08 Juli 2017

OTO Melara MARLIN, Canggihnya Senjata Utama Kapal Patroli TNI AL

08 Juli 2017


OTO Melara MARLIN (Modular Advanced Remotely Controlled Lightweight Naval Weapon Station), sistem senjata kaliber 30mm (all photos : ARC)

Ada yang istimewa dalam acara peresmian KRI Kurau pada Kamis (06/07) pagi. Di haluan kapal bertengger sebuah sistem senjata kaliber 30mm. TNI AL rupanya memilih sistem senjata canggih buatan Leonardo, induk dari perusahaan OTO Melara untuk mempersenjatai kapal-kapal patrolinya. Pilihan tersebut menandakan keseriusan TNI AL untuk memilih senjata terbaik bagi alutsista yang dimilikinya.

Sistem senjata tersebut bernama MARLIN (Modular Advanced Remotely Controlled Lightweight Naval Weapon Station). Sistem ini mengintegrasikan komponen kubah, sistem elektro optik sebagai sarana bidik, kanon tembak cepat, dan bahkan rudal anti pesawat.



Disebut modular karena pembeli bebas memilih kombinasi senjata terpasang. Mau kanon 25mm atau 30mm, bisa. Mau pakai rudal seperti MBDA Mistral? Bisa-bisa saja, semua tergantung kepada dana dan kemauan pembeli. TNI AL sendiri memilih kanon 30mm sebagai opsi senjata utama di kapal patrolinya.

Sejatinya, sistem MARLIN sendiri bisa dikendalikan menggunakan sistem manual atau otomatis. Jika manual, maka awak kapal yang bertugas sebagai juru tembak akan mengendalikan sistem kendali penembakan optik jenis Medusa MK4/B EO FCS. Sistem ini bisa menjejak sasaran di permukaan dan udara lalu memberikan solusi penembakan yang akurat.



Juru tembak mengendalikan MARLIN menggunakan joystick sambal melihat pada layar tampilan yang bisa diubah-ubah antara tampilan siang normal atau tampilan thermal. Penentuan jarak ke sasaran dilakukan secara otomatis berkat bantuan laser rangefinder. Perputaran servo yang cepat membuat kubah ini bisa mengikuti sasaran udara yang bergerak cepat.

Kemungkinan penggunaan MARLIN lainnya adalah menghadapi kapal-kapal yang menggunakan taktik keroyokan (swarm boat) yang datang dari segala arah. Bobot dari sistem MARLIN NWS sendiri hanya ada di kisaran 1,2 ton dan tanpa perlu menyediakan ruang di bawah dek, sehingga mengurangi kebutuhan untuk melakukan redesain pada kapal.

(ARC)

5 komentar:

  1. Congratulations to the Indonesian Navy for selecting the best weapon system. The 30 mm canon is the optimum calibre for the environment

    BalasHapus
  2. untuk kelas kapal 40 meter...banyak sekali kapal tni jenisnya.....kapal cpat rudal...kapal patroli dll.....sebenarnya indonesia ada keuntungan punya 200 shipyard

    BalasHapus
  3. bisa langsung tugas patroli nich, uda lengkap senjatanye.

    moga2 batch berikot pake smash aselsan, turet stabilnye cucok buat kapal yg sering goyang2😋

    BalasHapus
  4. MARLIN (Modular Advanced Remotely Controlled Lightweight Naval Weapon Station) and 30mm, good choice for the purpose.
    How about the sensor, communication, and CMS?

    BalasHapus
  5. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus