22 Oktober 2010

TNI-AU Uji Coba Payung Udara Barang

22 Oktober 2010

Hercules membawa barang dengan berat 800 kg (photo : TNI-AU)

Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU (Dislitbangau) yang berkantor di Bandung mengadakan pengujian terhadap salah satu produknya berupa Payung Udara Barang (PUB) di landasan Lanud Suryadarma, Kamis (21/10). Kegiatan yang dinamakan uji dinamis tersebut melibatkan Pesawat Herkules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma sebagai sarana dropping parasut PUB yang membawa barang dengan berat 800 kg.

Menurut Kadislitbangau Marsekal Pertama TNI Basuki Purwanto di lokasi seusai penerjunan, tujuan uji dinamis adalah melihat secara nyata hasil di lapangan terhadap produk Dislitbangau setelah sebelumnya melalui uji laboraturium dan uji statis. Melalui uji dinamis akan diketahui tingkat keamanan, keselamatan dan daya kerja PUB produk Dislitbangau sekelas G12E buatan Amerika tersebut, sehingga akhirnya layak apa tidak untuk di perbanyak. Ditambahkan Kadislitbangau, PUB produk Dislitbangau merupakan program penelitian untuk industri pertahanan yang didanai Kementerian Riset dan Teknologi. “Melalui kerjasama antara Dislitbangau dan CV Maju Mapan ini diharapkan upaya kemandirian terhadap industri pertahanan di tanah air dapat direalisasikan’, ujar Kadislitbangau.

Pendaratan payung udara barang (photo : Pikiran Rakyat)

Penerjunan PUB di Lanud Suryadarma dengan ketinggian 900 feet tersebut dilaksanakan sebanyak empat kali (run), penerjunan pertama PUB I membawa beban pasir 800 kg, penerjunan kedua PUB II membawa air seberat 800 kg, ketiga PUB low cost (bahan murah) membawa air 200 kg dan terakhir PUB membawa helly box seberat 20 kg. Dari keempat penerjunan tersebut setelah diadakan rapat evaluasi di ruang rapat Base Ops Lanud Suryadarma yang dihadiri pula Kadislambangjaau Marsekal Pertama TNI M.Z Djamhari M.Sc., menyimpulkan secara umum PUB produk Dislitbangau tersebut baik dan layak untuk diperbanyak karena memenuhi berbagai aspek seperti aspek kontruksi dan perlengkapan, aspek kemampuan, aspek operasional, aspek pemeliharaan dan aspek insani. “Produk PUB Dislitbangau tersebut nilai akhirnya 97,00 berarti layak diperbanyak,” ujar Letkol Sus Bambang Setiaji Z., Kepala Pelaksana Kegiatan.

Dalam uji dinamis PUB produk Dislitbangau tersebut dihadiri pula oleh perwakilan dari instansi terkait sekaligus sebagai penilai antara lain Litbang Srenum TNI, Litbang TNI AD dan TNI AL, perwira terkait dari Mabes TNI AU, Koharmatau, Korpaskhas dan lainnya. Malam hari menjelang penerjunan PUB tersebut diadakan pula selamatan oleh Dislitbangau di Ruang Rapat Base Ops Lanud Suryadarma.


(TNI-AU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar