31 Agustus 2019

Komisi I Dorong Kopassus Miliki Helikopter dan Drone Tempur Sendiri

31 Agustus 2019


DPR mendorong Kopassus untuk mengajukan alutsista (photo : Airbus)

Komisi I Dorong Kopassus Tingkatkan Peralatan Alutsita

Wakil Komisi I DPR RI Asril Hamzah Tanjung mengatakan, sebagai prajurit khusus yang berstandar internasional, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) harus dilengkapi dengan peralatan alutsista tempur yang modern. Ia menyarankan Grup 1 Kopassus Kota Serang, Provinsi Banten, mempunyai helikopter, sehingga dapat menjangkau ibu kota lebih cepat jika terjadi kerusuhan atau kekacauan yang memerlukan tindakan cepat.

“Selama ini (Kopassus) hanya mengandalkan kendaraan darat yang jarak tempuhnya cukup lama. Untuk itu, Komisi I DPR RI mendorong Kopassus untuk mengajukan fasilitas alutsista yang dimaksud. Tidak hanya itu, Kopassus juga harus mempunyai drone tempur guna mempermudah tindakan operasi,” kata Asril saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI ke Markas Grup 1 Kopassus, Serang, Banten, Kamis (29/8/2019).

Di sisi lain, politisi Partai Gerindra itu juga mendukung peningkatan kesejahteraan prajurit. Menurutnya, kesejahteraan adalah poin penting dalam pengumpulan prajurit yang profesional. “Kalau SDM (Sumber Daya Manusia) bagus, tapi tidak sejahtera, kan percuma. Insya Allah, sebagai Anggota Komisi I DPR, saya akan terus mendorong ke arah (kesejahteraan) itu, baik dari sisi regulasi maupun dari dukungan anggaranya,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa  mengatakan, institusinya mendapatkan jatah alutsista setiap tahun. Ia mengatakan, kemampuan Kopassus tidak akan maksimal jika hanya berharap pada kualitas prajurit. “Saya berharap ada perbaruan alutsista setiap tahun, tidak hanya sumber daya manusianya bagus, tapi juga didukung alutsista," katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, alat angkut dan senjata merupakan dua alutsista yang saat ini dibutuhkan. Ia menambahkan, pembelian alutsista itu perlu persetujuan Komisi I DPR RI. “Sudah ada perencanaan yang kami ajukan ke kementerian dan itu akan dibawa ke DPR. Nanti DPR yang akan mengesahkan. Saya berharap dengan kedatangan Komisi I DPR ke Markas Grup 1 Kopassus ini dapat memperjuangkan hal tersebut,” harapnya.

(DPR)

13 komentar:

  1. Hebat...perwira kopassus sdh melobi komis I DPR.
    Pastinya bakal terealisasi. Berarti sebentar lg heli BlackHawk akan datang....hikhikhik
    Tp AS kan gak suka kopassus berarti yg bakal di beli heli Caracal.....xicixicixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Militer mereka butuh bener sma kopassus utk kerja sama sementara politisi2 dri kalangan demokrat dan kiri pasti masih mabok

      Hapus
  2. Seandainya semua anggota DPR mirip bapak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti anak kembar donk, satu emak satu bapak klo mirip dia

      Hapus
  3. Sebenarnya bukan kopassus aja yg butuh..sekalian koopsus tiga matra sekaligus punya kendaraan khusus untuk pasukan khusus...seperti Night stalker US..jadi dibentuk skadron penerbangan khusus untuk pasukan khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru setuju...semoga setelah terbentuknya koopsus terbentuklah skuadron penerbangan khusus terkhusus pasukan khusus trimatra

      Hapus
  4. Untuk Pasukan GGK askar beruk beesarong cocoknya heli apa ya teman teman???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Askar berok cukup gerobak dorong aja

      😁😁😁

      Hapus
    2. @matt pellor:si nuri disana ibarat peti mati terbang untuk pasukan GGK,

      Hapus
  5. Paling cocok untuk kopassus ya battlehawk

    BalasHapus