07 Juli 2015

Begini Perawatan Pesawat Hercules TNI AU

07 Juli 2015


Perawatan Hercules TNI AU (all photos : Tempo)

Pesawat terbang C-130 Hercules, merupakan salah satu pesawat angkut yang sangat diandalkan oleh TNI AU. Tidak terhitung misi tempur dan kemanusiaan yang telah dijalaninya, walaupun berusia cukup tua namun masih dapat diandalkan. Berikut ini rangkaian foto, tentang bagaimana sebuah pesawat legendaris Hercules dirawat. 



Beberapa teknisi tengah memperbaiki pesawat Hercules, di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Momen ini sangat langka, dimana awak jurnalis diizinkan untuk ikut dan mengabadikan, proses perawatan pesawat Hercules dan diabadikan pada bulan Mei 2012.



Seorang teknisi sedang memperbaiki bagian kokpit pesawat Hercules. Perawatan dan perbaikan pesawat Hercules mencakup perbaikan dan perawatan sayap, baling-baling, kabin, dan kokpit. Semua kegiatan perbaikan dan perawatan yang ada disebut troubles hooting propeller, atau pemecahan masalah baling-baling.



Sejumlah teknisi memperhatikan mesin baling-baling turboprop pada pesawat Hercules. Menurut Letnan Satu Harjo Saputra, Perwira Teknik Skadron 32 (kandang Hercules tipe B), Hercules mendapat pemeriksaan menyeluruh secara rutin tiap 50 jam terbang. Pemeriksaan juga dilakukan sebelum dan sesudah Hercules terbang, tanpa menunggu jadwal 50 jam.



Dua orang teknisi sedang memperbaiki ban pendarat pada pesawat Hercules. Kerusakan pada Hercules biasanya diketahui dari indikator di kokpit pesawat. Dalam setiap operasi perbaikan Hercules, melibatkan 172 teknisi. 



Seorang teknisi sedang memperbaiki komponen elektronik pada pesawat Hercules. Kegiatan perawatan rutin ini sangat penting dilakukan, dan kemampuan serta kehebatan petugas teknisi TNI AU dalam memperbaiki Hercules dan pesawat TNI AU lainnya, bahkan diakui oleh militer negara lain.

(Tempo)

4 komentar:

  1. SUPER HERCULES!! THE BEST
    https://en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_Martin_C-130J_Super_Hercules#/media/File:CC-130J_Hercule_Cockpit.JPG

    BalasHapus
  2. super hercules itu duluu broo...kalau indonesia mau cepat maju barang kuno boros bahan bakar harus di tinggalkan , karna benda terbang terbuat dari bahan composit lebih ringan dan daya angkut nya lebih besar contoh pesawat ( An 70 antonov dan airbus A400) gabungan tehnologi tinggi irit bahan bakar karna tekanan berat jauh berkurang ...ibaratnya biasa dari BEMO pindah ke angkutan kijang terbaru tentu suananya bakal beda dari sopir sampai ke penumpang bakal yaman itu fakta di lapangan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. gila lu yee, super hercules seri baru tong! setiap perusahaan bisa nego mau apa aja jeroannya, itu mah bisa diatur. Antonov hemat?? pesawat russia terkenal boros nya minta ampun bro udah gitu ga bisa system kannibal spare parts kayak herkules. Again, lihat mission nya, tujuan 1x terbang buat apa... kalo beli celana kolor bro, itu gampang :D, gue suka warna ijo. :D

      Hapus
  3. Bosan tidak punya penghasilan lebih? coba main di Àgens128
    banyak bonus dan keuntungan yang bisa didapatkan disini.
    dengan deposit minimal hanya 10rb untuk poker dan 50 untuk permainan menarik lainnya. bisa juga melalui aplikasi OVO serta banyak game menarik yang ada disini
    tunggu apa lagi, buruan join bersama kami sekarang juga.

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus