21 Desember 2012

KRI Klewang Kedua akan Mulai Dibangun Januari 2013


21 Desember 2012

KRI Klewang 625 (photo : Lundin)

Tahun  Depan KRI Klewang Kedua Dibangun

BANYUWANGI - PT Lundin Industry Invest, perusahaan pembuat kapal perang asal Banyuwangi, Jawa Timur, akan memulai pembuatan KRI Klewang kedua pada Januari 2013. "Semoga awal 2013 bisa dimulai," kata Direktur PT Lundin, Lizza Lundin, melalui pesan pendek kemarin.

 KRI Klewang pertama, bernomor 625, terbakar habis di Selat Bali pada 28 September lalu. Kapal seharga Rp 114 miliar ini diluncurkan pada 31 Agustus 2012. Penyebab kebakaran adalah korsleting listrik pada saat pemasangan mesin dan instalasi listrik di galangan ke kapal.

Menurut Lizza, Klewang kedua akan dibuat dengan bahan yang sama, yakni komposit karbon, dan dilengkapi dengan teknologi anti-terbakar. Hal itu, kata Lizza, dilakukan agar insiden terbakarnya Klewang pertama tidak berulang.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Surapati mengatakan Angkatan Laut sedang mengkaji tiga opsi penggantian kapal perang KRI Klewang 625.

"Sampai hari ini kami belum memutuskan memilih opsi yang mana," kata Untung.

Opsi pertama, kata Untung, adalah kapal baru dengan material sejenis kapal lama, namun dengan kualitas bahan yang lebih baik.

Opsi kedua, kapal sejenis namun materialnya diganti, dari komposit fiber menjadi baja atau aluminium.

Opsi ketiga, jenis kapal diganti menjadi KCR-60.

Menurut Untung, saat ini Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan danTeknolagi (Puspiptek) Serpong, Tangerang Selatan, Banten, masih menguji material komposit fiber. Kalau material itu dinilai baik, TNI AL mungkin akan memilih opsi yang pertama. "Tapi, dengan catatan kualitas bahannya kelas satu," kata dia.

Untung memastikanTNI AL tidak mengeluarkan duit sepeser pun dalam pembuatan KRI Klewang baru. Sebab, dalam kontrak, kata Untung, PT Lundin sebagai produsen bersedia bertanggung jawab melakukan penggantian jika terjadi kerusakan kapal.

"Alternatif mana pun yang kami pilih, Lundin siap mengganti,"kata Untung.

2 komentar:

  1. opsi pertama lebih pas, melanjutkan dan menyempurnakan. Kalau ada kecelakaan jangan mundur dan batalin projectnya, tapi benahin hal-hal yang bisa bikin kecelakaan tadi. semoga proyek trimaran lanjut terus dan armament nya disesuaikan dengan fungsi litoral kombatan. Semoga sukses! Cu Mu NGuD :D hehe

    BalasHapus
  2. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus