13 Juli 2015

KSAL Resmikan Submarine Control Simulator

13 Juli 2015

KASAL mencoba Submarine Control Simulator (photo : TNI AL)

Setelah Meresmikan Gedung Submarine Control Simulator, KASAL Menyaksikan Demonstrasi SCS Milik TNI AL

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P meresmikan  penggunaan  Submarine  Control Simulator (SCS) di Komando Latihan Komando  Armada RI Kawasan Timur Ujung Surabaya sekaligus menyaksikan demontrasi dari fungsi Submarine Control Simulator yang diawaki oleh beberapa prajurit kapal selam dari Satuan Kapal Selam Koarmatim, Senin (13/7).

Upacara peresmian gedung  SCS berlangsung  secara singkat,  bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Staf  TNI AL,  di  dalam acara ini dilakukan prosesi penyerahan pembangunan  Gedung  serta peralatan SCS

 Prosesi peresmian SCS di awali dengan penandatangan naskah serah terima  dari  Dirut PT Pustaka Strategi  Legiman Sutrisman Kepada  Kadisadal Laksma TNI Prasetya Nugraha, ST dilanjutkan penyerahan dari Kadisadal kepada  Aslog Kasal Lakda TNI Ir.  Hary Pratomo, kemudian Aslog Kasal menyerahkan Kepada Pangarmatim  Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Dalam Amanatnya Kasal mengharapkan dengan dibangunnya komplek Submarine Training Center di Kolatarmatim dapat mewadahi pelatihan para awak kapal selam yang sedang tidak melaksanakan operasi pelayaran. Kepada para pengguna  SCS  khususnya prajurit kapal selam,  Kasal mengharapkan Submarine Control Simulator ini yang  merupakan komitmen TNI Angkatan Laut  untuk meningkatkan  kemampuan dan profesionalisme prajurit  kapal selam agar senantiasa terasah  dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Setelah upacara selesai Kasal dan rombongan melakukan Inspeksi keruangan- ruangan dimana terdapat sarana dan prasarana  pendukung  SCS, dilanjutkan melihat dari dekat demontrasi cara kerja  SCS yang mampu menampung 15 personil.

Selama  10 menit berada dalam ruangan SCS , orang nomor satu di Jajaran TNI AL didampingi oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P, Kadisadal Laksma TNI Prasetya Nugraha, ST  dan Komandan  Satuan Kapal Selam Koarmatim Kolonel laut (P) Purwanto, melaksanakan  beberapa manuver naik turun permukaan air/proses menyelam dan timbul  kepermukaan sebagaimana kapal selam sebenarnya.

Alat ini merupakan sarana latihan prajurit kapal selam TNI AL dengan model simulasi kabin bergerak yang di produksi oleh Rheinmetal Defence Jerman. Kabin SCS  dapat bergerak dengan kecepatan 10°/dt dan mencapai kemiringan hingga 45°. Sedangkan tinggi total 4 meter dengan berat 85 ton. Beberapa negara yang telah memiliki SCS type ini antara lain Yunani, Jerman, Turki, Korea Selatan, Italia,  Singapura dan  terakhir Indonesia.

Pembangunan sarana dan prasarana SCS di mulai melalui dua tahap, tahap pertama  merupakan pembangunan gedung dan perangkat lunak  dimulai 25 Juni 2013 dan selesai bulan Desember 2013, sedangkan pembangunan tahap II pengadaan motion kabin dan perangkat keras SCS dimulai 1 Agustus 2014 danberakhir 26 Juni 2015

SCS  sendiri merupakan salah satu rencana dari 4 gedung sarana latihan kapal selam  yang akan di bangun dalam satu komplek. SCS  yang berada di Kolataramatim telah menjalani Rangkaian uji coba  dan uji kelaikan 24 dan 25 Juni 2015.

Sedangkan untuk mengawaki peralatan ini telah diawaki oleh 15 personil kapal selam dari Satuan Kapal Selam Koarmatim yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dan  sertifikasi  sebagai pelatih dari Rheinmetal Defence Jerman.

Secara umum tujuan pengadaan SCS untuk menciptakan awak kapal selam  yang tangguh, tanggon dan trengginas dengan pola pelatihan  yang aman dan terkendali, fungsi lainnya dari SCS adalah pelatihan dan familisasi pengendalian kapal selam, penyesuaian personil dengan dinamika gerakan  kapal selam, pelatihan prosedur- prosedur, pelatihan keadaan darurat dan integrasi awak kapal selam.

Seusai dari rangkaian peresmian gedung SCS, Kasal disakasikan para undangan yang hadir melaksanakan peletakan batu pertama pembangungan gedung  Submarine Comand and Team Trainer ( SCTT )  yakni  platfor yang di gunakan sebagai sarana pelatihan tim pusat informasi tempur (PIT)  kapal selam dan merupakan  sebuah mockup situasi PIT yang sesungguhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Irjenal, para Asisten Kasal, Pangkotama TNI AL , Kas Armatim Kas Armabar,  Danguspurlatim, Danguskamlatim, Para Kasatker di lingkungan Koarmatim serta para Komandan KRI Koarmatim.

(TNI AL)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar