05 Desember 2025

Fregat Merah Putih Indonesia Terlihat Sedang Dipasangi Radar Baru oleh Aselsan

05 Desember 2025

Radar Aselsan CENK 350-N di atas fregat kelas Merah Putih (photo: Keris)

Sebuah foto dari ship spotter yang beredar di media sosial menunjukkan radar AESA CENK 350-N fixed-face baru dari ASELSAN sedang dipasang pada fregat kelas Merah Putih pertama Indonesia, yang saat ini sedang dibangun di PT Pal. Integrasi ini menandai perkembangan penting dalam program tersebut, yang pertama kali dilaporkan Naval News dalam pameran Indo Defence 2025 di Jakarta pada Mei 2025.

Foto tersebut dibagikan oleh akun blog Lembaga Keris, yang menunjukkan kapal pertama di kelasnya, Merah Putih, sedang dibangun. Foto tersebut menunjukkan dua susunan dari radar Active Electronically Scanned Array (AESA) fixed-face CENK 350-N terlihat jelas.

Dilaporkan pertama kali oleh Naval News dalam pameran Indo Defence 2025 yang diadakan di Jakarta pada Mei 2025, radar CENK 350-N, yang juga disebut Mete Han, akan menjadi radar pengawasan udara/air surveillance radar utama untuk fregat kelas Merah Putih yang akan datang.

Aselsan dilaporkan menyediakan rangkaian sensor yang komprehensif untuk fregat Merah Putih. Rangkaian ini mencakup radar multifungsi Mete Han (juga dikenal sebagai CENK-350), radar CENK-200 (juga disebut MAR-D) untuk kendali helikopter, dan radar pengintai AESA CENK-400, yang saat ini beroperasi di fregat kelas-I milik Türkiye. Sistem-sistem ini membentuk inti dari kemampuan kewaspadaan situasional dan pengintaian udara kapal.

Radar CENK 350-N (image: Aselsan)

Tentang sistem radar CENK 350-N
CENK 350-N ASELSAN—yang pada dasarnya merupakan turunan yang lebih ringan dan ringkas dari sistem ÇAFRAD yang ditujukan untuk kapal perusak pertahanan udara TF-2000 Angkatan Laut Turki di masa mendatang—mewakili generasi terbaru radar AESA angkatan laut bermuka tetap. Sistem ini dibangun di atas empat susunan aktif X-band yang bersama-sama memberikan cakupan 360 derajat yang mulus tanpa kendala antena yang berputar secara mekanis. Setiap panel memberikan cakupan azimuth dan elevasi yang luas, memungkinkan radar untuk mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasikan sejumlah besar target udara dan permukaan dengan kecepatan refresh yang tinggi. Dengan jangkauan instrumen sekitar 250 km dan kemampuan untuk mendukung panduan jarak menengah untuk rudal pertahanan udara, CENK 350-N sangat cocok untuk fregat dan korvet modern yang membutuhkan kinerja penginderaan canggih dalam paket yang hemat ruang.

Keunggulan utama CENK 350-N adalah kemampuannya untuk mempertahankan kesadaran situasional tanpa gangguan di semua sektor, bahkan di perairan pesisir yang padat atau kondisi cuaca yang menantang. Arsitektur fixed-face-nya memungkinkannya untuk memantau target multi-domain yang kompleks—mulai dari pesawat terbang rendah dan rudal sea-skimming hingga kontak permukaan kecil—sambil menawarkan keandalan inheren dan mengurangi kebutuhan perawatan teknologi AESA. Kombinasi kapabilitas, fleksibilitas integrasi, dan cakupan menyeluruh yang konstan menjadikan CENK 350-N solusi yang menarik bagi angkatan laut yang ingin memodernisasi rangkaian manajemen tempur mereka, terutama pada platform yang harus mempertimbangkan secara cermat batasan ruang, berat, dan daya.

Selain itu, Aselsan akan memasok sistem tautan data dan IFF, sistem kendali tembakan AKREP-200 untuk rudal antikapal Atmaca, dan sonar FERSAH yang terpasang di lambung kapal untuk pengawasan bawah air. Perwakilan perusahaan mengonfirmasi bahwa tiga kontrak terkait sistem ini telah ditandatangani hingga saat ini. Pengiriman semua komponen direncanakan dalam jangka waktu 36 bulan.

Konfigurasi radar fixed-face CENK 350-N pada Fregat Merah Putih (image: Aselsan)

Selain itu, perusahaan pertahanan Turki lainnya, HAVELSAN dan ROKETSAN, juga akan menyediakan sistem penting untuk fregat-fregat ini. Havelsan akan bertindak sebagai integrator sistem utama, dengan Sistem Manajemen Tempur (CMS) ADVENT yang akan dipasang pada fregat kelas Merah Putih. ADVENT telah diadopsi secara lebih luas oleh Angkatan Laut Indonesia, yang bermaksud untuk meningkatkan lebih dari 40 kapal dengan sistem ini. Oleh karena itu, Indonesia diperkirakan akan memperluas kemampuan peperangan yang berpusat pada jaringan secara signifikan.

Pemasangan ADVENT pada fregat Merah Putih menandai tonggak sejarah bagi Havelsan, karena ini akan menjadi pertama kalinya sistem tersebut terintegrasi ke dalam lambung kapal rancangan Inggris.

Roketsan akan melengkapi fregat tersebut dengan sistem peluncur vertikal MIDLAS, yang akan menampung rudal antikapal ATMACA sebagai senjata serang permukaan utama platform tersebut. Kelas Merah Putih akan menjadi platform pertama yang meluncurkan rudal ATMACA dari MIDLAS, menjadikan Indonesia sebagai pelanggan peluncuran untuk kemampuan terintegrasi ini.

04 Desember 2025

PT DI Serahkan Pesawat NC212i Unit Ke-7 Kepada TNI AU

04 Desember 2025

Pesawat NC212i unit ke-7 dengan konfigurasi Navigation Training (NavTrain) (photos: PT DI)

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali menunjukkan progres nyata dalam pemenuhan kontrak 9 (sembilan) unit pesawat NC212i dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI untuk end user TNI AU, melalui pelaksanaan ferry flight pesawat NC212i unit ke-7 dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung menuju Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Pesawat NC212i ini dikirimkan dengan konfigurasi Navigation Training (NavTrain) yang dirancang khusus untuk mendukung pelatihan awak udara, sekaligus memperkuat kontribusi PTDI dalam meningkatkan kesiapan operasional dan kemampuan pendidikan TNI AU.

Pesawat NC212i konfigurasi NavTrain ini dilengkapi dengan meja dan panel instrumen navigasi, kursi instruktur dan trainee, perangkat komunikasi dan serta sistem navigasi yang memungkinkan pelatihan prosedur penerbangan secara langsung di dalam pesawat. Kehadiran fitur tersebut menjadikan NC212i NavTrain sebagai platform yang efektif bagi awak udara, khususnya calon navigator dan crew misi, sehingga mendukung peningkatan kompetensi sumber daya manusia TNI AU dalam menghadapi berbagai skenario operasi.

Direktur Produksi PTDI, Dena Hendriana bersama tim program NC212i meninjau langsung persiapan ferry flight pesawat NC212i yang kemudian akan dioperasikan oleh Skadron Udara 4. Pesawat dengan tail number AX-2134 ini diterbangkan oleh Mayor Pnb Kurniawan S. sebagai Pilot In Command Ferry dan Kapten Pnb Wahyu Nur Syarifudin sebagai Copilot. Sebelumnya, pesawat ini telah melalui proses Indonesian Defence Airworthiness Authority (IDAA) Acceptance pada tanggal 3 Desember 2025, guna memastikan seluruh aspek kualitas dan kelaikan operasional memenuhi standar pertahanan yang berlaku. Dengan pengiriman ini PTDI telah menuntaskan 7 (tujuh) unit dari total 9 (sembillan) unit NC212i yang disepakati dalam kontrak dengan Kemhan RI, sementara unit ke-8 (delapan) direncanakan akan dikirim pada kuartal pertama 2026.

Seperti unit sebelumnya, pesawat ini juga sudah dilengkapi dengan baling-baling buatan MT Propeller, Jerman, yakni MTV-27 yang telah disertifikasi oleh EASA.

(PT DI)

TLDM Pensiunkan KD Hang Tuah

04 Desember 2025

KD Hang Tuah adalah fregat yang sebelumnya dioperasikan oleh Angkatan Laut Kerajaan Malaysia dari tahun 1977 hingga 2018. Kini, ia menjadi kapal museum (photos: TLDM)

Majlis pelucutan tauliah KD Hang Tuah - tamatnya satu era perkhidmatan

Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) hari ini mencatat satu lagi detik penting dalam sejarahnya apabila sebuah lagi kapal perang, KD HANG TUAH, secara rasmi dilucut tauliah dalam satu acara penuh istiadat ketenteraan yang berlangsung di Pangkalan TLDM Lumut. Upacara penuh simbolik ini disempurnakan oleh Panglima Armada Barat, Laksamana Madya Dato’ Baharudin bin Wan Md Nor. Upacara ini menandakan tamatnya perkhidmatan sebuah kapal perang yang telah mewarnai perjalanan TLDM selama hampir lima dekad.

Sejak ditauliahkan ke dalam perkhidmatan Seri Paduka Baginda pada 22 Julai 1977, KD HANG TUAH telah memainkan peranan yang aktif sebagai kapal tempur barisan hadapan TLDM.  Selari dengan nama besar yang diberi, kapal ini sering ditugaskan untuk menerajui pelbagai tugas operasi untuk memelihara kedaulatan dan kepentingan maritim negara yang pada ketika itu masih baharu dan berdepan pelbagai bentuk ancaman terhadap kewujudannya.  Peranan ini bagaimanapun secara beransur-ansur diambil alih oleh kapal perang lain yang lebih moden dan berkeupayaan manakala bermula di era 80-an, KD HANG TUAH lebih banyak menumpukan perhatiannya sebagai platform latihan untuk warga TLDM.

Majlis pelucutan tauliah hari ini berlangsung dalam suasana syahdu dengan kehadiran kru-kru terdahulu serta mantan para Pegawai Memerintah yang pernah memegang tampuk pemerintahan KD HANG TUAH. Suasana bertambah hening dan menyentuh perasaan tatkala ketukan loceng kapal bergema dan gada-gada diturunkan, masing-masing mengimbau kembali kenangan dan detik-detik bersejarah ketika berkhidmat di kapal ini.  Detik ini bukan sekadar pengakhiran sebuah perkhidmatan, tetapi juga menutup sebuah era yang telah membentuk identiti angkatan laut negara menerusi peralihan dari kapal-kapal kecil pesisir pantai kepada keupayaan untuk beroperasi dilaut lepas.


Pelucutan tauliah KD HANG TUAH juga merupakan sebahagian daripada usaha berterusan TLDM untuk memodenkan Armadanya selaras dengan aspirasi Program Transformasi 15 ke 5.  Program ini bertujuan untuk meningkatkan keupayaan TLDM selari dengan perkembangan teknologi dan perubahan landskap pertahanan pada kos yang optimum serta memberi pulangan lebih tinggi pada negara.

KD Hang Tuah Sejarah ringkas kapal yang dilucut tauliah

Dibina di Scotland sebagai BLACK STAR untuk Ghana dan kemudiannya ditauliahkan sebagai HMS MERMAID dalam Tentera Laut Diraja British, kapal ini akhirnya diserahkan kepada Malaysia dan ditauliahkan sebagai KD HANG TUAH pada 22 Julai 1977. KD HANG TUAH dinamakan sempena seorang tokoh pahlawan dalam sejarah Tanah Melayu yakni Laksamana Hang Tuah yang sinonim dengan sifat keberanian dan kesetiaan yang luar biasa. Dengan panjang 103.5 meter, lebar 12.02 meter dan berat sasaran 2300 tan, kapal ini mampu bergerak dengan kelajuan maksima 24 knot. 

Sejak pelayaran sulungnya dari Portsmouth bersama 163 kru yakni anak watan, kapal yang menjadi tulang belakang pertahanan maritim negara diera 70-an hingga 90-an ini telah belayar sejauh 313,784.95 batu nautika.  Selain tugas operasi ia turut kerap menyertai eksesais dalam negara serta antarabangsa seperti MALINDO JAYA, EMAS HITAM, MILAN, KAKADU dan BERSAMA LIMA. Sepanjang hampir lima dekad perkhidmatannya, KD HANG TUAH telah melahirkan barisan pemimpin TLDM yang berwibawa, selain menerima pelbagai pengiktirafan seperti anugerah IMO, Piala Agong dan Piala Gonzales. Legasinya masih belum berakhir, sebaliknya diteruskan sebagai warisan maritim negara yang akan mendidik dan menginspirasikan generasi akan datang.

Wakasad Lakukan Kunjungan Resmi ke Pabrik Tatra Trucks di Republik Ceko

04 Desember 2025

Kunjungan delegasi TNI AD ke pabrik Tatra Trucks di Ceko (photos: Athan Berlin)

Pada tanggal 22 s.d. 24 Oktober 2025, Atase Pertahanan RI di Berlin telah melaksanakan asistensi dan pendampingan delegasi Wakil Kepala Staf TNI AD dalam rangka kunjungan resmi ke Pabrik Tatra Trucks, produsen kendaraan militer, Republik Ceko.


Kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka peninjauan secara langsung fasilitas pembuatan dan pengembangan rangka tulang punggung (central tube chassis) yang menjadi ciri khas desain kendaraan Tatra. Peninjauan ini menjadi langkah strategis untuk memahami proses produksi dan teknologi yang digunakan, sekaligus membuka peluang kerja sama lebih lanjut dalam pengembangan penunjang alat utama sistem persenjataan bagi TNI AD.

03 Desember 2025

BARAX MX has been Chosen for Royal Thai Air Force's IADS

03 Desember 2025

BARAK MX Integrated Air Defense System (photos: IAI)

The Royal Thai Air Force has announced the winner of the Integrated Air Defense System (IADS) development program. The BARAK MX system has been selected from Israel Aerospace Industries Ltd. (IAI). The BARAK MX will be purchased for 3,440.37 million baht. The BARAK MX will be the Royal Thai Armed Forces' most advanced air defense weapon system.

The BARAK MX is designed to eliminate air threats, including drones and long-range missiles, and offers advanced interception capabilities. This technological superiority significantly expands the range of air defenses compared to existing systems, providing a multi-layered shield covering ranges from 35 to 70 km, and up to 150 km for longer-range threats.

Developed by Israel's IAI, the BARAK MX air and missile defense system is an advanced air and missile defense system designed to counter a wide range of threats, including aircraft, drones, intercontinental ballistic missiles, and cruise missiles. This system plays a key role in the multi-layered national defense strategy and is recognized for its flexibility and robust capabilities. It has been successfully demonstrated in its battlefield effectiveness and efficiency in intercepting Iranian ballistic missiles during Operation Rising Lion in June.

The BARAK MX system is an eight-tube launcher capable of carrying three types of guided munitions: the BARAK Medium-Range Air Defense System (MRAD), which uses a single pulse rocket motor and has a maximum range of 35 km; the BARAK Long-Range Air Defense System (LRAD), which uses a dual-pulse rocket motor and has a maximum range of 70 km. Both have a maximum range of 20 km; and the BARAK ER, which uses a dual-pulse rocket motor and booster, has a maximum range of 150 km and a maximum range of 30 km. It can withstand 50 G forces, making it difficult for evading targets. It provides fast and reliable target acquisition and is highly resistant to electronic countermeasures.

All variants feature an advanced radio frequency seeker for low radar cross-sections and when searching for moving targets. It can carry a large warhead and is launched vertically to provide 360-degree coverage. All three BARAK variants are integrated into a single battle management system, with a centralized ground-based BARAK launcher. The launcher can be deployed rapidly and relocated in less than two minutes.

The BARAK MX system incorporates a fully digital, integrated phased array (MMR) multi-mission sensor and radar developed by IAI. The system is also equipped with active electronically scanned array (AESA) radars developed by IAI subsidiary ELTA Systems, such as the ELM 2138 MMR and ELM-2084 MMR, which are capable of mobile operation.

The BARAK MX system utilizes a network-centric architecture, providing maximum redundancy and supporting the integration of multiple sensors and battle management centers. This design enhances the system's ability to coordinate with other defense systems, more effectively address threats, and enhance real-time combat effectiveness.

The core of the BARAK MX system is its advanced interceptor warhead, which significantly expands the range of air defenses compared to conventional systems. With a multi-layered armor protection range of 35 to 70 kilometers, up to 150 kilometers for longer-range threats, the ability to select the most appropriate BARAK interceptor system for air threats reduces logistics and reduces lifecycle costs.

A key advantage of the BARAK MX interceptor system is its outstanding performance characteristics. The BARAK MX interceptor warhead was designed as a surface-to-air missile (SAM) from the start, featuring a dual-pulse rocket motor and a larger diameter, allowing for a larger search radar and warhead. These features enable the BARAK MX to address a wider range of threats, with increased mobility and the potential for highly accurate target interception.

The BARAK MX air defense system can operate in all weather conditions, day and night, for point and area defense missions, and can be adapted to coordinated combat operations within a networked joint task force. It can counter a wide range of threats, including aircraft, helicopters, cruise bombs, unmanned aerial vehicles, cruise missiles, and intercontinental ballistic missiles.

(Thai Battlefield Defense)

PT DI Serahkan Kembali Heli Bell 412 EP TNI AD Selesai Jalani Harwat

03 Desember 2025

Helikopter Bell 412 EP TNI AD (photos: PT DI)

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) melaksanakan ferry flight satu unit helikopter Bell 412 EP yang telah selesai menjalani program Pemeliharaan dan Perawatan (Harwat). Unit yang diberangkatkan dari Apron Hanggar Helikopter PTDI Bandung menuju Pangkalan Udara Pondok Cabe ini merupakan bagian dari total empat unit helikopter Bell 412 series milik TNI AD yang dipercayakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI kepada PTDI untuk dilakukan perawatan berkala.


Selanjutnya, helikopter tersebut akan melanjutkan penerbangan menuju home base Skadron 12 Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) di Way Tuba, Lampung, untuk mendukung misi kemanusiaan dan penanggulangan bencana. Pengoperasian ini merupakan tindak lanjut dari penugasan Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin, selaras dengan arahan Presiden RI Prabowo Subianto terkait percepatan penanganan kesulitan masyarakat serta pemulihan infrastruktur terdampak di wilayah Aceh dan Sumatera Barat.


Selain helikopter Bell 412, operasi dukungan logistik bagi wilayah terdampak juga diperkuat dengan penggunaan helikopter H225M Caracal milik TNI AU yang dikerahkan untuk membawa berton-ton bantuan bagi korban banjir di Sumatera-Aceh, serta mempercepat distribusi bantuan ke daerah yang sulit dijangkau. Pemanfaatan alutsista produksi PTDI tersebut menunjukkan bahwa produk pesawat dan helikopter PTDI tidak hanya mampu mendukung misi operasi militer, tetapi juga dapat memberikan kontribusi maksimal dalam misi penanganan darurat bencana.

Jepang Pertimbangkan Ekspor Rudal Pertahanan Udara Tipe-03 Chu-SAM ke Filipina

03 Desember 2025

Rudal pertahanan udara Tipe-03 Chu-SAM (photos: JGSDF)

Jepang telah mengadakan pembicaraan informal dengan Filipina mengenai kemungkinan ekspor sistem rudal darat-ke-udara seiring dengan upaya pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sanae Takaichi untuk lebih melonggarkan pembatasan transfer alutsista, ungkap sumber yang mengetahui masalah tersebut pada hari Minggu.

Sebuah studi substantif mengenai ekspor Rudal Darat-ke-Udara Jarak Menengah Tipe-03 yang dikembangkan Jepang diperkirakan akan dimulai setelah pemerintah secara resmi memutuskan untuk menghapus aturan yang membatasi ekspor alutsista hanya untuk lima keperluan non-tempur, seperti penyelamatan dan pengawasan.

Pencabutan batasan lima kategori tersebut merupakan salah satu dari serangkaian janji yang disepakati oleh Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dengan Partai Inovasi Jepang (JIP) dalam membentuk koalisi, yang membuka jalan bagi ketua LDP, Takaichi, untuk menjadi perdana menteri pada akhir Oktober. Mereka berjanji untuk mewujudkannya tahun depan.

Tidak diperlukan revisi hukum untuk melakukan perubahan ini. Sebaliknya, keputusan harus diambil pada rapat Dewan Keamanan Nasional, yang diketuai oleh Takaichi, untuk merevisi pedoman implementasi prinsip-prinsip alutsista dan teknologi Jepang.


Menurut sumber tersebut, pemerintah Jepang dan Filipina telah bertukar pandangan mengenai potensi ekspor rudal, dengan pihak Filipina menyampaikan minatnya untuk mengakuisisi sistem tersebut bagi militernya.

Diberi nama Chu-SAM, sistem yang dapat menembak jatuh pesawat dan rudal jelajah ini saat ini beroperasi dengan Pasukan Bela Diri Darat/Ground Self-Defense Force.

Versi yang ditingkatkan yang mampu mencegat rudal balistik dan kendaraan luncur hipersonik sedang dikembangkan, dengan target penyelesaian pada tahun fiskal 2028.

Jepang telah mempererat hubungan keamanannya dengan Filipina dalam menghadapi ketegasan maritim Tiongkok di kawasan tersebut.

Kedua negara juga telah membahas ekspor kapal perusak Pasukan Bela Diri Maritim Jepang/Japan Maritime Self-Defense Force yang telah pensiun ke Filipina sebagai bagian dari kerja sama mereka.