23 Juli 2015

AD Singapura Uji Coba URO Vamtac

23 Juli 2015


URO Vamtac ST5 dengan identitas Angkatan Darat Singapura (photo : Tatsit-Hardwarezone)

Pada awal bulan ini Angkatan Bersenjata Singapura melakukan komisioning kendaraan Higuard MRAP buatan Renault Trucks Defense (RTD) dengan nama lokal Peacekeeper   Protected Response Vehicle (PRV), ini merupakan kendaraan pengangkut personil dengan kemampuan MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected); Kendaraan berbasis Sherpa 6×6 dengan payload 4 ton ini akan menggantikan panser V200.

Angkatan Bersenjata Singapura rupanya masih mengincar kendaraan dari Eropa, kali ini giliran kendaraan jip bermerek URO VAMTAC (Vehículo de Alta Movilidad Táctico, "High Mobility Tactical Vehicle") yang dibuat oleh pabrikan asal Spanyol UROVESA.mendapatkan ksempatan untuk diuji coba oleh Angkatan Darat Singapura.

Adapun kendaraan URO Vamtac yang dipilih untuk diuji oleh Singapura adalah seri terbarunya yaitu ST5. Belum jelas kapan uji coba ini akan selesai, namun gambar pertama kendaraan ini di Singapura muncul di situs Hardwarezone pada dua bulan lalu. Situs Kementah menyebutkan bahwa jip sekelas Humvee ini diproyeksikan untuk menggantikan jip Mercedes Benz seri MB290 di lingkungan Angkatan Darat Singapura..

Kendaraan dengan payload 1,5–2,0 ton dengan ukuran panjang 4.845 metre dan lebar 2.175 meter ini telah diproduksi sebanyak 4 ribu unit. Malaysia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang membeli kendaraan ini di tahun 2010.

(Defense Studies)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar