08 Juli 2015

Pesawat Hercules Tidak Baru Tetap Dipertimbangkan

08 Juli 2015

Skadron udara pesawat angkut TNI AU (image : Tempo)

Dinilai Pesawat Paling Andal, RI Akan Beli Hercules Lagi

VIVA.co.id - Ternyata tragedi jatuhnya pesawat berjenis Hercules beberapa waktu di Medan, Sumatera Utara, tak membuat pemerintah kapok. Bahkan, direncanakan pemerintah akan membeli pesawat serupa dalam waktu dekat.

Rencana tersebut disampaikan langsung Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Pandjaitan saat melakukan kunjungan ke ‎Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang. 

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui alutsista Hankam dan produk kerekayasaan strategis, serta kunjungan ke fasilitas laboratorium uji mesin kendaraan dan terowongan angin kepunyaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"‎Hercules, mungkin kita akan beli lagi karena kita masih kurang," ujar Luhut kepada VIVA.co.id di Auditorium Gedung Teknologi 2, Puspiptek, Serpong, Tangerang, Senin malam, 6 Juli 2015.

Diungkapkan‎ Luhut, pemerintah memandang kalau pesawat angkut militer itu mempunyai ketangguhan yang belum dikalahkan oleh pesawat lainnya. Sehingga, Hercules layak untuk dipesan kembali, meski pesawat tersebut telah mendapat sorotan setelah kecelakaan di Medan beberapa waktu lalu.

"‎Hercules itu pesawat yang paling andal. Kita akan beli yang baru," kata Luhut.

‎Belum diketahui, berapa banyak yang akan dipesan oleh pemerintah kepada Amerika Serikat selaku produsen pesawat Hercules dan kapan pesawat tersebut akan mendarat di Tanah Air. 

Meski demikian, Luhut mengungkapkan kalau pemerintah saat ini ingin adanya beberapa komponen dari pesawat Hercules itu dapat dibuat di Indonesia.

"‎Kita akan beli dari Amerika dan meminta kepada mereka untuk assembling dan sparepart-nya ada di Indonesia yang dipegang oleh Dirgantara," ujar Luhut. (Viva)

Ketua DPD RI Tak Setuju Alutsista Harus Beli Baru

BANDUNG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, tidak setuju dengan anggapan alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia harus beli baru. Menurutnya, insiden kecelakaan Pesawat Hercules C-130 di Medan bukan jadi patokan bahwa alutsista seluruhnya harus diganti.

"Sesungguhnya menurut saya alutsista seperti di Amerika sendiri negara pembuatnya juga masih menggunakan itu. Dalam beberapa tahun itu tidak berarti menunjukkan lifetime-nya selesai. Enggak bisa begitu," kata Irman di Bandung, Senin (6/7/2015).

Dia menambahkan, hal yang terpenting dari alutsista itu adalah perawatan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang ada di belakangnya. Sehingga, alutsista tidak melulu harus diganti baru saat ada salah satu kasus negatif.

"Jadi jangan mengatakan seolah-olah harus baru. Itu bagusnya. Tapi kalau kita anggarannya terbatas, ya dihitung-hitung," ungkapnya.

Idealnya, alutsista Indonesia memang diganti dengan alutsista baru. Tapi dengan kemampuan anggaran terbatas, menggunakan alutsista yang ada atau membeli alutsista bekas jadi solusi nyata. Itu pun dengan pembelian dan perawatan selektif.

"Mau yang bagus tapi uangnya kurang. Kalau yang baru misalnya harganya 100, kalau yang bekas harganya 60 tapi bisa dicicil, itu kan enggak apa-apa sambil kita menunggu kapan keuangan kita sudah agak baik sehingga kalau kita bisa beli baru kenapa beli bekas," jelas Irman.

Dengan kondisi saat ini, Irman menegaskan perlunya perawatan yang baik untuk alutsista yang ada. Ia beralasan, peralatan baru belum tentu sesuai harapan. Ia mencontohkan ada beberapa pesawat baru milik salah satu maskapai penerbangan komersial yang mengalami kecelakaan. Padahal pesawat yang digunakan adalah pesawat baru.

"Baru pun belum tentu menjamin tidak akan terjadi apakah itu musibah dan lain sebagainya. Yang paling penting semua (kemampuan) SDM dibelakang peralatan itu, iya kan," pungkas Irman.

(Okezone)

11 komentar:

  1. indonesia yaris rontok karna semenjak di tinggal bingkarno dan kawan 2 indonesia hampir di stiap pundi 2 intansi di luasai manusia 2 kamaruk berbasis di singapore ...revolusi tanggung 1998 bukan ahir tangan 2 barat di jakarta mereka punya uang dari hasil suap krupsi berjemaah buta tuli penerus bangsa di kebiri buat kepntingan jangka panjang keluarga family dan yakinlah tidak selamanya musuh negara budak 2 asing bakal merajai di tanah air mereka antec kapaitalis pasti hancur !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu mau ganti antonov?? sana jadi montir nya :D, di Indo ga ada montir antonov . preett lah Ini sudah keputusan tepat. Tetap Hercules karena TNI kenal logistik nya goblok!

      Hapus
    2. gapernah belajar..Joy sebenernya yang goblok elu

      Hapus
    3. kalo jadi beli antonov yg goblok itu tni. para teknisi herkules di suruh ngerawat antonov *garukkepala, yg guuuoooblokk siapa yaa ? :D. @dadang.

      Hapus
    4. saudara joy ...mesin pesawat turbo baling 2 ga beda jauh ama mesin mobil , kalau micanic tehnision berpegalaman liat ajaa apa lagi di ajari ga lama cepat paham mana cara replace seperpart mau di ganti baru , pesawat angkut hercules dan a70 antonov ibaratnya bemo dan kijang angkutan mickrolet tentu lebih yaman pakek angkutan kijang terbaru mesin baru ..body baru tranmision matic sekali tancap cespleng ...beda bemo mesin lama boros bahan bakar di tancap berasap hahakw....

      Hapus
    5. pesawat = mobil ????????

      Hapus
    6. Taun 2003 sukhoi datang emg teknisi TNI au ga belajar dari 0 ya??? lu pikir mesin sukhoi sama kaya F 16? kalo masalah belajar semua pasti bisa, apalagi TNI.. kalo yang tua gamau belajar ya ganti sama yang muda yang mau belajar...kalo orang kaya elu sih belajar aja sama nying nying biar nyungseb

      Hapus
  2. lebih bagus lagi pesawat hercules bekas pakai ausi di belli saman beyee cancel , supaya indonesia terkennal jadi pegepul barang rongsokan berlebel hibah segera punah broo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga lah kalo ngerawat nya bagus why not. kalo ajal tiba ya sudah. peswat baru aja bisa jatuh kok.

      Hapus
    2. Joy lu pernah baca "titik lelah logam karya pak habibi? kalo gatau lu belajar dulu sama nying nying deh biar omongan lu agak berbobot.... pesawat lama sebagus apapun perawatan pasti beda sama yang baru lah goblok!!!! sama kaya lu punya hp nokia 3315 lu upgret pake kamera sm bsa internet plus dibikin touch screen apa ga diganti semua sama hpnya sekalian?? lu pekok banget..dibayar berapa sama Australia sm singapur lu biar bikin kita tetep goblok sih??

      Hapus
  3. Bosan tidak punya penghasilan lebih? coba main di Àgens128
    banyak bonus dan keuntungan yang bisa didapatkan disini.
    dengan deposit minimal hanya 10rb untuk poker dan 50 untuk permainan menarik lainnya. bisa juga melalui aplikasi OVO serta banyak game menarik yang ada disini
    tunggu apa lagi, buruan join bersama kami sekarang juga.

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus