pusing keapotek dulu Prof. beli DIATABS,atau kalo pusing berlanjut bisa cukup minum Brodex campur Metanol Prof. dijamin caspleng, muehehehe

      Hapus
  4. yauda sapa yg mau jadi relawan dilindes teng leopard coba, guwe nyumbang cepek ceng dech haha!

    BalasHapus
  5. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus