27 Februari 2017

China Building Third Aircraft Carrier More Advanced than Liaoning

27 Februari 2017


Construction of the 001A or Liaoning II (photo : war is boring)

2nd carrier almost complete

China is close to completing its second aircraft carrier, which will begin service by 2020, experts said.  

China Central Television (CCTV) reported that the People's Liberation Army (PLA) Navy's Type 001A class aircraft carrier's scaffold has been removed and red undercoat has been painted below the ship's waterline in Dalian, northeastern Liaoning Province, and that a launching ceremony will soon be held.   

"Unlike the Liaoning (Type 001), China's first aircraft carrier, a refitted ship built by Ukraine (under the former Soviet Union), the 001A is China-built, and its design, combat capability and technologies will be much more advanced," Song Zhongping, a military expert, told the Global Times.

"One key difference is the design will be more 'humanized,' which means all personnel on the carrier will enjoy a more comfortable and modern environment," Song said. 

However, "there's still a long way to go from its launch to enlistment, which normally takes two years," Yin Zhuo, a senior researcher at the PLA Navy Equipment Research Center, told CCTV.

Song said "its status can be compared to a house whose paint job has been completed but requires decorating, which, in military terms, is called the 'outfitting stage.'"

It means all weapons and equipment, including the radar system, air defense system and communications system will be outfitted on the carrier. After this, the carrier and aircraft on it will be tested, and then the carrier will be ready to serve, Song said. 

"Construction of the aircraft carrier is on schedule. Most of its construction and design work has been completed. Its hull has already been assembled at the shipyard. The ship will soon be equipped with radar and other facilities," said Chinese defense ministry spokesperson Wu Qian in October 2016, in response to media inquiries on reported aircraft carrier images circulating online.

A large amount of work remains to be done on the carrier's outfitting stage after it's launched, presumably sometime this year, Li Jie, a naval military expert, said. "It will take about one to two years to carry out functional debugging of its devices, weapons and equipment. The new aircraft carrier can begin sea trials by early 2019."

Third aircraft carrier with catapult technology


On December 31, 2015 the Chinese defense ministry formally announced the construction of the 001A, and another spokesperson Yang Yujun said, "This carrier, with a displacement of 50,000 tons, will be the base for J-15 fighters and other types of aircraft." 

The design and construction of the second aircraft carrier is based on experience, research and training from the first carrier, the Liaoning, Yang added.



Based on information released by the Chinese defense ministry, 001A's aircraft will still use the ski-jump method of taking off from a ski ramp on the front of the carrier just like its "sister," the Liaoning, rather than more advanced catapult technology used by US aircraft carriers.

China is looking into catapult technology, Li said, and the technology will likely be adopted on the 002, China's third aircraft carrier, which is being built in Shanghai.

"In other words, 002 is entirely different from the Liaoning (001) and 001A, and it will look like US aircraft carrier rather than a Russian one," Li said.

Most advanced aircraft carriers use the Electromagnetic Catapult System, or Electromagnetic launcher (EML), to launch carrier-based jets, but China is still testing steam catapults, Li said. "The main difference is that EMLs are more flexible and the system's speed can be controlled, so it can launch aircraft of different sizes."

Yin said "in order to protect China's territories and overseas interests, China needs two carrier strike groups in the West Pacific Ocean and two in the Indian Ocean. So we need at least five to six aircraft carriers." (Global Times)

China’s FC-31 Fighter May Be Slated for Carrier Ops

Following the first flight of a second Shenyang FC-31 prototype, on December 23 last year, there are now discussions within the Chinese media that the improved aircraft might be slated for operations on the new Chinese carrier fleet. The aircraft has been named the “Gryfalcon.”

The second prototype is similarly configured to the model that was displayed at China's Zhuhai Airshow last November. It features some common design elements to the Chengdu J-20 stealth fighter, such as cropped vertical stabilizers. It also has an Electro Optic Targeting Sight (EOTS) under the nose. In an interview on Chinese television, military analyst Chen Hu said that it is not surprising to see elements of the J-20 on the FC-31, since both jets are being developed by the state-owned Aviation Industry Corporation of China (AIVC).


A second prototype of the FC-31 has flown at Shenyang. (photo : AIN)

A new scale model of the FC-31 on display in the Shenyang Aviation Museum carries Chinese naval insignia, further hinting at a planned carrier capability for the aircraft. The museum is owned by the Shenyang Aircraft Corporation. Like most carrier-borne aircraft, the FC-31 has a twin nose gear, and it was recently reported that the third Chinese aircraft carrier would be fitted with three steam catapults.

Chen also noted that the smaller and lighter footprint of the FC-31 gives it an advantage on a carrier’s limited deck space. Moreover, Shenyang would have an advantage over other Chinese aerospace companies, because of its experience in adapting the Su-27 for Chinese naval use as the J-15.

Specifications revealed at the Zhuhai Airshow suggest that the length of the Gryfalcon has increased from 16.8 meters to 17.5 meters. The maximum takeoff weight has increased by three tonnes to 28 tonnes. In addition, the wheel wells of the second prototype are significantly smaller, allowing for a larger internal weapons bay, capable of accommodating up to 8 tonnes of armaments.

The aircraft was originally powered by the Russian-supplied Klimov R-93 turbofans, but Chinese analysts have noted that the latest test flight did not produce the thick exhaust smoke seen in earlier flights. This suggests that the second FC-31 has new powerplants.

The FC-31 is self-funded by Shenyang, which is hoping to export it. The current list price for the Chinese is at $70 million, significantly lower than the F-35A Lightning II. In 2014, Pakistan’s defense production minister Rana Tanveer Hussain stated his country’s interest in procuring 30-40 FC-31. Discussions have since reportedly advanced beyond the initial phase. (AIN)

29 komentar:

  1. ini kapal buat mancing ikan di lcs yak, yg marenan kan kena rajia trs disita.


    klo seukuran gini, kira2 ade yg brani nyamperin yach sambil ngancem, brani masuk teritori guwe artinya disita utk dibakar haha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wong sugih fulus berlimfah mau bikin afa saja bisa.
      Kapan yaa Indonesia bisa seferti mereka... ngimfi kah anee...☹

      Hapus
    2. Well langkah yang udah mereka tempuh jelas kan? Pertama mereka perkuat ekonomi dulu. Militer mereka baru berkembang gila-gilaan belakangan ini setela ekonomi mereka super kuat dan uang bukan masalah.

      Langkah Jokowi sekarang udah lumayan tepat kok. Tinggal konsisten dan sabar. Transformasi RRC juga ga instan kok.

      Hapus
    3. Ente 20.05...berharap indonesia kuat seperti china bisa sajaa asal sang pemimpin cerdas waras dan punya wawasan luas kasar nya gak bloon gitu loh . Kalau di china kruptor di gantung ...sebaliknya sekarang tambah g karuan demo besar si pekok pakek segala cara di paksa jadi gubennur pusat nya harta orang daerah dki jakarta .

      Hapus
    4. Ngomong apa toh lu tong? Jokowi lagi fokus di infrastruktur tujuannya buat apa kalau bukan ekonomi? Lagi gelut sama Freeport buat apa kalau bukan buat ekonomi? Bikin tax amnesty apa tujuannya kalau bukan buat ekonomi? Lu ngatain dia bloon, presiden sebelumnya konon cerdas, mana ekonomi berkembang apa kaga? Berani tantang Freeport kaga? Yang ada cuma nyanyi, bikin lagu dan baper. Jokowi jelas kerjanya nyata ga cuma wacana mulu doang.

      Lu ngomong DKI yang bikin rusuh siapa kalau bukan cikeas? Agus udah rontok paling demo reda. Satunya konon cerdas, tapi punya moral dan integritas kaga? Demi kekuasaan dia bikin iklan SARA padahal konon dia pendidik. Hah! Taik kucing. Yang pake segala cara demi berkuasa siapa? Buta lo?

      Lu mau hukuman mati buat koruptor? Ntar Indonesia dikenain sanksi atau embargo karena "melanggar HAM" lu bacot lagi. China ga ada yang berani sentuh karena seluruh dunia perlu mereka buat manufaktur murah. Indonesia? Mikir lu tong, jangan cuma ngebacot dengan kata2 berbunga2 yang ga ada isinya. Kaya si mantan baper aja luh kelakuannya.

      Hapus
    5. kayaknya lu sama gobloknya dengan korban buzzer alay di sosmed kalau lu ngilangin jasa sby lu ngerti tni bisa lumayan kuat kayak sekarang ya karena belanja besar besaran era sby dengan mef nya, lu bilang ekonomi gak berkembang lu buta ya era sby indo masuk g-20 dan pertumbuhanya diatas 6-6,5 % sekarang?boro boro 6% bisa diatas 5% aja dah sukur, kalau sby lu bilang cuman nyanyi berarti jokowi cuman nge v-log dong kerjanya sama salahin pemerintahan sebelumnya?



      lu ingat era sebelum sby aset bumn banyak di jual pemerintahan sebelumnya gak ngeluh tuh,indo bisa bertahan tumbuh 3,5 % saat krisis ekonomi gelobal 2008 yg bikin dunia kolep itu gak pestasi cuman 3 negara yg tumbuh dan indo salah satunya!

      kalau ahok mulutnya bisa di jaga ya gak bakal geger kayak gini ini juga aqda andil dari dia, lu korban buzzer politik jadi pikiran lu sempit.


      jokowi bagus bangun infrastruktur tp jangan sampai ngorbanin yg lain lah, gue gak masalah sama pemerintahan jokowi tapi alay model lu yg bikin gue sepet lihatnya, lu boleh fanatik dan kritis tapi gak boleh goblok juga!!

      Hapus
    6. Yeah no. SBY sukses di 6 persenan itu sebelum krisis 2014. Di era itu ekonomi Indonesia dibiarin autopilot aja udah selalu tumbuh 6%an. Akhir 2013-2014 atau akhir-akhir era SBY ekonomi Indonesia lagi merosot gila-gilaan. Yakin dia sehebat yang lu bilang kalau kenyataannya begitu? Jokowi kebagian getahnya dan sekarang baru mulai stabilisasi. Lu kaya gatau aja kondisi ekonomi dunia sekarang gimana. Indonesia sekarang termasuk salah satu negara yang PDBnya masih tumbuh. Negara maju macam AS, Perancis, Jerman pertumbuhannya di 0-2%.

      Jokowi ngorbanin yang lain apa? Proyek KF-X masih jalan. Modernisasi TNI masih jalan walau ga segembar-gembor pertengahan era SBY yang ekonominya masih longgar sebelum berbagai krisis belakangan ini. Dia ngorbanin apa? Yang ada dia nambahin infrastruktur terutama di Indonesia timur yang dulu-dulu selalu dicuekin SBY dan pemerintahan sebelumnya.

      Ahok harusnya kontrol mulutnya? Mungkin. Tapi lu pada sebut dia menista agama? Kalau iya kok orang Kepulauan Seribu yang nonton dia langsung ga ada yang benci dia? Kok yang ribut cuma MUI dan FPI yang ternyata terlibat dengan 2 paslon lainnya dan terutama AHY? Kenapa banyak ulama di Indonesia yang setuju Ahok ga menista Quran dan cuma "ulama" hardliner dan MUI yang ribut? Kenapa kok cuma 2 paslon lainnya selalu yang berusaha pakai isu SARA buat menang?

      Memuji SBY hanya karena dia modernisasi TNI dan memimpin di era ekonomi autopilot padahal keluarga dia terlibat di banyak skandal?

      Yang goblok siapa? Yang alay siapa? Yang fanatik siapa? Yang harusnya sepet dan gedek ngelihat komen macam lu siapa?

      Hapus
    7. Lu mau bukti? Nih:
      http://www.tradingeconomics.com/indonesia/gdp-growth-annual

      Lihat dari tahun 2011 sampe mid 2014 merosot macam apa? Lihat gimana merosotnya berhenti setelah mid 2014.

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_real_GDP_growth_rate
      Lihat gimana ekonomi Indonesia secara global ga sejelek yang lu bilang ditengah krisis belakangan ini.

      Lu mau bandingin ekonomi pre crisis (6-6.5%) sama mid/post crisis(4.5-5%)? Lu sehat? Ekonomi global sekarang ga sesehat era SBY.

      Lu bilang Jokowi ngorbanin apa? spending TNI sekarang (US$ 18 Billion) itu 2x lipat soending terbesar era SBY (US$ 8.1 Billion, 2013). Su-35 akhirnya mau dibeli setelah masalah makelar beres, Apache Guardian, kapal-kapal baru. Kurang apa?
      Sumber:
      http://www.globalsecurity.org/military/world/indonesia/budget.htm

      Lu berani ngatain gua goblok sedangkan lu sendiri pakai comparison ga fair semi bullshit buat nyerang gua? Don't make me laugh.

      PS: Gua orang Indonesia tinggal di Jerman. I couldn't care less tentang masalah Ahok, Jokowi dll. TAPI, kalau lu dan Muarif mau omong bullshit, gua ga bakal pikir 2x buat serang lu. Imbesil.

      Hapus
    8. lu bilang autopilot? lu bilang 2014 krisis lihat gak krisis 2008 yang bikin bangkut dunia bahkan negara yang lu sebutin itu pertumbuhanya minus semua termasuk negara asia tengara kecuali indonesia, lu gak cuma goblok tapi buta!!!


      lu lihat negara asia tenggara lah sekarang kayak pinoy dan vietnam kok bisa pertumbuhanya lebih tinggi? lu emang tolol era sby naikin bbm di demo gede gedean padahal waktu itu minyak lebih dari 100 dolar perbarel, bahkan partai banteng paling keras nolak sampe keluar buku putih?? bbm dah di naikin dan minyaki murah kok kita kalah sama vitnam dan pinoy?


      gue gak bilang ahok nista agama tapi gue gak suka tingkahnya yang sok bener walaupun salah lihat tuh reklamasi yang bahkan di protes bu susi dan rizal ramli apa dia masih perdulu dampak lingkungan serta nasip para nelayan?

      dulu serapan dki jkarta rendah dan di kasih catatan bpk apa yg di lakuin buanya intropeksi malah ngamuk ngamuk, pimpinan macam apa ini? gue gak dukung siapapun apalagi fatwa mui yang ada kesan politiknya tp dia juga goreng isu agama ju jadi sama aja.

      lu ngerti gak besan jokowi lg di selidiki sama kpk lu cari beritanya sana, lu fanatik tapi goblok juga dan lu gak berani tangapin kalau 2008 dunia ini lagi krisis malah bilang 2014 kita krisis lu sehat?

      Hapus
    9. lu kasih data pertmbuhan turun 2011-2014 tapi lu gak nangepin soal krisis 2008 dan harga minyak yg tinggi era sby? dan yang jegal kalau mau naikin siapa kalau bukan si banteng?

      ikalau lu bilang sekarang krisis kenapa pertumbuhan pinoy dan vietnam bisa lebih tinggi sedangkan tahun 2008 mereka minus?


      apache guardian tuh belinya dan tanda tangan kontrak era sby mau lu klaim lg? mana su-35 bm gak tanda tangan sampai sekarang adanya bulet terus? keluarnya malah mahluk ajaib macem aw-101.


      yang lu bilang 18 billion itu baru wacana kalau pertumbuhan diatas 7 % sekarang masih 8 billion usd ngerti?


      gue berani ngatain lu goblok karena emang kenyataanya gitu fanatik buta tp ngasih data ngawur perbandinganya dan nangepin gue sepotong sepotong!!!!


      kalau lu tinggal di jerman harusnya lu ngerti 2008 dunia krisis gue juga sering ke singapore, thai dan malaysia jadi gue bisa bandingin kondisi ekonomi dunia dulu dan sekarang, satu lagu gue juga gak perduli kasus ahok karena gue bukan orang jakarta dan menurut gue siapapun yang menang juga sama aja, makanya otak lu benerin dulu sebelum nyerang orang!!!

      Hapus
    10. cie ciee yg 02.30 dulu katanya cs ame wiwi skr kok kau cipoain cs muh om haha!


      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2015/12/ini-kelebihan-helikopter-ec725-cougar.html#comment-form

      knafa bisa begitchu om antiembalgo, apakah kerana blom dibliin maenan pesawat pesawatannye ape gara2 pancinye maren dicolong ame perusuh di bandung haha!


      dah jgn fikir yg ferat2, ente drpd ngebahlul gak zelas mendingan ikutin pnataran dl soal permen ama UU pertahanan yg mana lbh tinggi.

      yuukk ksini om:
      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2017/02/murky-aw101-delivery-perplexes.html

      Hapus
    11. guwe jd bingung, ini ano tiba2 jd duo, pusiank haha!

      krn uda pada OOT, jd guwe mo crita aja nich dan gak mao diskusi tarik urat leher ame om2 yg kuyakini luar biasa pengetahuannya.

      kalo soal proyek reklamasi, sejak jaman gubernurnya si kumis uda jalanlah.

      itu proyek dekat pik uda mulai sejak 2009, smua bole tanya ke warga sono, brp kali jumlah trek ijo urukan mondar mandir cengkareng-pik.

      sampai jalan tol kebon jeruk-pik selesai 2013 aje blom kelar2 itu nguruknye.

      tp jelas di papan proyek ada gambar jembatan penghubung antara daratan dan pulau. lokasinya dekat pasar modern pik. nyaman jg tempatnya kalo guwe kesono, dibanding sblomnya gak jelas haha!

      krn saking bosennya gak selesai2 ada gossip itu pulau mau dibuat kayak pulau sentosa full ame aksesoriesnye haha!

      soal reklamasi ini kan ada kepresnya begitchu. dan yg ngluarin kepres ini anaknya mungkin blom dpt proyek jd merengek2 dia haha!

      temans2 guwe rasa diblakang smua itu, ada byk kepentingan. silakan cek di lokasi ada brp pengembang dan kepentingan apa yg mrk jalanin. yg jelas smua pasukan orba konyol ngumpul! haha


      sudahlah guwe kabur dulu, jgn dibuli yach om, guwe gelian soalnye haha!

      Hapus
    12. http://data.worldbank.org/country/indonesia

      Tuh worldbank. Lu liat trend turun GDP dimulai tahun berapa. Era siapa? Iya masih 6%an tapi trendnya udah turun terus. Lu lebih pinter dari world bank? Pujian IMF? Bullshit. Udah biasa pujian gitu muncul walau faktanya beda. Itu data world bank. Era Megawati jelek? Iya. Gua ga pernah bilang era Megawati bagus tapi lu lihat trendnya masih naik terus di transisi Mega-SBY. Di 2011-2014 faktanya GDP Indo turun terus sedangkan Vietnam dan Pinoy konstan. Makanya mereka sekarang di atas kita lagi. Gitu aja ga ngerti?

      Lu ngomongin budget gua ngomongin spending. Ngerti bedanya kaga? Budget mungkin cuma segitu. Spending bukan cuma budget. Masih ada dari kredit lunak, hutang, dll. Budget turun? Iya karena ekonomi turun. Spending turun? Kaga. Lu aja ga ngerti beda budget dan spending ga usah ngomong lah.

      Jasa SBY apa selain bikin MEF dan beli beberapa alutsista modern? Ekonomi membaik? Kaga. Yang ada turun. Hutang berkurang? Kaga. Yang ada nambah karena subsidi BBM gila-gilaan demi jaim. Anti korupsi? Kaga. Kasus Pohan, Hambalang, dll. Jasanya apa? Nyatanya GDP Indonesia turun drastis di akhir era dia dan di akhir2 dia cuma baper dan nyanyi.

      Yang ngibul siapa? Lu. Ngomong di 2011-2014 ekonomi Indonesia ok cuma karena masih 6% padahal trendnya turun? Gila aja lu. Bilang spending turun karena budget ga naik setinggi spending? Tolol. Lu fanatik SBY boleh. Goblok dan muna jangan. Dasar buzzer ngomong buzzer.

      Hapus
    13. omongan lu muter muter bilang kita turun terus dan lu bilang pinoy, vietnam konstan tp lu gak mau nanggepin 2008 yang resesi gede dan bikin banyak negara bangkrut di dunia cuma tiga pertumbuhanya yang positif lu beneran paham gak sih???us, eropa asia kolep semua kecuali china, india, indo apa lu pikir itu gak pukulan berat dan indo harus pontang panting supaya bisa naik??? paham gak??

      ok kalau lu ngomongin spending ada buktinya gak? setau gue ruang fiskal kita itu terbatas malah januari tahun ini gaji pns baru turun pertengahan bulan yang ada pengeluaran buat militer justru dipangkas

      lihat nih;

      http://news.detik.com/berita/3008511/anggaran-pertahanan-di-2016-dikurangi-menhan-ini-saja-sudah-kurang

      kalau beneran spending kita gede dananya buat apa dan kemana?? pengadaan era jokowi ini belum ada yg seknifikan bahkan pengadaan alutsista yang di rencanakan di mef tahap dua molor terut seperti pengadaan penganti f-5 tiger dan sam jarak menegah.


      subsidi gila gilaan kan juga ada andil partai banteng yang selalu jegal kalau di kurangi, dulu minyak mahal mau naik apa dia keluarin buku putih habis jokowi presiden buku putihnya mana kok tetep naikin harga bbm??hutang era jokowi justru tambah gede dari era sby lu ngerti, kalau jokowi anti korupsi kok tetep ngotot dengan BG yg tersandung masalah?? lu ngomong ekonomi sulit kok jokowi sempet nge v-log dan lu bilang sby cuman nyanyi??


      ngomong tuh pake fakta gak usah ngibul, lu buzzer yang kurang pinter emang dan ngaco,, nah lu ngerti fanatik boleh tapi bego dan tolol plus buta fakta jangan. gue pengen ketawa kalu lu bilang gue buzzer.

      Hapus
    14. Tahun 2008 itu SATU tahun. SATU. Dan itu menurut BI masih RINGAN dibanding krisis 1998 karena masalahnya mayoritas "hanya" di AS dan Bank Indonesia bisa atasin sendiri.

      Setelah krisis 2008 muncul krisis 2013 yang disebabkan impor naik besar-besaran tapi ekspor turun. DI SITU pemerintahan SBY gagal total. DI SITU pertumbuhan GDP kita kalah dari Vietnam dan Pinoy karena neraca perdagangan mereka ga berantakan ala SBY sehingga GDP growth rate mereka konstan dan kita turun drastis. DI SITU masalah besarnya pemerintahan SBY. DI SITU bedanya transisi SBY-Jokowi (trend GDP growth turun) dan Mega-SBY (trend GDP growth masih naik).

      Sumber:
      http://data.worldbank.org/country/indonesia
      https://www.merdeka.com/uang/ini-perbedaan-krisis-ekonomi-1998-2008-dan-2013-versi-bi.html
      http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=3698

      Pembelian alutsista apa? Program KFX dikira ga perlu bayar per tahun? KCR-40, KCR-60 beli ga pake uang? CN-235? AW-101? Super Puma? PKR dikira ga perlu bayar lagi walaupun tanda tangannya di era SBY?

      Pembelian pengganti F-5 yaitu Su-35 tahun ini konon ditandatangani karena makelar yang selama ini dipake pemerintahan sebelumnya akhirnya habis masa hak eksklusifnya dengan Rosoboronexport. Sekarang jadi bisa beli G2G tanpa makelar. Ga bisa sabar nunggu sebentar supaya tanpa makelar?

      Budget TNI turun juga karena SBY ga mampu menangani krisis 2013 dengan baik sehingga dollar sekarang dikisaran 13300an sedangkan pertengahan era SBY masih 9000-10000an makanya SBY bisa berani bikin MEF dan beli alutsista baru. Dikira kalau nilai tukar rupiah terhadap dollar lemah bisa naikin budget TNI tanpa pangkas yang lain? MIKIR. Su-35 juga bisa beli karena dikasih kredit lunak sama Rusia. Ujung-ujungnya semua balik ke EKONOMI. Ekonomi yang berantakan di AKHIR era SBY karena dia ga bisa kontrol pengusaha impor.

      PDIP dulu mungkin menolak turunin subsidi BBM tapi alasannya pasti 100% politik. Sekarang Jokowi cabut total subsidi BBM mereka dukung total tuh. Politik partai ko disalahin ke Jokowi. Kalau SBY emang berani PDIP ga setuju tetap jalanin aja. Takut sama PDIP? Jokowi aja berani lawan Megawati tahun 2015 kemarin. Akhirnya sekarang dia ga terlalu dikekang partai.

      Siapa bilang hutang Jokowi lebih banyak dari SBY? SBY punya hutang totalnya Rp1.500an triliun dan mayoritas hanya untuk subsidi BBM. Hutang era Jokowi sampai sekarang "masih" Rp 750an triliun. Dan mayoritas dipakai untuk bangun infrastruktur ekonomi dimana-mana. Bisa lihat bedanya? Kelihatannya hutang era Jokowi 3x hutang era Gus Dur. Tapi di antara Gus Dur dan Jokowi ada Megawati dan SBY. DAN SBY ADALAH PRESIDEN YANG MENAMBAH HUTANG TERBANYAK SAMPAI SAAT INI.

      Sumber:
      http://news.liputan6.com/read/2858201/catatan-rasio-utang-era-soeharto-hingga-jokowi
      http://bisnis.liputan6.com/read/2687179/naik-rp-45-triliun-ini-daftar-negara-pemberi-utang-ke-ri
      http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20160404142157-78-121530/februari-2016-total-utang-pemerintah-tembus-rp3196-triliun/
      http://www.liputanberita.net/2016/01/prestasi-1-tahun-jokowi-vs-prestasi-SBY.html

      (lanjut di bawah)

      Hapus
    15. Urusan BG. Itu nyatanya dia cuma MANTAN tersangka KPK dan status tersangka dia ga sah. Tapi Jokowi kenapa tetap angkat dia jadi Kepala BIN? Itu cuma deal supaya konflik KPK-POLRI cepat beres.

      Ini penilaian Adnan Topan Husodo dari Indonesia Corruption Watch yang kerjaannya tiap hari urusan anti korupsi: “Kini Kapolri (Tito Karnavian) tidak canggung lagi dalam menjalankan agenda reformasinya. Selama ini ada kesan bahwa Kapolri tidak bisa berbuat banyak karena Wakapolri lebih senior, selain juga karena punya pengaruh kuat. Ada juga persepsi bahwa BG memiliki track record yg kontroversial. Kini Kapolri bisa menimbang dan mencari wakilnya yang memiliki visi dan misi yang sama dengannya.”

      Jadi tujuannya apa? Supaya konflik cepat beres dan Tito Karnavian bisa lebih leluasa bertindak sesuai agenda reformasi.

      Sumber:
      http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/09/160902_indonesia_budigunawan_bin
      http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150330162459-12-43009/jokowi-dituntut-pecahkan-deadlock-bg-dan-kpk/

      Urusan iparnya Jokowi mau diperiksa KPK, Jokowi bilang apa? SILAHKAN! Kalau memang bermasalah diusut dan ditindak. Sedangkan SBY marah besar waktu Aulia Pohan diciduk KPK. Lihat bedanya yang mana yang kotor, yang mana yang lebih bersih?

      Sumber:
      http://www.tribunnews.com/nasional/2017/02/16/ini-tanggapan-presiden-jokowi-adik-iparnya-terjerat-kasus-suap-yang-ditangani-kpk
      http://nasional.kompas.com/read/2013/06/21/2139385/Presiden.Marah.Besar.Saat.Besannya.Dicokok.KPK

      ITU SEMUA FAKTA. MAU BERKELIT APA LAGI HAH? YANG NGIBUL, BUTA, DAN MUNAFIK SIAPA DASAR IDIOT? YANG FANATIK SIAPA? TOLOL PANGKAT SERIBU.

      Hapus
    16. iya emang krisis 2008 itu berlangsung 1 tahun taoi efeknya beberapa tahun buat beberapa negara, awalnya emang di us tapijalar kemana mana sampai yunani, portugal, spanyol, italy mau bangrut terutama yunani sampai dunia juga kena efeknya

      sumber:

      http://www.antaranews.com/berita/173705/resesi-ekonomi-yunani-memburuk-sejak-2009

      http://www.dw.com/id/krisis-yunani-bisa-melibas-seluruh-eropa/a-18603323


      sumber yang lu cantumin pertama world bang cuman lihat tren dari tahun ke tahun tp masih dalam tahap wajar turunya, yg kedua cuman jelasi krisis 98, 2008 dan 2013 tapi bi tetep optimis kalau mereka bisa menanganiya karena pertumbuhan yang positif saat itu diatas 6 % dan terakhir tentang penyebab krisis dan solusi 2008 tapi gak ada yg masalahin krisis 2013 lebih parah dari 2008 lu sehat gak apa tolol??


      tulisan lu tentang alutsista yg lu sebutin bisa sertai fakta gak?jangan mulai ngibul lg...kalau soal makelar emanga ada dari dulu lu pikir sekarang dah beses? tuh buktinya aw-101 bisa tiba tiba nonggol dan bikin geger padahal sebelumnya dah di tulak, lu emang polos apa bego beneran heh?

      omongan lu tuh banyak pessepsi dan kayalan lu sendiri nyatanya 2008 krismon dan jelas indo lolos ddari krisis saat negara lain jatuh bangkrut, impor tinggi itu juga tanda daya beli masyarakat baik gak kayak sekarang yang cenderung lesu lu ngerti di us konsumsi mayarakat jadi indikator ekonomi berjalan dan ekonominya pulih.


      lu bilang sendiri kan alasanya politik partai banteng nolak, emang waktu era jokowi nolak tuh partai?? dulu sby di serang kanan kiri jelas sulit lawan persepsi publik, jokowi sebagai kader jelas masih terikat lah dengan partainya kalau gak si puan harus kena reshuffle dari kemarin kemarin, masak mentri ngomong gini:

      https://www.merdeka.com/politik/minta-rakyat-miskin-diet-puan-maharani-disebut-tidak-cerdas.html
      https://www.merdeka.com/peristiwa/mana-berani-jokowi-tegur-puan-karena-suruh-rakyat-miskin-diet.html

      soal hutang disebutin di link lu di lipunan6 kalau utang sby dari tahun ke tahun turun terus lu bisa baca gak??lu ngerti sby jadi pesiden berapa tahun dan jokowi jadi pesiden berapa tahun?? lu ngerti kanlamanya menjabat dan total hutangnya lu emang oon apa goblok si??

      kalau soal BG itu dah urusan politis dan yang bilang penghubung kpk dan polisi itu kan pandangan dia,sudah kelihatan ada hutang budi di sini setelah gagal jd kapolri dan semua orang dah tau itu.

      soal ipar jokowi dan besan sby kita lihat entar berjalanya gimana sumber yang lu cantumin itu pandanganya si fahri hamzah dan lu percaya omonganya???

      kalau lu percaya gue bisa kasih banyak artikel omongan dia soal pemerintahan jokowi, kayaknya lu masih kabur antara fakta dan persepsi, lu udah tolol kasih sumber ngaco masih gak ngaku fanatik buta bin goblok, lu buzzer paling goblok yang gue ngerti.

      Hapus
    17. 19.27 . Ente ini katanya hidup negara maju mas jerman hukumnya kuat aturannya jadi probaganda bella negara nkri bukan sebaliknya fakta di putar balik bella begal negara sipit . Soal hukum dan economi saman pak sby jauh lebih baik fakta mentri kinerja buruk yg tersangkut krupsi harus di adili bukan di lindungi ... sekarang apa gak sebaliknya gonta ganti mentri bukan soal kinerja toh . Soal economi survei langsung di lapangan bukan kata tukang tipu sering masuk tv itu .. sekarang malah ancur daya belli masarakat terjun bebas mulai merata di seluruh nusantara kelaparan . ..apalagi pertahanan berkuasa hampir 3 tahun belli pistol pun enggak jauh lebih buruk belli heli agusta w101 lewat pintu belakang ribut lagi ribut muluu buang energi percuma si buk bella si pekok doang ga salah tuh .

      Hapus
    18. Krisis 2008 emang parah di Eropa tapi itu juga karena bankir Jerman mainin pemerintah Yunani dan pemerintah Yunani tolol luar biasa. Dikasih uang buat perbaikin ekonomi malah mereka borosin makanya ga ada orang EU yang "kasihan" sama Yunani sampai sekarang berantakan.

      Lu bilang 2008 negara-negara banyak yang bangkrut? BULLSHIT. Negara high profile yang bangkrut cuma Yunani itu pun karena salah mereka sendiri. ASEAN secara keseluruhan semuanya balik normal setelah 1 tahun. Artinya apa? ASEAN ga terlalu terpengaruh seperti AS dan Uni Eropa. Jadi lu ga usah lebay. Kalau semua negara ASEAN balik normal setelah 2008 itu artinya krisisnya ga parah-parah amat. Indonesia juga ga kena separah mereka makanya Bank Indonesia berani bilang krisis 2008 relatif "ringan". Itu juga karena di 2008an pertumbuhan PDB masih "normal" alias konstan. Kalau trend PDB lagi turun kaya sekarang terus ada krisis 2008 lagi, taruhan BI ga bakal setenang itu.

      Sumber: http://www.asean.org/storage/images/2013/resources/statistics/statistical_publication/aseanstats_gdp_snapshot_21oct13.pdf

      Gua bilang krisis 2013 lebih parah kenapa? Karena lu lihat sendiri sampe akhir masa jabatan SBY itu PDB ngedrop gila-gilaan dan baru setop di awal era Jokowi. Efeknya juga lebih gila. Nilai tukar dollar sampai naik 3000-4000 itu apa? Tahun 2008 ga sampe separah itu kan? Itu artinya walaupun krisis 2008 secara global lebih "parah", Indonesia dan ASEAN ga terlalu kena efeknya. Sedangkan krisis 2013 itu karena salah Indonesia sendiri makanya negara ASEAN lain kaga kenapa-kenapa dan pertumbuhan PDB mereka normal. 2011-2014 itu pemerintahan siapa? Persepsi ndasmu jeblok. Fakta, Data dari World Bank kecuali lu lebih pinter dari orang World Bank.

      (lanjut)

      Hapus
    19. Urusan AW-101: Nih lu baca omongannya KSAU sendiri lah, kecuali lu lebih percaya opini lu sendiri: http://defense-studies.blogspot.de/2017/02/wawancara-dengan-ksau-tentang.html?m=1
      Hasil penyelidikan semua normal cuma koordinasi mereka yang kurang bagus. Jokowi "batalin" AW-101 itu versi VVIP, versi angkut berat tetep jalan. Itupun karena tekanan media.

      Urusan makelar: Minimal sekarang udah lebih beres. Terutama buat urusan Su-35. Beli langsung G2G bukan G2B. Urusan makelar ilang total apa kaga yang tau cuma para makelar. Tapi Jokowi udah jelas mau lewat makelar seminimal mungkin.

      Urusan PDIP: Trus lu mau nyalahin kebusukan dan kebodohan PDIP dan Puan ke Jokowi? Udah jelas dia ga erat sama leadership PDIP walaupun "kader" PDIP. Bahkan 2015 sampe ribut sama Megawati. Salahin aja Puan dan PDIP tapi kalo lu nyalahin Jokowi karena ketololan mereka artinya lu sama tololnya dengan mereka.

      Soal laporan liputan 6: Itu ngebahas proporsi hutang ke PDB baca ga? proporsi si SBY setelah hutangnya pertahun "turun" itu baru kurang lebih selevel Jokowi sekarang. Proporsi hutang ke PDB juga penting. Selama masih "normal" artinya hutang masih bisa dibayar. Lagian negara ngutang biasa keles. Lu liat hutang AS beribu kali lipat Indonesia dan mereka kalem aja. Kenapa? Karena masih proporsional dan masih "bisa bayar".

      Urusan BG: Ah itu kan menurut lu. Orang ICW yang profesinya sehari-hari di bidang itu kok ngomongnya beda. Lu lebih pinter dari orang yang kerjaan sehari-harinya urusan anti korupsi ya? Mereka kan grup yang paling cepet bacot kalo ada indikasi korupsi. Kok mereka tenang, lu yang kebakaran jenggot?

      Urusan besan membesan ipar mengipar Jokowi dan SBY:Ga. Tapi kenapa SBY kebakaran jenggot lagi begitu Antasari bebas dan bernyanyi? Apalagi kalau bukan karena besannya.
      http://nasional.kompas.com/read/2017/02/14/18142861/sby.grasi.untuk.antasari.ada.motif.untuk.serang.saya

      Lu kalo emang keras kepala dan ngerasa bener sendiri, kaga usah debat dah. Percuma. Lu cuma reply mayoritas tanpa sumber dan cuma reverse omongan gua doang dan omong lebih keras. Monyet juga bisa kalau cuma adu keras teriak. Lu ngomong buzzer ngerti artinya kaga sih? Emang kita di twitter? Emang gua punya follower banyak? Plis dah ngatain tanpa tau arti sebenarnya tuh ngeselin banget. Lu sendiri dari tadi juga ga beda jauh cuma bedanya lu bela SBY. Buzzer bukan cuma istilah buat pro Jokowi atau Ahok. Aneh.

      Hapus
    20. @Muarif: Lu ga usah sok ikutan dah. Si anonim minimal ngomong ada arahnya. Lu mah ga jelas arahnya apa.

      Urusan ekonomi era SBY lebih bagus? Lu tau kaga pertumbuhan ekonomi rusak tahun berapa? 2011-2014 + krisis 2013. Yang presiden di era itu siapa? SBY.

      Urusan korupsi lebih bersih era SBY? ARE. YOU. FUCKING. DUMB? Kasus Hambalang siapa ya? Diurus sama SBY? Kaga. Kasus Aulia Pohan. Doi besannya siapa ya? Kasus Sidoarjo di eranya siapa ya? SBY. Beresnya sama siapa? Jokowi. Kasus Antasari era siapa? Sekarang Antasari bebas dan bernyanyi yang kebakaran jenggot siapa? SBY. Kenapa? Karena berhubungan sama kasus Aulia Pohan juga.

      Ga usah bawel lah Muarif. Lu tuh bener-bener otaknya kaga ada. anonim minimal masih ada arahnya. Males gua ngurusin lu. Nulis aja sering belom bener.

      Hapus
    21. ngomong sama lu kayaknya percuma emang kepala batu dan cenderubg muter muter dan gak jawab semua pertanyaan gue cuman sepotong sepotong supaya dikira pinter, lu bilang pemerintahan yunani tolol luar biasa berati seluruh dunia tolol dong kecuali china, india dan indo mereka resesi semua?? kalau lu bilang krisis 2008 gak parah parah amat padahal pertumbuhan seluruh dunia minus dan terjadi phk masal dimana mana bagaimana dengan krismon 98?? tuh negara asean juga efeknya gak terlalau parah bagaimana dengan di kita??? berarti pemerintahan indo hebat dong di 2008 gak minus dan daya beli bisa dijaga dan ini di pemerintahan siapa SBY!!!

      kayaknya di data world bang cuman nunjukin statistik dan gak jelasin efek yang menimpa indo bakal seperti apa?? lu bilang lebih parah dari 2008 itu kan jelas persepsi lu? bank dunia gak ngomong indo resesi di situ dan pertumbuhanya gak minus dan masih positif lu bisa baca gak?? apa otak lu perlu di benerin??? yang biang kondisi lebih parah kan lu sendiri pea.


      urusan aw 101 yang katanya ambil pesanan vvip dari india dan akhirnya di batalkan tp lu lihat gak di foto apa vidionya yang dah dateng di halim??? tu heli gak ada ramp door berarti itu bekas vvip india yg di alikan jadi angkut/sar berati tetep kan ada kong kalikong??

      era sby juga ngomongnya beli alutsita g to g tapi tetep makelar gak bisa di hindari bukan hanya dari sini tapi juga dari luar sono kayak kasus leonardo ini.


      soal puan lu bilang jokowi bebas tekanan dia seharusnya berani tegas dengan puan, dah dari dulu puan harus kena reshuffle karena kinerjanya yang banyak dinilai kurang. gue gak nyalahin jokowi tapi gue mau dia tegas dengan pembantunya.

      lu sendiri bilang utang biasa tp yang pertama ribut utang kan lu? jelas dulu sby hutang dan masih tahap aman di apbn dan lu lihat sendiri sby lebih lama menjabat 10 tahun dibanding jokowi yg 3 tahun aja belum genep.

      sal BG balik lagi soal berani tegas dari partai pengusung dan lu lihat icw juga nolak gede gedean dulu sampai pimpinan kpk pada di kriminalisasi, dia ngomong gitu cuman normatif dan bukan pandangan umum icw secara keseluruhan. karena kasus ini aroma balas jasanya kentel banget karena penolakan di mana mana.

      lu sekarng ke antasari dah jelas ini kental nuansa politiknya, kalau lu emang gak mau kemakan persepsi tunggu aja hasil pemnyelidikanya kayak apa?? dia minta grasi kan berarti dia merasa salah karena grasi tuh minta ampunan.


      yang keras kepala dan merasa benar sendiri bukanya lu, gue juga merasa debat sama lu percuma dan cuman muter muter doang dan sumber yang lu kasih gak ada tulisan yang kayak lu omongin sebagian besar cuman persepsi lu sendiri, gue tadi lu ituh kayak alay yg jadi korban buzzer politik di sosmed dan siapa tau lu sering koar koar kayak mereka di sosmed, yang bilang cuman buat jokowi ahok siapa? gue juga tau kalau banyak orang politik yang bayar buzzer buat anggkat citra mereka, gue setuju ama lu soal debat ini gak bakal ada titik temu karena lihat sifat lu yang ngotot dengan pandangan lu sendiri.



      Hapus
    22. oh ya lu tadi ngerti kan lu ngambil sumber dari kompas dan kutipan yang diambil drai si fahri hamzah lu ngerti kan modelnya kayak apa orang itu? lu ngerti omonganya soal jokowi juga kan ?


      jadi kayaknya percuma debat sama lu mending dah selesai aja lah bakal panjang kalau gue tangepin orang kepala batu kayak lu, ini terakhir balesan gue dah gak usah lu bales gak bakal gue tanggepin.

      Hapus
    23. itu yg 21.03, ngegombal aza kerjaanye, jgn ikut2, jurus panci gak bole masuk haha! minggir sini, parkir dl di monas, ngopi2, tar dibliin dech maenannya sm opa rr..kalo jinak tp haha!

      Hapus
    24. Semua negara EU kecuali Yunani udah normal sekarang. Pemerintah Yunani emang yang paling tolol makanya sampe sekarang cenderung belum beres. Spanyol, Itali, USA udah stabil tuh. LU BILANG PEMERINTAHAN SBY HEBAT KARENA 1 TAHUN ITU DOANG? WHAT A FUCKING JOKE. 2011-2014 itu 4 TAHUN TERAKHIR DAN DI 4 TAHUN ITU PDB INDONESIA TURUN TERUS. ITU KENAPA GUA BILANG PEMERINTAHAN SBY PARAH. 1 TAHUN SELAMAT BUKAN JADI TIKET BUAT BEBAS DARI KEBURUKAN PEMERINTAHAN MEREKA DI 4 TAHUN TERAKHIR! NGERTI?!!

      Krisis 2008 emang ga separah krisis 1998 dasar tolol. Dollar lumayan stabil, dll. Krisis 2013 juga ga separah 1998 CUMA EFEKNYA LEBIH BURUK. DOLLAR MASIH 13000an SEKARANG DI PERTENGAHAN ERA SBY MASIH 10000an, GDP GROWTH TURUN DARI 6% ke 4% ITU DI AKHIR ERA PEMERINTAHAN SIAPA? MASIH UNTUNG JOKOWI BISA STABILIN DAN GA JEBLOK SAMPE KE MINUS. LAH ELU NGEHINA PEMERINTAHAN JOKOWI GARA-GARA ULAH PEMERINTAHAN SBY? GA SALAH LU? YANG NGEMULAI SEMUA DEBAT GA PENTING INI SIAPA KALO BUKAN LU TONG?

      SEKALI LAGI SELAMAT DI 2008 BUKAN TIKET BEBAS GRATIS BUAT KEBURUKAN 2011-2014! PAHAM?

      Soal Puan. Lu mikir. Kalo Jokowi serang Puan, Megawati jadi musuh dia. "PARTAI"nya sendiri jadi musuh dia. Ga ada musuh dari PDIP aja dia udah diganggu terus sama Demokrat dan PKS. Mana mungkin dia mau nambah-namabhin musuh? Lawan dia udah banyak. Mikir.

      Yang ribut hutang pertama elu tong. Lu yang bilang: "hutang era jokowi justru tambah gede dari era sby lu ngerti" padahal gua cuma bilang kalo spending itu bisa dari Hutang juga. JANGAN SUKA NGIBUL DAH.

      Elah dia ngomong A kaga usah lu tambahin B,C,D! Emang lu orang ICW? Ga usah sok bicara untuk mereka. Nyatanya mereka ngomong begitu.

      Urusan Antasari udah dari dulu baunya dia dijebak. Dia minta grasi balas jasanya pasti ada ga usah sok menghakimi dia pasti salah apa kaga lah. Makanya SBY kebakaran jenggot dan langsung baper begitu dia bebas.

      LU NGOMONG BUZZER BERDASARKAN ASUMSI DAN OPINI PRIBADI LU? HAH! KELIATAN DARI OMONGAN LU SELAMA INI. SELAMA SESUAI PANDANGAN LU, LU DIEM. GILIRAN ADA YANG BERLAWANAN LANGSUNG NGATAIN BUZZER? ELAH CUPU AMAT LO.

      Percuma ngomong ama pala batu yang udah anti macam lo. Otaknya udah ditutup dan kaga mau denger lagi. Berita udah ditunjukin masih pala batu. Reply terakhir lu juga buktiin omongan gua. Lu cuma debat kusir doang dengan modal ngebalikin omongan lawan dan ngatain tanpa ngasih SUMBER. FUCKING BULLSHITTER. GA BAKALAN GUA ANGGEP LAGI LU. SAMA AMPASNYA SAMA MUARIF. BATU.

      Hapus
  2. Kapal induk kuno yg cuman jadi ketawaan armada ke 7, jelas masih jauh kalau pengen nandingin armada pasifik us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Armada mereka secara keseluruhan cukup kuat buat bikin USA & USN ragu-ragu buat bertindak keras di LCS. Apalagi dengan carrier killer missile mereka (walaupun saya ragu itu benar-benar seefektiv klaim mereka). Mereka bisa tunggu sampai carrier ketiga buat menyamai carrier US. Mereka udah dari awal bilang Liaoning cuma buar mereka belajar seluk beluk operasional carrier jadi ga canggih juga ga masalah.

      Hapus
    2. kuno ato engga, tetep aje lioning yg 16 taun ngerjainnya, jd kliatan masi awet mudalah, dibanding sodara kembarnya dari rusia kemana2 uda batuk2 untung ada tug but "sang suster yg slalu setia nemenin" haha!

      namun dgn gaya slengean gt aje masih bikin inglis was2. soalnya protap kapal induk kemana2 kan slalu bawa pengawal di permukaan laut sm yg serem tkng nyelem.

      mau tak mau inglis kirim kelas daring buat ngawal konvoi yg lewat inglis channell kmrn itu.

      guwe rasa armada ketujuh berpikir 2kali, soalnya plan kan py armada bawah laut yg lbh serem dari rn.


      lanjut ke lokal, apa mungkin gegara, ambisi caina dlm bikin kapal induk ini, bikin petinggi dari tni kesemsem adopsi kapal fregat kelas berat "iver"

      mungkin, biar ntar bisa kyk gini:

      http://www.telegraph.co.uk/news/2016/10/14/russian-aircraft-carrier-expected-in-english-channel/

      https://warisboring.com/british-destroyer-versus-the-russian-navy-55a2d0e341e1#.ll23bkfh9

      trus dibawah ada nagapasa nguntit bareng keren dach haha!

      Hapus
  3. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus