04 Juli 2015

Komandan Korps Marinir Resmikan Puslatpur Lampon Banyuwangi

04 Juli 2015


Puslatpur Korps Marinir Lampon ini untuk menambah kapabilitas Komando Latih Marinir 
(photo : Antara)

Banyuwangi (Antara Jatim) - Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana meresmikan sekaligus mengukuhkan Mayor Marinir Ronny Antonius Purba sebagai Komandan Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir-7 Lampon, Banyuwangi, Kamis.
     
"Peresmian Puslatpur Lampon ini merupakan realisasi dari kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan profesionalitas satuan dan efektivitas pembinaan latihan Pasukan Khusus TNI AL, Intai Amfibi Korps Marinir melalui penyediaan sarana dan prasarana latihan yang menantang," katanya.

Selain itu, katanya, peresmian Puslatpur Korps Marinir di Lampon juga sebagai bagian dari upaya pembangunan dan pembinaan kekuatan serta kemampuan Korps Marinir secara keseluruhan.

"Dengan peresmian Puslatpur Korps Marinir Lampon ini semoga mampu menambah kapabilitas Komando Latih Marinir dan juga dalam meningkatkan kemampuan daerah latihan Lampon dan sekitarnya sebagai kawah candradimuka prajurit-prajurit Intai Amfibi Korps Marinir," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa letak geografis Lampon yang strategis berada di ujung timur Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan wilayah pantai selatan dan Samudera Hindia yang memiliki ombak besar serta arus yang menantang.

"Kondisi itu sangat memadai sebagai sarana latihan lanjutan aspek laut dari prajurit Korps Marinir, yaitu renang, dayung, menembus gelombang serta medan belakang pantai yang masih cukup ideal untuk dijadikan tempat latihan operasi khusus tempur darat," ujarnya.

Namun demikian jenderal Marinir yang dikenal peduli terumbu karang ini mengemukakan pembinaan kemampuan dan peningkatan profesionalitas prajurit Korps Marinir tidak cukup dengan latihan dan tersedianya sarana dan prasarana latihan yang memadai.

"Tetapi juga harus ditopang dengan pembangunan moralitas yang kokoh sebagai landasan dalam membentuk jati diri prajurit. Oleh karena itu, peran masyarakat Lampon sangat diharapkan untuk menjadi mitra dalam menjaga dan membangun jati diri sebagai prajurit yang dicintai rakyat," katanya,

Ia menegaskan keberadaan masyarakat Lampon akan menjadi mitra Korps Marinir dalam membangun jati diri dan sebaliknya kehadiran Korps Marinir dapat menjadi mitra bagi pemerintah daerah, TNI dan Polri serta komponen masyarakat lainnya dalam memacu pembangunan Banyuwangi dan sekitarnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Buyung Lalana pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta jajarannya, satuan TNI maupun Polri serta instansi terkait juga masyarakat Lampon atas terwujudnya peresmian Puslatupur tersebut.

Hadir dalam peresmian itu Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) R.M Trusono, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Lukman Hasyim, Asops Dankormar Kolonel Marinir Hasanudin, Asrena Dankormar Kolonel Marinir Endi Supardi.

Selain itu juga hadir Dankolatmar Kolonel Marinir Imam  Sopingi, Dandenjaka Kolonel Marinir Nur Alamsyah dan Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Nurhidayat dan lainnya. 

(Antara)

1 komentar:

  1. trimakasih infonya,,
    sangat bermanfaat,,
    mantap,,

    BalasHapus